RESUME MASA BAYI By Mamay, Nisa dan Jarot

Masa bayi dimulai dari 2 minggu setelah kelahiran sampai berumur 2 thn. Bila pada masa sebelumnya (masa kelahiran 0-2 minggu) bayi mengalami masa bahaya (kritis) pada masalah psikisnya, maka pada masa bayi ini bayi mengalami perkembangan (psikis) kepribadian. Pada periode ini dasar-dasar kepribadiaan dewasa diletakkan. Pertumbuhan dan perkembangan fisik berlangsung secara berangsur-angsur sepanjang masa bayi, sedangkan perkembangan fungsi fisiologis terjadi secara pesat.

Bayi yang terlambat dalam menguasai tugas-tugas perkembangan masa bayi, yaitu tugas yang membuatnya tidak tergantung pada bantuan orang dewasa, mengalami hambatan kalau ia mencapai masa kanak-kanak. Memang tidak memperngaruhi perkembangan otak, tetapi akan mengurangi kreatifitas bayi (prilaku si bayi) yang seharusnya berkembang.

Pada masa ini banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangannya, yaitu faktor Gizi serta nutrisi, lingkungan, hubungan dengan keluarga, kasih sayang orang tua, dan lain-lain. Dalam masalah gizi hal itu terkait kepada masalah ASI yang didapat oleh bayi.

Menyusui dimulai dari 0-2 thn (normal). Air susu ibu adalah: makanan yang paling utama baginya disamping menjaganya dari bermacam penyakit, dengan Air susu Ibu bayi akan berkembang dengan kuat dan sehat. Karena kasih sayang Ibu dapat melalui penyusuan yang baik, serta memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan sang bayi .

Dalam masalah penyusuan bayi ada 2 faktor yang harus di perhatikan yaitu faktor intern dan faktor ekstern, baik dari pihak si ibu maupun dari si bayinya sendiri, dari si ibu jika dalam masalah proses penyusuan terdapat masalah seperti tidak keluarnya secara lancar Asi tersebut, maka hal yang perlu di perhatikan apakah ibunya yang bermasalah apakah si bayinya.dari sisi interen si ibu, mungkin si ibu jarang mengkonsumsi makanan-makan yang menambah asupan untuk Asi, dan dari sisi eksternnya mungkin si bayinya yang tidak mau atau belum bisa meminum Asi secara benar (belum mendapat rangsangan secara tepat).

Jika ada permasalahan lain contoh, ada seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui lalu tidak di sadari sang ibu rupanya sedang mengandung lagi, maka bisa-bisa bayi yang sedang menyusu dan yang didalam kandung tersebut terhambat masa pertumbuhannya (tidak sehat untuk keduanya), karena harus berbagi gizi. Maka sang ibu harus memiliki alternatif lain seperti memberikan susu kaleng/botol instant. Umumnya bayi yang normal bisa berjalan saat berusia 1 tahun, tetapi cara rangsangan yang normal (baik dari pihak si ibu maupun si bayi)

Jadi yang sangat perlu diperhatikan untuk perkembangan pada masa bayi ini yaitu, perlunya asupan nutrisi dan gizi yang baik dan tetap, lingkungan , perhatian serta kasih sayang orang tua.

About these ads

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Tulisan ini dipublikasikan di Psikoper. Tandai permalink.

32 Balasan ke RESUME MASA BAYI By Mamay, Nisa dan Jarot

  1. Mariyatul Kibtiah berkata:

    Saya ingat dengan pertanyaan teman saya yang mengatakan bagaimana jika seorang ibu yang tidak bisa mengeluarkan ASI setelah melahirkan dan apakah ada pengaruh untuk bayi. Menurut saya Tuhan menciptakan ASI khusus untuk bayi, tetapi dalam memberikan ASI tersebut harus ada semangat dan kepercayaan seorang ibu untuk menyusui bayinya. disamping itu faktor psikologis Ibu berpengaruh jika keadaan psikologis stabil maka produksi ASI lancar. selain itu ada juga fakor bayi berpengaruh disebabkan bayi malas menyusu dan pemberian kepada bayi lambat sehingga menyebabkan tidak terpenuhinya pemberian ASI. kebanyakan para Ibu mengatakan bahwa puting susunya tidak menonjol sehingga sulit untuk menyusuinya. Tetapi menurut saya Ibu tersebut bisa menggunakan alat atau pompa untuk mengeluarkan ASI. Selanjutnya ASI sangat mempengaruhi perkembangan psikologis dan fisiologis untuk bayi. Misalnya pada perkembangan psikologis yaitu pada saat setelah lahir bayi sangat membutuhkan kehangatan dari Ibunya dan dengan diberikannya ASI oleh Ibunya bayi merasa tenang, aman, serta ada sentuhan kasih sayang Ibunya. dan pada saat usia satu bulan bayi jadi mengenal Ibunya. Sedangkan pada perkembangan fisiologis ASI sangat berpengaruh terutama untuk kesehatan dengan diberikannya ASI bayi tersebut mempunyai kekebalan alami sehingga bayi tersebut jarang sakit dan perkembangan tubuh bayi bagus.

  2. nunu berkata:

    Dari penjelasan diatas bahwa ASI sangat berpengaruh dengan perkembangan bayi, tapi ada contoh kasus bahwa a secara fisik bayi kakak yang tidak diberikan ASI sama sekali lebih cepat perkembangannya dibandingkan bayi tetangga yang cukup ASI dan susu formula, bila dilihat bayi tetangga umurnya lebih tua dari bayi kakak..
    yang saya tanyakan apakah yang menyebabkan bayi tetangga ini perkembangannya lambat, padahal ASI diberikan kepada bayinya??

  3. yuniarsih H berkata:

    Saya memiliki saudara yang memiliki anak bayi berusia 8 bulan. saya merasa heran dengan keadaan anak tersebut. pas berusia 7 bulan, anak tersebut diberi susu botol oleh sang ibu. lalu, setelah diberi susu botol anak tersebut sama sekali tidak mau lagi diberi ASI. padahal, dalam resume kalian diatas mengatakan bahwa Air susu ibu adalah: makanan yang paling utama bagi bayi disamping menjaganya dari bermacam penyakit, dengan Air susu Ibu bayi akan berkembang dengan kuat dan sehat. selain itu, pada pertemuan terakhir bu sari mengatakan bahwa Dokter menyarankan kepada para ibu supaya ketika baru melahirkan, bayi langsung disuruh mencari ASI dengan tujuan ia akan mengenali sang ibu dan ASI sebagai nutrisi awalnya. berarti, dalam masa 6 bulan, anak saudara saya itu seharusnya sudah mengenali bahkan ASI sebagai kebutuhan pokoknya.
    Yang saya tanyakan,kenapa justru bayi itu lebih memilih susu botol daripada ASI sang ibu??sebenarnya apa yang menyebabkan semua ini terjadi??
    yaa..meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa setelah lepas dari ASI, bayi itu cenderung rewel dan susah makan tapi pertumbuhan secara fisik tetap sehat.

  4. Fitriah berkata:

    ass,mo sedikit.. didaerah (lampung) tia da miTs bahWa sEmasa hamiL ibu tidak diperbolehkan memakan nasi dalam piring yang besar,,konon kaLo makan dalam porsi yang besar anak akan mempunyai sifat serakah,,belive or not tP itu KebetUlan sekali nyata..
    Oy tia juga punya kisah nyata,,,semasa hamil, tante tia suka banget ma binatang kus-kus,,walhasil stLh melahirkan wajah adik sepupu tia menyerupai kus-kus dan mempunyai sifat pemalu pdhl dy laki-laki,,kira-kira faktor apa yang terjadi dgn tante tia y semasa hamil..? Ironis memang,,,,tp ini nyata. JaZakumullah

  5. Agus Setiawan berkata:

    saya punya sepupu, neh anak beda banget sama anak2 lainnya!!dia cuma bisaa senyum2, jarang ngomong,ikut2n lari2an ja,.pertumbuhannya kayanya si lambat karena dipengaruhi obat2n coz dia pernah terkena penyakit tubesisfalesis,.katanya c sejenis penyakit tumor yang kepalanya bisa membesar. bisa dijelaskan lagi g?!apakah semua anak yang mengalami hal yang sama seperti dia tingkahnya jadi seperti itu?!apakah baik anak masih umur kira2 1tahun harus mengkonsumsi obat2an yang cukup berat?!berpengaruh ke otaknya g?koq si anak bisa seperti itu, emang sih pas mau lahir ternyata bayinya sungsang. terima kasih

  6. nur imtihani berkata:

    ass.bu pkbr?hehehe..hai temen-temen,saya punya keponakan baru nich namanya sayyid ahmad labib,dia baru lahir sebelum ramadhan,pas lebaran kan umurnya baru sebulan nich..trus kta orang-orang dlu,bayi sebelum umur 40hari belum boleh pergi-pergi jauh, klo kta orang tua…itu pamali(tidak baik) klo bayi baru lahir atau belum berumur 40hari dibawa pergi jauh. klo menurut saya sich bayi yang baru lahir atau mitos yang bilang bayi tidak boleh dibawa pergi jauh itu karena fisik bayi masih rentan ma polusi dan hawa panas atau dingin. Hal itu karena bayi belum bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. yaa itu aza sich yang saya tau, mungkin temen-temen punya solusi lain!!!..boleh dunks bagi2 solusinya…

  7. maisaroh berkata:

    As….tMn2…..!!priwe kabare””? oia mamay punya study kasus nich..penting nih.. kali aja ada yang ber nasib sama he..he..he!! nyesel kalo ga di baca!begini ceritanya… may punya 2 sepupu laki laki,mereka punya kekurangan semasa bayi yaitu keterlambatan dalam berjalan, wal hasil mereka berjlan dengan cara mengesot,yang seharusnya umur satu tahun udah bisa jalan,eh… tapi sepupu may ini 2 tahun belum bisa jalan juga,,,bahkan salah satu dari mereka ada yang bisa jalannya saat berumur 3 setengah tahun (ifan). nah… yang namanya ifan ini yang sempet ngelakuin terapi di kampung untuk di urus ama nenek. ma nenek, si ifan ini di terapi dengan cara-cara yang menurut may aneh(tradisi kampung)contohnya setiap abis mandi dendkul si ifan di jilat sama nenek, lalu di sabet-sabet ama buntut belut, yah pokoknya aneh-aneh dah, wal hasil dengan terapi yang panjang itu si ifan baru bisa jalan.nah ifan ini menurut may, lama jalannya, karena emang badannya agak lembek (lemes)tulang-tulangnya juga waktu may pegang ga begitu kuat. nah kalo yang satunya lagi namanya fauzan, baru bisa jalan sekarang-sekarang ini nih..umurnya 1 tahun setengah. sama dia juga ngesot…tapi dengan ketelatenan ibuya dia bisa deh jalan. tapi itu juga berdirinya harus di bantu dulu jadi belum bisa berdiri sendiri.kalo si fauzan ini diketahui bukan karena fisikya yang lemah, tetapi karena pengecut, dan kegemukan jadinya dia ga bisa ngangkat badannya sendiri,kalo di tanya hal itu ber- masalah /berpengaruh apa ga’ nya antara pertumbuhan fisik terhadap psikisnya , ya…hal itu bisa saja, karena terlambatnya atau terhalangnya kreatifitas si bayi yang seharusnya dia udah bisa berbuat yang lain-lainya eh itu belum. karena hal itu terjadi sama sepupu may si ifan dia jadi aga lambat dalam berfikir, yah… bagi temen temen yang punya kasus kaya gini yah… tolong bilangin aja ama ibunya sabar-sabar aja deh ples kudu rajin-rajinlah terapi atau ngelatih si anak terus…mungkin segitu aja cerpen dari may he…he…he kalo mau lebih detail lagi hubungi:085691844824. di tunggu ya….@_@ awassss jangan sampe engga ye.. nyuwun sewu bu….. sampun maturnuwun…Tenkyu….

  8. saya punya tetangga kalau dilihat dari segi ekonominya nih anak termasuk golongan kurang mampu tapi mau kita kasihanin anaknya badungnya minta ampuunn,..g tahaan,.kasusnya gini,. neh anak dulu pas lahir normal, tapi dia g diberi asi sama ibunya, trus pas kira2 umur 1 tahun ada kelainan sama tuh anak secara fisik emang kurus dan item yang lebih mengejutkan lagi mata sebelah kanan tuh anak aneh matanya warna abu – abu keputih2an pokoknya keliatan serem deh!!!tapi mata kirinya normal2 ja kata ibunya g ngerti kenapa, dan ibunya g mo tahu, udah gitu sekitar umur 3 tahunan tuh anak alat kelaminnya ternyata udah disunat,. percaya atau engga kata emaknya atau orang sekitarnya tuh anak disunat setan, g tahu itu mitos atau bukan yang pasti kenyataan,apa karena faktor lingkungan juga coz deket rumahnya emang tempat pemakaman gitu!!semakin tumbuh gede sampai sekarang kira2 umur 5 tahun tuh anak badungnya makin g bisa diatur ( kata emaknya ), udah gitu kalo ngeliat tuh anak emang serem sih walau terlihat emang dia seperti anak normal..badannya kurus, kulitnya item,tinggi badannya sekitar 80cm,.beda sama anak2 yang biasa kita bilang hiperaktif kalo neh anak kayanya berlebihan!!!kenapa yah apa karena dia g di kasih Asi sejak kecil atau gimanz?!!coz saya ngobrol sama ibunya tentang anaknya kayanya tuh ibu g seneng banget sama tuh anak!!!dia anak satu2nya padahal!!kasihan banget tuh anak nasibnya!!

  9. khairunnisa berkata:

    saya mo jwb pertanyaan dari nunu:
    perkembangan bayi lambat dikarenakan kurang adanya rangsangan dari Si Ibu mungkin si Ibu jarang mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi, sehat, dan seimbang serta teratur, dengan menambah nutrisi yang seimbang dan teratur serta kasih syg Ortu terhdp si Bayi.

  10. neli rahmi berkata:

    Syamil adalah keponakan saya, anak dari pasangan Iffah Syarifah dan Heru Yuwono. Sekarang ini dia berusia tiga minggu. Pada saat dia di lahirkan air ketuban ibunya terminum oleh bayi tersebut. Sehingga Syamil kesulitan untuk bernapas dan tidak bisa berbuat apa-apa, dia berbeda dengan bayi yang lainnya. Sekarang ini Syamil sedang dirawat di rumah sakit Cipto Mangunkusumo. Dokter menganjurkan agar air ketuban yang terminum oleh Syamil disedot, al-hamdulillah kondisi Syamil saat ini ada perubahan. Akan tetapi saya tidak tahu apakah hal ini akan mempengaruhi perkembangan pola pikir dan prilaku Syamil selanjutnya????????

  11. khairunnisa berkata:

    saya mo mnjwb pertanyaan dari Agus:
    kebanyakan obat bisa juga pengaruh terhdp seluruh anggota tubuh.bisa jadi si Bayi akan mnjadi lemas.kebanyakan obat juga ada efek samping, bisa pengaruh ke Otak(akan menimbulkan kebodohohan/idiot)dan tidak baik mengkonsumsi obat2an yang cukup keras.
    keponakan saya yang sekarang umur 1 thn 9 bln yang sebenarnya sudah bisa jalan, tapi smpai belum bisa berjalan, karena kebanyakan minum obat,lama kelamaan bisa kejang-kejang dan organ tubuh mnjadi lemas, padahal u/menggerakannya sich bisa.jadi si Ibu perlu di perhatikan, sangat berbahaya jika si Ibu memberikan obat2an yg ckup keras(kebanyakan Mengkonsumsi Obat)jangan berlebihan terhadap obat apapun.masalah Bayi sungsang yg saya ketahui: bahwa keadaan bayi didalam rahim Ibu,mungkin posisi bayi didalam kandungan tdk stabil(salah posisi si Bayi),untuk itu si Ibu harus berhati2 dlm kandungan bayi tersebut,sering2lah Chek-Up kedokter(periksa rutin 2/3 mingg sekali) ga ada salahnya koq klo Bayi sunsang.tapi lebih bagusNya klo Bayi keluar dari Rahim Ibu yaitu kepala dulu.ketika Ibu ingin Melahirkan ada 2 taruhan Nyawa yaitu:Si Ibu dan si Buah Hati.atau untuk lebih jelas lagi Agus bisa menanyakan hal ini kepada sdri Nunu.untuk agus gmn jwb dari saya sudah bisa diterima?

  12. ika berkata:

    LAPORAN OBSERVASI
    PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

    A. AHMAD RAIHAN.
    Ahmad raihan adalah anak pertama dari pasangan Sukemi Nekaputra (24 thn) dan Yayuk Susanti (22 thn), anak pertama.Yayuk berprofesi sebagai Karyawati dan Sukemi berprofesi sebagai Tekhnisi. Yayuk mengalami gejala kehamilan pada 1 thn pernikahan, dan keterlambatan selama 1 bln datang bln / haid. Usia ahmad raihan saat ini 2,5 thn.

    1. Masa Pranatal.
    Pada usia 1 bln, bb Ibu : 50 Kg, tb : 158. tidak ada gejala yang khusus hanya mengalami ngidam dan sudah mulai mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. Pada usia 2 bln, bb Ibu : 45 Kg, tb: 158. berat badan ibu pada usia 2 bln ini menurun sebesar 5 Kg hal ini disebabkan ibu sedang dalam keadaan stress. Pada usia 3 bln, bb Ibu : 46 Kg, dan tb tetap, pada usia ini hanya saja kondisi kesehatan ibu sudah mulai terganggu seperti mual-mual, pusing serta sesak nafas. Pada usia 4 bln, kondisi berat badan dll sama seperti pada usia 3 bln. Pada usia 5 bln, pada usia ini calon bayi dlm kandungan sudah mulai ada gerakan tetapi tidak terlalu sering. Pada usia 6 bln, kondisi ibu stabil tetap pada kondisi sebelumnya dan hasil USG menunjukan jenis kelamin Perempuan. Pada usia 7 bln, sudah menunjukan tanda-tanda khusu lainnya, ibu sulit tidur di malam hari, pusing, lemah, serta malas, dan gerakan bayi kuat seperti tendangan dll. Hubungan seks tetap dilakukan pasangan ini sejak kandungan bayi 2 bln s/d 8 bln. Pada usia 8 bln, ibu mengalamin sulit buang air besar serta sering buang air kecil. Barulah pada usia 9 bln, tanda-tanda melahirkan sudah terlihat jelas seperti kontraksi terjadi sertiap 5 menit sekali, mules serta gemetar. Akhirnya melahirkan pada usia 9 bln 7 hari. Pada saat persalinan berjalan dengan proses normal, bayi saat keluar dalam kondisi yang baik langsung menangis serta muntah mengeluarkan air ketuban yang masuk kedalam mulut bayi. Berat badan bayi ialah 3 Kg serta Tinggi badan ialah 49 cm dan sangat mengejutkan Jenis Kelaminnya Laki-Laki. Ini berbeda dengan hasil USG. Bayi tidak langsung diberi ASI pada saat melahirkan tetapi 2 hari setelah melahirkan.

    2. Masa Neonatal.
    Neonatal ini dimulai pada usia 2 minggu hingga 2 bln. Raihan pada usia 2 minggu gerakan pertumbuhannya sangat cepat. Indra pertama yang berfungsi pendengaran serta perasanya. Jam tidur yang diperlukan raihan pada saat itu 18 jam/ hari. Raihan selalu diberi ASI hingga usia 8 bln, akan tetapi ibu sudah menggunakan susu pendamping itu sejak usia raihan 2 bln. Pada usia 2 bln raihan sudah bisa melihat atau mengenali orang yang ada disekilinginya atau melihat secara untuh seperti bayi biasa. Tetapi pada usia 2 bln juga, raihan terkena suatu penyakit sesak dalam pernapasan yang diketahui bahwa pada saat melahirkan raihan sempat muntah dan mengeluarkan cairan ketuban ibu yang tertelan dan ternyata yang membuat ia sesak nafas ialah air ketuban yang masih ada di paru-parunya. Dengan cepat ibunya membawanya kedokter,dan di dokter spesialis bayi dan dengan alat penyedot dikeluarkan dari paru-parunya berupa cairan yang sangat putih serta ternyata banyak bayi yang mengalami hal ini. Setelah itu raihan tetap dalam keadaan yang seperti biasa. Stabil.

    3. Masa Bayi.
    Masa bayi dimulai pada usia 3 bln s/d 2 thn. Pada usia 3 bln, raihan pada usia 3 s/d 5 bln sudah diberi asupan makanan berupa bubur beras merah sebagai pendamping ASI, adapun berat badan : 9 Kg, tinggi badan : 60 cm. kemampuan yang sudah dimiliki raihan mengangkat kepala, duduk bersandar, tidur telungkup, tertawa. Pada usia 7 bln, raihan sudah bisa merangkak tetapi mundur. Pada usia 7 bln pula raihan sudah tumbuh gigi susu 2 buah serta sudah dapat berceloteh. Pada usia 11 bln, raihan sudah dapat berjalan serta agak fasih berbicara dan mengerti apa yang dikatakan orang lain. Raihan sudah dapat mengenali orang isekelilingnya dari ayah, ibu, kakek, nenek, serta anggota keluarganya yang lain. Pada tahap ini raihan memulai proses belajarnya dengan melihat contoh perbuatan orang lain seperti meniru perkataan, melakukan perbuatan orang lain. Dan pada usia 1 thn 5 bln berat badan raihan bertambah menjadi 10 Kg, serta tinggi badan : 55 cm. pada usia 1 thn, raihan terserang penyakit panas terlalu tinggi atau step. Saat itu keadaan raihan turun sangat drastic. Berat badan menjadi 7.5 Kg, badan terlihat lemas dan lesu, kurang nafsu makan, serta suhu badan panas tinggi hingga 38 C. raihan dirawat di RS.Persahabatan selama 1 Minggu. Setelah sakit, biasa yang dikatakan dalam psikologi perkembangan bahwa apabila belum selesai masalah pada masa natal maka akan berakibat pada masa pasca natal. Step bisa sangat berbahaya apabila tidak diselesaikan pada masa itu juga. Apabila ia tidak sembuh akibatya akan menurun kemampuan otaknya atau cacat mental akan tetapi apabila telah selesai pada masa itu akan meningkat kemampuan otaknya. Dan ternyata raihan dapat menyelesaikan tahap itu dengan baik. Hingga pasca sakit raihan sangat pesat perkembangang psikologisnya baik secara kemampuan maupun pertumbuhan. Setelah pada usia 1 thn keatas beeranjak 2 thn, raihan sudah dapat memahami kata-kata yang dimaksudkan seperti makan, minum dll yang dapat menjelaskan maksudnya. Sekarang usia memasuki 2 thn 5 bln, berat badan sekarang menjadi 12 Kg, tinggi badan sekarang 90 cm serta sudah bisa berhitung, mengenal warna, kreativitas bermainan,serta fasih berbicara. Sifat emosinya keras kepala, manja, ngambek dll. Akan tetapi apabila kosa kata baru yang belum ia ketahui maksudnya ia akan bertanya terus. Serta ia sangat senang berbicara, akan tetapi raihan belum bisa pipis atau buang air besar dan kecil sendiri.

  13. ana berkata:

    anna qurani

    LAPORAN OBSERVASI
    PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

    Pada hari sabtu tanggal 19 Agustus 2005. jam 13.00 datanglah seorang ibu muda ke rumah bersalin perwira. Setelah diperiksa ibu bidan lalu ibu masuk ke ruang persalinan. Ibu bidan menyiapkan segala perlengkapan untuk persalinan dan kira-kira pukul 14.20 lahirlah seorang bayi laki-laki yang mungil akan tetapi tidak terdengar suara tangisan bayi lagi, setelah ditunggu dan digerak-gerakan kira-kira 10 menit barulah si bayi mangis cukup keras cukup lama lalu si bayi dibersihkan setelah bersih dan rapi bayi itu ditimbang dengan berat badan 3,2 Kg dan panjang 50 cm. proses persalinannya normal.

    Setelah ibu bersih dan bayi dibersihkan barulah bayi diberikan oleh bidan untuk diberi asupan ASI namun saja, ASI ibu belum keluar dan ketika setelah ibu menatap sang bayi maka terkejutlah sang ibu melihat bayinya yang kurang sempurna yaitu tidak ada liang telinga jadi yang tampak hanya telinga bagian bawahnya saja. Si ibu sangat sedih dan kecewa melihat kenyataan ini, namun keluarga besar si ibu memberi support agar jangan terlalu berkecil hati,tetap sabar dan ikhlas menerima keyataan ini karena semua ini adalah kehendak Allah SWT. Semoga ini ada hikmahnya. Keesokan harinya barulah sang bayi dapat menerima asupan ASI dari ibunya, 2 hari kemudian si ibu dan bayinya diperbolehkan untuk pulang kerumah.

    Perkembangan bayi si bayi sesampainya dirumah cukup normal seperti bayi lainnya. Setiap bulan si bayi dibawa keposyandu didekat rumahnya, alhamdullah timbangan berat badan bayi naik walaupun cukup sedikit. Dari bulan ke bulan perkembangan si bayi cukup baik,normal,aktif,sehat seperti bayi pada umumnya yang mempunyai organ tubuh yang sempurna. Ketika usia 2 bln, sudah bisa tengkurep, pada usia 3 bln, sudah bisa berceloteh dan tertawa, serta pada usia 5 bln sudah tumbuh gigi. Pada usia 1 thn, sudah bisa merangkak dan berjalan. Kekurangan fisiknya tidak menyebabkan perkembangan serta pertumbuhan tubuhnya terhambat.

  14. Iis Farianti berkata:

    Saya mempunyai sepupu usianya 20 bulan. Akan tetapi belum tumbuh gigi padahal orangtuanya sudah berusaha memberikan obat perangsang tumbuh gigi dari usia 1 tahun. Sejak itu si bayi sering mengeluarkan air liur. Apakah pengaruh obat reaksi obat tersebut sehingga mengakibatkan keterlambatan tumbuhnya gigi???Teruz bagaimana caranya agar si bayi tidak mengeluarkan air liurnya???????????

  15. tyramisyu berkata:

    2 Minggu lebaran kemarin, 2 hari pertama saya sengaja isi dengan wawancara terhadap seorang Ibu muda, dari anak pertamanya “Auliya Tazkiyatusshafa”, awalnya saya tidak paham kenapa si Ibu mengatakan bahwa Anaknya begitu rentan terhadap penyakit, seringkali, bahakan hampir tiap bulan bayi tersebut harus di bawa ke rumah sakit. Baru di akhir akhir wawancara si Ibu mengatakan bahwa Auliya adalah bayi prematur, yang masa kandungan di dalam rahim sang Ibu ketika itu hanya berlangsung selama sekitar 8 bulan, dan karena proses kelahiran yang begitu rumit itulah, ternyata kemudian di ketahui bahwa bayi ini begitu lambat perkembangannya pada minggu-minggu awal kelahirannya. Karena kelahirannya yang prematur ini, setelah proses kelahiran, pihak rumah sakit mengharuskan auliya untuk dimasukkan ke dalam sejenis ‘penghangat tubuh’ atau incubator.Dan proses pemberian makan juga harus dilakukan melalui alat sejenis pipet, semua perlakuan khusus ini diperlukan karena jaringan di dalam tubuh sang bayi belum berfungsi senormal bayi yang lama kandungannya mencapai 9 bulan. Herannya, meskipun perkembangan si bayi ini begitu lambat pada awal-awal kelahirannya, tapi sekarang bayi ini sudah dapat di katakan tumbuh dengan normal, melihat beratnya yang saat ini 8,5 kg dan tingginya yang mencapai 60 cm. Fakta lain yang saya dapatkan, ternyata hampir mirip dengan perkataan ka dian saputra, salah satu sebab bayi ini lahir prematur pada awalnya adalah karena si Ibu mal nutrisi. Tapi.. is there’s anyone know, apa aja sih sebenarnya penyebab bayi lahir prematur?

  16. Siti zaidah berkata:

    Saya mempunyai adik namanya Sya’ban. Dia lahir pada tanggal 05 september 2005, al-hamdulillah dia lahir dengan selamat. Pada usia 5 bulan dia tumbuh dengan cepat dan pada usia 9 bulan dia sudah bisa berjalan dan dapat memahami pembicaraan orang lain. Dia tumbuh cepat dibandingkan dengan teman-temanya. Sekarang usianya 2 tahun dan banyak orang tidak menyangka kalau usianya masih sekecil itu kondisi ini dipengaruhi oleh susu formula. karena sejak lahir tidak mau minum ASI.

  17. cuT_cUtE berkata:

    yuuHHHuuuueee….cuT yang cute niC!!!!!
    mw kasih sdikit pengalaman observasi pAs kemaren lebaran…pasiEn observasi leo Fathan Harianja,1 tahun 3 bulan, dia nIc klo untuk anak usianya anak umur satu tahunan kan udh bisa menyebutkan beberapa kosa kata tapi lain dengan fathan baru bisa nyebut..”itu…itu…”jd klo dia mw sesuatu ia hanya bilang “itu…itu…”wajarnya kan sdh bisa ngucap mama ataw papa pi ni dia blum bisa…dari segi fisik sic normal malah pertumbuhannya cepat baget..terutama pertumbuhan giginya
    menurut saya nih setiap bayi kan mempunyai masa pertumbuhan yang beda2 nah pada kasus saya mungkin perkembangan fisik si bayi lebih pesat dibandingkan perkembangan secara linguistiknya…jadi ga masalah sic klo dia belum bisa bicara ya selama orang tua masih giat mengajarkan dan mengarahkan si bayi brlatih berbicara….

  18. khairunnisa berkata:

    saya mo jwb Pertanyaan dari Neli:
    Menurut Saya, ketika menanyakan hal ini kpd Nykp saya, bahwa Bayi Kemasukan/Meminum Air Ketuban sangatlah berpengaruh terhdp perkembangan pola pikir. maka dari itu harap berhati2.agar si Bayi tidak meminum Air ketuban.apakah anda sudah yakin trhdp Dokter,bahwa menganjurkan seperti itu?klo saya pikir tidak mungkin bisa jadi daya tangkap pemikiran si Anak akan menjadi Lemot/telat berpikir.saya punya keponakan yang umurnya 1 thn 9 bulan,kemasukan/meminum Air Tuban mataNya agak jereng(penglihatan Matanya agak aneh dari bayi yang laenNya.sampai sekarang.gmn mnurut neli bisa diterima jwban dari saya?.jangan sampe Air Ketuban Tertelan kpd si bayi tsb.

  19. khairunnisa berkata:

    pertanyaan dari Rahma:
    karena si Ibu tidak Membiasakan/tdk mo memberikan Rangsangan terhadap si Bayi.perlu adanya Rangsangan dari Ibu&bayi.bukan hanya dari segi ekonomi yang tidak mampu. sehingga ibu pasra Ilahi.malah sebaliknya ibu yang mampu, maka si Bayi tidak terurus (tdk diperhatikan).dan Ibu yang tdk mampu, maka si Bayi Terjaga, terurus,terawat(sngt diperhtikn)menurut saya: yang salah itu bukan anaknya tapi juga faktor si ibu. karena si Ibu lah yg tdk mengkonsumsi makanan-makanan yg sehat& bergizi, nutrisi yg seimbang dan teratur.dan Si Ibu harus membiasakan sejak dini untuk u/memberikan Asi trhadap si Bayi tsb.ibu yang kekurangan gizi&nutrisi tdk teratur dapat menyebabkan si Bayi yang tidak tumbuh sehat.(busung lapar)mungkin hal ini dikarenakan dari faktor lingkungan.gmn Rahma bisa diterima jwban saya?

  20. khairunnisa berkata:

    untuk Iis dari Nisa:
    jangan sekali-kali orang tua Memberi perangsang Obat Gigi pada si Anak yang baru berUsia 1 thn,jangan dikasih sesuatu apapun.biasanya si Bayi jika tangis terus-menerus biasaNya tumbuh gigi.biarkan si Bayi keluar liur tersebut,jngan diksh sesuatu apapun,lama kelamaan Liur tsb akan berhenti sendiri,bisa jdi si Bayi tumbuh gigi.setahu saya bkn keluar liur tapi si Bayi Ngences trus iya khan?dikarenakan Pada Wkt Hamil NgidamNya tidak kesampai(tdk tercapai)jgn khawatir dgn anak tsb,lama kelamaan akan hilang sendiri dari liurNya.gmn Iis bisa dterima jwban Nya?

  21. siskha_caem berkata:

    Hai tmn2….siskha pny keponakan nic namanya Nabila Syifa Azhuri, umurnya 1 th, truz dia sudah bisa berjalan tapi belum lancar berbicara. kira-kira bisa bareng ga antara berbicara dengan berjalan…??
    Klo menurut siskha c dalam Psikologi perkembangan anak pada masa bayi kita mengenal hukum perkembangan. perkembangan merupakan perubahan yang terus menerus dialami, tetapi ia tetap menjadi kesatuan. perkembangan berlangsung dengan perlahan-lahan melalui masa demi masa. kadang-kadang seseorang mengalami masa krisis pada masa kanak-kanak dan masa pubertas. menurut hasil penelitian para ahli bahwa perkembangan jasmani dan rohani berlangsung menurut hukum-hukum perkembangan tertentu. hukum perkembangan yang akan saya jelaskan adalah “Hukum irama ritme perkembangan”. perkembangan berlangsung sesuai dengan irama berlaku untuk perkembangan setiap orang. baik perkembangan jasmani maupun perkembangan rohani tidak selalu dialami perlahan-lahan dengan urutan teratur, melainkan merupakan gelombang-gelombang besar dan kecil yang silih berganti. terima kasih….

  22. dEsy pRita berkata:

    Laporan hasil observasi usia anak “masa bayi” :

    Tetangga Saudara saya mempunyai anak laki-laki berumur 1 tahun lebih 6 bulan. Anak kedua dari 2 bersaudara. Ketika usia 1 tahun sebulan sampai saat ini ia belum dapat melakukan hal-hal yang selayaknya dapat dilakukan oleh anak-anak seusianya. Seperti berkomunikasi dengan orang tuanya, mengoceh, dan gerakan-gerakan lainnya.Riwayatnya, pada usia 29 hari ia mengalami kejang. orangtuanya membawanya ke RS dan ditangani oleh beberapa dokter ahli. Pada waktu itu keadaan anak tsb tidak ada respon sama sekali dari anggota tubuhnya. Seperti untuk menyusui. Baru beberapa jam di bangsal bayi, anak tersebut mengalami komma. Kemudian oleh dokter dilakukan pemotretan CT Scan, yang menunjukkan ada perdarahan di otaknya. Dokter kemudian memberikan beberapa terapi di ruang rawat intensif khusus bayi. Dokter ahli bedah syarafnya menyatakan bahwa kemungkinan keberhasilan operasi adalah 25%. Selebihnya adalah maut. Dari yang orangtuanya tangkap, dokter menyarankan untuk tidak dioperasi karena sudah sedemikian parahnya keadaan anak tersebut. Akhirnya ayahnya memutuskan untuk tidak mengoperasinya, dan sekedar menunggu keajaiban dari Allah. Anak tsb dirawat di rumah sakit tersebut selama kurang lebih sembilan hari. Pada hari ketiga, ia mengalami kesulitan nafas, sehingga dipasang ventilator. Dokter menyatakan bahwa agar ortunya mempertimbangkan pemasangan alat tersebut, agar tidak memperpanjang penderitaan anak tersebut. Akhirnya ayahnya membawa pulang anak tersebut, karena tipisnya harapan yang ada pada ortunya. akhirnya mrk pulang tanpa dibekali apa pun. Dengan keadaan anaknya yang masih dipasang sonde di hidungnya. Selama hampir empat bulan anak tersebut hanya mengkonsumsi ASI lewat sonde karena belum mampu untuk minum secara mandiri dari puting ibunya. Lambat-laun, ia mulai bisa menyusui dengan tersendat-sendat (belum pinter). Kemudian karena belum ada perkembangan yang menggembirakan, maka ortunya mencoba untuk kontrol ke Rumah sakit yg sama, dan disarankan untuk diterapi di bagian Fisioterapi/ Instalasi Rehabilitasi Medik. Disarankan oleh fisioterapisnya, untuk diterapi 3 kali sepekan. Namun karena jauhnya tempat tinggal ortunya dengan RS tsb, maka anak mrk baru dapat diterapi selama 3 kali. Di rumah, ortunya melakukan terapi sendiri semampu mrk, dan sampai saat ini belum ada hasil yang signifikan.

  23. Lia_LatifaH berkata:

    Ass…Lia pny keponakan nc, namanya Nailah Salma Kafria..November nanti umurnya genap 3th. Masalah yang dialami waktu bayi adalah dia sangat pendiam, apalagi jika bertemu org yg baru dia kenal. kalo diajak berinteraksi, bicara ataupun melakukan sesuatu, dia hanya diam dan disatu kesempatan dia tersenyum, seperti tidak tertarik dengan yg apa kita lakukan. lia pernah dengar kalo sikap sosial atau anti sosial dari bayi itu merupakan salah satu dari sikap bawaan. maksudnya sikap sosialisasi orang tua berpengaruh pada bayi, kalo orang tuanya pendiam,anaknya juga pendiam. tapi lain halnya dengan orang tua Nailah, mereka justru pandai bergaul dan sangat open mind dengan orang lain. memang kedua orang tua Nailah kerja dan dia hanya ditemani oleh pengasuh, tapi disetiap kesempatan mereka selalu mengajaknya berinteraksi dengan cara bermain ataupun diajak bicara. kita tidak tau apa yang menyebabkan anaknya bersikap seperti itu. padahal tidak jarang anaknya selalu diajak bersosialisasi dengan orang lain. menurut tmn2, apa yang menyebabkan dia berperilaku seperti itu???
    kalo menurut lia,mungkin juga dari sikap pengasuhnya yg pendiam dan jarang mengajaknya berinteraksi, jd dia juga terframe seperti itu. kalo dibiarkan seperti itu bisa jadi sikapnya akan seperti itu hingga dewasa dan dapat mempengaruhi perkembangannya. salah satu solusi kami adalah menyekolahkan dia supaya memudahkan dia beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. kerena masih bayi nc, dan dimasukkan ke play group pun blm cukup umur, jd dia dimasukkan ke kelas toddler pada usia kurang dari 2th..dan Alhamdulillah ada perkembangannya, dia senang bertemu orang baru dan tidak menjadi malu-malu ataupun pendiam seperti dulu. malah sdh bisa menentukan nama benda dengan bhs inggris lhoo..jd buat tmn2 yg nanti punya pengalaman seperti orang tuanya Nailah, jangan takut ya, sekolahin ajaH!!!hehehe

  24. Khairunnisa berkata:

    Tugas Individu Psikologi perkembangan:(laporan Hasil Observasi Usia Anak “Masa Bayi”.
    saya Mempunyai Keponakan 2
    Anak I Bernama: Sabrina,lahir pd tgl 1 januari 2005.
    Anak II Bernama: Rahma, lahir pd bulan Desember 2006.
    tetapi keadaan perkembangan Bayi dari 2 Anak tersebut tidak sama.bahwa Anak yg ke-2 sangat Subur, sehat,lincah,dll berbeda dengan Anak yg pertama.dikarenakan mempunyai kelainan dalam otaknya sejak lahir,sehingga sampai sekarang ini Umur 1 thn 9 bulan bisa apa-apa,dan sering kejang-kejang, penglihatan kurang(jereng gto dech)padahal sudah dibawa kRumah Sakit Manapun tetap saja begitu,kata dokter tersebut Si Anak Punya Kelainan dalam Otaknya,mungkin saja punya Keturunan.atau hal ini disebabkan beberapa faktor diantaraNya tidak terjaganya Makanan yang diKonsumsi oleh Ibu hamil.maka dari itu saya sarankan harap berhati2lah dalam Mengatur Makanan disaat Ibu hamil.dan banyak sekali Pantangan-pantangan bagi Si Ibu Hamil.

  25. Khairunnisa berkata:

    Tugas Individu Psikologi Perkembangan: Laporan Hasil Observasi Usia Anak “Masa Bayi”
    Maaf Bu Tulisan Yg di Atas ada yang kurang.
    saya Mempunyai 2 keponakan.
    Anak I Bernama : Sabrina lahir pd tgl 1-jan-2005
    Anak II Bernama : Rahma lahir pd Bulan Desember 2006
    tetapi keadaan perkembangan Bayi dari 2 Anak tersebut tidak sama. bahwa Anak yg Ke-2 sangat subur, lincah, dll. berbeda dengan Anak yg pertama(ke-1)di karenakan mempunyai kelainan dalam otaknya sejak lahir.sampai sekarang ini umur 1 thn 9 bln belum bisa apa-apa. yg seharusnya da bisa berjalan,bisa ngoceh, dll,bahkan saya sedih sekali melihat keponakan yg belum bisa apa-apa,Lalu si Sabrina tersebut sering kejang-kejang,NafasNya Cepat sekali,tubuh BadanNya pun Lemas,tetapi Organ tubuh yg ada di dalam masih Aktif.
    untuk Penglihatan kurang (agak jereng gto dech.padahal sudah diBawa KeRumah Sakit manapun tidak ada Reaksi sama sekali(tidak ada perubahan),tetap aja begitu kata dokter tersebut si Anak punya Kelainan didalam otaknya, bisa jadi adanya Keturunan. atau hal ini disebabkan beberapa faktor diAntaranya tidak terjaga Makanan yang diKonsumsi oleh Ibu Hamil. maka dari itu saya sarankan harap berhati-hati dalam mengatur Makanan diSaat Ibu Hamil.dan Banyak sekali Pantangan-pantangan Bagi si Ibu Hamil.harus dijaga Pola Makanan bagi SiIbu yg sedang Hamil, Agar Si Anak yg ada didalam kandungan Ibu tetap Sehat.

  26. Khairunnisa berkata:

    Untuk Iis yang Caem he…..he…
    sekedar Menambahkan jwban. yang saya ketahui dari berbagai Ibu yang mempunyai Bayi,ketika si Bayi Mengalami Panas/Demam Biasanya tumbuh gigi.kalo menurut saya bayi Nces terus/Ngences terus,biasanya pada saat Si Ibu HAMIL sedang Mengidam yang Aneh-aneh tetapi tidak kesampaian.(tdk Tercapai)padahal Si Jabang Bayi MenginginkanNya dengan cara menendang perut ke IbuNya(bergerak lincah didalam perut).jangan Khawatir jika ada Ibu yg mempunyai Anak Ngences terus.biarkan saja,jangan dikasih apa-apa.lama kelamaan ngencesNya akan hilang.saya juga punya Adik SePupuh seperti Iis yg alami.adik sepupuh yg dulu berumur 1-s/d 2 thn masih Ngences terus,ga berhenti-henti.lalu saya ledek/saya takut-takuti dengan Tips:(hiiiiii malu donk ngences melulu ntar ga ada temanNya lho)akkirnya lama kelamaan ketika berinjak umur 3 thn, sudah tidak lagi Ngences.

  27. Mariyatul Kibtiah ( Kiki ) berkata:

    Ass…Kiki mempunyai tetangga sedang hamil anak kedua. Ibu tersebut namanya Nur Qomariyah, dia adalah seorang karyawati. Usia kandungannya 4 bulan. karena kehamilan ini bermasalah. Akhirnya Ibu tersebut cuti,,,diluar dugaanya, si sulung perempuan yang bernama Ainun Nabila yang kini berusia 22 bulan ternyata manja dan rewel. Dia takut gelap, selalu ikut ibunya kemana-kemana. Sewaktu masih bekerja si sulung ini maniez dan nyaris tak pernah menangis. Begitu juga sewaktu dia dirawat oleh neneknya nyaris tidak seperti itu ulahnya. Sekarang ini segala sesuatu yang berhubungan dengannya harus ibunya yang melakukannya. Padahal Ibunya harus menjaga kondisi agar kandungannya selamat. Ulahnya ini membuat ibunya tegang karena ia sulit sekali dibujuk atau dialihkan perhatiannya. Kira-kira apa yang sedang terjadi pada si sulung tersebut????Apakah akan menolong bila dia oleh ibunya dimasukkan ke kelompok bermain????

  28. Khairunnisa berkata:

    saya mo Mnjwb Pertanyaan dari kiki:
    yang bernama Ainun Nabila, jika dia harus Mengikuti Ibunya terus, jangan di bolehkan/jgn di biasakan,jika dituruti oleh Ibunya akan menjdi suatu kebiasaan. sehingga anak yg baru berusia 22 bulan yg seharus sudah belajar bermain.jika ibunya tidak mampu untuk mengurusi anak yang rewel maka dimasukkanlah ke sekolah bermain(PLAY GROUP) akan menambah perkembangan si Anak.lebih baik nya sich, Si Ibu lah yang berperan Aktif dalam mengajari Anak bermain dan Belajar.karena dengan adanya pendekatan si Ibu dan Anak akan Akrab,jika tidak ada pendekatan maka Si Anak akan Menjadi Takut samapai Dewasa kelak.maka dari itu si Ibu Harus Sabar dalam Menghadapi Anak, jika tidak bisa cobalah tahap demi tahap, pelan-pelan,suatu saat si Anak tidak akan rewel, Amin……jika ada anak yg seperti hadapilah dengan tabah.atau jangan Pasrah.

  29. Khairunnisa berkata:

    untuk kiki yg caem he….he….;Sory tulisan yg diatas ada yg salah(buru2 sich)di Maafkan ya……?
    jika tidak ada pendekatan Maka si Anak akan menjadi takut sampai kelak Dewasa.gmana Menurut kiki sudah bisa diterima jawabanNya?dah Puas blom?By yazna_alfarizi(Nisa)

  30. alvira berkata:

    ASS, vira punya tetangga saat dia hamil dia merasa bahwa dia sudah cukup banyak mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin, namun saat dalam keadaan hamil dia merasa bahawa kondisi tubuhnya menurun drastis. genap saat waktu melahirkan kondisi anaknya normal. dari mulai berat badannya sampai dengan kondisi fisik lainnya. namun yang menjadi permasalahannya sang ibu melihat perkembangan anaknya yang kini usianya sudah satu setengah tahun, tapi belum bisa berbicara.ternyata setelah di bawa kedokter ternyata anaknya mengalami traumatik yang amat sangat, karena melihat kondisi orang tuanya yang sering kali bertengkar sampai mengeluarkan kata-kata kotor dan ayahnya yang melakukan tindakan keklerasan terhadap ibunya. sejak saat itu anaknya tidak mengeluarkan satu katapun.
    kesimpulannya, sekarang ini anaknya sering kali di ajak bicara oleh neneknya, dan di jauhkan dari setiap pertengkaran orang tuanya, tapi tidak lupa juga anak itu diberikan makanan yang bergizi dan banyak vitamin, agar tidak mengganggu keterlambatan otaknya. saat ini betapa bahagia ibunya karena bisa mendengar anaknya memanggilnya dengan sebutan mama walaupun saat ini hanya itu yang bisa dikatakannya. karena semua itu membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama untuk menghilangkan traumatik dari masalah orangtuanya. wassalamu’alaikum Wr.Wb

  31. Mr. Jarot berkata:

    menurut penerawangan saya, jawaban atas pertanya saudari lia bahwa anak tersebut hanya kurang bermain dengan teman sebayanya because what,karena apa, karena dengan cara tersebut,ekspresi anak tersebut bisa bebas dan lebih bisa berkomunikasi tanpa malu lageeeee.
    namun ketika saya membaca buku kembali, ada suatu tambahan yang menakjubkan bahwa qt sebagai yang lebih tuaseharusnya lebih over-kreatif untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Misalnya, bercerita tentang hari menjadi ksatria baja hitam atau juga kisah jarot koco mencari cinta.hahahaha
    sehingga dengan cara kreasi tersebut mudah2an anak tersebut dapat mempunyai karakter tersendiri misal ketika anak anda diceritakan tentang cerita yang diatas maka kemungkinan besar anak anda akan berimajinasi dan dapat tertawa kembali (emang’e w pelawak)4 x 4 = 16, sempat g sempat tolong jgn dibalas. Peace man….
    (apabila ada kesamaaan karakter, tokoh dan tempat itu hanya fakta belaka)
    DILARANG mengkritik n mengcopy apa lagi membajak kritikan ini,n apabila anda mengkritik tulisan ini mk anda orang2 yg ahli surga…. al-fatihah….amin

  32. Mariyatul kibtiah ( kiki ) berkata:

    Oh ya Saya mempunyai satu kasus lagi nih…Boleh kan,,,sekarang kan masih tanggal 25 Oktober 2007. Jadi, masih ada waktu dong untuk memberikan sebuah kasus tentang bayi. Saya mempunyai sepupu namanya Ahmad luthfi. Pada waktu usia 3 bulan, sampai sekarang sudah 8 bulan ubun-ubunnya masih tampak berdenyut. Ibunya sangat khawatir, katanya apakah itu tandanya anak bayi tersebut masih sehat??? Sebenarnya sampai usia berapa ubun-ubun bayi mengeras???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s