HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM By Ana A, Apriyati, Muhammad & Siti Khotipah

Manusia diciptakan Allah Swt. Berasal dari saripati tanah, lalu menjadi nutfah, alaqah, dan mudgah sehingga akhirnya menjadi makhluk yang paling sempurna yang memiliki berbagai kemampuan. Oleh karena itu, manusia wajib bersyukur atas karunia yang telah diberikan Allah Swt.

Manusia menurut pandangan al-Quran, al-Quran tidak menjelaskan asal-usul kejadian manusia secara rinci. Dalam hal ini al-Quran hanya menjelaskan mengenai prinsip-prinsipnya saja. Ayat-ayat mengenai hal tersebut terdapat dalam surat Nuh 17, Ash-Shaffat 11, Al-Mukminuun 12-13, Ar-Rum 20, Ali Imran 59, As-Sajdah 7-9, Al-Hijr 28, dan Al-Hajj 5.

Al-Quran menerangkan bahwa manusia berasal tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah, seperti : Turab, Thien, Shal-shal, dan Sualalah. Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan Allah dari bermacam-macam unsure kimiawi yang terdapat dari tanah. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya, al-Quran tidak menjelaskan secara rinci. Manusia yang sekarang ini, prosesnya dapat diamati meskipun secara bersusah payah. Berdasarkan pengamatan yang mendalam dapat diketahui bahwa manusia dilahirkan ibu dari rahimnya yang proses penciptaannya dimulai sejak pertemuan antara permatozoa dengan ovum.

Ayat-ayat yang menyebutkan bahwa manusia diciptakan dari tanah, umumnya dipahami secara lahiriah. Hal ini itu menimbulkan pendapat bahwa manusia benar-benar dari tanah, dengan asumsi karena Tuhan berkuasa , maka segala sesuatu dapat terjadi.
Akan tetapi ada sebagian umat islam yang berpendapat bahwa Adam bukan manusia pertama. Pendapat tersebut didasarkan atas asumsi bahwa:

Ayat-ayat yang menerangkan bahwa manusia diciptakan dari tanah tidak berarti bahwa semua unsure kimia yang ada dalam tanah ikut mengalami reaksi kimia. Hal itu seperti pernyataan bahwa tumbuh-tumbuhan bahan makanannya dari tanah, karena tidak semua unsur kimia yang ada dalam tanah ikut diserap oleh tumbuh-tumbuhan, tetapi sebagian saja. Oleh karena itu bahan-bahan pembuk manusia yang disebut dalam al-Quran hanya merupakan petunjuk manusia yang disebut dalam al-Quran , hanya merupakan petunjuk dimana sebenarnya bahan-bahan pembentuk manusia yaitu ammonia, menthe, dan air terdapat, yaitu pada tanah, untuk kemudian bereaksi kimiawi. Jika dinyatakan istilah “Lumpur hitam yang diberi bentuk” (mungkin yang dimaksud adalah bahan-bahan yang terdapat pada Lumpur hitam yang kemudian diolah dalam bentuk reaksi kimia). Sedangkan kalau dikatakan sebagai tembikar yang dibakar , maka maksudnya adalah bahwa proses kejadiannya melalui oksidasi pembakaran. Pada zaman dahulu tenaga yang memungkinkan terjadinya sintesa cukup banyak dan terdapat di mana-mana seperti panas dan sinar ultraviolet.

Ayat yang menyatakan ( zahir ayat ) bahwa jika Allah menghendaki sesuatu jadi maka jadilah ( kun fayakun ), bukan ayat yang menjamin bahwa setiap yang dikehendaki Allah pasti akan terwujud seketika. Dalam hal ini harus dibedakan antara kalimat kun fayakun dengan kun fa kana. Apa yang dikehendaki Allah pasti terwujud dan terwujudnya mungkin saja melalui suatu proses. Hal ini dimungkinkan karena segala sesuatu yang ada didunia juga mengalami prosi yang seperti dinyatakan antara lain dalam surat al-A’la 1-2 dan Nuh 14.

Jika diperhatikan surat Ali Imran 59 dimana Allah menyatakan bahwa penciptaan Isa seperti proses penciptaan Isa seperti proses penciptaan Adam, maka dapat menimbulkan pemikiran bahwa apabila isa lahir dari sesuatu yang hidup, yaitu maryam, maka Adam lahir pula dari sesuatu yang hidup sebelumnya. Hal itu karena kata “tsumma” yang berarti kemudian, dapat juga berarti suatu proses.

Perbedaan pendapat tentang apakah adam manusia pertama atau tidak, diciptakan langsung atau melalui suatu proses tampaknya tidak akan ada ujungnya karena masing-masing akan teguh pada pendiriannya. Jika polemik ini senantiasa diperpanjang, jangan-jangan hanya akan menghabiskan waktu dan tidak sempat lagi memikirkan tentang status dn tugas yang telah ditetapkan Allah pada manusia al-Quran cukup lengkap dalam memberikan informasi tentang itu.

Untuk memahami informasi tersebut secara mendalam, ahli-ahli kimi, biologi, dan lain-lainnya perlu dilibatkan, agar dalam memahami ayat-ayat tersebut tidak secara harfiah. Yang perlu diingatkan sekarang adalah bahwa manusia oleh Allah, diharapkan menjadi khalifah ( pemilih atau penerus ajaran Allah ). Status manusia sebagai khalifah , dinyatakan dalam al-baqarah 30. kata khalifah berasal dari kata khalafa yakhlifu khilafatan atau khalifatan yang berarti meneruskan, sehingga kata khalifah dapat diartikan sebagai pemilih atau penerus ajaran Allah. Kebanyakan umat Islam menerjemahkan dengan pemimpin atau pengganti, yang biasanya dihubunkan dengan jabatan pimpinan umat islam sesudah Nabi Muhammad saw wafat , baik pimpinan yang termasuk khulafaurrasyidin maupun di masa Muawiyah-‘Abbasiah.

Perlu diingat bahwa istilah khalifah pernah dimunculkan Abu bakar pada waktu dipercaya untuk memimpin umat islam. Pada waktu itu beliau mengucapkan inni khalifaur rasulillah, yang berarti aku adalah pelanjut sunah rasulillah. Dalam pidatonya setelah diangkat oleh umat islam, abu bakar antara lain menyatakan “selama saya menaati Allah, maka ikutilah saya, tetapi apabila saya menyimpang , maka luruskanlah saya”. Jika demikian pengertian khalifah, maka tidak setiap manusia mampu menerima atau melaksanakan kekhalifahannya. Hal itu karena kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua orang mau memilih ajaran Allah.

Dalam penciptaannya manusia dibekali dengan beberapa unsure sebagai kelengkapan dalam menunjang tugasnya. Unsur-unsur tersebut ialah : jasad ( al-Anbiya’ : 8, Shad : 34 ). Ruh (al-Hijr 29, As-Sajadah 9, Al-anbiya’ :91 dan lain-lain); Nafs (al-Baqarah 48, Ali Imran 185 dan lain-lain ) ; Aqal ( al-Baqarah 76, al-Anfal 22, al-Mulk 10 dan lain-lain); dan Qolb ( Ali Imran 159, Al-Ara’f 179, Shaffat 84 dan lain-lain ). Jasad adalah bentuk lahiriah manusia, Ruh adalah daya hidup, Nafs adalah jiwa , Aqal adalah daya fakir, dan Qolb adalah daya rasa. Di samping itu manusia juga disertai dengan sifat-sifat yang negatif seperti lemah ( an-Nisa 28 ), suka berkeluh kesah ( al-Ma’arif 19 ), suka bernuat zalim dan ingkar ( ibrahim 34), suka membantah ( al-kahfi 54 ), suka melampaui batas ( al-‘Alaq 6 ) suka terburu nafsu ( al-Isra 11 ) dan lain sebagainya. Hal itu semua merupakan produk dari nafs , sedang yang dapat mengendalikan kecenderungan negatif adalah aqal dan qolb. Tetapi jika hanya dengan aqal dan qolb, kecenderungan tersebut belum sepenuhnya dapat terkendali, karena subyektif. Yang dapat mengendalikan adalah wahyu, yaitu ilmu yang obyektif dari Allah. Kemampuan seseorang untuk dapat menetralisasi kecenderungan negatif tersebut ( karena tidak mungkin dihilangkan sama sekali ) ditentukan oleh kemauan dan kemampuan dalam menyerap dan membudayakan wahyu.

Berdasarkan ungkapan pada surat al-Baqarah 30 terlihat suatu gambaran bahwa Adam bukanlah manusia pertama, tetapi ia khalifah pertama. Dalam ayat tersebut, kata yang dipakai adalah jaa’ilun dan bukan khaaliqun. Kata khalaqa mengarah pada penciptaan sesuatu yang baru, sedang kata ja’ala mengarah pada sesuatu yang bukan baru,dengan arti kata “ memberi bentuk baru”. Pemahaman seperti ini konsisten dengan ungkapan malaikat yang menyatakan “ apakah engkau akan menjadikan di bumi mereka yang merusak alam dan bertumpah darah?” ungkapan malaikat tersebut memberi pengertian bahwa sebelum adam diciptakan, malaikat melihat ada makhluk dan jenis makhluk yang dilihat adalah jenis yang selalu merusak alam dan bertumpah darah. Adanya pengertian seperti itu dimungkinkan, karena malaikat tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa depan, sebab yang tahu apa yang akan terjadi dimasa depan hanya Allah.

Dengan demikian al-Quran tidak berbicara tentang proses penciptaan manusia pertama. Yang dibicarakan secara terinci namun dalam ungkapan yang tersebar adalah proses terciptanya manusia dari tanah, saripati makanan, air yang kotor yang keluar dari tulang sulbi, alaqah, berkembang menjadi mudgah, ditiupkannya ruh, kemudian lahir ke dunia setelah berproses dalam rahim ibu. Ayat berserak, tetapi dengan bantuan ilmu pengetahuan dapat dipahami urutannya. Dengan demikian, pemahaman ayat akan lebih sempurna jika ditunjang dengan ilmu pengetahuan.

Oleh karena al-Quran tidak bicara tentang manusia pertama. Biarkanlah para saintis berbicara tentang asal-usul manusia dengan usaha pembuktian yang berdasarkan penemuan fosil. Semua itu bersifat sekedar pengayaan saint untuk menambah wawasan pendekatan diri pada Allah. Hasil pembuktian para saintis hanya bersifat relatif dan pada suatu saat dapat disanggah kembali, jika ada penemuan baru. Misalnya, mungkinkah penemuan baru itu dilakukan oleh ulama islam?.
 Persamaan dan perbedaan manusia dengan makhluk lain
Dibanding makhluk lainnya manusai mempunyai kelebihan-kelebihan. Kelebihan-kelebihan itu membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kelebihan manusia adalah kemampuan untuk bergerak dalam ruang yang bagaimanapun, baik didarat, dilaut, maupun diudara. Sedangkan binatang bergerak diruang yang terbatas. Walaupun ada binatang yang bergerak didarat dan dilaut, namun tetap saja mempunyai keterbatasan dan tidak bisa melampaui manusia. Mengenai kelebihan manusia atas makhluk lain dijelaskan surat al-Isra’ ayat 70.

Disamping itu, manusia diberi akal dan hati, sehingga dapat memahami ilmu yang diturunkan Allah, berupa al-Quran menurut sunah rasul. Dengan ilmu manusia mampu berbudaya. Allah menciptakan manusia dalam keadaan sebaik-baiknya (at-Tiin : 95:4). Namun demikian, manusia akan tetap bermartabat mulia kalau mereka sebagai khalifah ( makhluk alternatif ) tetap hidup dengan ajaran Allah ( QS. Al-An’am : 165 ). Karena ilmunya itulah manusia dilebihkan ( bisa dibedakan ) dengan makhluk lainny.
Jika manusia hidup dengn ilmu selain ilmu Allah, manusia tidak bermartabat lagi. Dalam keadaan demikian manusia disamakan dengan binatang, “mereka itu seperti binatang ( ulaaika kal an’aam ), bahkan lebih buruk dari binatang ( bal hum adhal ). Dalam keadaan demikian manusia bermartabat rendah ( at-Tiin : 4 ).

 Sesi pertanyaan
1. Manusia pada dasarnya diciptakan dimuka bumi ini sebagai khalifah, apabila manusia tidak pernah menjadi pemimpin apakah menyalahkan hakikat sebagai manusia? Dan mengapa sampai bisa orang itu mabuk atau membunuh ?( Tryan Erlangga )

2. Kenapa al-Quran tidak menjelaskan secara rinci asal-usul kejadian manusia, tetapi al-Quran hanya menjelaskan prinsip-prinsip seperti apa yang dijelaskan oleh al-quran tentang manusia? ( Siti Anisa )

3. Kenapa makhluk gaib memiliki kelebihan yang lain tetapi manusia tidak bisa seperti itu ? dan apakah dajal dapat disebut sebagai khalifah ? ( Mega Cari )

4. Kenapa zahir ayat yang menyatakan bahwa allah itu menghendaki sesuatu jadi maka jadilah ( kun fayakun ), bukan ayat yang menjamin bahwa setiap yang dikehendaki allah pasti akan terwujud seketika ? ( Rizal Taufik )

5. Adakah ilmu selain dari ilmu Allah ? ( Rida Dwi Maharani )

6. Apakah matematika, ilmu pengetahuan sosial, fisika termasuk ilmu Allah ? ( Dimas Ramadani )

 Jawaban

1. Sebetulnya manusia hanya meneruskan ajaran allah dan manusia itu berada dalam posisi di tengah-tengah manusia bisa menjadi positif dan manusia bisa menjadi negatif dan semua itu kembali pada dirinya masing-masing, tidak ada penentuannya dan manusia sendiri yang menentukan dia bisa menjadi pemimpin yang baik itu dengan tingkah laku dan segalanya yang dia perlihatkan. Orang bisa jahat karena kurang keimanan dan ketakwaannya pada allah swt.

2. Karena dalam Al-Quran hanya menjelaskan prosesnya saja, hal tersebut bisa terungkap “ Kemudian Kami jadikan dia ( Adam ) , dan Allah meniupkan padanya ruhNya dan Allah menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati namun sedikit sekali antara kamu bersyukur”. ( As-Sajadah : 9 ) dan terungkap juga surat Nuh : 17, Ash-Shafaat : 11, Al-Mukminuun : 12-13, Ar-rum : 20, Ali Imran : 59, As-Sajadah : 7-9, Al-Hijr : 28, dan Al-Hajj : 5.

3. Sebenarnya manusia itu sudah diberi kelebihan dan manusia juga sebagai makhluk yang mulia dimata Allah dibanding dengan makhluk lainnya. Tidak akan ada Dajal yang menjadi khalifah,karena tidak meneruskan ajaran Allah. Dan dajjal sebagai tanda akan terjadinya kiamat kubro dan dia akan keluar untuk menandakan akan datangnya kiamat tersebut.

4. Karena segala sesuatu yang dikehendaki Allah akan terwujud dan terwujudnya mengalami proses. Misalnya: pertemuan antara permatozoa dengan ovum akan menghasilkan bayi. Sebelum bayim itu lahir kedunia mengalamin beberapa tahap atau proses seperti diberikannya ruh, dan pembentukan-pembentukan bentuk tubuh. Dan contoh lain adalah buah mangga bisa ada dengan cara pada pohon itu terjadi bunga dan dari bunga baru menghasilkan buah.

5. Tidak ada ilmu selain ilmu Allah,maksudnya hanya ilmu-ilmu yang bermanfaat dan ilmu tersebut menuju ajaran Allah Swt,oleh sebab itu apabila ada ilmu yang menjadikan manusia jauh dari ajaran Allah maka itu disebut bukan ilmu Allah. contohnya Animisme, Dinamisme, ilmu Santet, dan semua ilmu sesat.

6. Termasuk apabila dengan belajar matematika, ilmu pengetahuan sosial maupun fisika tersebut kita dapat mengenal dan mendekatkan diri pada Allah.

About these ads

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Tulisan ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

53 Balasan ke HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM By Ana A, Apriyati, Muhammad & Siti Khotipah

  1. Johdan berkata:

    Mohon penjelasan lebih detail.. Jadi hakikat manusia itu apa?

  2. chee-pee berkata:

    lalu bagaimana konsep perkembangan manusia dari segi psikologi pada setiap tahap perkembangannya??menurut al-quran tentunya

  3. manusia memang berasal dari sari pati makanan yang asal mulanya dari tanah buktinya kalau kita pegang tangan kita maka akan keluar tanah yanga berwarna hitam

  4. intan berkata:

    tolong jelaskan secara detail tentang manusia menurut pandangan islam

  5. Cambiedren berkata:

    kak…
    mengapa manusia slalu merasa hakikatnya mulia??
    memang secara fisik kita sempurna tetapi kenapa tidak ada kesempurnaan dalam diri manusia itu juga???
    mengapa manusia tak bertanya pada diri mrk sendiri,utk apa mereka di dunia dan berpijak di sebuah jalan yang terang???
    kak…
    bukankah mereka manusia mulia??
    tapi kenapa hanya berfikir utk kesenangan mrk sendiri??
    tapi mengapa mrk tidak memahami islam seperti kakak memahami islam..??
    bukankah langkah mereka yang akan menentukan kemana jalan mereka nantinya????
    kakak mohon di jawab..
    maafkan saya kak jika pertanyaan saya terlalu banyak karna saya ingin tau siapa manusia dalam pandangan islam…
    saya seorg anak smp…
    dan saya fikir kenapa manusia yang sekarang lebih tau dan lebih mempunyai pendidikan tinggi malah di agama mrk sendiri mrk acuh…bukankah zaman modern ini adalah di mana zaman yg paham???
    kenapa jadi zaman jahilliyah MODERN ??????

    WSS..
    terimakasih kak ,
    saya akan tunggu jawabannya….

    Cambiedren

  6. odi berkata:

    saya kurang mengerti tentang tulisan” Khalifah = makhluk alternatif”. tolong jelaskan?

  7. Moi berkata:

    Manusia bisa menjadi manusia paling mulia, namun bisa juga menjadi manusia paling hina…
    Menjadi mulia di kala manusia mampu mengoptimalkan semua kemampuan yang dimilikinya, baik itu kemampuan kognitif , psikomotorik dan afektifnya.
    Namun ia akan menjadi manusia paling hina, di kala ia tidak mampu menyeimbangkan dan mengoptimalkan kemampuannya dengan baik…
    Contoh… kognitifnya sangat terasah, namun psikomotorik dan kemampuan afektifnya diremehkan, maka ia akan menjadi manusia pragmatis dan seterusnya..
    so… semua itu pilihan, qt mau menjadi mulia ataukah hina?!

  8. v-an berkata:

    menanggapi pertanyaan yang pertama. manusia itu memang diciptakan untuk menjadi pemimpin, baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk masyarakat. nah kalii ini manusia yang tidak pernah menjadi pemimpin orang banyak atau masyarakat bukan berarti dia menyalahi aturan, tetapi dia juga telah menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. saya juga setuju dengan pendapat penulis bahwa manusia itu berada di tengah-tengah bisa menjadi baik atau buruk, tergantung dirinya sendiri akan menjadi baik atau buruk

  9. ijal chapra berkata:

    assalamua’laikum…..
    apa pendapat anda mengenai dinosaurus…..

    dan jikalau memang al Quran tdak mmbicarakan tntang manusia pertama, truzz menurut anda siapa makhluk yg anda maksud yg ada sblum adam, apakah manusia dalam bentuk lain atau hewan seperti dinosaurus yg melakukan perusakan di bumi………………..???

    makasieh /………
    wassalamualaikum

  10. Ria Afsari berkata:

    assalamu’alaikum warohmatullahi w.b
    sebatas dengan kemampuan saya, bahwa menurut saya dari pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:
    1. Tidak menyalahkan, tetapi pada dasarnya laki-laki ataupun perempuan pasti pernah menjadi seorang pemimpin. contohnya, laki-laki pasti jika telah dewasa akan menikah, maka ia pasti menjadi kepala keluarga dan pemimpin bagi istri dan anak-anaknya. sedangkan wanita yang nantinya akan menikah dan menjadi seorang istri, ia akan menjadi pemimpin bagi anak-anaknya ketika suaminya sedang bekerja mencari nafkah bagi keluarganya. orang bisa membunuh itu karena akalnya dipengaruhi oleh setan akibat dari minum alokohol / miras. dan akhrinya berbuat maksiat untuk membunuh orang lain dengan kejamnya.

    2. memang dalam al-quran hanya dijelaskan prosesnya doank, tapi itulah maksud dari bahwa kita sebagai manusia diwajibkan untuk mencari ilmu yang bermanfaat, agar kita mau belajar dan berusaha mencari tahu / kebenaran dalam hidup ini.

    3. allah maha adil dan bijaksana, ia menciptakan makhluknya dengan seadil-adilnya. setiap manusia pasti ada kekurangan dan kelebihan dan tidak ada yang sempurana. karena hanya allah lah yang sempurna pemilik segala-galanya. begitu juga ia menciptkan makluk yang ada di dunia lain. kita sebagai manusia tidak boleh merasa iri pada mereka. karena mereka teman kita juga. ya gak?hehehe

    4. karena sesuatu yang akan terjadi itu, timbulnya dari hambanya (manusia) juga. dan allah hanay akan menegur kita, saat kita berbuat yang melanggar larangannya, dan sebaliknya.

    5. tidak ada, ilmu allah adalah ilmu yang akan membawa kita kejalan kebenaran dan ke jalan yang diridhoi allah swt.

    6. termasuk, karena ilmu-ilmu terasuk pada awalnya dari allah juga.

    HAMASAH yo….

  11. nurul syuhada berkata:

    assalamualaikum,,
    jika tidak keberatan,
    bolehkah lampirkan mengenai hakikat kejadian manusia
    dari pandangan agama-agama lain.??
    dan sebarang link dimana fakta tersebut di dapati.

  12. cute girl berkata:

    tRuZzZZzzz,,,,
    HaKiKat MaNuSia MeNuRut ISLAM tU Pa??

  13. ari haryana berkata:

    yang dicipta dari saripati tanah itu adalah jasmani manusia, harus dirunut kembali darimana saripati tanah itu berasal.

  14. putra berkata:

    bagai mn sih karakteristik manusia dalam alquran n misi pencipta manusia dalam alquran????

  15. dori agusantoni berkata:

    assalamualaikum wrwb, kak saya belum nangkep apa hakikat manusia dlam al-quran sendiri apa?
    mohon di lengkapi

  16. Asri Meidy Udampo berkata:

    Saya di sini telah membaca, dan di sini ditulis bahwa manusia pertama bknlah adam.
    Pertanyaan saya, siapakah manusia pertama yg pertama??

  17. khairul berkata:

    assalamualaikum…. salam nusantara, bisa ngak jelaskan tentang iblis yang engkar terhadap perintah tuhannya, tidak mahu sujud pada adam(manusia) semulia-mulia kejadian,,,,tq.

  18. Rino berkata:

    Assalamu`alaikum
    pada paragraf kedua disebutkan bahwa Al-Qur`an tidak menjelaskan asal usul manusia secara rinci,lalu dimana saya dapat mencari informasi mengenai asal usul manusia yang rinci?

    syukron

  19. Nugroho Andi P.(M0409044) berkata:

    assalamu’alaikum…
    saya masih bingung anda menuliskan bahwa al-Quran tidak menjelaskan secara rinci,itu apa maksudnya???????
    memang dalam al-quran hanya dijelaskan prosesnya saja tapi itulah maksud dari Allah SWT bahwa kita sebagai manusia diwajibkan untuk mencari ilmu yang bermanfaat, agar kita mau belajar dan berusaha mencari tahu kebenaran dalam hidup ini…

  20. saiLy brutaL (M0409026) berkata:

    coRaaang,,Luw d ats nanyaiN ap seHhhh???Lw cOpy paSte dOang kaN??indOneSia baNget…(aMpuun inDoneSiaaaa~_~:)

    HeUuum,,adaM meMang bkN makhLuk peRtama yang d cptakan aLLah.taPi maNusia peRtama yaNg d cptakaN dan dbeRi aManah oLeh aLLah untuk meNjadi kHaLifah d bUmiNYA…

    gtu yaNg d ajaRin saMa pak haSan paS q mSh eS de…>_<;

  21. ajeng (M0409002) berkata:

    Assalamu`alaikum wr wb

    jika memang adam bukan manusia pertama,lalu mengapa manusia sebelum adam tidak pernah disinggung/dibahas?

    syukron….

  22. Upex berkata:

    Makasih infonya…

  23. topik berkata:

    beberapa hal yang perlu kita renungkan adalah..bahwa ilmu Allah sudah menyebar ke seluruh sel-sel kehidupan…dari islam kita harus mempercayai..bagaimana dengan pendapat dari agama lain..haruskah kita percaya..? padahal semuanya itu ilmu Allah SWT.

  24. Adi berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    saudaraku bagaimana kalau kita ambil yang simplenya saja, bahwa hakekatnya manusia adalah diciptakan oleh Allah swt untuk beribadah. adapun benar-salah, baik-buruk hanya Allah yang dapat menilai. (manusia tidak ada hak untuk mengasih nilai kepada mahluk sesama dan lainnya). sebaik-baiknya manusia adalah menjalankan perintahNya dan meninggalkan laranganNya. dan manusia yang merugi adalah yang peragu dan diam di tempat kerena lebih baik mati.

  25. leo boy berkata:

    manusia yang sesungguhnya ialah : kenalilah dirimu rata-rata niscaya engkau kenal akan Tuhanmu…………………….. yang nampak ini adalah tuibuhnya manusia manusia itu bernyawa, nyawa adalah ruh, ruh adalah rahasia, rahasia itu yang dikatakan hakikatnya manusia sesuai dengan firman ALLAH al insannu sirri wa ana sirohu……. manusia itu rahasiaKU AKU rahasianya manusia .. mohon maaf … kalau banyak kurangnya.

  26. sand berkata:

    jasad dari tanah …lalu apa yang mengatur smua fisiologis tubuh…apa itu nyawa,roh,

  27. awaludin d berkata:

    permisi,……….
    maaf,…..
    mau minta izin ngopi datanya,…..

  28. aingsiheru berkata:

    hmmmmm……….
    tolong jelaskan berapa kali kata Nas, Basyar, disebut dalam Al-Qur’an??/

  29. alfaldi berkata:

    saya msh blum mngrti siapa itu manusia?
    tlong dijawab ya??

  30. farosyita alvi berkata:

    Ya……………….
    tRus menuRut isLam sendiri hakikat manusia dalam spesifiknya itu apa tolong jelaskan

  31. ROSE.SHE berkata:

    Assalamualaikum…
    saudara2 ku yang aq cintai
    marilah kita menerima apa yang telah ALLAH berikan kpd kita..
    buktikan cinta kita kepadaNya dengan melaksanakan segala perintahnya tanpa keraguan suatu apapun..
    simpan pertanyaan dalam hati,Allah tahu ap yg kt pikirkan.
    Simpan pertanyaan untuk kita pertanyakan saat bertemu dengan Allah SWT d surgaNya kelak..
    aminnnn

  32. nanda berkata:

    gmn cranya agr qt bz trmsk dlm golongan mahkluk mULIA DI sisi ALLAH SWT???????????
    THANKS

  33. bahrurrosi fatahillah berkata:

    telah mafhum, bahwa manusia diciptakan hanya sebagai Kholifah fil ard, dan banyak yang menafsiri sebagai pemimpin di muka bumi sebenarnya arti dasar dari kholifah itu kan pengganti, bagaimana kok bisa dilengserkan makna menjadi pemimpin ?

  34. ilmansyah berkata:

    saudara, kenapa kera itu sel tubuhnya mirip dengan manusia dan sangat jauh dari mirip?

  35. waylifedotcom berkata:

    Sips artikelnya izin copy gan..untuk bahan makalah..hehehe..

  36. nunkz aya berkata:

    hakekat manusia menurut pandangan islam yg rinci itu bagaimana ya…

  37. Martinho santos berkata:

    Manusia merupakan ciptaan tuhan yang mempunyai akal budi,pada dasarnya manusia berasal dari tanah liat yang dibuat oleh allah,dengan meniup udar kekal abadi yang pada akhirnya jadi seorang laki-laki, ketika laki-laki tersebut tidur tuhan mengambil tulang rusuk laki tersebut dan dari tulang rusuk tersebut jadilah seorang perempuan.Disini tidak menjelaskan bahwa manusia itu sempurna sebab seseorang dikatakan sempurna apabila dalam kehidup orang tersebut tiada kekeliruan,halangan dlsb.

  38. ichan berkata:

    Mengapa manusia berkembang biak melalui proses kelahiran????? Adakah cara lain selain proses kelahiran????? Mengapa Sang Pencipta memakai proses kelahiran???? Mengapa bukan memakai cara bertelur atau membelah seperti protozoa???? Roh manusia sejak kapan ada dalam tubuh janin/bayi???? Dan dari mana roh manusia itu sebelum ada dalam tubuh janin?????Mengapa manusia bisa berpikir?????Kalau manusai punya otak utk berpikir, kenapa org gila punya otakpun beda dengan manusai waras??????

  39. agus mulyadi berkata:

    Assalamu’alaikum, Td anda blg di dalam Al Qur’an tdk ada penjelasan tentang manusia pertama, nabi Adam as itu siapa dan klo bukan nabi Adam as siapa doooooong ? tolong di perjelas biar saya tau,

  40. aghuzteven street berkata:

    wa’alaikum slam…
    memank dal_al quran tidak diktakan seperti itu…
    adam adalah sebagai orang memberikan perbedaan antara laki” dan wanita dan sifat’a…
    manusia tercipta dari sari tanah yang dtiup kan ruh dari allah…
    adapun yang dnamakan zigot yaitu telur yang di buahi..
    askum smoga bermanfaat….

  41. Bagaimana kosep islam menanggapi pertumbuhan dan perkembangan manusia??
    mohon jawabannya…..

  42. hadiza berkata:

    sebenarnya konsep manusia dalam islam itu seperti apa,dan bagaimana….???

  43. deru berkata:

    manusia adalah mahluk Allah yang unik dengan keunikannya itu manusia dapat menjadi mahluk yang lebih tinggi dan mulia, bahkan dapat pula menjadi mahluk yang paling rendah dan hina seperti binatang. sebab manusia memiliki potensi-potensi untuk hal. bagaimanakah hakekat manusia itu sebenarnya menurut perspektif islam?

  44. UNTARI berkata:

    jAdI hAkIKaT ItU apa ,,,,,,..,,,
    ApAkAh mEmAnG AdA DaN dI bERikAn kepAdA MaNuSiA yANg BaGaImAnA ,,.,?

  45. mira aswani berkata:

    ada sebuah kisah

    fina adalah mahasiswa pertanian di texas university,dy tinggal di sebuah rumah,,yang di dalam rumah itu juga di anut oleh mahasiswa lain yang berbeda keyakinan. fina berpakaina muslimah dan mengamalkan islam dngn penuh ketaatan. hal ini mengundang penasaran bagi kawan2nya.saat berkumpul bersama muncul pertanyaan sahabat nya
    1.siapa tuhan muslim
    2. bagaimana membuktikan kalau dia ada
    3. mengapa allah menuntut kita beribadah jika ia amat berkuasa
    4.bagaimna mhsiswa itu mendapatkan jodoh jika kecantikankanya di tutupi?

  46. affan ya Ust. Mohon penjelasan lebih detail.. hakikat manusia itu apa?

  47. asti berkata:

    teori darwin tentang evolusi manusia itu gimana. pengetahuan saya manusia pertama itu adam.. apakah pembuatan manusia itu melalui proses dan manusia sempurna itu adalah adam? sebelum adam apakah makhluk itu bisa di sedut manusia? …

  48. jai berkata:

    hmmm good

  49. mr.xmen berkata:

    Saya sudah baca semua dari atas.
    lhaa trusss HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM ITU APA,..?????????????

  50. jelakan donk apa hubungan sintesa dlaM ISLAM……………….???

  51. Assyarah berkata:

    Assalamu alaikum wr wb…..

    jadi hakikat manusia menurut agama islam itu bagaimana???

  52. asri megasari berkata:

    assalamalaikum
    saya mau tanya kalau bedanya manusia dan janin itu apa menurut agama islam ?
    terima kasih :)

  53. adi berkata:

    assalamualaikum wr.wb
    saya mau tanya …………………………………………………………………………………knp manusia mengerjakan yang haram padahal dia tau iti pekerjaan yang haram,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,?
    thank,,,,,,,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s