Hukum, HAM & Demokrasi By Asih, Putri & Tjatur

Hukum, HAM, dan Demokrasi Dalam islam berisi tentang penjelasan konsep-konsep hukum islam, HAM menurut islam dan demokrasi dalam Islam meliputi prinsip bermusyawarah dan prinsip dalam ‘ijma.

Hukum Islam adalah hukum yang ditetapkan Allah melalui wahyu-Nya, dalam Al-Quran dijelaskan nabi Muhammad saw sebagai rasulnya melalui sunah beliau yang kini terhimpun dengan baik dalam kitab-kitab hadist.

HAM terbagi menjadi 2 HAM Menurut barat dan menurut islam.HAM barat bersifat anthroposentris: segala sesuatu berpusat pada manusia sehingga menempatkan manusia sebagai tolak ukur segala sesuatu. HAM islam bersifat theosentris: segala sesuatu berpusat pada Allah.

Demokrasi dalam Islam

Dalam konsep demokrasi modern, kedaulatan rakyat merupakan inti dari demokrasi sedang demokrasi islam meyakini bahwa kedaulatan Allah lah yang menjadi inti dari demokrasi.

Daftar Pertanyaan

1. Pengertian dalam ulul azmi?(sri)

2. Penjelasan ijma tentang “kebulatan dapat terwujud apabila pendapat seseorang sama dengan pendapat orang lain”?(cinta)

3. Pendapat hukum di indonesia, salah satunya pancasila?(wulan)

4. Jelaskan pendapat definisi ijma “kebulatan pendapat dari segolongan umatsaja tidak bisa disebut ijma?(reza)

5. Apa arti al-masalih al-mursalah atau pelaksanaannya?(dilah)

About these ads

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Tulisan ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

35 Balasan ke Hukum, HAM & Demokrasi By Asih, Putri & Tjatur

  1. Apakah hukum Islam sama atau tidak dengan hukum Indonesia?
    Menurut saya tidak sama. Contohnya Hukum Riba.Dalam QS.Al Baqarah,2:275-281 dan QS.Ali’Imran,3:130.
    Riba ada 2 macam yaitu:
    A. Riba Nasiah ialah pembayaran lebih yang disyaratkan oleh orang yang meminjamkan.
    B. Riba Fardhi ialah penukaran suatu barang dengan barang yang sejenis, tetapi lebih banyak jumlahnya karena orang yang menukarkan mensyaratkan demikian, seperti penukaran emas dengan emas, padi dengan padi, dsb.
    Orang yang mengambil Riba tidak tentram jiwanya seperti orang kemasukan syaitan.
    Dalam arti QS.Al Baqarah,2:276 yang berbunyi yaitu “Allah memusnahkan Riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa”.

  2. wulan yulia puteri berkata:

    Jika pertanyaannya adalah “Apakah hukum Indonesia SAMA dengan hukum Islam?”, jelas tidak. Karena Indonesia bukan negara Islam yang menjadikan ajaran agama Islam sebagai pondasi hukum negara dan pelaksanaan pemerintahan. Tetapi kalau pertanyaannya “Apakah Indonsia MENGGUNAKAN hukum Islam?”, menurut saya jawabannya tetap tidak. Meskipun pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab dengan secara hitam-putih ya atau tidak. Pemahaman saya, walaupun Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Islam, akan tetapi pancasila tidak menggambarkan keseluruhan dari ajaran Islam.
    Kalaupun ada di dalam pemerintahan kita penerapan yang berasal dari ajaran Islam seperti musyawarah, akan tetapi tetap diadakan sebuah penyesuaian dengan metodologi voting yang tidak ada dalam ajaran Islam. Penggunaan sebagian dari hukum Islam ini tidak lantas menjadikan kita bisa mengatakan bahwa hukum di Indonesia sama/menggunakan/menerapkan hukum Islam. Pengeneralisiran seperti itu tidak dapat dilakukan. Kecuali jika kita mengatakan bahwa: cara pengamilan keputusan di pemerintahan Indonesia menggunakan salah satu ajaran Islam yaitu musyawarah. Akan tetapi…
    Kemudian permasalahan sosial seperti pembunuhan, pencurian dan zina. Walaupun tahanan penjara merupakan salah satu varian sanksi yang diberikan kepada para pelaku 3 jenis kriminalitas di atas, tetapi itu tidak menggugurkan sanksi yang diatur dalam Al Quran yaitu qishos, potong tangan dan hukum cambuk yang harus dikenakan kepada si pelaku.
    Pancasila yang dirumuskan dengan menghilangkan 7 kata (dengan menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya) bermaksud untuk menjaga integrasi bangsa. Dimana beberapa saat pengesahan UUD’45 ada ancaman dari salah satu perwira Jepang yang masih ada di Indonesia, bahwa jika 7 kata itu masih dipertahankan maka Indonesia bagian Timur akan memerdekakan diri karena mayoritas warganya non-muslim. padahal kalau kita cermati, dengan dihapusnya 7 kata itu, agama selain Indonesia yang mengakui Tuhan mereka lebih dari 1 semakin jelas tidak ternaungi oleh Pancasila sila pertama.Jadi, ada apa di balik itu semua? Apakah tokoh kita pada masa itu telah tertipu oleh seorang perwira Jepang? Atau memang ada niatan untuk menghilangkan 7 kata tersebut dari salah satu atau beberapa tokoh kita? Apapun alasannya…

  3. Desty Wulandari berkata:

    Menurut saya hukum Indonesia tidak sama dengan hukum islam karena hukum di Indonesia belum seluruhnya menerapkan hukum yang berdasarkan kepada Al-quran dan hadis.Hal tersebut dikarenakan di Indonesia tidak 100% penduduknya memeluk agama islam.Seperti yang kita ketahui bahwa dinegara kita penduduknya menganut berbagai macam keyakinan.Berbeda dengan di arab yang seluruh penduduknya beragama muslim.Contoh yang dapat saya berikan yaitu hukum pancung yang diterapkan di arab.Hukum pancung biasanya dilakukan pada orang yang melakukan dosa besar,misalnya berzina.Hukum pancung dilakukan dengan cara mengubur seseorang yang melakukan zina dengan tanah sampai sebatas leher,lalu bagian kepalanya dilempari dengan batu sampai orang tersebut meninggal.Sedangkan di Indonesia belum menerapkan hukum yang seperti ini.

  4. Siswanti berkata:

    Opini saya tentang hukum Islam adalah : Hukum yang berdasarkan atas aturan-aturan dalam Al-Quran, sedangkan hukum di Indonesia adalah hukum yang berlandaskan kepada Undang- Undang Dasar dan Pancasila. Jadi bila hukum islam diterapkan di Indonesia kurang tepat karena bangsa Indonesia yang mempunyai berbagai macam agama dan bermacam- macam kultur budaya yang tidak bisa diterapkan di dalam peraturan atau hukum islam.
    Karena hukum islam yang berlandaskan dari Al-Quran, jika hukum islam diterapkan di Indonesia akan merusak tatanan hukum di Indonesia.
    Contohnya : Seperti kita ketahui di Aceh disana menganut azas islam atau hukum islam, orang yang bermain judi atau mabuk-mabukan yang mengganggu ketertiban umum akan mendapat hukuman yang berupa pukulan dengan rotan sebanyak apa yang mereka telah perbuat dan hukuman ini dilaksanakan ditengah-tengah keramaian biasanya hukuman ini dilaksanakan setelah ibadah sholat Jum’at agar mereka yang melakukan kesalahan atau dosa tersebut merasa malu atas perbuatannya dan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya itu.
    Alasannya, Saya kurang setuju jika hukum Islam diterapkan di Indonesia walaupun menurut saya hukum islam itu sangat baik manfaatnya bagi kita semua. Lain halnya jika Indonesia negara yang menganut azas atau peraturan islam dengan kata lain negara islam.

  5. Ingrit berkata:

    Tidak Setuju.
    Karena masyarakat Indonesia tidak seluruhnya Islam, tetapi ada juga non-muslimnya.
    Contoh: Orang yang mencuri di Indonesia dipenjara, sedangkan di Arab tangan nya dipotong.

  6. Ninik Prastyowati berkata:

    pada prinsipnya jelas amat berbeda hukum islam dengan hukum indonesia karena Indonesia merupakan negara nasionalis yang bukan negara agamais. banyak berbagai macam agama di indonesia ini, oleh karena itu maka hukum islam tidak berlaku di negara yang menganut paham nasionalis.kalau diperhatikan lebih jelas negara kita ini tidak memiliki dasar hukum yang baik, karena hukum yang indonesia punya hanyalah warisan dari negara-negara yang pernah menjajah negara ini.
    Dengan contoh Kitap Undang Hukum Pidana (KUHP)itu masih mengacu pada Kitap UU negara penjajah, sedangkan dasar Hukum Islam adalah Al-Quran yang mana isi dari Al-quran itu banyak mengatur kehidupan manusia dari A sampai Z. Ilmu Allah yang paling tinggi dalam Islam hanyalah Al-Quran, jadi isi dari Al-Quran adalah perkataan Allah, maka dari itu jika manusia yakin diciptakan oleh Allah, ia harus menjalankan atau menuruti apa yang diperintahkan oleh Allah sesuai apa yang dituliskan didalam Al-quran . saya kutip dari terjemahan ayat Al-Quran yang berbunyi : “tidak ku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk ibadah”(QS. 51/56). jadi manusia itu diciptakan hanyalah untuk mengapdi kepada Allah. oleh karena itu yang wajib dipegang teguh oleh manusia yang merasa dirinya beriman dan islam yaitu cuma Hukum Allah.
    sebagai contohnya yaitu perceraian pada hukum islam, jika suami telah mengucapkan kata cerai berarti pada dasarnya kedua pasangan tersebut telah berpisah secara agama , namun pada hukum yang ada dinegara kita menjelaskan bila belum ada persidangan maka secara hukum negara mereka masih dalam satu ikatan suami istri. jadi pada intinya masih ada yang terlihat jelas antara hukum islam dengan hukum dinegara kita.

  7. tafani berkata:

    menurut saya hukum yang ada di Indonesia berbeda dengan hukum indonesia.karena,hukum di Indonesia menggunakan hukum pancasila dan UUD 45 berbeda dengan hukum yang ada di Malaysia yang menggunakan hukum islam.misalnya,hukum di Indonesia tidak adanya seseorang harus mengikuti wajib militer sedangkan di Malaysia yang menggunakan hukum islam seseorang di wajibkan mengikuti wajib militer

  8. Apakah hukum Islam sama dengan hukun Indonesia?
    Opini saya,jelas tidak. Dilihat dari asalnya saja sudah jelas-jelas berbeda. Hukum Islam jelas berasal dari Al-Qur’an sedangkan hukum Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD.Contohnya saja, penyelenggaraan jenazah.Dalam hukun Indonesia tidak dijelaskan secara gamblang mengenai hal itu.Sementara menurut hukum Islam menyelenggarakan jenazah adalah wajib.Atau kita bisa lihat contoh lain, seperti, murtad, hirabah, syaribul khamri (minum-minuman keras) dan lain sebagainya.Namun demikian,bukan berarti hukum Islam di Indonesia diacuhkan begitu saja.Ada beberapa hukum Indonesia yang bertolak kepada hukum Islam. Contohnya,dalam menetapkan hukum tentang muamalat. Jadi, jelas terlihat bahwa banyak sekali perbedaan antara hukum Islam dengan hukum Indonesia. Meski, ada beberapa hukum Indonesia yang bertolak pada hukum Islam.

  9. Ecin berkata:

    Hukum islam adalah hukum yang diterapkan/diberlakukan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang bersumber dari Al-Quran dan Hadist yang disosialisasikan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada dan berlaku dalam ajaran agama islam.
    Hukum di Indonesia adalah hukum yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang disosialisasikan sesuai dengan situasi kondisi dan peraturan perundang-undangan hukum yang berlaku di Indonesia dengan azas praduga tak bersalah.
    Contohnya, perzinahan
    Menurut islam adalah orang muslim yang melakukan perbuatan zina maka si pelaku akan di hukum rajam.
    Menurut hukum di Indonesia adalah orang yang melakukan perbuatan zina maka si pelaku akan di hukum penjara.
    Alasannya, saya setuju dengan hukum islam karena jika di hukum rajam dia tidak akan melakukan perbuatan itu lagi tapi di Indonesia hanya di hukum penjara bila dia keluar dari penjara dia akan melakukan lagi dan bila tidak ada bukti yang kuat dia akan bebas dari perbuatannya (kurang setuju).

  10. Apakah Hukum Indonesia sama dengan Hukum Islam?
    Menurut saya, kalau persamaan antara hukum Indonesia dengan hukum Islam mungkin ada/pasti sama: seperti jika seseorang melkukan suatu kesalahan pasti di hukum. Tapi kalau dibilang sama mungkin tidak, seperti: Jinayah, yaitu suatu nama dalam hukum Islam jika seseorang melakukan suatu kesalahan baik itu nyawa maupun harta benda, seperti yang dicontohkan kemarin Qishash,yaitu suatu hukuman bagi seseorang yang melakukan suatu pembunuhan yang disengaja maupun yang direncana. Contoh lainnya, mencuri dan merampok hukumannya dipotong anggota tubuhnya (tangan dan kakinya), berzina hukumannya di rajam, ataupun jika seseorang mabuk hukumannya di cambuk. Itu semua menurut saya tidak diterapkan di Indonesia karena di Indonesia berideologi Pancasila, khususnya sila ke-2 yaitu “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Sehingga dengan adanya sila ini Indonesia tidak bisa menerapkan hukum Islam tersebut di atas.

  11. Sri Mardiyaningsih berkata:

    Menurut saya hukum di Indonesia dan hukum islam berbeda.
    contohnya dalam islam dijelaskan mengenai pembagian harta warisan yang tercantum dalam surat An-Nisa (11 dan 12), sedangkan di indonesia pembagian warisan tidak mengikuti apa yang di katakan dalam Al Quran, tetapi biasanya mengikuti kehendak si pemberi waris. Dan hukum pembagian harta waris dalam Islam biasanya hanya dilakukan oleh masyarakan muslim di Indonesia saja,sehingga jelas sekali berbeda antara hukum di Indonesia dan hukum islam karena Indonesia terdiri dari berbagai agama di dalamnya sehingga rasanya sulit sekali untuk mengikuti hukum islam sepenuhnya.

  12. Tjatur Surantulloh berkata:

    Jika pertanyaanya adalah : “Apakah hukum Indonesia SAMA DENGAN Hukum Islam?”
    Jawabanya menurut saya bisa saja sama dan bisa juga berbeda, tergantung dari sudut mana kita mengambil asal hukumnya (hukum islam)
    Sebagai contoh :
    1. Persamaan perkawinan beda agama
    - Di dalam hukum islam ada yang membolehkan perkawinan beda agama (mubah) (Dalil-dalil yang menjadi rujukan mengenai perkawinan beda agama adalah Alquran surat Al-Baqarah/2:221, Al-Maidah/5:5, dan Al-Mumtahanah/60:10. ah/60:10), dan ada juga yang tidak membolehkan pernikahan beda agama (Q.S. Al-Baqarah/2:221, dan berdasarkan ajaran Islam, kehidupan yang bahagia hanya bisa didapatkan dari perkawinan yang memiliki keyakinan agama yang sama. jika suami-istri berbeda agama, akan menimbulkan banyak persoalan)
    - Di dalam Hukum Indonesia diperbolehkan perkawinan beda Agama karena di Indonesia terdiri dari berbagai Agama
    2. Perbedaan : musyawarah
    - Di dalam hukum Islam tidak dibenarkan adanya voting untuk mufakat (karena tujuan musyawarah bukan untuk mencapai kemenangan satu golongan mayoritas terhadap golongan minoritas, tetapi bertujuan untuk memperoleh kebulatan pandangan dan kesepakatan bersama dalam rangka mewujudkan kepentingan dan kesejahteraan bersama)
    - Di dalam Hukum Indonesia dibenarkan adanya voting untuk mufakat.

  13. wahyu tri wibowo berkata:

    menurut saya hukum di Indonesia ada perbedaan dengan hukum Islam. misalnya Islam melarang umatnya untuk merokok karena merokok menurut Islam itu haram dan membahayakan kesehatan. Tapi di Indonesia boleh merokok tapi sekarang ada peraturan tidak boleh merokok di depan umum atau di tempat umum dan kalau kita sedang berada di tempat umum kita boleh merokok tapi di tempat tertentu yang sudah di sediakan seperti smoking room. . .

  14. Rangga prayogo putra berkata:

    Menurut saya tentang hukum di indonesia tidak sama dengan hukum islam.karena hukum di Indonesia lebih menggunakan Pancasila dan UUD 45 berbeda dengan hukum isalam yang menggunakan Al qur’an dan hadist.misalnya,dengan wajib militer di Indonesia tidak di wajibkan untuk menikutinya.Sedangkan,hukum islam di wajibkan mengikuti wajib militer.Jadi,pendapat saya hukum di Indonesia tidak mennggunakan hukum islam.

  15. Asep septiawan berkata:

    Menurit saya hukum islam merupakan hukum yang berdasarkan atas aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam Al-Quran dan hadist sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam ajaran islam. sedangkan hukum Indinesia adalah hukum yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45. karena Indonesia merupakan negara yang Nasionalis bukan negara yang agamis. contohnya, seperti tentang bersiwak yang telah dianjurkan Rosulullah untuk selalu bersiwak setiap akan wudhu. sedangkan hukum di Indonesia tidak dianjurkan tentang bersiwak.

  16. muhammad reza solihin berkata:

    saya menilai hukum indonesia sama dengan dari hukum islam seperti contoh kasus dibawah ini: pernikahan sejenis. menurut segi hukum islam : islam melarang menikah dengan sesama hubungan sejenis karna itu perbuatan yg murka dan sangat Allah benci karna Allah sudah membikin kita pasang2andan sejenis mengapa kita menyukai dengan sejenis menurut segi hukukm indonesia: indonesia itu juga tidak menyetujui menikah sesama sejenis karna itu tidak sesuai dengan budaya kita dan itu melanggar norma adat istiadat

  17. Dilah mulyati berkata:

    menurut saya hukum indonesia dengan hukumislam tidak sama karena hukum islam berdasarkan pada pancasila dan UUD. Sedangkan hukum islam bersandar pada Al-Quran. Contohnya, Dalam hak warisan. Dalam hukum islam masalah pembagian warisan telah ditentukan sedemikian rupa dengan seadil-adilnya, Diperhitungkan berapa bagian laki-laki, Perempuan, Nenek, Ibu dll. Sedangkan dalam hukum indonesia, Pembagian warisan dilakukan sesuai kebijakan individu itu sendiri. Yang tidak sesuai dengan pembagian warisan yang ada di dalam hukum islam. Namun secara benarnya pembagian warisan menurut islamlah yang benar karena sesuai dengan yang diajarkan dalam Al-Quran.

  18. Asih indri berkata:

    menurut saya hukum di indonesia tidak sama dengan hukum islam karena hukum islam sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam al.Quran dan tidak bisa ditawaR.tapi hukum di indonesia yang sudah ditetapkan dalam pancasila dan UUD masih bisa dipertimbangkan dan diperingankan,malah hukum di indonesia masih bisa dibayar dengan uang.tapi ada daerah yang sudah menetapkan hukum islam,jika kita datang ketempat tersebut tanpa memakai jilbab kita akan mendapat hukum cambuk.

  19. edi haryanto berkata:

    maaf ya bu saya terlambat ngumpulin menurut saya hukum islam dengan hukum di indonesia itu sangat berbeda alasan saya ialah jika di Aceh kita lihat orang yang berjudi itu sampai dicambuk sedangkan di Indonesia hanya dipenjara karena di aceh mengikuti ajaran/hukum islam sedsngkan di Indonesia mengikuti aturan pemerintah/pasal-pasal yang berlaku.

  20. septi nurani berkata:

    menurut saya hukum islam dengan hukum indonesia itu berbeda, karena hukum islam berpedoman pada al-quran, hadist-hadist dan sunah rasul sedangkan hukum indonesia mengacu pada UUD, pasal-pasal dan ketetapan-ketetapan pemerintah.
    contohnya, jika seseorang berbuat kesalahan yang merugikan orang lain seperti mencuri maka al-quran lah yang menjadi dasar pemberian hukuman pada si pencuri. Sedangkan hukum indonesia memberi hukuman yang dilandaskan pada UU atau pasal-pasal yang di tetapkan di Indonesia.

  21. novi rahmawati berkata:

    hukum islam dan hukum indonesia sangat berbeda,karena hukum islam sangat berpengaruh pada hadist,sedangkan hukum indonesia sangat berpengaruh pada aturan aturan negara
    contohnya banyaknya aliran agama islam yang menyesatkan dan bertentangan dengan ajaran islam yang sebenarnya.

  22. Apakah hukum islam SAMA atau tidak dengan hukum indonesia?
    Menurut saya hukum yang ada di indonesia belum sepenuhnya mengikuti hukum yang ada dalam islam.
    Contohnya tentang jual-beli, jual-beli adalah aktivitas yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih,satu pihak sebagai pembeli dan pihak lainnya sebagai penjual dengan menggunakan alat tukar yang sah (QS.AL-Baqarah :275).Di negara ini masih ada penjual yang menjual barang-barang yang telah dipalsukan,ilegal,dan kurang bermanfaat bagi pembeli.
    Padahal hukum islam menjelaskan bahwa syarat seorang penjual dan pembeli adalah :(1).berakal,(2).keduanya berkehendak sendiri(tidak dipaksa)(QS.An-Nahl:29),(3).Baligh(cukup umur),(4).tidak mentranslasikan barang yang tidak berguna.
    Dan islam juga menjelaskan syarat benda yang hendak dijual:(1).suci,(2).bermanfaat(QS.AL-Isra:27),(3).barang tsb dapat diserahkan kepada pembelinya sesuai akadnya,(4).barang yang dijual milik sendiri dan boleh diwakilkan dengan bukti surat kuasa,(5).barang yang diketahui zatnya,sifatnya dan kadar ukurannya untuk pembeli,hingga tidak terjadi perselisihan.

  23. fitri yani berkata:

    hukum islam dengan hukum indonesia jelas berbeda karena hukum islam balasan dari perbuatan yang melanggar norma diperhitungkan di akhirat sedangkan hukum di indonesia ganjaranya akan diterima di dunia.
    contohnya adanya PSK yang akan mendapatkan ganjaran di akhirat dengan diperhitungkan segala dosa-dosanya sedangkan di dunia PSK tersebut akan dikucilkan

  24. hidayatun nisah berkata:

    hukum islam dengan hukum indonesia jelas berbeda karena dalam hukum islam berpegang teguh pada al-quran sedangkan hukum indonesia berlandaskan UUD
    contoh pernikahan beda agama dalam hukum islam dinyatakan zina sedangkan dalam hukum indonesia sah sah saja.

  25. dewi eka vianty berkata:

    menurut saya, hukum Islam dengan hukum di Indonesia berbeda. Karena hukum Islam berdasarkan pada Al-Qur’an sedangkan hukum di Indonedia berdasarkan pada UUD dan Pancasila.
    Contoh aborsi alasannya, hukum Islam aborsi di perbolehkan karena alasan kesehatan tapi hukum di Indonesia aborsi bisa dikenakan hukuman penjara.

  26. efrina berkata:

    …..saya tidak setuju…..

    karena…

    tidak semua warga indonesia yang beragama islam. jikalaupun ada kesalahan dan kejahatan yang semisalnya di sahkan menggunakan hukuman masing-masing agama memungkinkan hukuman yang berlaku pada tiap agama akan berbeda-beda toh dan itu tidak akan adil.

    dan hukuman islam lebih tidak “manusiawi” menurut saya. tetapi lemahnya hukum indonesia adalah bisa di jual belikan sehingga orang tidak akan jera bebas dan bisa mengulangginya. contohnya sepasang kekasih yang berzinah akan di timpuki batu dan di arak-arak di jalan-jalan. bila di indonesia hanya akan dapat gunjingan, sindiran, hilangnya nama baik.

  27. rodina berkata:

    menurut saya hukum yang ada di Indonesia berbeda dengan hukum islam…

    hukum di Indonesia belum sepenuhnya sama dengan hukum islam..

    contohnya,saya pernah mendengar dari cerita saudara saya yang bekerja sebagai TKW di Saudi Arabia..
    bahwa disana ketika waktunya salat wajib ataupun salat jum’at semua kegiatan berhenti,yang sedang melakukan jual beli menghentikan jual belinya,yang bekerja menghentikan pekerjaannya,.

    pokonya semua orang pergi kesatu arah yaitu kiblat untuk melaksanakan salat berjamaah..

  28. menurut saya hukum islam dan hukum di indonesia berbeda, misalnya saja seperti sanksi terhadap orang yang mencuri..Pada hukum islam, mencuri dihukum dengan hukuman potong tangan sedangkan dalam hukum di indonesia seorang pencuri dikenakan sanksi atau hukuman penjara.Karena hukum di indonesia berdasarkan pada pancasila dan UUD’45.Hal ini dapat dilihat dari beranekaragamnya suku bangsa dan agama.

  29. saya setuju, karena di indonesia mayoritas penduduknya beragama islam, ada beberapa hukum islam yang diterapkan di indonesia. contohnya dalam pasal 34 UUD’45 menyatakan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar harus dipelihara oleh negara. Sesuai dengan hukum islam yang mewajibkan kita semua untuk memelihara dan membantunya agar mereka sejahtera kehidupannya. selain itu di bidang pendidikan, di indonesia mewajibkan pendidikan dasar 9 tahun. Islam menganjurkan bahkan mewajibkan agar umatnya menimba ilmu setinggi-tingginya.
    Jelas sekali bahwa hukum-hukum islam banyak digunakan di indonesia..

  30. N. Mamah Suryamah berkata:

    N.Mamah Suryamah (1515076243)
    Pendidikan Luar Sekolah

    Bismillaahirrohmaanirrahiim

    Menurut pendapat saya tidak sama, alasannya:
    Karena kalau masalah Agama tidak bisa didiskusikan secara nyata, apalagi Agama Islam.
    contoh : melakukan sholat itu sudah kewajiban Agama Islam dan tidak bisa dirubah-rubah.

    Sementara Hukum yang ada di Indonesia adalah Hukum yang harus dilaksanakan penegak hukum yang bersangkutan, tetapi bisa dilanggar dan diubah.
    contohnya : orang yang bersalah
    seandainya orang tersebut mempunyai uang banyak kesalahan itu dapat dibayar atau diampuni (dibebaskan)

    Sementara seorang yang mempunyai kesalahan kecil saja (mencuri ayam) tetapi orang tersebut tidak seperti contoh orang yang di atas, maka hukuman itu berlaku untuknya.
    Nah itulah Hukum di Indonesia yang saya ketahui

  31. ardie suardi berkata:

    ya pasti beda lah….
    hukum Islam di buat berdasarkan firman ALLAH SWT…
    hukum Indonesia di buat berdasarkan pikiran para intelektual dan cendekiawan…

    hukum Islam bersifat abadi…
    hukum Indonesia bersifat dinamis…

    hukum Islam berlaku tanpa melihat batas wilayah…
    hukum Indonesia berlaku terbatas oleh wilayah…

    dan yg pasti…..
    hukum Islam dibuat tanpa memperhatikan hukum Indonesia…
    sementara hukum Indonesia dibuat memperhatikan hukum Islam agar tidak berbenturan…

  32. arya berkata:

    Bismillaahirrohmaanirrahiim
    menurut saya, hukum islam dan hukum Indonesia berbeda. tetapi ada kalanya pada penerapannya hukum di Indonesia yang mengutip atau mengambil dari hukum islam….

    diantaranya, baik hukum islam maupun hukum Indonesia sama-sama memiliki karakteristik sebagai hukum….
    tetapi ada pula perbedaannya yaitu terletak pada pengambilan dasar hukumnya, kalau hukum islam berpegang pada Al-Qur’an dan Hadist sedangkan hukum Indonesia berpegang pada Pancasila dan UUD 1945….

    Contohnya setiap ada yang melakukan kesalahan pasti akan dihukum….

    wallahu a’lam bi soaf…

  33. infogue berkata:

    Artikel di blog Anda sangat menarik. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com

  34. maria ulfa anigta berkata:

    seperti opini2 di atas
    tidak semua hukum di indonesia sama dengan islam ,tapi ada juga beberapa hukum indonesia yang mengikuti ajaran islam.
    dan menurut saya hukum islam itu sudah terbukti kebenarannya ,dan tidak ada sama sekali dalam hukum islam yang dapat diragukan

  35. Menurut aku Hukum di Indonesia tidak sama dengan hukum Islam, karena negara Indonesia adalah negara Pancasila.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s