Tugas PAI 1 PKN Non-reg

Seseorang akan termotivasi melakukan dan mengejar sesuatu dikala ia memahami urgensi di belakangnya. Setelah beberapa kali anda menghadiri perkuliahan PAI 1, menurut anda apa urgensi mapel PAI tersebut terhadap prodi PKN  yang anda geluti. Kemukakan pendapat anda dalam 1500 karakter dengan deadline pada hari ahad, 11 Januari 2009 pukul 23.59.

Semoga sukses dan Semangat!!!

About these ads

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Tulisan ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

42 Balasan ke Tugas PAI 1 PKN Non-reg

  1. MOHAMAD ALFARIZI berkata:

    MOHAMAD.ALFARIZI
    4115086930
    Urgensi Pentingnya pendidikan agama islam terhadap jurusan adalah saya dapat pengetahuan agama yang sebelumnya tidak diketahui oleh saya seperti perbedaan bank muamalat dengan bank umum, dan saya dapat mengetahui tentang budaya islam maupun tradisi umat islam yang ada di Indonesia.
    Urgensi Pentingnya lain yang dapat saya dapatkan dari pelajaran pendidikan agam islam yaitu saya semakin ingin tahu tentang islam dan saya ingin berusaha mengamalkannya di kehidupan sehari-hari agar saya dapat menjadi manusia yang lebih baik.dan sesuai dengan jurusan yang saya ambil yaitu PPkN yang akan menjadi guru tentunya agar saya memiliki budi pekerti yang baik agar menjadi contoh yang baik bagi anak murid saya kelak.serta saya dapat mengatahui pengertian iman kepada Allah, dalam arti luas saja dan juga saya mengetahui manfaat dzikir terhadap diri saya.
    Sayapun mendapat pengetahuan tentang pengertian masyarakat madani dalam segi islam, hal ini sangat berguna karena saya mengambil prodi kewarganegaraan untuk menjadi perbandingan pandangan antara pengertian masyarakat madani menurut islam maupun menurut ilmu Negara tentunya, dan juga saya dapat mengetahui tentang hukum islam.dan cocok tidaknya diterapkan di Indonesia.
    Dan pada intinya saya dapat tahu yang sebelumnya saya belum tahu,pendidikan agama islam sangat berguna. Karena untuk jadi guru bukan hanya materi yang saya kuasai tetapi saya akan menyisipkan nilai-nilai islam agar tidak hanya pengetahuan yang dikuasai, hal ini bertujuan agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik yang melanggar hukum.karena pada dasarnya orang pintar tanpa iman akan tersesat begitupula orang beriman tanpa ilmu akan mudah dibohongi oleh orang lain.

  2. Sangga Hutama Ibnu Ridwan
    4115086900
    Sebagai seorang mahasiswa/mahasiswi yang dipandang masyarakat sebagai seorang maha pelajar yang memiliki pengetahuan yang lebih banyak/tinggi daripada orang-orang lain yang tidak kuliah pada umumnya. Tentunya selain kecerdasan yang paling penting ketika berbaur/bersosialisasi dengan masyarakat yaitu adalah bagaimana seorang mahasiswa/mahasiswi tersebut berperilaku.
    Indonesia adalah suatu negara yang masyarakatnya beragama islam. Tentunya seorang yang mengaku mahasiswa/mahasiswi yang beragama islam harus mempunyai kepribadian yang islami juga.
    Pendidikan agama islam adalah sangat penting untuk mahasiswa/mahasiswi disemua jurusan, dimanapun dan apapun lebel kampusnya. Apalagi di Universitas Negeri Jakarta yang notabene akan melahirkan bibit-bibit seorang guru, yang harus memiliki kepribadian yang religi karena seorang guru akan menjadi panutan dari pada muridnya nanti.
    Tak jarang sekarang ini banyak para oknum guru yang melakukan berbagai penyimpangan-penyimpangan baik itu seperti membolos disaat jam pelajaran berlangsung atau bahkan adapula yang melakukan pelecehan seksual terhada para murid didiknya.
    Dengan bercermin kepada kejadian itu, maka menurut saya sangat sangat dan sangat perlu sekali pembelajaran agama diadakan. bahkan jikalau bisa pembelajaran agama itu diadakan ditiap-tiap semester, baik dijurusan, di fakultas, diuniversitas manapun. tidak hanya di jurusan Agama islam saja.
    Supaya output nya (para lulusan/wisudawan dan wisudawati) menjadi orang yang tidak hanya mempunyai tingkat intelektual yang tinggi, tetapi juga mempunyai moral, pekerti, kepribadian yang baik. karena dipendidikan agama (islam), kita diajarkan bagaimana menjadi orang yang sesuai dengan kepribadian islam. yaitu menjadi seorang yang mempunyai ahlakul karimah. kita juga disadarkan, diingatkan kembali siapa diri kita, untuk apa kita hidup di dunia, dan lain-lain yang bertujuan agar kita tidak takabur dan tersesat kedalam jurang-jurang kehancuran zaman yang semakin hancur (moral para manusianya).
    Khusus untuk Jurusan yang saya geluti (Ilmu sosial politik), Pendidikan agama islam sangat penting sekali karena di jurusan saya kebanyakan mempelajari tentang politik yang kata orang-orang politik itu kejam. Dengan adanya pendidikan agama islam tentunya kita bisa memfilter apa saja yang baik menurut agama islam dan apa saja yang buruk menurut agama islam. nantinya juga kita bisa menerapkan sistem politik islam didalam paradigma kehidupan berpolitik kita.

  3. Silvia Citra Atmagandhis
    4115086909
    Dengan adanya Pendidikan Agama Islam terhadap jurusan Ilmu Sosial Politik, saya dapat memahami islam secara menyeluruh dan itu sangat penting meskipun tidak secara mendetail.
    Inilah cara minimal yang harus dilakukan untuk memahami islam secara baik. Hal demikian dilakukan agar kita dapat memeluk agama yang baik disamping itu dapat pula menumbuhkan sikap hormat bagi pemeluk agama lainnya dan menghindari kesalah pahaman yang mungkin dapat menimbulkan pandangan dan sikap negatif terhadap islam.
    Lagi pula dengan kita mempelajari pendidikan agama islam kita dapat meningkatkan akhlak yang terpuji dan rasa cinta kasih sayang kepada ALLAH SWT serta segala makhluk dan ciptaannya diseluruh semesta alam ini.
    Dan pentingnya kita harus menuntut ilmu pendidikan agama islam agar bermanfaat pula sbagai bekal hidup di akhirat kita nantinya.
    Semoga dengan semua manfaat yang kami peroleh dalam mempelajari pendidikan agama islam dapat kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita dengan baik sesuai perintah ALLAH SWT serta sunah-sunah Rasul.
    AMIEN…….

  4. Menurut saya sebagai mahasiswa walaupun saya bukan mahasiswa dari jurusun agama islam ugresi PAI itu penting dan sangatlah penting karna apa, karna kita sebagai mahasiswa juga butuh asupan-asupan tentang agama, apalagi kalau kita lihat pada zaman moderenisasi sekarang ini banyak sekali para pemuda dan pemudi yang belum begitu mengerti “apa sih itu islam yang sesungguhnya untuk diri mereka masing-masing??..” dan berlaku untuk saya pribadi. Mungkin dengan dimasukkannya Mata Kuliah PAI di setiap jurusan akan membantu para mahasiswa-mahasiswa d’UNJ itu sendiri. Ini bisa dibilang cara yang minimal untuk mengajak para mahasiswanya yang mau memperdalam diri mereka dengan agama, dan bisa sedikit demi sedikit menjauhkan perbuatan-perbuatan yang dilarang agama dengan pengetahuan yang diberikan karna bisa dibilang pergaulan remeja-remaja zaman sekarang sudah terlalu bebas, fulgar, dan diluar fikiran kita, apalagi negara kita memakai adat ketimuran yang memegang erat betul tentang hukum dan agama islam karna mayoritas di negara ini memegang teguh agama islam, tapi ternyata setelah kita lihat banyak sekali yang melanggar perbuata-perbuatan yang seharusnya tidak kita lakukan tapi ternyata yang ada malah kita lakukan. Ya mungkin dengan adanya pelajaran ilmu agama islam akan memberikan manfaat-manfaat yang penting untuk kita sebagai para remaja-remaja yang sudah terlalu menyimpang dari ajaran islam. Dan setelah itu akan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjalankan semua perintah ALLAH SWT dan menjauhi segala larangan-larangan-NYA..
    Amien…

  5. AsTrI RussY RaChManI
    4115086934

    menurut pendapat saya tentang urgensi terhadap pendidikan agama islam di jurusan ilmu sosial politik adalah penting banget., apa lagi di zaman seperti ini,.!
    karena dengan diadakannya pendidikan agama islam kita bisa lebih mengenal lebih dalam lagi tentang agama islam (khususnya bagi umat agama islam).,supaya kita mengerti apa yang harus kita jalani.,dan mudah-mudahan juga menambah ke taqwaan kita semua kepada ALLAH SWT.,
    karena banyak sekali yang mengaku beragama islam tetapi tidak tahu apa itu islam dan secara pribadi saya yakin kalau mempelajari agama itu tidak akan tersia-sia.,apa lagi yang kita pelajari itu agama kita sendiri.,! karena mempelajari agama itu (khususnya islam) dapat berguna bagi siapa saja,kapan saja dan dimana saja,.!

    dengan adanya pendidikan agama islam di jurusan ilmu sosial politik itu sangat penting., karena mata kuliah yang ada saling bersangkutan., jadi mempermudahkan kami para mahasiswa untuk belajar.,

    karena adanya penlajaran pendidikan agama islam di mata kuliah saya., saya dapat mengetahui tata cara berpolitik menurut islam dan semua yang ada didalam agama islam.,!
    dan sangat berguna sekali bagi kami para mahasiswa baru untuk mempelajarinya.!dan mudah-mudahan dapat sata terapkan di kehidupan sehari-hari., yang ada di dalam alQur’an ataupun yang terdapat di dalam sunah rasul.,!

    saya menjadi lebih banyak tahu tentang islam,! misalnya tentang hukum islam, berpoltik dengan tata cara islam, keuangan dalam islam, dan lain-lain., mudah-mudahan kita semua dapat menjadi umat islam yang benar-benar tahu tentang islam ( jangan sampai menjadi umat islam keturunan)karena kalau kita belajar agama islam itu sama saja dengan kita mengaji.,

    ya…..mudah-mudahan kita semua mendapatkan pahala,,,,amien ya ALLAH

  6. Rima Ayu Handayani
    4115086903
    Urgensi PAI terhadap jurusan (pkn)
    PAI sangat di perlukan dalam jurusan pendidikan kewarganegaran disebabkan oleh beberapa hal yang pertama, dikarenakan mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan kewarganegaran sebagian besarnya beragama islam dengan begitu PAI diperlukan dalam study jurusan pendidikan kewarganegaran.Yang kedua, dengan mata kuliah tersebut mahasiswa diharapkan untuk lebih dalam mengetahui dengan lebih jelas dan pasti apa itu islam yang sesungguhnya .Dan yang ketiga, dari semua ilmu yang diperoleh dari mata kuliah tersebut mahasiswa diharapkan bisa menjadi manusia bermoral dan berguna di dalam masyarakat serta di hadapan ALLAH SWT dengan menerapkan apa yang di dapatnya dari mata kuliah tersebut.Pengantar Agama Islam (PAI) tidak hanya di anggap penting untuk salah satu mata kuliah di dalam jurusan pendidkan kewarganegaran saja tetapi pada setiap jurusan yang ada di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewajibkan kepada setiap mahasiswa nya yang beragama islam untuk mengambil mata kuliah PAI sebagai salah satu mata kuliah wajib yang harus diambilnya.Menurut saya mata kuliah PAI ini sangat penting bagi mahasiswa guna membentuk pribadi manusia yang selalu berpijak dijalan ALLAH SWT sebagai bekal nantinya setelah lulus dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).Pentingya PAI dalam jurusan pendidikan kewarganegaran terbukti setelah mahasiswa mengambil mata kuliah PAI 1 mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah PAI 2 yang akan lebih dalam lagi menjelaskan apa islam itu sesungguhnya.

  7. De Nefy Irawati berkata:

    De Nefy Irawati
    4115086902
    Menurut saya sebagai mahasiswa pendidikan kewarganegaran mengidentifikasi pentingnya agma islam bagi jurusan sosial politik adalah bahwa dalam penerapan ilmu pandidikan kewarganegaran, harus disertai juga dengan penerapan pendidikan agama islam yang sebenarnya keduanya memiliki keterkaitan.
    Agama adalah suatu norma yang di dalamnya ada ketentuan-ketentuan yang harus di taati .Dalam kewarganegaran pun ada norma-norma yang sebenarnya memiliki kesamaan dengan norma yang ada pada agama.Keterkaitan itupun tersirat dari apa yang dipelajari dari keduanya.Yaitu tentang budi pekerti bagaimana menjalankan segala sesuatu yang harus dilaksanakan , dan menolak sesuatu yang tak patut di kerjakan.Dengan memiliki konsep ini,atau dalam agama iaslam kita kenal dengan istilah takwa, maka dalam menjalani kehidupan kewarganegaran ,kita akan tertuntun dan senantiasa istiqomah atau komitman di jalan yang lurus .Sehingga kita bisa menerapkan ilmu pkn dalam jalur yang benar.Hingga tidak ada penyimpangan dalam penerapan pendidikan kewarganegaran, sebab telah dibekali ilmu agama yang menuntun langkah kita kemana kita harus berjalan.Akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan agama islam ke dalam pendidikan kewarganegaran sangat dibutuhkan sebagai penuntun dalam langkah mengimplemantasikan pendidikan kewarganegaran dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk individu dan masyarakat yang tidak terlepas dari lingkungan.

  8. Lisa Kartika berkata:

    Menurut saya belajar pendidikan agama islam sangat penting dalam jurusan kewarganeraan karena di kewarganegaraan sama hal nya dengan belajar pendidikan agama islam karena dalam pendidikan agama islam kita belajar tentang bagaimana kita mencerminkan sikap serta tindakan yang harus di jalankan dalam kehidupan sehari – hari.
    Dalam hal pengetahuan pendidikan agama islam merupakan tiang dari segala ilmu pengetahuan disini peran pendidikan agama islam dalam membentuk pribadi seseorang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mengenai keterkaitan antara pendidikan agama islam dengan kewarganegaraan dapat dilihat dari cara berpolitik yang benar , musyawarah yang baik, serta ketentuan dan batasan mengenai hal yang baik dan tidak baik .
    Pendidikan agama islam berperan dalam membentuk moral seseorang.
    Dalam pelajaran agama islam saya mengetahui banyak hal tentang keagamaan . misalnya agama mengajarkan kita tentang kejururan dalam memimpin,memimpin degan jujur itu hal penting yang harus di miliki setiap pemimpin,dalam hal ini kita sebagai calon pemimpin kita sangat di perlukan untuk mengetahui tentang agama islam, selain itu juga agam islam memang wajibdi ketahui olehsetiap muslim.
    jadi hubungan antara pendidikan agama islam itu sangat penting di miliki oleh setiap mahasisiwa,pendidikan tentang islm tidak hanya harus di jurusan ilmu sosialpolitik tapi wajib di pelajari oleh settiap jurusan,menurut saya pendidikan agama islam memang pendidikan yang menguntungkan kepadacalon calon pemimpin bangsa yang ada di universitas negeri jakarta (UNJ).

  9. Ika Agustina berkata:

    Ika Agustina
    4115086915

    Menurut saya penting nya pelajaran agama islam dalam jurusan ilmu sosial politik prodi pkn non reg 2008 sangat penting sekali bagi saya sebagai mahasiswa karena dengan mempelajari pelajaran pendidikan agama islam saya dapat memahami dan mengetahui pengetahuan yang sebelumnya belum saya ketahui.
    saya lebih mengetahui arti agama dalam hidup saya yang sebelumnya saya menganggap agama itu sepele dalam kehidupan saya karena sewaktu masa Sma saya mendapatkan pendidikan agama yang sangat minim berbeda sekali dengan pengajaran yang saya dapatkan sewaktu saya kuliah lebih spesifik saat semasa SMA .
    urgensi pendidikan agama islam terhadap jurusan saya sangat membantu saya untuk mengamalkan ilmu saya sebagi tenaga pengajar yang bukan hanya berpatokan pada pendidikan agama islam saja tetapi juga berpatoakan pada moral . karena pendidikan kewarganegaraan mempelajari moral dan akhlak dimana moral dan akhlak itu sangat berkaitan erat dengan pendidikan agama islam.
    Bila pendidikan agama kita bagus maka secara otomatis moral dan akhlak kita pun baik pula.
    dengan mempelajari pendidikan agama islam saya dapat mengetahui pentingnya menjadi orang yang beriman dan bertakwa,dapat mengetahui sistem masyarakat madani menurut islam ,pentingnya demokrasi berdasarkan konsep islami,dapat mengetahui hukum islam yang sesungguhnya seperi hukum rajam,huku cambuk dan hukum islam lainnya.
    dengan mempelajaari pendidikan agama islam kita mempunyai pedoman dalam hidup agar senantiasa hidup kita selalu menginat ALLAH SWT .dapat menjalankan perintah-NYA dan menjauhi larangan-NYA.
    semoga dengan mempelajari pendidikan agama islam kita mmenjadi manusia yang selalu di ridhoi ALLAH SWT.aminnn!!

  10. Raden Ajeng Pinasthika
    4115086913

    Menurut saya, dilihat dari pentingnya mempelajari Pendidikan Agama Islam secara pribadi tentunya menjadi dasar utama baik dalam pribadi atau kehidupan bermasyarakat. Karena setelah mempelajari Pendidikan Agama Islam saya lebih mengetahui islam dengan sebenarnya. Dan saya pun dapat mengetahui lebih dalam tentang Islam dan praktiknya sendiri. Misalnya pentingnya dzikir, arti iman dalam arti luas yang mungkin semasa SMA hanya mengetahui dalam arti sempit atau pokok – okoknya saja. Dan dengan mempelajari Pendidikan Agama Islam ini, saya lebih dapat trmotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik dan dapat mengamalkan dalam kehidupan bermasyarakat.
    Sehubungan dengan jurusan yang saya ambil yaitu Fakultas Ilmu Sosial dengan prodi PKN tentunya banyak mempelajari tentang kehidupan bermasyarakat, cara bersosialisasi dengan masyarakat luas. Tentunya Pendidikan Agama Islam sangatlah berpengaruh dengan menjadi dasar agar menjadi orang yang lebih baik lagi. Kita ambil contoh, mungkin jika kita lebih memperdalam dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam, banyak orang berfikir kedua kali untuk melakukan kejahatan.
    Maka dari itu, Pendidikan Agama Islam sangatlah penting baik dipelajari sendiri atau dalam jurusan PKN ini. Dan semoga saya pribadi dan teman – teman semua dapat mengambil banyak manfaat dari mempelajari Pendidikan Agama Islam ini. Dan menjadi individu yang berguna bagi Agama, nusa dan bangsa.

  11. nurmah rahmawati berkata:

    Nurmah Rahmawati
    4115086916

    menurut pendapat saya, sebagai mahasiswa/mahasiswi pentingnya pendidikan agama islam dalam jurusan sosial politik adalah sebagai suatu landasan dasar untuk mengajar agar dalam mengajar terkandung nilai-nilai agama yang luhur , pada hakekatnya pendidikan agama islam dan ilmu sosial politik mempunyai kesamaan dalam penerapannya dan prakteknya, pendidikan agama islam mengajarkan agar saling menghormati antar umat beragama seperti yang tercantum dalam Al-quraan. di dalam ilmu sosial politik sikap saling menghormati antar umat beragama dapat menciptakan suasana yang damai sehingga tidak ada konflik dalam sebuah masyarakaat, meskipun terdapat berbagai macam agama atau kepercayaan karna tanpa adanya rasa saling menghormati kerukunan antar umat beragam tidak tercipta. hal inipun sama dengan penerapan yang di ajarkan dalam ilmu sosial politik yaitu saling tolong-menolong, bersosial sesama masyarakat dalam mempelajari kewarganegaraan juga berpegang pada nilai-nilai agama, dengan demikian pendidikan agama islam dengan ilmu sosial politik sangat bereratan baik dalam segi materi maupun prakteknya sehinghga ke eratan tersebut tidak dapat di pisahkan.

  12. moh.khoiri berkata:

    hubungan pendidikan agama islam dengan ilmu sosial politik memang tidak bisa di pisahkan karena kita sangat memerlukan pencerahan tentang agama,selain itu islam dan politik sangat erat kaitannya, dimana ketika kita berbicara tentang politik kita pasti berbicara tentang kejujuran dalam ini islam selalu nampak berperan dengan ilmu politik.
    ilmu politik itu tidak hanya menjikan ilmu yang hamya menguntumgkan sepihak saja akan tetapi ilmu politik itu sesuai definisinya ilmu politik adalah membangun kebaikan bersama, mungkin setiap orang memahami politok itu sebagai ilmu yang akan mempengaruhi dari sisi buruk saja.
    maka dari itu agama islam atau pendidikan agama islam di perlukan,,buakan karna hanya untuk mendapatkan pencerahan tapi juga untuk persiapan iman untuk menjadi pemimpin di masa depan.
    belajar politik tidak hanya belajar strategi politik saja akan tetapi balajar jujur dalam menjadi pemimpin yang jujur dan anti koropsi,.
    modal seorang pemimpin tiu tidak hanya memiliki keahlian politik saja akan tetapi mempynyai iman yang baik,jadi menurut saya sangat baik adanya pendidikan agama islam di jurusan ilmu sosial politik.
    banyak yang kita ketahui sekarang banyak pemimpin bangsa kita sudah kehilangan pekerjaannya yaitu dikarenakan ulahnya sendiri yang tidak bermoral itu.sekian dari saya terima kasih

  13. shoidah berkata:

    shoidah
    4115086

    hubungan pendidikan agama islam dengan ilmum sosial politik itu sangat penting,,,selalin bukan untuk bekal hidup,,akan tetapi belajar agama islam itu sangat di wajibkan dalam islam..tidak hanya ilmu politik saja yang harus belajr agama islam mata kuliah yang lain juga di perlukan karena kita selain bisa belajar ilmu yang laian agama juga harus di pelajari,,biar kita bisa menjadi orang yang beiman…
    plotik itu harus di bekali deangan agama,ilmu sosial politik tidak hanya mempelajari politik akan tetapi mempelajari bagai mana menjaga hubungan politik dengan saingan politiknnya..
    banyak yang kita ketahui partai partai islam juga tidak ekur dalam menjalankan politik dalam islam.banyak partai politik yang menjadikan islam sebagagai beckgron saja tapi pelaksaanya tidak seperti layaknya politik dalam islam.
    nabi muhammad tokoh politik no 1 di dunia karena deangan politiknya..muhammad menyatukan agama dalam satu wilayah walaupun berbeda agama tapi oarang oarang di sekitarnya bisa nurut kepada ajaran muhammad yaitu alquran.
    kita mungkin tidak tau tujuan kenapa harus ada pendidikan agama islam di sosial,politik itu karena pentingnya agama dalam mendidik mental memtal calon pemimpin kita..
    politik itu pada dasarnaya kejam jadi dengan adanya agama islam dalam sospol mengajrkan bahwa politik itu sifatnya hanya membnagun dalam hal yang baik.
    menrut saya sangat penting agama islam di ajarkan dalam ilmu sosiL POLITIK.

  14. SITI NURHASANAH berkata:

    siti nurhasanah

    agama islam adalah agama yang sempurna dari allah..berbicara hubungan dengan sosial politik,, memang perlu ada pelajaran agam dalam politik..plotik itu tidak hanya mempelajari tentang politik negara saja akan tetapi politik mengajarkan kebenaran dalam kehidupan ini.. apa dengan mempelajari politik sesorang sudah berpolitik dengan baik dalam artian jujur atau todak korupsi dalam menjabat,,,
    belum tentu,,,orang pabila sudah berkuasa pasti ingin yang lebih dari itu dalam hal ini mempertahankan kekuasaaan ataupun merebut kekuasaan.sangat di perlukan sekali ilmu agama dalam ilmu politik di UNJ ini..agar seperti yang kita harapkan unj akanmenjadi universitas yang mengeluarkan allumni yang terbaik di indonesia,,baik dalam materi umum bahkan dalam segi agama.
    dalam jurusan ilmu sosial politik kita tidak hanya di tuntut menjadi politisi akan tetapi menjadi tenaga didik yang baik..jadi bekal agam itu sangat perlu sekali,,,
    misaknya kita akan menjadi guru,,kita harus mempunyai bekal pengetahuan agama islam..banyak guru yang tidak tau tentang islam,,karna mungkin pada waktu sekolah agama islam hanya di pelajari beberapa waktu saja,,misalnya dalam satu minggu agama islam di ajarkan cuma dua jam saja.kapa islam akan mendidik dengan baik para pendidiknya,, sedangakan pergaulan bebas akan terjadi di sekitar kita setiap hari.
    jadi menurut saya pendidikan agam islam sangat perlu dalam sosial politik.terima kasih

  15. Ria Hairiah Nuriani Putri
    4115086888

    menurut saya penting sekali pelajaran agama islam bagi pendidikan kewarganegaraan, karena dalam kehidupan banyak sekali hal-hal yang kita tidak ketahui akan menjerumuskan kita menjadi orang yang tidak baik dan dalam bermasyarakat kita harus saling bersilahturahim..dalam pendidikan kewarganegaraan kita pastinya harus mempunyai moral dan etika yang baik dan pastinya dengan belajar agama kita dapat mengetahui apa saja perbuatan yang harus dilakukan atau tidak,, seperti saat ini banyak sekali pejabat-pejabat tinggi yang korupsi itu dikarenakan moralnya sudah sangat buruk dan kurangnya pendidikan agama,, mereka hanya mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain.. maka dari itu pendidikan agama islam sangat penting bagi pendidikan kewarganegaraan dan kita semua yang dapat dijadikan sebagai pedoman hidup kita di akhirat nanti..dalam dunia perpolitikan agama islam sangat penting sekali karena bisa menjadi bekal para pemerintah agar tidak korupsi,, dan dalam kewarganegaraan juga sangat penting karena di negara kita ini ada berbagai macam agama,,maka kita harus saling bertenggangrasa..

  16. Winda Prima Dewi (411 5086 938) berkata:

    menurut saya pentingnya pendidikan agama islam bagi pendidikan kewarganegaraan sangatlah penting, bukan hanya dalam pendidikan kewarganegaraan saja, tetapi pendidikan agama islam sangat penting untuk semua kalangan. contohnya saja dalam pembahasan keimanan dan ketaqwaan ,kita bisa mengetahui bagaimana arti keimanan dan ketaqwaan itu sesungguhnya. Dengan pesatnya arus globalisasi yang tidak dapat ditawar lagi sehingga menuntut kita untuk selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang selalu terbaharui sehingga membutuhkan perhatian yang serius terhadap pendidikan khususnya agama sebagai landasan moral untuk selalu siap menghadapi segala perkembangan, dimana berawal dari itu lambat-laun juga akan mempengaruhi pola pikir kita.
    Untuk menghilangkan rasa kekhawatiran itu, benih — benih ketaqwaan perlu ditanamkan sedini mungkin, dengan adanya sarana penunjang keagamaan sebagai peningkatan spiritual dan intelektual generasi muda.
    maka dari itu pendidikan agama islam sangat penting dalam ilmu kewarganegaraan agar kita tidak terpuruk dalam kehidupan duniawi.

  17. Lilis siska wijayanti
    411086903

    Sebagaimana mestina agama islam sangatlah berperan penting dalam kehidupan saya sehari-hari tidak hanya dalam prodi jurusan saya saja.Karena dalam PAI saya banyak mendapat pengetahuan lebih tentang agama saya yang saya tidak ketahui dlm sekolah sekolah saya.agama itu menyadarkan,mengintrospeksi diri dalam perilaku perilaku saya dalam kehidupan bermasyarakat.sebagai contoh yaitu mengetahui benar atau tidaknya tindakan tindakan saya.karena agama adalah kunci kita menuju kehidupan dunia dan akhirat yang diinginkan setiap manusia.
    dr sd sampai sma saya sngat bt mempelajari agama,tp dlm pai unj saya sangat senang karena teryata agama itu sangat menarik sekali untuk dipelajari,byk pengetahuan baru yang saya dapat.dr pai saya menjadi penasaran untuk memahami kandungan arti dalam alquran sebanyak banyaknya dan teryata semua yang kita alami sudah tertulis di alquran.

  18. helmita berkata:

    helmita
    4115086929

    pendidikan agama islam sangatlah penting bagi tiap jurusan karena dapat mempengaruhi sikap dan akhlak bagi seorang mahasiswa, karena tanpa adanya ilmu agama manusia akan bertingkah semaunya. dengan adanya PAI dijurusan pkn non reg sangat membantu saya mendapat pengetahuan yang lebih mendalam dan lebih dari itu saya dapat mengerti tentang islam yang lebih jauh. PAI sangat penting terutama untuk menambah keimanan dan ketaqwaan seseorang dan dapat melandasi setiap tingkah dan sikap yang akan dilakukan. apalah artinya ilmu yang yang tinggi tanpa adanya PAI. bangsa yang besar adalah bangsa yang mempunyai akhlak dan jiwa yang murni. kita sebagai calon pemimpin masa depan negara harus membekali diri kita dengan ilmu PAI agar dikemudian hari kita tidak bersikap arogan bahkan melakukan tindakan yang dapat merugikan negara dan kepentingan orang banyak. maka dari itu, saya selaku mahasiswi sangat mendukung peran penting PAI dalan tiap jurusan. bagi saya PAI adalah ilmu yang sangat bermanfaat bagi pembentukan akhlak dan moral mahasiswa yang sudah menurun dari kehidupan yang lebih modern dan global. demikianlah pendapat saya tentang pentingnya PAI terhadap tiap jurusan.

  19. Nama : Khurotu a’yun
    No. Reg : 4115086927
    Prodi : PKn Non-Reg
    Jur/Fak : ISP/ FIS
    Menurut pendapat saya, mata kuliah pendidikan agama Islam bagi saya sebagai calon seorang guru itu sangat penting. Dan juga merupakan pengetahuan yang mendasari untuk kita memiliki akhlak yang baik di saat kita mengajar, begitu pula di lingkungan pendidikan agama Islam juga sangat penting terutama untuk diri kita sendiri, itu juga supaya kita memiliki pengetahuan tentang pendidikan agama Islam. Kemudian daripada itu juga kita bisa mengembangkan agama Islam secara optimal dan maksimal, karena selain daripada itu juga kita bisa memperkuat keimanan kita, sebab semua itu kehendak dari Allah SWT. dan kita sebagai manusia lebih banyak bersyukur kepadaNya, atas karunia dan nikmat yang beliau berikan untuk kita. Seiring dengan perkembangan, ilmu pengetahuan, teknologi dan zaman. Jadi, agama Islam di Indonesia begitu pesat dan juga saat-saat ini banyak terjadi kecenderungan-kecenderungan dengan timbul agama-agama baru di negara kita dan didalam perkembangan yang lebih lanjut, serta pendidikan agama Islam semakin meluas. Dengan demikian juga agama berperan sangat penting dan baik untuk kehidupan manusia dan dengan meyakini agama Islam kita bisa mencerminkan bagaimana menjadi orang Islam yang baik dan juga menjadi seorang guru yang berakhlak mulia.

  20. wanti sulastri berkata:

    NAMA : WANTI SULASTRI
    NIM : 4115086925
    PAI merupakan suatu ilmu dasar agama islam dimana yang didalamnya menerangkan tentang semua ajaran agama islam baik secara umum maupun khusus. sedangkan PKN sendiri sebuah ajaran yang didalamnya mengajarkan tentang pendidikan kewarganegaraan yang mencakup sistem pemerintahan beserta norma-norma hidup manusia didalam sebuah negara. adapun urgensi PAI terhadap prodi PKN itu sendiri adalah sebagai pembatas dan menjadi acuan didalam jurusan PKN itu sendiri. apabila kita tengok pada butir-butir pancasila yakni ketuhanan Yang Maha Esa sudah merupakan bukti bahwa ilmu agama islam menjadi dasar dan begitu penting untuk prodi PKN, adapun bukti lainnya yaitu terdapat dalam UUD 1945 di alinea ke tiga yang berbunyi “atas berkat rahmat allah yang maha kuasa dan dengan didorongkan keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.” apabila kita kutip dari kalimat awal alinea tersebut kita dapat mengambil kembali keputusan bahwa PAI kembali menjadi dasar pemikiran dari prodi PKN. setelah kita melihat penjelasan di atas saya dapat menyimpulkan bahwa urgensi PAI terhadap prodi PKN yakni selain penjelasan diatas yaitu yang dikatakan bahwa PAI sangat penting sebagai pembatas dan acuan dasar, PAI juga sebagai pendukung prodi PKN. karena apabil kita teliti disuatu universitas yang masih menganut sistem ajaran islamtidak akan pernah melepaskan ajaran PAI terhadap jurusan-jurusan dan prodi-prodinya di dalam universitas tersebut. selain itu dengan adanya pengaruh PAI terhadap prodi PKN, kita dapat membandingkan dua ajaran tersebut yang pastinya menimbulkan dua persepsi yang berbeda dan selanjutnya akan sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut.

  21. AOFI HAFIZI berkata:

    Nama : AOFI HAFIZI
    No. Reg : 4115086912
    Pentingnya pendidikan agama islam bagi jurusan ilmu social politik
    Jurusan ilmu sosial politik merupakan jurusan yang mempelajari tentang segala macam cara atau system dan proses bagaimana seseorang supaya menjadi penguasa di suatu tempat tertentu. Tujuan dari ilmu sosial politik adalah menciptakan suatu penguasa atau pemimpin yang mempunyai sifat dan karakter yang dapat di percaya oleh masyarakat ramai. Oleh karena itu, mata kuliah pendidikan agama islam sangat penting bagi jurusan ilmu sosial politik karena pendidikan agama islam mampu membantu menciptakan para mahasiswa menjadi seorang ahli politik yang mempunyai dasar-dasar pemikiran yang berdasarkan atas agama islam.
    Adapun manfaat mata kuliah Pendidikan agama islam bagi mahasiswa jurusan ilmu sosial politik adalah pertama, untuk memperkuat iman dan taqwa para mahasiswa jurusan ilmu sosial politik kepada Allah SWT. Kedua, untuk memperkuat akhlak mulia dan peka terhadap lingkungan saat terjun di dunia politik kelak. Ketiga, untuk mengembangkan penalaran politik yang baik, berfikir kritis, dan menjadikan nilai-nilai islam untuk mengenali masalah yang terjadi di dalam dunia politik dan berusaha memecahkannya dengan cara tanpa keluar dari ajaran islam. Keempat, agar memiliki wawasan yang luas dan mengenali berbagai perubahan di masyarakat, serta mampu mengambil keputusan dan sikap secara bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai islam. Kelima, agar mampu berkomunikasi dengan baik agar tidak terjadi pertikaian dengan sesama ahli-ahli politik, bersikap mandiri, dan toleran dalam mengembangkan kehidupan yang harmonis antar umat beragama di dalam ruang lingkup politik. Keenam, agar mampu bersikap rasional dan dinamis dalam rangka mengembangkan dan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan nilai-nilai islam bagi kepentingan bangsa dan kepentingan manusia di dalam menjalankan strategi berpolitik.

  22. PINA NOVILDA berkata:

    NAMA : PINA NOVILDA
    NIM : 4115086924
    menurut pendapat saya penting juga belajar pendidikan agma islam di jurusan kita, soalnya keuntungan untuk saya sendiri dapat mendidik moral saya dalam bertingkah laku baik di dalam lingkungan kampus , bahkan didalam masyarakat yang lebih luasnya. pentingnya pendidikan agama islam dapat memberi dampak yang baik atau dampak positif untuk diri kita masing-masing dan dapat kita terapkan. didalam dunia sosial atau bermasyarakat yang pada hakikatnya semua manusia ingin hidup yang aman, tentram, bahagia, damai dan sejahtera dan dapat memberi atau menambah kesadaran pada diri kita sendiri agar kita lebih peduli terhadap orang lain, sehingga akan timbulnya rasa ingin tolong menolong dan saling menghormati. manfaat lainnya kita sebagai warga negara yang baik, kita harus menjunjung tinggi nilai moral, kitapun dianjurkan untuk hidup rukun, kita tidak boleh membedakan agama yang satu dengan yang lain dalam hal beribadah, bekerja, belajar dan bersosialisasi. sebagai manusia yang diciptakan Allah SWT kita harus menganut salah satu agama yang kita percayai agar kita sebagai makhluk viptaan Allah SWT harus mempunyai pedoman hidup untuk kita, dan kita dapat menuntun dan dituntun satu sama lain. walaupun didalam suatu kumpulan masyarakat banyak perbedaan agama namun kita harus tetap bersatu dan tidak boleh membeda-bedakan agama yang satu dengan yang lain karena didalam kumpulan suatu masyarakat, kita sebagai makhluk sosial dituntut untuk saling sayang menyayangi dan saling gotong royong agar dapat menciptakan suatu cita-cita masyarakat yaitu terciptanya suatu kedamaian dan kesejahteraan.

  23. sebagai manusia saya rasa agama merupakan pegangan penting yang harus dimiliki sejak dini, karena agama dapat mengatur perilaku manusia.terlebih lagi setelah menjadi seorang mahasiswa yang akan dijadikan penerus bangsa maka pendidikan agama menjadi sangat penting.
    dalam jurusan ilmu sosial politik yang laboratoriumnya adalah masyarakat, maka pend. agama memberikan kontribusi yang besar.dalam ilmu sosial kita belajar bagaimana hidup bersosialisasi dengan banyak orang tetapi tetap saling menghargai, menghormati,sopan santun, tenggang rasa dan lain-lain. kesemua hal diatas telah diajarkan terlebih dahulu melalui pend. agama jauh sebelum ada program studi PPKN yang termasuk Ilmu sosial.
    dalam politik pun demikian kita mengharapkan seseorang yang arif, bijaksana serta berakhlak terpuji, dan kesemuanya itu dapat tercipata jika ada bekal agama yang baik. jadi kesimpulannya pend. agama islam penting bagi jurusan yang saya ambil karena jurusan saya ini kelak kontribusinya tidak jauh dari masyarakat sehingga diperlukan agama sebagai bekal untuk masa yang akan datang sehingga tercipta kehidupan yang damai, sejahtera karena ada agama yang akan senantiasa membentengi diri kita dalam bertindak.

  24. Bustanil Arifin berkata:

    Nama: Bustanil Arifin
    No.Reg: 4115086896

    Asalamualaikum,wr.wb.
    Sebelum saya menjawab mengenai urgensi PAI terhadap jurusan ppkn.Saya ingin mencoba memafarkan mengenai ilmu agama islam. pendidikan agama islam merupakan suatu ilmu yang wajib untuk dipelajari,dipahami dan di kaji serta ditanamkan dalam diri setiap muslim sejak usia dini.Karena yang namanya mempelajari dan mengetahui masalah agama dilakukan sejak kecil sampai dewasa itu tidak akan ada habisnya untuk dipelajari.
    Dalam mempelajari PAI tersebut kita bisa mengetahui lebih jauh mengenai keimanan,ketakwaan,ketuhanan dan cara membentuk ciri atau karakter pribadi seseorang dengan kata lain adalah akhlakul kharimah atau moral.
    Peran penting ilmu agama islam bagi setiap muslim adalah untuk menanamkan dan menerapkan setiap prilaku yang baik dan sesuai dengan aturan dan ketentuan agama. Sebab,hal ini nantinya akan menjadi cermin bagi diri kita sendiri di lingkungan keluarga,masyarakat,maupun negara.
    Selain itu,dalam mempelajari ilmu agama islam kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.Sehingga,bisa kita jadikan sebagai tolak ukur dalam mempertimbangkan dan memutuskan segala sesuatu masalah agar nantinya tidak merasa kecewa.
    Mengenai urgensi PAI terhadap jurusan ppkn,menurut saya merupakan suatu ilmu yang mempunyai kedudukan yang sangat penting terhadap asfek kajiannya maupun terhadap ilmu-ilmu yang lain.Bagi saya sendiri, mempelajari ilmu agama islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam hidup saya diantaranya saya bisa tau yang namanya keimanan,ketakwaan,kebudayaan dan politik islam,serta bagaimana cara untuk membentuk kepribadian yang baik dan mulia.Selain itu,peranan ilmu agama islam juga membantu kita dalam menentukan,mengerjakan, dan memutuskan segala sesuatu yang ingin kita lakukan.
    Jadi,hal yang terpenting dari mempelajari ilmu agama islam disini,adalah bagaimana cara kita dalam menyerap,memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga,setiap perbuatan yang akan kita lakukan dapat kita cerna dan kita pertimbangkan terlebih dahulu sebelum kita putuskan atau kita laksanakan.Sebab,kalau tanpa ada dasar yang kuat,maka kita akan seperti orang yang tidak memiliki pegangan.dan kalau kita tidak mempunyai pegangan maka kita akan celaka baik di dunia maupun di akhirat.
    Wasalamualaikum,wr.wb.

  25. Firman Supendi berkata:

    FIRMAN SUPENDI
    4115086933
    Menurut pendapat saya penting juga mempelajari ilmu agama islam di jurusan politik karena saya dapat memahami pentingnya kehidupan bilamana saya mempelajari agama islam yaitu saya dapat meningkatakan
    keimanan dan ketakwaan dalam diri saya sendiri, saya rasa agama itu sangat penting untuk kehidupan kita
    sehari-hari karena agama itu sebagai pegangan kita dalam
    bemasyarakat
    agama juga dapat mengatur perilaku manusia baik dan buruknya tergantung dari moral dan akhlaknya dari situ
    lah kita belajar mempelajari agma islam bilamana
    kita mempelajari agama islam insya allah kita dapat mempunyai moral dan akhlak yang baik dalam
    kehidupan bermasyarakat dan juga kita dapat menghargai
    dan menghormati orang yang ada disekitar kita apalagi saya akan menjadi guru kalau sebagai guru saya sangat perlu mempelajari agama islam agar saya punya bekal untuk jadi guru bekalnya yaitu mempunyai moral, akhlak, dan perilaku yang baik untuk dapat mengajarkan murid-muridnya kebaiakan dan kemajuan untuk masa depannya yah sebagai guru harus mencontohkan akhlak yang
    baik bilamana seorang guru tidak mempunyai moral dan akhlak yang baiak maka seorang guru itu tidak memahami dan mempelajari agama islam secara mendalam dan tidak mempunyai keimanan dan ketakwaannya. saya mempelajari agama islam ini sebagai pedoman hidup saya
    di masa yang akan datang.
    saya mempelajari agama islam ini dapat mengetahui masyarakat madani dan hukum-hukum islam intinya saya mempelajari pendidikan agama islam ini supaya saya terhindar dari perbuatan buruk.

  26. Selly Noviana berkata:

    Nama : Selly Noviana

    No. Reg : 4115086935

    Menurut saya pentingnya pendidikan agama islam terhadap jurusan ilmu sosial pilitik memang sangatlah penting, bukan hanya dalam pendidikan kewarganegaraan saja tetapi juga sangat penting bagi semua ilmu pengetahuan lain.Pendidikan agama merupakan ilmu yang mempeljari tentang ketaqwaan dan keimanan terhadap Allah swt,hasil dari pendidikan Islam akan membentuk jiwa yang tenang, akal yang cerdas dan fisik yang kuat serta banyak beramal. sedangkan ilmu sosial politik adalah ilmu yang mempelajari tentang politik kekuasaan suatu negara yang biasa disebut dengan pemimpin ataupun khalifah,manusia di muka bumi mendapat kehormatan menjadi khalifah atau pemimpin untuk mengolah alam beserta isinya. Dan hanya dengan ilmu dan iman sajalah tugas kepemimpinan dapat diselesaikan menjadi suatu keberkahan dan manfaat bagi alam dan seluruh makhluk-Nya. Dan tanpa iman, akal akan berjalan sendirian sehingga akan mengakibatkan kerusakan di muka bumi.Yang akan membahayakan manusia. Demikian pula sebaliknya iman tanpa didasari dengan ilmu akan mudah terpedaya dan tidak akan mengerti bagaimana mengolah kepemimpinan menjadi keberkahan dan manfaat bagi negara dan warga negaranya. Maka dari itu bagi saya pendidikan agama islam sangatlah penting bagi ilmu sosial politik,agar para pemimpin atau khalifah di muka bumi ini dapat mejadi khalifah yang baik yang dapat mengelola suatu negara dengan baik berdasarkan aturan-aturan islami,dan akan menjadikan suatu negara yang aman dan sejahera.Demikanlah komentar dari saya dan terima kasih…

  27. Menurut pendapat saya penting juga mempelajari ilmu agama islam di jurusan politik karena saya dapat memahami pentingnya kehidupan bilamana saya mempelajari agama islam yaitu saya dapat meningkatakan keimanan dan ketakwaan dalam diri saya sendiri, saya rasa agama itu sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari karena agama itu sebagai pegangan kita dalam bemasyarakat. Mata kuliah agsms islam juga dapat memberikan ajaran tentang bagaimana manjadi guru yang dapat menjadi panutan murid-muridnya, karena kita dididik untuk menjadi guru.dan memperlihatkan moral, akhlak, dan perilaku yang baik untuk dapat mengajarkan murid-muridnya kebaiakan dan kemajuan untuk masa depannya yah sebagai guru harus mencontohkan akhlak yang
    baik bilamana seorang guru tidak mempunyai moral dan akhlak yang baiak maka seorang guru itu tidak memahami dan mempelajari agama islam secara mendalam dan tidak mempunyai keimanan dan ketakwaannya. saya mempelajari agama islam ini sebagai pedoman hidup saya
    di masa yang akan datang. dalam jurusan Ilmu Sosial Politik mata kuliah agama memberikan pelajaran tentang akhlak yang dapat menjadikan mahasiswa akan berpolitik dengan menggunakan akhlak. Oleh karena itu, mata kuliah pendidikan agama islam sangat penting bagi jurusan ilmu sosial politik karena pendidikan agama islam mampu membantu menciptakan para mahasiswa menjadi seorang ahli politik yang mempunyai dasar-dasar pemikiran yang berdasarkan atas agama islam.
    hal yang terpenting dari mempelajari ilmu agama islam disini,adalah bagaimana cara kita dalam menyerap,memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga,setiap perbuatan yang akan kita lakukan dapat kita cerna dan kita pertimbangkan terlebih dahulu sebelum kita putuskan atau kita laksanakan.Sebab,kalau tanpa ada dasar yang kuat,maka kita akan seperti orang yang tidak memiliki pegangan.dan kalau kita tidak mempunyai pegangan maka kita akan celaka baik di dunia maupun di akhirat.

  28. Nama: Andri Cahyo Purnomo
    No. Reg: 4115086918

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Sebagai seorang mahasiswa/mahasiswi kita kita dituntut untuk memiliki pola fikir yang kritis. Di dalam mata PAI 1 ini, disamping mempelajari agama islam dengan sebenar-benarnya kita juga harus peka terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi tidak hanya dalam lingkup islam tetapi juga agama lain demi keyakinan dan keteguhan hati kepada suatu agama yang kita anut. Selama ini terus terang belum begitu memahami betul konsep ketuhanan dalam islam itu. Tentang di manakah allah itu berada, dan bagaimana cara menemukannya. Selama disekolah dan di dalam pengajian-pengajian yang saya ikuti, pembahasan tentang masalah ketuhanan ini kurang diperdalam. hanya di jelaskan konsep tentang allah itu ada di langit ke 7, nabi Muhammad Saw adalah utusan allah dan lain sebagainya tanpa mencari lagi untuk menambah keyakinan.
    Tapi setelah saya belajar PAI 1 di jurusan PPKN ini saya dapat belajar banyak tentang konsep ketuhanan dalam islam bahwasanya allah itu ada di hati kita dan cara untuk lebih meyakininya dengan melakukan afirmasi dzikir. saya juga dapat mempelajari keimanan dan ketakwaan, tentang apa itu iman? seperti apa wujud iman itu? dan masih banyak lagi. Materi yang berhubungan dengan jurusan yang saya ambil yaitu PPKN , juga dibahas dalam PAI 1 ini seperti Hak Asasi Manusia dan Demokrasi dalam Islam, bagaimana sejarah Hak Asasi Manusia itu serta perbedaan prinsip antara Konsep Ham dalam Pandangan Islam dan Barat, lalu Sistem Politik dalam Islam yang menjelaskan apa itu sistem politik dalam Islam? prinsip-prinsip Politik Luar Negeri dalam Islam, dan bagaimana Konstribusi Umat Islam Percaturan Politik Nasional.
    Dengan mempelajari mata kuliah PAI 1 ini saya berharap dapat mengambil banyak pelajaran yang berharga bagaimana membangun etika, moral, dan akhlak di era modernisasi ini. Guna memperteguh keimanan kepada allah swt, kita juga sebagai calon pendidik di harapkan ahlakul karimah agar kelak dapat memajukan bangsa yang sedang porak-poranda akibat di hantam krisis multidimensial dan juga krisis akhlak, yang apabila di biarkan bukan tidak mungkin kita akan terjebak dalam jurang kesesatan.

  29. M Rudy Iskandar (4115086904) berkata:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Sebelum kita tahu seberapa penting hubungan antara pelajaran agama islam dengan pendidikan sosial politik(PPKn),kita harus tahu dulu pengertiam dan manfaat belajar agama dan belajar ilmu sosial.
    Menurut saya Agama Islam adalah agama yang diturunkan Allah Kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril,Ajaran agama Islam senantiasa disandarkan pada 2 sumber utama yaitu Al Qur’an dan AL Hadits.Dimana Al Quran dan Al Hadits ini banyak menuntun manusia untuk hidup dengan memiliki asas kemanusiaan dan bermoral,berakhlak serta berbudi pekerti,selain itu peljaran agama juga daoat meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita terhadap tuhan.
    Sedangkan ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia untuk saling berinteraksi dengan sesamanya, dalam menjalani kehidupan manusia harus memiliki moral ,akhlak,dan budiperkerti yang baik.
    Dari pengertian agama dan ilmu sosial diatas,kita dapat mengetahui pentingnya mempelajari kedua pelajaran itu yaitu mempelajari ilmu agama islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam hidup diantaranya kita dapat mengetahui yang namanya keimanan,ketakwaan,kebudayaan dan politik islam,serta bagaimana cara untuk membentuk kepribadian yang baik, mulia,berakhlak,bermoral,serta berbudipekertu yang baik.Inilah yang kita dapat ambil dari mempelajari ilmu agama islam dalam pendidikan ilmu sosial politik.
    Wasssalamualaikum Wr Wb

  30. Dian fitriani berkata:

    Dian fitriani
    pkn’non reg(411508694)
    Jika ada pertanyaan seberapa pentingkah pendidikan agama islam dalam jurusan ilmu sosial politik (Urgensi PAI dalam jurusan ISP). jawabannya adalah sangat penting!! karena seperti yang kita ketahui mata perkuliahan agama merupakan mata perkuliahan pengembangan kepribadian (MPK) yang tentunya bukan hanya sebagai mata perkuliahah tetapi juga menjadi fasilitas untuk menambah pengetahuan tentang agama yang kita yakini yaitu agama islam.
    Selai itu pentingnya PAI dalam jurusan ISP adalah bagaimana matakuliah ini dapat menjadi sumber nilai dan pedoman bagi prodi.PKN untuk dapat mencetak dan mengantarkan mahasiswanya mengembangkan kepribadian dan mampu mewujudkan dasar-dasar nilai agama,kebudayaan serata kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menerapkan IPTEKS yang dikuasai dengan rasa tanggung jawab kemanusiaan.
    inilah sebabnya PAI menjadi salah satu mata kuliah yang penting.
    PAI sebagai mata kuliah dalam ISP memberikan kita pandangan hidup sebagai mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin dalam berbagai bidang untuk dapat memiliki kemampuan berfikir,bersikap rasional dan dinamis,serta berpandangan luas sebagai manusia inelektual.

  31. Firman Khalliq berkata:

    Firman Khalliq
    4115086931

    Pentingnya kita mempelajari pendidikan agama islam menurut saya bukan hanya penting bagi kami yang berada di jurusan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan,melainkan mempelajari pendidikan agama islam penting bagi semua manusia didunia ini yang beragama islam khususnya,,,mengapa demikian?????????
    #itu karena banyaknya orang orang islam di dunia khususnya Indonesia menjadikan islam sebagai agama keturunan,,( seorang anak memeluk agama islam karena mengikuti orang tuanya yang juga beragama islam ) mereka yang demikian akan lebih kesulitan mengerti dan memahami arti agama yakni islam yang sesungguhnya,,hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan, maka dari itulah pendidikan agama islam sangat penting bahkan wajib untuk dipelajari oleh setiap manusia dibumi ini,,,
    Kemudian mengenai pentingnya mempelajari pendidikan agama islam di jurusan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan adalah selain wajib hukumnya bagi kami yang beragama islam tetapi juga mempelajari pendidikan agama islam sangatlah penting dan menjadi factor fital dalam proses membentuk iman dan akhlak yang baik bagi kami, mengingat kami disini yang insya ALLAH akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini,,dan yang kita tahu,,Negara kita saat ini sedang dilanda berbagai macam masalah yang sampai kini belum juga bisa teratasi,,yakni krisis ekonomi,,banyaknya peperangan dan pertikaian,korupsi yang semakin mengakar dll,,
    Hal ini tidak lain adalah dikarenakan Negara kita sudah mengalami krisis moral yang terus menghinggapi dari para pemimpin pemimpin sampai masyarakat kita,,maka dari itu kami yang INSYA ALLAH akan mengambil tongkat estafet selanjutnya diharapkan agar bisa menjadi pemimpin – pemimpin yang lebih baik dengan dibekali pembelajaran agama islam untuk membentuk iman dan akhlak yang baik,agar senantiasa kami dapat membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju,bngsa yang jujur,bangsa yang sejahtera, dan bangsa yang beriman dan berakhlak baik,
    Maka dari itulah pendidikan agama islam menjadi hal yang wajib dan penting bagi kita semua di bumi ini juga bagi kami dijurusan ini yang bergama islam khususnya..

  32. windi maratun sholiha
    4115086889
    penting nya pai pada jurusan PKN
    matakuliah PAI yang pada dasarnya adalah matakuliah yang memberikan pengajaran tentang agama islam serta seluk-beluk hukum atau aturan agama islam yang pada intinya bertujuan untuk mengenal islsm itu sendiri.dimana kita ketahui sebagai pemelukagama islam yang berpedoman pada al-quran dan al-hadist,bahwa islam mengajarkan kepada setiap pemeluk agama nyabagaimana cara hidup yang baik sesuai dengan aturan allah sebagai sang pencipta.untuk itulah agama islam sangatlah penting di dalam segala aspek kehidupan baik dalam tatanan tingkah laku,bahasa,dan gaya hidup sebagai mayarakat maupun warga negara.
    sedangkan matakuliah PKN yang pada inti nya bertujuan untuk menciptakan sumberdaya mausia yang berkompeten,baik dalam bidang akademik,personal,profesional,dan sosial.oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa mata kuliah pkn mengajarkan pada mahasiswa nya untuk dapat mengerti tugas sebagai pendidik dan menjadi manusia yang memiliki akhlak,etika,dan moral.sebagai masyarakat ataupun warga negara.
    jika dipandang dalam aspek agama sangatlah jelas keterkaitan nya,baik dalam PAI maupun PKN bertujuan untuk membentuk tatanan kehidupan masyarakat yang sejahtera dengan menaati ketentuan atau aturan tertentu hanya saja dalam agama sangat sensitif,karena berkaitan dengan dosa dan pahala sebab bergantung pada sang pencipta.sementara pada PKN dapat dilihat secara universal.
    agar dapat membatasi isi artikel ini maka langsung saja kita kemukakan intinya dimana pentingnya PAI pada PKN bahwasanya materi pai di jadikan konsep dari pkn yang kemudian di rancang secera luas sebagai faktor pendorong pembentukan kepribadian.

  33. Miftahulhuda berkata:

    Miftahulhuda
    4115086897

    Pend. Agama Islam adalah suatu pendidikan yang tidak hanya mengajarkan tentang ibadah dan takwa saja, tetapi juga mengajarkan bagaimana kita berkehidupan yang baik menurut islami.
    Kemudian mengenai pentingnya mempelajari pendidikan agama islam di jurusan kami (PKN) adalah selain wajib hukumnya bagi kami yang beragama islam tetapi juga mempelajari pendidikan agama islam sangatlah penting dan menjadi faktor fital dalam proses membentuk iman dan akhlak yang baik bagi kami, mengingat kami disini yang insya ALLAH akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini, dan yang kita tahu, Negara kita saat ini sedang dilanda berbagai macam masalah yang sampai kini belum juga bisa teratasi, yakni krisis ekonomi, banyaknya peperangan dan pertikaian,korupsi yang semakin mengakar dan lain-lain.
    Hal ini tidak lain adalah dikarenakan Negara kita sudah mengalami krisis moral yang terus menghinggapi dari para pemimpin pemimpin sampai masyarakat kita, maka dari itu kami yang INSYA ALLAH akan mengambil tongkat estafet selanjutnya diharapkan agar bisa menjadi pemimpin-pemimpin yang lebih baik dengan dibekali pembelajaran agama islam untuk membentuk iman dan akhlak yang baik, agar senantiasa kami dapat membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju,bngsa yang jujur, bangsa yang sejahtera, dan bangsa yang beriman dan berakhlak baik.
    ISP Sebagai jurusan yang kebanyakan mempelajari tentang politik, tentunya sangat membutuhkan sekali pendidikan agama sebagai pelurus paradigma berpolitik kita. apalagi jika nanti ada salahsatu dari kami yang menjadi seorang politikus atau seorang pemimpin negara, ataupun yang lainnya, tentunya harus mempunyai moral dan akhlak yang baik.

  34. cepi sapta hadi berkata:

    cepi sapta hadi
    4115086906
    pentingnya pai dalam jurusan PKN.
    jelas penting,karna pai adalah ilmu yang memberikan kita pengetahuan tentang agama islam. dan banyak pula pengetahuan tentang sejarah islam yang perlu kita pahami, karena adanya mata kuliah pai, kita bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada allah SWT.
    dan kita bisa menerapkanya pada kehidupan sehari-hari
    dimana yang kita ketahui bahwa agama islam sekarang banyak yang menyimpang dari ajaran yang tidak sesuai dari al-quran dan hadits.
    maaf jika penjelasanya hanya sedikit,karna semua sudah di bahas oleh teman2 saya.
    mohon kritik dan saran dari ibu.do’akan mudah-mudahan besok saya bisa mengerjakan midtes dari ibu.

  35. firdaus berkata:

    menurut saya Urgensi agama islam terhadap jurusan ilmu sosial politik adalah Mengembangkan studi ilmu politik berdasarkan metodologi ilmiah dalam menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan kenegaraan, Meningkatkan pengabdian terhadap masyarakat berdasarkan analisis politik yang dimiliki guna membantu masyarakat dalam mengatasi kehidupan politiknya, Meningkatkan penelitian di bidang ilmu politik untuk membantu perkembangan ilmu politik itu sendiri dan untuk tujuan praktis bagi kebutuhan masyarakat, Menghasilkan sarjana ilmu politik yang berwawasan ilmiah dan dapat menganalisis permasalahan politik secara baik.
    selain itu dapat meningkatkan ketakwaan manusia itu sendiri.

  36. ervan firmansyah berkata:

    menurut saya urgensi agama islam terhadap jurusan yang sekarang saya tempuh sangat lah penting. karena disamping kita harus mempelajari ilmu-ilmu tentang duniawi kita juga harus mempelajari ilmu agama. Urgensi PAI sangat lah penting bagi saya bagi jurusan, karena dengan belajar PAI kita dapat mengetahui mana yang benar dan mana yang bathil dari mata kuliah yang kita pelajari sekarang. sehingga kita dapat membedakan mana pelajaran yang boleh kita terapkan dan mana yang tidak menurut agama. Selain itu urgensi PAI juga dapat memberi kita pelajaran agar kita jangan hanya mengejar ilmu duniawi, tapi ilmu akhirat juga harus seimbang kita pelajari agar hidup kita terasa tenang. urgensi PAI juga dapat meningkatkan ketakwaan kita dalam beribadah…

  37. Kosasih berkata:

    Menurut saya sebagai mahasiswa dari prodi pendidikan kewarganegaran pentingnya pelajaran agma islam bagi jurusan sosial politik adalah bahwa dalam penerapan ilmu pandidikan kewarganegaran, harus disertai juga dengan penerapan pendidikan agama islam yang sebenarnya keduanya memiliki keterkaitan. Dalam kewarganegaran pun ada norma-norma yang sebenarnya memiliki kesamaan dengan norma yang ada pada agama Yaitu didalamnya mempelajari aqidah dan akhlak manusia serta menjalankan rasa saling menghormati,menghargai,dan menyayangi terhadap sesama.Dengan memiliki konsep ini maka dalam mempelajari pendidikan kewarganegaran ,kita akan merasakan dan selalu mengingat Allah dan berada dijalan yang lurus .Sehingga kita bisa menerapkan ilmu pkn dalam konsep islam. agar tidak ada penyimpangan dalam penerapan pendidikan kewarganegaran,karena seperti yang telah kita ketahui mempelajari pkn adalah belajar untuk bersosialisasi terhadap sesama dan mewujudkan keadilan untuk semua umat manusia. Ilmu agama yang menuntun kita hal apa saja yang seharusnya dan sepantasnya untuk dilakukana. Penerapan agama islam ke dalam pendidikan kewarganegaran sangat dibutuhkan sebagai penguat dan acuan dasar untuk mempelajari pendidikan kewarganegaran dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial yang adil dan beradab.

  38. Hilda wijaya kusumah
    4115086907
    pkn non reg 08

    pentingnya pendidikan agama islam terhadap jurusan, menurut saya sangat penting sekali karena pada dasarnya agama memberikan pengetahuan kepada kita tentang hukum-hukum atau norma-norma yang tentang apa yang boleh diperbuat dan apa yang tidak boleh diperbuat, tidak hanya itu kedudukan pembelajaran agama dalam prodi pkn juga amatlah penting. Agama juga mengajarkan kepada kita tentang bagaimana cara untuk menjadi orang yang mempunyai akhlak kelakuan yang baik, serta aqidah yang sejalan dengan apa yang terdapat dalam al qur’an dan hadis rosulullah. atas dasar inilah pend. agama islam sangat penting untuk semua jurusan dan umat manusia yang merasa dirinya muslim serta dapat dijadikan bekal untuk calon-calon penerus bangsa agar nantinya dapat mengayomi masyarakat dengan adil tampa adanya kecurangan dari pihak manapun sehingga dengan diterapkannya sistem ini maka akan tercipta suatu masyarakat yang madani yang bebas dari kerusuhan

  39. Niken Ratna Wijaya(4115086939) berkata:

    Niken
    4115086939
    Menurut saya pentingnya PAI dalam jurusan adalah untuk membina sikap dan mental para siswa agar tetap berpedoman pada firman-firman Allah.Dan juga sebagai pembenteng diri agar tetap bersikap santun dan menghargai sesama.dalam mempelajari ilmu sosial politik juga harus sejalan dengan peraturan yang ada juga dapat di jadikan sebagai pembenteng diri agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang menyimpang dari aturan dan melencenga dari agama.Selain sebagai pembenteng diri dan juga sebagai pedoman dalam mempelajari ilmu sosial politik karena manusia sebagai makhluk sosial selalu berpegang teguh oleh hukum dan firman-firman Allah agar selalu menjadi manusia yang berhati tapi tetap tegas dan jujur.

  40. randhi januar berkata:

    Menurut saya sebagai mahasiswa sebenarnya pelajaran agama islam tidak hanya di pelajari oleh jurusan yang saya geluti,pelajaran agama islam sangat penting bagi semua jurusan.Pelajaran agama islam tidak hanya mempelajari tentang keimanan dan ketaqwaan saja tetapi juga mengajarkan kita bagaimana cara hidup dan bersosialisasi yang baik menurut islam.Urgensi PAI terhadap Pend.Kewarganegaraan itu sangat penting karena diantara keduanya memiliki keterkaitan contohnya seperti ayat pertama pada Pancasila itu merupakan suatu bukti adanya keterkaitan antara PAI dengan Pend.Kewarganegaraan.Selain itu PAI berguna bagi kita agar setelah kita menjadi manusia dewasa dan setelah tercapainya cita-cita yang kita inginkan,kita sudah memiliki ketebalan iman agar kita terhindar dari hal-hal yang di larang oleh agama seperti “korupsi”.Karena seperti yang kita ketahui saat ini di negara kita sedang di landa suatu krisis yaitu krisis moral mulai dari para pemimpin negara,gol.atas sampai golongan bawah,hal ini disebabkan karena mereka hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang agama.Oleh karena itu sebagai penerus bangsa kita harus mempelajari pengetahuan tentang agama agar kita dapat memperbaiki bangsa ini.Itulah sebabnya saya menganggap bahwa PAI sangat penting tidak hanya untuk jurusan(PKN) tetapi untuk semua jurusan.Mohon doanya ya Bu,mudah-mudahan saya bs mengerjakan UAS PAI dan mendapat nilai yang memuaskan.

  41. Ade Rahmat Raja Gunu
    4115086937

    Assalamualaikum…
    Saya akan mencoba memberikan pandangan saya terhadap Urgensi Pendidikan agama terhadap jurusan.
    Pendidikan agama islam adalah suatu pendidikan yang akan mengajarkan kita segala sesuatu, tidak hanya beribadah tetapi mencakup seluruh aspek kehidupan di dunia bahkan agama menjelaskan kehidupan di akhirat nanti.
    Pendidikan agama adalah sebagai pondasi kehidupan supaya kita nantinya menjadi orang yang kuat, tegar, lurus (tidak tersesat), dalam menjalani kehidupan. agama mengajarkan kita bagaimana menjadi orang yang soleh/solehah, bagaimana kita hidup, bagaimana kita berhubungan dengan manusia dan Allah Subhanawlohu wata’ala. Pendidikan agama akan menjadi modal (ilmu) yang sangat besar sekali bagi kehidupan kita nanti ketika kita bersosialisasi dengan masyarakat.
    Pendidikan agama sangat penting sekali bagi seluruh jurusan dan universitas manapun. karena semua orang nantinya pasti akan berbaur dengan masyarakat. disitulah orang akan menilai apakah seseorang tersebut baik, yaitu baik dari moral, ibadah, dan agamanya. Indonesia adalah suatu negara yang mayoritas penduduknya beragama islam. tentunya orang yang beragama islam harus mempunyai kepribadian yang islami pula.
    Pendidikan Agama Islam juga menjelaskan tentang siapa tuhan kita, apa benar agama kita islam dan lain-lain yang itu semua bertujuan untuk memberikan pencerahan dan memperkuat keyakinan kita tentang agama islam.
    Untuk jurusan ISP khususnya yaitu di dalam ISP kita di ajarkan apa yang namanya pancasila yang di pasal pertamanya itu adalah ketuhanan yang maha esa. ini membuktikan sebuah tatanan negara tidak dapat lepas dari rohani atau bisa disebut juga hubungan terhadap tuhan. dalam PAI kita banyak diajarkan tentang bagaimana cara bermasyarakat, diajarkan moral-moral kita sebagai manusia yang baik, sehingga dalam menjalankan kehidupan yang berhubungan PKN dapat berjalan sesuai dengan ajaran islam.

    Waalaikumsalam…

  42. Menurut saya PAI penting sekali dalam jurusan ilmu sosial politik, karena jika kita tidak di ajarkan pendidikan agama Islam kita tidak tahu agama islam itu yang seperti apa. Apalagi saat ini akhlak, moral, dan tingkah laku anak jaman sekarang sudah rusak dikarenakan mereka tidak tahu pentingnya pendidikan agama islam. Mungkin di lingkungan masyarakat kita juga di ajarkan pendidikan agama Islam tetapi menurut saya itu saja tidak cukup. Maka dari itu pendidikan agama Islam harus di ajarkan disetiap jurusan, karena sebagian besar mahasiswanya kebanyakan beragama islam. Selain itu juga pendidikan agama Islam sekarang ini jarang sekali di ikuti anak-anak remaja sekarang mungkin dengan diadakannya pendidikan agama Islam disetiap jurusan akan membangkitkanya kesadaran akan pentingnya pendidikan agama Islam. Dalam pendidikan kewarganegaraan juga ada hubungannya dengan pendidikan agama Islam, misalnya seperti politik menurut ajaran agama Islam, dalam hal ini politik dengan ajaran Islam ada hubungannya, kita diajarkan berpolitik menurut ajaran agama Islam. Selain itu juga pentingnya pendididkan agama Islam agar kita tidak menyimpang dan meyakini sepenuh hati bahwa agama Islam adalah agama yang kita yakini. Karena agama Islam ini tidak hanya mencakup kaum muslim saja tetapi mencakum semua umat manusia dan makhluk hidup lainnya didunia. Dibandingkan dengan agama-agama lain agama Islam lah yang menurut saya agama yang paling sempurna. Karena dalam ajaran agama Islam mengajarkan semua aspek. Semua aspek-aspek tersebut terdapat dalam kitab suci Al Qur’an. Didalam kitab suci Al Qura’an semuanya di ajarkan, di mulai dari cara kita berdagang sampai berpolitik.
    Untuk kedepannya saya berharap agar pendidikan agama Islam atau PAI saya bias menimba ilmu lagi lebih dalam karena saya merasa saya belum cukup mengetahui tentang agama Islam.
    Sekian dari saya mungkin hanya itu saja terimakasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s