Pernikahan Beda Agama; Tinjauan Hukum Islam & Hukum Negara

Oleh Salma Zuhriyah

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk, khususnya bila dilihat dari segi etnis / suku bangsa dan agama. Konsekuensinya, dalam menjalani kehidupannya masyarakat Indonesia dihadapkan kepada perbedaan – perbedaan dalam berbagai hal, mulai dari kebudayaan, cara pandang hidup dan interaksi antar individunya. Yang menjadi perhatian dari pemerintah dan komponen bangsa lainnya adalah masalah hubungan antar umat beragama. Salah satu persoalan dalam hubungan antar umat beragama ini adalah masalah Pernikahan Muslim dengan non-Muslim yang selanjutnya kita sebut sebagai “pernikahan beda agama’

Pernikahan merupakan bagian dari kemanusiaan seseorang, seorang muslim yang hidup di negara yang majemuk seperti ini hampir dipastikan sulit untuk menghindari dari persentuhan dan pergaulan dengan orang yang beda agama. Pada posisi seperti ini ketertarikan pria atau wanita Muslim dengan orang yang beda agama dengannya atau sebaliknya, yang berujung pada pernikahan hampir pasti tidak terelakkan. Dengan kata lain, persoalan pernikahan antar agama hampir pasti terjadi pada setiap masyarakat yang majemuk.

Keadaan masyarakat Indonesia yang majemuk menjadikan pergaulan di masyarakat semakin luas dan beragam, hal ini telah mengakibatkan pergeseran nilai agama yang lebih dinamis daripada yang terjadi pada masa lampau, seorang muslimin dan muslimat sekarang ini lebih berani untuk memilih pendamping hidup non-muslim. Hal ini tentu saja dianggap oleh masyarakat kita yang mayoritas beragama Islam sebagai penyalahan atau pergeseran nilai-nilai Islam yang ada. Tak jarang hal ini sering menimbulkan gejolak dan reaksi keras di kalangan masyarakat kita. Masalah ini menimbulkan perbedaan pendapat dari dua pihak pro dan kontra, masing-masing pihak memiliki argumen rasional maupun argumen logikal yang berasal dari penafsiran mereka masing-masing terhadap dalil-dalil Islam tentang pernikahan beda agama.

Pernikahan beda Agama dalam hukum Islam

Masalah pernikahan berbeda keyakinan ini sebenarnya terbagi dalam 2 kasus keadaan, antara lain:

Kasus 1:   Pernikahan antara laki-laki non-muslim dengan wanita muslim

Kasus 2:   Pernikahan antara laki-laki muslim dengan wanita non-muslim

Pada kasus 1 kedua pihak ulama sepakat untuk mengharamkan pernikahan yang terjadi pada keadaan seperti itu, seorang wanita muslim haram hukumnya dan pernikahannya tidak sah bila menikah dengan laki-laki non-muslim Al-Quran menjelaskan Dalam surat Al-Baqarah 221 Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran. (Surat Al-Baqarah Ayat 221)

Sedang pada kasus ke-2. Seorang laki-laki muslim dilarang menikah dengan wanita non-muslim kecuali wanita ahli kitab, seperti yang disebutkan dalam surat Al-Maidah ayat 5 Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi.(Al-Maaidah Ayat 5)

Pada surat Al-Baqarah ayat 221 terang di jelaskan bahwa :Baik laki-laki ataupun perempuan memiliki larangan untuk menikahi atau dinikahkan oleh seorang musyrik.. dan dalam surat Al-Maidah di jelaskan kembali bagi  seorang laki-laki ,boleh menikahi AHLI KITAB. Namun terdapat beberapa pendapat bahwa ahli kitab di sini bukanlah  penganut injil,ataupun taurat yang ada pada saat ini.Ahli kitab yang dimaksudkan disini ialah mereka yang bersyahadat Mengakui adanya ALLAH  akan tetapi tidak mengakui adanya Muhamad.

Perkawinan beda Agama menurut hukum Negara:

Perkawinan di Indonesia diatur oleh UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Berdasarkan UU tersebut perkawinan di definisikan sebagai ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh karenanya dalam UU yang sama diatur bahwa perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya itu serta telah dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pendapat tentang  Perkawinan beda Agama:

· Seorang guru besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Daud Ali (alm.) menjelaskan dalam bukunya yang bejudul “Perkawinan Antar Pemeluk Agama Yang Berbeda“.Perkawinan antara orang-orang yang berbeda agama adalah penyimpangan dari pola umum perkawinan yang benar menurut hukum agama dan Undang-undang Perkawinan yang berlaku di tanah air kita. Untuk penyimpangan ini, kendatipun merupakan kenyataan dalam masyarakat, tidak perlu dibuat peraturan tersendiri, tidak perlu dilindungi oleh negara. Memberi perlindungan hukum pada warga negara yang melakukan perbuatan yang bertentangan dengan Pancasila sebagai cita hukum bangsa dan kaidah fundamental negara serta hukum agama yang berlaku di Indonesia, pada pendapat saya selain tidak konstitusional, juga tidak legal.

· Prof. HM Rasjidi, menteri agama pertama RI, dalam artikelnya di Harian Abadi edisi 20 Agustus 1973, menyorot secara tajam RUU Perkawinan yang dalam pasal 10 ayat (2) disebutkan: “Perbedaan karena kebangsaan, suku, bangsa, negara asal, tempat asal, agama,        kepercayaan dan keturunan, tidak merupakan penghalang perkawinan.

Pasal dalam RUU tersebut jelas ingin mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pasal 16 yang menyatakan: “Lelaki dan wanita yang sudah dewasa, tanpa sesuatu pembatasan karena suku, kebangsaan dan agama, mempunyai hak untuk kawin dan membentuk satu keluarga. Mereka mempunyai hak yang sama dengan hubungan dengan perkawinan, selama dalam perkawinan dan dalam soal perceraian.”

khusus tentang pasal 16 tersebut, Hamka menulis kesimpulan yang sangat tajam: “Oleh sebab itu dianggap kafir, fasiq, dan zalim, orang-orang Islam yang meninggalkan hukum syariat Islam yang jelas nyata itu. lalu pindah bergantung kepada “Hak-hak Asasi Manusia” yang disahkan di Muktamar San Francisco, oleh sebagian anggota yang membuat “Hak-hak Asasi” sendiri karena jaminan itu tidak ada dalam agama yang mereka peluk.

Pernikahan Beda Agama yang ada pada saat ini:

Meskipun sudah dilarang, perkawinan beda agama masih terus dilakukan. Berbagai cara ditempuh, demi mendapatkan pengakuan dari Negara. ada beberapa cara yang populer ditempuh pasangan beda agama agar pernikahannya dapat dilangsungkan.

  1. Pagi menikah sesuai agama laki-laki, siangnya menikah sesuai dengan agama perempuan.
  2. Salah satu dari calon pengantin baik laki-laki ataupun perempuannya mengalah mengikuti agama pasangannya.lalu setelah menikah dia kembali kepada agamanya.
  3. Menikah diluar negri

Untuk perkawinan beda agama yang ada pada saat ini, mantan Menteri Agama Quraish Shihab berpendapat agar dikembalikan kepada agama masing-masing. Yang jelas dalam jalinan pernikahan antara suami dan istri, pertama harus didasari atas persamaan agama dan keyakinan hidup. Namun pada kasus pernikahan beda agama, harus ada jaminan dari agama yang dipeluk masing-masing suami dan istri agar tetap menghormati agama pasangannya.  “Jadi jangan ada sikap saling menghalangi untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya

Pendapat berbeda disampaikan pengajar hukum Islam di UI Farida Prihatini. Farida menegaskan bahwa MUI melarang perkawinan beda agama. Pada prinsipnya, bukan hanya agama Islam. “Semua agama tidak memperbolehkan kawin beda agama. Umatnya saja yang mencari peluang-peluang. Perkawinannya dianggap tidak sah, dianggap tidak ada perkwianan, tidak ada waris, anaknya juga ikut hubungan hukum dengan ibunya. Farida jg menilai Pemerintah tidak tegas. Meskipun UU tidak memperbolehkan kawin beda agama, tetapi Kantor Catatan Sipil bisa menerima pencatatan perkawinan beda agama yang dilakukan di luar negeri. Padahal,Kantor Catatan Sipil merupakan produk negara. Dengan demikian, seharusnya yang dicatat KCS adalah sesuai dengan hukum Indonesia.  “Secara hukum tidak sah. Kalau kita melakukan perbuatan hukum di luar negeri, baru sah sesuai dengan hukum kita dan sesuai dengan hukum di negara tempat kita berada. Harusnya kantor catatan sipil tidak boleh melakukan pencatatan,

Kesimpulan

Larangan perkawinan  antar  pemeluk  agama  yang  berbeda  itu agaknya  dilatarbelakangi  oleh  harapan akan lahirnya sakinah dalam keluarga. Bagaimana mendidik anak-anak mereka.karena pada dasarnya seorang anak akan kebingungan untuk mengikuti ayahnya atau ibunya.Perkawinan baru  akan  langgeng  dan  tenteram jika  terdapat  kesesuaian  pandangan  hidup  antar  suami dan istri, karena jangankan  perbedaan  agama,  perbedaan  budaya, atau  bahkan  perbedaan  tingkat  pendidikan  antara suami dan istri pun tidak  jarang  mengakibatkan  kegagalan  perkawinan.

About these ads

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Tulisan ini dipublikasikan di Masail Fiqhiyah. Tandai permalink.

218 Balasan ke Pernikahan Beda Agama; Tinjauan Hukum Islam & Hukum Negara

  1. rin berkata:

    kenapa yang dipikirin anaknya seh? berarti agama sebenernya bawaan dari orang tua donk? bukan murni dari hati nurani kita sendiri yang membutuhkan kehadiran Tuhan dalam hidup kita dengan caranya masing2.

  2. Icha berkata:

    stelah baca diatas, mua buat gw makin bingung,
    gw ga tau hal mana yang hrus gw ikutin,
    sementara hati gw belum bisa kasih kesimpulan untuk bertindak untuk melakukan yang terbaik buat gw n Big Famili gw…

  3. gita berkata:

    di agama gw, katolik, ada kok, ijin pernikahan beda agama…

    selepas dari pernikahan itu yg katolik tetep katolik, dan yang non katolik tetap katolik…

    sah dibawah gereja, tanpa sedikitpun ngubah iman non-katolik, bukti solidaritas umat katolik thd perbedaan umat beragama di dunia, dan HAM…

    mmm, nice…

  4. win berkata:

    untukmu agamamu dan untukku agamaku.

    ini adalah hukum dalam agama kami, agama yang di ridhoi Allah Swt, jalankan agama gita dan hukum2nya tidak usah mencampuri agama kami, trima kasih

  5. anjani berkata:

    uda deeeh supaya kaga pusing meningan kita nyari jodo yang seiman! ga ada resiko pula . hehehehh

  6. biroe langit berkata:

    nikah beda agama wajar aja yg penting tetangga ga ada yg dirugikan, emang klo ada yg nikah beda agama lampu jadi mati? ga kan, makanya lanjutttttt ja

  7. sumarna berkata:

    ,,,,,,,gue beragama islam,jadi menikah beda agama ,ada hikmahnya,yaitu kita bisa saling mengenal antar agama satu dgn agama lainya,n juga bisa menjalin tali silaturahmi,,,,tapi banyak masalahnya,seperti tanggapan teman kita bahwa dalam mendidik anaknya g mana………………dll,jadi ikutilah hati nurani masing2 yang menurut anda baik.okey….

  8. syarifah fatimah berkata:

    assalamualaikum
    Sudah jelas dalam alquran tertuliskan bahwa pernikahan antara non muslim itu sudah wajib hukumnya HARAM dalam islam.. tidak sah.. boleh saja sah dalam hukum manusia,tapi tidak dengan hukum allah.. jika kalian mengerti agama dan mendalami agma kalian sendiri,kalian juga akan mengerti semua hukum yang telah jelaskan dan di jabarkan oleh allah swt dalam alquran nurqarim,jika anda mengambil perbuataan yang memang jelas di larang ALLAH SWT … sungguh orang2 yang tidak takut kepada tuhanya,sangat pedih siksaan baginya… wasalamualaikum

  9. Dara Indonesia berkata:

    Klw mnrt pndpt saya ……kembali ke masing” individu
    klw emg bs bertoleransi….knp gk nikah beda agama?
    bkn berarti nikah beda agama ujungny perceraian kok
    jadi mnrt saya sah” aja tuch ……….

  10. syamsurya berkata:

    kan udah di jelaskan di atas tentang perkawinan beda agama.
    seorang muslim di haram kan untuk menikah dgn non muslim..

    walaupun saat ini di perbolehkan.. paling itu aturan yg dbuat manusia, yang tujuannya untuk sebuah toleransi..

    oh iya.. satu hal lagi.. banyak skali aturan aturan tentang mengharamkan sesuatu yang dbuat manusia.

  11. iea berkata:

    seseorang yang akan berumahtangga,tak hanya berfikir jangka pendek…untuk dirinya,untuk pasangannya dan untuk anak2nya kelak…semua itu butuh satu pola pikir dan dasarnya itu adalah iman..bila pasangan berbeda keyakinan,mau dibawa kemana arah dan tujuan rumah tangga?Islam adalah agama yang sempurna,semua ajarannya mengajak kita kepada kebaikan dunia dan akhirat…tanpa perlu menjelek-jelekkan ajaran agama lain..

  12. haza berkata:

    saya pria muslim. kadang saya bepikir jika suatu hari berjodoh dengan cewek non muslim bisa ga ya saya mempertahankan dia.. jika oleh tuhan saya dijodohkan dengan cewek (misalnya katolik) hmm…

  13. dian berkata:

    saya perempuan muslim. masalah dosa, itu urusan pasangan dan Tuhannya masing2.. ga ada yg tau siapa masuk apa (neraka atau surga) walaupun aturan2 yg ada sudah tertulis. kalau memang kedua belah pihak sudah berkomitmen, mereka bisa saja nikah beda agama.

    masalah pendapat orang, kita tidak hidup di dunia untuk melayani orang kan? asalkan kita sudah tau apa yg kita lakukan, dan apa konsekuensinya. orang hanya bisa memberi saran, yang menjalankan? KITA.

  14. nny berkata:

    saya seorang remaja muslim yang baru saja diputuskan oleh kekasih saya karena perbedaan agama di antara kmi,,
    sungguh sulit karena selama kami berhubungan gag pernah ada masalah lain kecuali agama,,,

    tapi,perbedaan ini membuat kami berdua berpikir,kenapa harus dengan alasan ni hubungan kami harus berakhir??
    sungguh sakit…

  15. i berkata:

    buat nny, saya jg sama… sakit… diputusin ama cewek… karna perbedaan…

  16. Adha19 berkata:

    terussss gimana donkzz,…. ?????????? T_T

  17. fajrin berkata:

    assalamualaikum..
    sekedar sharing aja ya.. :)

    kita jangan memodifikasi tuntunan Alloh dengan semau kita. terbaik buat kita bukan berarti terbaik untuk Alloh untuk kita.

    semua yang telah diharamkan dan diharuskan oleh Alloh merupakan yang terbaik untuk kita.
    so, jangan dibikin pusing..

    aturan Alloh jauh lebih kuat daripada aturan manusia.

    @sumarna , apakah kalau mau mengenal suatu agama harus menikahinya dulu baru bisa?? hhe.. gak gitu juga bro..

    kalau bilang , “kembali ke masing2 individu”.
    ya, betul sekali..
    tapi setiap individu terdapat norma2 yg mengikatnya baik itu norma agama, masyarakat, dsb.. :D

    itu semua hanya nafsu.
    ingat, kita hidup hanya sementara di dunia ini..

  18. adi berkata:

    beda agama????g lh………….
    pernikahan bukan skedar masalh nikah n kawin, trs selese…
    ad konsekuensi lanjut misl bagaimana status anak??pst sadr ato g suami ato istri lebih menginginkan ank ikut agamanya, berarti terjadi persaingan toch………

  19. njeb berkata:

    beda agama……!aCh BIASA ja tUCh,,,,,,!
    TerGntung MsINK2 OrngnyA euy,,,,,,
    taPi kLO bsa NKah mA seIMAn n’ seAgma aJa decH, BiaR Ntr gA Ribet D aKhirat,,,,Ok CoyYYY,,,

  20. ZeboTH berkata:

    kAWin bEda aGaMa…..!RIweUH Ach,,,,,!
    Cari Yank EnaK N’ SimplE jA DEch..,,,,!BeN ga RiweUH piSAn,,,,!
    Kaya Ga dA PAsaNGan Yank se IMan SEaGaMa AjAH,,,,,,!
    wass….

  21. Desta berkata:

    mO KawIN ajA koQ rEpoooT,,,,,pKE nANya sTatUS AgAMa,,,,
    Yank pEntING TUch bSA Sma2 aMPe aKHERat,,,,,sYUKur2 d sURgA,,,,,,AmiEn

  22. DoINK CrozE berkata:

    sING PeNTING isO kiKUK-KIkuk n’ Oe’ oE’ Ae,,,,,,
    PenAK tOh,,,,,,,Ga rIBet To,,,,PuEnak POOOLLLL To,,,,,,

  23. ridHa berkata:

    aQ dah bca semua crita di atas yg membuat aQ yakin…
    dah ju2r aQ juga pernah mengalaminya…
    malah baru2 ini aQ putus sama co aQ yg beda agama…
    emank ci bener bgt dalam perjalanan pacaran aQ ma dy selama 1 tahun 5 bulan ntu banyak bgt masalah yg dateng,terutama pernah juga masalah bonyok aQ yg terus tnya2 ttg hub aQ kedepan bersama dy yg ngebuat aQ bingunk abiz wlpun aQ tau Qt mank gkan pernah bsa sama2…
    aQ sayang bgt ma dy…
    sayanggggg banget dan rasanya sakittt mampuz ketika aQ harus memilih antara keluarga aQ atau dy dan antara agamaQu atau cintaQu…
    selama pacaran ma dy,,,banyak bgt kenangan yg udah Qt lewatin barenk2 & Qt mank ga pernah mikirin masalah agama Qt masink2…
    sampe suatu saat aQ tersadar…entah apa yg membuat aQ untuk berpikir hub aQ kedepan….mungkin karena aQ ga mau kehilangan dy, aQ pgen ngabisin waktu aQ brenk2 dy…
    dan satu2nya cara cupaya Qt bsa sama2 yaitu Qt hrus jdi 1…bahkan 1 agama…
    sempat aQ terpikir untuk ikut bersamanya karena cinta…
    tapi ternyata aQ sadar
    aQ berpikir dan terus berpikir
    sampai akhirnya
    aQ tersadar ternyata hdup bukan untuk sekedar di dunia
    tapi nti Qta juga akn hdup di akhirat
    aLLah yg telah menyadarkan aQ…
    & telah menolong aQ yg hampir terjerumus pergi meninggalkannya…
    serta keluarga aQ yg begitu sayang sma aQ

    sampai akhirnya aQ bner2 bisa yakin memilih
    untuk tetap pada agama dan keluarga aQ walaupun aQ harus kehilangan cinta sejati aQ yang begitu teramat menyakitkan & sampai saat nieee masih aQ ingat jelas semuanya…

    1 hal yang aQ tau…
    cinta memang indah didunia
    tapi cinta bisa mati seirink raga taw nyawa yang telah tiada…
    Qta semua pazti bakal mati
    & yang bisa menyelamatkan Qta setelah mati bukanlah cinta
    tapi aGama

    makasi ya aLLah…
    Luph U

  24. yanni berkata:

    Bingung, sedih……………stress

  25. che2 eroen berkata:

    menikah itu perintah agama….., menikah itu karunia…, ngga mungkin kn kita dalam menjalankan perintah agama malah melanggar aturan agama….

    klo itu dilakukan berarti pernikahan tersebut tdk di dasari oleh iman yg kuat…… tp nafsu duniawi sesaat…

    so pilihlah pasangan hidup kita yg di ridhoi oleh Allah SWT

  26. agus. M berkata:

    Bagaimana y ? kalau dari pihak perempuan muslim nikah dengan pihak laki2 non muslim trus apakh di setujui oleh KUD trus law ank permpuan ikut dari pihak ibu bagaimana dalm pembagian waris y ?

    Dan apakh hubungan itu direstui ? dan dalam pembuatan akta nikah nikah itu bgaimana ?

  27. preely berkata:

    kalau menurut gw…yang terpenting sumbangannya…bookkk…….atawa…amplopannya…..mau kawinnya di gereja, kua, klenteng, gua, rusun, dsb…………….he…he/….

  28. gatot berkata:

    apa yg kamu tulis adalah cerminan dirimu, tulisanmu adalah harimaumu, oleh karena itu waspadalah…

    ttg beda agama? knapa dlm katolik di bolehkan?

    seingatku tdk lagi dibolehkan, tetapi utk para cowoknya malah dianjurkan.

    syukur2 kalo ada cowok katolik bisa gaet cewek berkerudung anak kyai pesantren, pasti besar tuh tarifnya.

    mau tau knapa?

  29. hidayat berkata:

    pernikhan beda agama itu boleh asalkan agama lain harus memeluk agama islam,, setuju kaga,,,!!!

  30. Rahmadani Putri berkata:

    Hey manusia yg sok tau, nikah beda agama tuh sah2 aja.. asal dilakukan menurut agama masing2 mempelai.. dlm alqur’an tdk dijelaskan secara eksplisit tentang haram nya nikah beda agama.. itu cm sebagian ulama aja yg menfatwakan haram. sejarah nabi MUhammad dulu menikahi wanita nasrani (ahl alkitab ) itu boleh tidak dilarang, dan sebaliknya muslimah dgn pria non muslim itu jg tdk ada hukum yg melarang.. Yg disebut ahl alkitab (Nasrani, yahudi, dan yg diberi kitab), dan musrik diatas itu jelas mereka yg menyembah berhala ” matahari, api,dll”. Jd sah2 aja lah nikah beda agama, Bagi yg melarang2 itu udah jelas mereka udah melebihi kekuasaan Tuhan.. Tuhan tdk membeda2kan manusia baik dr jenis bangsa manapun.. Oya buat Hidayat : lu pernah belajar agama gak sih, memaksakan org yg untuk pindah agama “HARAM” hukumnya, bs aja non muslim pindah agama krna terpaksa agar supaya bs menikah.. tp itu kan gak dr hati, jd tlg dong toleransi dikit, jgn km menganggap agama mu yg paling bnr, dan melecehkan agama lain seolah2 tdk bnr.. Buat yg pgn tau sejarah islam & hkum2nya cari buku di Gramedia judul” kado cinta bagi pasangan nikah beda agama” karya mohammad monib & Acmad Nurcholis, biar jelas lo smua hukum2 nikah beda agama,.. sangat logis dan masuk akal ..

  31. icha berkata:

    jd sebenernya boleh apa ga? kata pacar saya (katolik) ga boleh,kata mama saya(islam) ga boleh,tapi menurut kami (saya dan pacar) Allah itu maha baik, masa kami saling sayang ga boleh bersatu.. karna saya dan dia sll bahagia,sll menghargai,seperti pacar saya yg sll mengingatkan solat.. blm tentu kl sm yg lain kami bahagia :(

  32. supra berkata:

    menurut aq sih klo mau slamet dunia dan akhirat, ikuti saja apa yg ada di surat Al Baqoroh ayat 221 dan Al Maidah ayat 5
    syukur-syukur klo mau membaca tafsirnya.

  33. echa berkata:

    aduh aku juga ngalami hal yang sama juga sich kita beda agama tapi smoga Allah SWT mendengar doa aku agar calon aku mau masuk ke agama aku. Amien

  34. jany berkata:

    sebagai umat yang taqwa kepada Al_Qur’an dan Allah SWT..saya tetap menjalankan perintah agama yang telah disetujui oleh Allah SWT…
    kalau menurut Alloh haram..maka haram gk ada yang bisa merubahnya….
    klo kalian………
    y terserah kalian….

  35. rani berkata:

    seseorang tidak akan mengerti jika belum merasakan kondisi yang dialami org lain
    jadi ada baiknya jangan menghakimi seseorang dengan pola pikir yang dimilki tetapi mengambil hikmah dan mencoba untuk berempati kepada orang yang merasakan
    karena sesungguhnya islam tidak pernah mengajarkan seseorang untuk keras dalam menyampaikan dakwahnya

  36. Dela Safitra berkata:

    susah kalo udah cinta, cinta emg buta. aku jg cwe islam, n pasanganku nasrani. pusing lah pokonya, kayak makan buah simalakama, dimkn keluarga mati, gak dimkn kita yg mati , hmmmm ?????, pilih mana???? , buat yg kasusnya sama kayak aku, jgn buru2 bertindak, karena kita hidup hanya sekali, mending kalo ragu kita harus byk2 doa minta petunjuk sama Allah, kalo Jodoh pasti kita nikah kok. bila perlu kita banyak2 mendekatkan diri kepada Allah, banyak2 sholat tahajud, n jgn ninggalin sholat 5 waktu, kita harus usaha.. yakin dan percaya, pintu hidayah selalu terbuka utk hamba2nya, kita doakan semoga pasangan kita diberi hidayah, jgn putus asa dan menyerah, karena sekeras apapun hati manusia, kalo Allah udah berkehendak pasti bs kok dia mengikuti jalan yg diridhoi Allah. Jgn putus asa, Allah maha pengasih dan penyayang, minta petunjuk agar diberikan hidayah sama pasanganmu. amin..

  37. Mimi chatz berkata:

    Betapa banyak orang yang menginginkan kebaikan namun tidak bisa menggapainya. Kebaikan tidak akan terwujud dengan semata-mata bermodalkan niat yang baik dan mengabaikan kebenaran. Seluruh amalan TIDAK akan diterima di sisi Allah kecuali dengan dua syarat yakni :
    1. Ikhlas yakni seseorang beramal mencari keridhaan Allah Azza wa Jalla dan
    2. Selaras dengan syariat Allah sesuai dengan Al Quran dan As Sunnah….

    Saudaraku,

    “Kenapa bnyak dari kita hanya memincingkan mata trhadap agamanya,dan lebih memilih dunianya,terkadang saat kebenaran sudah didepan mata kita malah acuh tak acuh padahal kita tahu itu adalh kebenaran.Tapi kita tdk peduli krna menganggapnya tdk bernilai untuk dunianya.Tidak ingatkankah wahai manusia dan jin,untuk apa kita diciptkan?”

    Ya Allah,selamatkan aku dan kaum Muslim.”

  38. eva berkata:

    agree with Dela Safitra :
    Berdoa saja
    Qun fa Ya kun
    kalo Alloh sudah berkehendak ga ada yang ga mungkin….

  39. andre berkata:

    Kata siapa haram…yg penting punya rasa kasih dan saling menghargai….sesama manusia….apa tau tuhan mengharamkan pernikahan berbeda agama buktikan?itukan menurut kitab islam….klo dari mulut tuhan sendiri apa sudah dengar?yg penting kita punya hidup rasa kasihhhh…..

  40. PiiT Azhani berkata:

    tetangga aku ada yang nikah beda agama, lakinya kristen, bininya islam … anaknya 4 yang 3 masuk islam….
    itu koq bisa ??
    cowok aku sekarang org hindu, sedangkan aku islam, orang tuaku pernah bilang, gga masalah soal agama.. kan segala sesuatu itu harus direstui orang tua.. kalo orang tua udah setuju,,, hukumnya masih haramkah ???

  41. DWE .KAKA berkata:

    gimane’a yhe…..?
    klo’ mnurut hukum islam sih haram. tapi mo’ gimana lagi’ kand’
    klo’ udah salink sama suka ya jalanin aja, dosa tanggung sendiri’.

  42. mey berkata:

    Q skrg jg bgung hrZ gmn???
    Q seorg cwex muslim,cwokQ kristen….
    Kta ber2 SlinG menCinTai,Tpi Kmi bingguNg msLh agaMa Kmi masinG2…..
    Kmi Sma2 MempeRtahankan AgaMa Kmi msNg2….
    HaruZkh Kmi menJaLani PerNikahaN Dg beDa AGAMA?????????

  43. pika berkata:

    buat : rahmadani putri
    setelah aku baca pendapatmu tentang pernikahan beda agama,dan ada buku tentang pernikahan itu,aku sedikit lega.mungkin hari ini juga aku akan beli buku itu.
    karena setahuku,aku dan siapapun juga g’akan pernah mau diberi anugrah cinta beda agama seperti ini,aq tahu komitmen n konsuekensinya di dunia dan di akhirat seperti apa.
    tapi kalo’kita berdo’a dengan sungguh2,allah swt pasti mengampuninya…..aq yakin itu…!?karena dia yang menciptakan aq,dia dan yang lainnya,termasuk cinta n hati ini.
    karena tuhan 1,hanya ajaran dan pandangan manusianya yang membuat kita beda.

  44. econ berkata:

    Dear All,
    share aja yach,

    untuk semua penganut agama, di dunia ini manusia hanya mengenal 1 TUHAN yaitu TUHAN YANG MAHA ESA, dan sebutan Tuhan untuk masing2 agama berbeda, kita manusia ga pernah bisa untuk SEMPURNA so hanya TUHAN lah yang empunya SEMPURNA itu.

    kita tidak akan tau Cinta akhirat itu seperti apa tapi selama kita hidup di dunia “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” maka Tuhanpun akan mengasihi kita.

    semua agama itu BAIK adanya
    pernikahan beda agama memang akan buat bingung, ribet, dll, tapi harus kita sadari kita tidak hidup sendiri di dunia ini,
    manusia boleh berusaha apapun, bagaimanapun, dan sampai kapanpun, tapi 1 hal TUHANLAH yang jadi Penentu

  45. ina berkata:

    ass,
    temen saya kemarin baru saja nikah , di’pun beda agama .
    teman saya muslim dan pasangannya non muslim .
    bagaimana ya??
    mereka menjalani pernikahan atas dasar cinta dan merasa nyaman satu sama lain ..
    sampai dasar agama pun diabaikan .
    mereka meyakini kalau mereka ini yang menjalani pernikahan ini .

  46. bayu berkata:

    KENAPA HARUS DIRIBUTKAN???kalo seorang muslim ya ikuti saja apa yang diperintahkan al quran dan hadis,mungkin itu sangat berat tp harus dilakukan karena itu pegangan hidup kita. soal agama pada dasarnya setiap agama menyembah ALLAH SWT, dari nabi Adam sampai nabi Muhammad juga sama menyembah ALLAH. nabi Isa yang diberi kitab injil, nabi Musa yang diberi kitab taurat juga menyembah tuhan yang sama yaitu ALLAH SWT. mengenai surga dan neraka insyaallah semua akan masuk surga kecuali orang musrik, cuman masalahnya mampir dineraka berapa lama itu tergantung amal kita.soal nikah beda agama tergantung yang mau menjalaninya, kita mau jadi orang baik n beriman bisa atu mau jadi orang yang merugi juga bisa karena semua fasilitanya ada n mendukung. tp satu hal yang pasti kalo kita berpegang pada alquran dan hadis kita tidak akan pernah tersesat selamanya.mksh

  47. ching-ching berkata:

    kl emang negara gak ngelarang penduduknya menikah beda agama, knp juga pemerintah menerima kemajemukan negara ini??? harusnya di negara ini cm ada 1 mcm agama aja donk yg di anut penduudknya, biar gak ribet gitu. pernikahan beda agama itukan konsekwensi dr kemajemukan negara ini. jd harusnya jgn dilarang donk… tapi kasih solusinya!!!

  48. vita berkata:

    pernikahan itu untuk meneruskan kehidupan …….
    dalam artian berkembang biak ……….
    untuk urusan agama, itu adalah individu …..
    silahkan yang islam menyembah Tuhan yang diyakininya,
    silahkan yang non islam menyembah Tuhan yang diyakininya juga …….
    Karena urusan dosa dan pahala, masing masing yang menanggung ……..
    jadi menurut aku pernikahan agama itu boleh boleh aja, selama keyakinannya tidak goyah serta masih menyembah Tuhannya …….

  49. ani berkata:

    menurut aku sih kita jangan pusing- pusing, semua itu adalah ujian semata, kita hidup pasti punya yang namanya pandangan hidup dan prinsip hidup, kalau prinsip kita adalah alquran dan alhadits yakinlah bahwa apa ada di dalamnya adalah yang terbaik untuk kita. perlu kita sadari bahwa kita hidup di dunia hanya punya satu tujuan yaitu LIIBTIGHAI MARDHOTILLAH. ingat hidup di dunia di ibaratkan terminal yang mana kita hanya berhenti sejenak dan pemberhentian inilah menentukan kita hidup di akhirat kelak.

  50. mi berkata:

    trs endingnya gmn??bagi crita dunk yg ud menjalani nikah beda agama!!!

  51. totokyuliyanto berkata:

    Berdasarkan Putusan MA No 1400 K/Pdt/1986 Kantor Catatan Sipil diperkenankan untuk melangsungkan perkawinan beda agama. Kasus ini bermula dari perkawinan yang hendak dicatatkan oleh Ani Vonny Gani P (perempuan/Islam) dengan Petrus Hendrik Nelwan (laki-laki/Kristen). begitupun sebaliknya

  52. agungde berkata:

    saya adalah seorang mualaf, dulu istri saya agama islam setelah menikah dengan saya dia beragama yang saya anut, setelah 10 tahun kami menikah dan di karuniai anak 2 anak saya selalu bermimpi terus menerus yang intinya masuk islam adalah jalan yang lurus dan jalan yang diridhoi, akhirnya saya mengambil keputusan untuk memeluk agama islam, Alhamdullilah suasana nyaman dan hati yang damai saya rasakan . Tapi istri saya yang dulu muslim tidak mau mengikuti agama yang lurus dan di ridoi ini, seakan akan dia benci dan selalu saja memancing kemarahan saya, pada saat saya ibadah malam dia seolah olah takut pada saya dan pernah berkata bau papa seperti bau angus dll. sampai saat ini istri saya belum mau masuk islam ini sudah berjalan 5 th, sampai saat ini apabila saya melakukan hub intim perasaan berdosa selalu menghantui saya…… seakan akan saya berbuat Zinah. menurut hukum agama saya yg dulu saya sah menikah terbukti saya punya surat nikah yang sah.. tapi sekarang saya belum nikah secara islam karena istri tidak mau ? wahai kaum muslimin yang membaca komentar ini tolong doakan istri saya agar terbuka hatinya mau mengikuti agama yang diridhoi Allah SWT. Amin

  53. joen berkata:

    nikah beda agama sah2 sj..hati nurani tdk bs di paksakan untuk memeluk suatu agama,kalo pun sd cinta itu adalah anugerah..asal kita bs saling menghargai,saling mengasihi,dll..tidak ada seorang pun yg tau kenapa kita di ciptakan berbeda2 hanya Tuhan yg tau semua. menurut sy agama cuma kendaraan untuk menuju dunia akhirat..krn semua agama itu baik tgl tergantung manusianya menjalankan. maaf kalo ada yg tdk berkenan. God bless u all.

  54. uki berkata:

    saya rasa tidak masuk akal, bermacam2 agama dalam satu negara tetapi tidak boleh saling mencintai antar agama..pernahkan orang yang bikin peraturan memiirkan perasaan orang yang saling mencintai tapi terhalang perbedaan agama…peraturan itu hanya didasari kepentingan politik

  55. arni berkata:

    kok ada jg orang yg mau nikah beda agama, apa mrk ga mikirin gmn nnti agama anak2 mrk, apa mo milih agama ayah atau ibu nya. padahal kan nanti d akhirat tanggung jawab sebuah keluarga adalah pada suami.. trs klu anak ma istri nya aja beda keyakinan, gmn cara dy ngedidik agama pada keluarga nya kelak. ya mudah2 an ja orang yg menikah beda agama bs mendapatkan hidayah dr Allah S.W.T dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah
    amien…..

  56. Tata berkata:

    Saat ini jga sya sdg brpcrn dg cwo khatolik.Sya bngung ayah sya mnghruskn sya mnikah dg muslim,sdgkn stia sya akan mmutuskn hub dg pcr sya dy slalu mminta ksmptn utk brpkir pa kah dy mw mjd mualaf atau tdk,dan dy blg tu btuh proses yg lama.apa sya ttap hrus mnunggu hal yg tdk pasti?

  57. aisyah putri berkata:

    Nikah beda agama?susah juga…urusan hati memang ribet….

  58. gin berkata:

    menikah beda agama maupun seagama tidak ada yang bisa menjamin apakah kehidupannya akan baik atau buruk..ketakutan-ketakutan untuk bersama orang beda agama membuktikan bahwa kita generasi chauvimisme.padahal kita tahu iman seseorang tidak dilihat dari agamanya,tapi dari hati dan perbuatannya.orang tidak beragamapun akan mendapat tempat di surga apabila di dunia dia selalu melakukan kebaikan..
    Di akhirat lita tidak akan di tanya apa AGAMAMU…
    jadi tidak usah menmbagakan agama masing2,lihatlah sudahkah kau berbuat baik untuk sesamamu hari ini

  59. adealiyudin berkata:

    comment bwt rin: juni 30 2009..
    saya akan bertanya kepada anda,, sebelum anda dewasa, anda beragama apa? apakah sama dengan ortu anda? apakah sekarang anda menganut agama yang berbeda dengan agama sebelum anda mengenal agama?

  60. kekio berkata:

    nikah beda agama ……………..Allah yang tau tapi yang gw tau nikah tu harus beda kelamin……he….he…he

  61. onan berkata:

    agama diciptakan manusia.
    cinta adalah milik Tuhan.
    di kitab manapun kayaknya ga ada yang menyebutkan kalo Tuhan itu jahat sampai2 tega memisahkan 2 hati yg saling mencintai.
    Tuhan itu Maha Kasih..Maha Baik..
    simpulin sendiri aja deh..

  62. sisca berkata:

    sejak lahir kita diciptakan Tuhan berbeda adanya..mau yg kembar skalipun tetep aja berbeda…jd buat apa sibuk mempermasalahkan perbedaan yg memang sudah ada n kita hidup d dlmnya…yg penting saling menghormati n menghargai..mcb hdup rukun dlm perbedaan..klo yg ada cm d’kotak2in n hrs sama…bkin pusing….pernikahan yg punya tujuan baik n mulia…jd gagal cm gr2 beda agama..sayang sekali..sayang banget..trus jg..HAM lari kemana???

  63. z berkata:

    Qt lahir dengan asal perbedaan yang mendasar,,tp lo jodoh Qt emang dengan yang beda agama,,knp ngga??low emang niat n hati Qt mantap untuk menikah dengan yang beda agama,lakukan saja.yang penting adalah toleransi,saling menghormati,menghargai n mw mengerti antara pasangannya,,pasti bisa hidup rukun.Jangan terlalu permasalahkan masalah perbedaan agama

  64. ratno berkata:

    gw islam ….klo gw di suruh nikah beda agama biar tuh orang kaya raya gw bakal tolak 1000x tolak udah jelas buat kita” orang muslim nikah beda agama itu zinah hukumnya klo masih ada yang nikah beda agama lw gk ikutin ajaran agama dunk meding lw semua mati ajha…..jgn karna cinta lw lupa segala”nya ……sorry itu hati nurani gw yang beda tetap beda gk ada yang bisa di satuin selain kita sama ” satu agama oke”…..

  65. ratno berkata:

    nikah beda agama no……

  66. Rifa'i Zakir berkata:

    Menikah Beda Agama , sama halnya memporak porandakan dasar AGAMA-nya masing-masing.. Cinta jangan jadi patokan , apalagi LOGIKA (Bisa-bisa manusia saja)

    Kenapa harus dipaksain menikah dgn 2 keyakinan dalam 1 rumah tangga ??? gila paling orangnya…lebih banyak masalah daripada baiknya ..kalau orang bilang bagus, aman ,damai ..(ha itu BOONG)

    Jelas dalam ISLAM dilarang !!!, Surat Al-Baqarah Ayat 221 kecuali jika wanitanya beriman (masuk islam)

    Jelas Dalam perjanjian Lama, kitab ulangan 7:2-4, umat Nasrani juga dilarang untuk menikah dengan yang berbeda agama…

    Kalau Agama lain gak tau yaa… (hikzz)

    Hayoooooo pilih mana jadi orang gila atau orang normal …

  67. Baim berkata:

    Gw kasihan sama rekan2 muslim dan muslimat yg berkomentar disini yg cenderung mengabaikan aturan yg Allah SWT buat. Dgn dalih kebebasan utk mengatur hidup di dunia ini seakan-akan kalianlah lebih banyak tau, bahkan ada yg menantang dengan pernyataan “biarlah Allah yg menilai” dan “belilah bukunya di Gramedia (promosi ni yee)”, adalagi yg ngomong “biar aja selama ngk ganggu tetangga sebelah”.
    Logikanya seorang lelaki akan menjadi kepala keluarga dan sebagai seorang muslim dia akan dimintakan pertanggungjawaban di akhirat nanti utk keluarganya (kalo agama lain sutra…lah). Mana bisa seorang muslim sbg kepala keluarga yg benar2 ingin menjalankan akidah Islam dalam satu biduk ada nahkoda lain yg memiliki haluan yg berbeda walaupun awet sampai akhir hayatnya, itu hanya kehidupan dunia saja (kecuali Islamnya nyantai2 aja gitu loh). Aturan Allah SWT jelas melarang. Jgn ditafsirkan di Al-quran dibolehkan pada salah satu suratnya membunyikan boleh menikah dgn wanita non muslim. Diterangkan disitu seorang wanita Ahli kitab-wanita ini digolongkan orang yg percaya adanya Allah tetapi blm memiliki agama atau belum masuk Islam (menyebutkan dua kalimat syahadat) dan ini adanya dijaman jahiliyah. Nah bukan wanita sekarang ini yg sdh memiliki agama (selain Islam).

    GW JADI BERPIKIR DULU KECILNYA ENTE TUH DIJELASIN NGK AMA ORANG TUA ENTE MASALAH INI?, ATAU ORANG TUA ENTE AMA AKIDAH ISLAM NYANTAI-NYANTAI AJA, ATAU JUGA ENTENYA YG SOK TAU NGK MAU DIATUR MERASA LEBIH HEBAT SOAL PENGETAHUAN ISLAM DARIPADA PAKAR2 ISLAM YG ADA DI LEMBAGA MUI.

    Analoginya utk yg berpendapat “selama nggak ganggu tetangga sebelah”, kalo gw mau nyimenk, nyabu, mabok, zinah di kamar gw sendiri…ngapain repot2 polisi ngejar2 gw. sok bergaya western lu!! (liat tampang), bikin aja negara ama agama sendiri.

  68. anwar berkata:

    Dalam Islam Allah sudah mengatur hidup, mati, rizqi dan jodoh kepada setiap umatnya, saya sudah berusaha maksimal mencari jodoh yang seiman, ternyata ketemunya dengan beda agama dan cocok lalu nikah dan punya anak sampai sekarang. Apakah jodoh saya ini bukan pemberian Allah?….apaka saya harus tetap mencari yang seiman sampai karatan?, dan apakah jodoh saya ini bukan ciptaan Allah?

  69. anwar berkata:

    Mengenai anak dari pasangan beda agama?…….sebagai pasangan beda agama harus memiliki toleransi yang tinggi dan pengertian serta sikap yang bijak, jangan sampai ada yang memaksakan keyakinan kepada anak, masing2 harus memberikan contoh dan pelajaran yang baik, agama apapun tak pernah menganjurkan kepada pemeluknya untuk menjadi penjudi, pemabuk, pembunuh, korupsi, selingkuh, pemerkosa, dll. Tuhan juga sudah memberikan otak kepada anak…. suatu saat pasti berfikir.
    Kadang2 manusia lebih sok tau dari pada Tuhan

  70. ponki berkata:

    Selamat Pada Anwar, Semoga Rumah Tangga Anda selalu diberkati sampai beranak cucu. Amin
    Saya yakin, selagi anda percaya dan meyakini suatu hubungan maka anda akan peroleh kebahagian.
    Memang manusia skrg bnyak Munafik, sok tau. Kalo nikah sampai 10x gk da dipermasalahkan??? heran… Penindasan di perbolehkan.
    Tp kembali lg bukan agamnya yg salah tapi Manusianya yg Munafik…
    Agama pasti yg mengjarkan kebaikan, apa pun agama itu selagi Percaya dan Menyakini TUHAN.

  71. mambo berkata:

    Yang terbaik mungkin janganlah agama menjadi lebel dan pemisah kebersamaan,
    sebab kebahagiaan rumah tangga bukan ditentukan oleh persamaan agama,
    melainkan persamaan dalam memandang agama itu apa, untuk apa, dan akan bagaimana dengan agama itu.
    Agama adalah kedamaian, menikahlah krn kt diciptakan berpasang2an.

  72. nie berkata:

    Manusia di berikan akal dan fikiran oleh allah adalah untuk menyeimbangkan sikap termasuk keyakinan yang kita anut. Sebagai seorang muslim alangkah indahnya kalo dari sisa hidup kita yang super singkat ini (yang tidak ada apa2nya di bandingkan dengan kehidupan yang sebenarnya nanti) bisa kita lalui bersama orang yang satu keyakinan dengan kita…cinta memang anugrah yang tak bisa kita tolak kedatangannya ke dalam hati kita (bisa saja cinta orang yang berbeda agama) ..tapi yakin dan tawakalah semua ada jalannya, kalo kita banyak berdoa dan mohon petunjuknya…allah maha tau yang terbaik buat kita…karena itu termasuk cobaan untuk kita…maka jangan pernah berputus asa maksimalkan akal dan fikiran kita yang telah diberikannya…jangan mengikuti hawa nafsu semata yang berkedok kasih dan sayang antar sesama.

  73. Bocahbocah berkata:

    Di atas di jelasin,
    jika terjadi seperti itu maka perkawinan nya tidak sah kan?
    Ya pasti anak nya adalah anak hasil perzinahan, kan perkawinan nya tidak sah.
    Soal HAM, itu hukum manusia,keinginan manusia untuk kebebasan, terserah mau ikut hukum manusia atau pencipta nya.

  74. Ayo Renungkan berkata:

    Teman2,,
    Kita memeluk suatu agama/keyakinan, awalnya, karena turunan. Tapi sebagai mahluk berakal, setelah dewasa kita akan memeluk agama/keyakinan karena meyakininya. Itu menurut saya.
    Jadi, setelah kita meyakini, ya kita harus yakin agama/keyakinan yang kita anuat adalah yang paling benar, kalau tidak buat apa meyakini yang kita tidak yakin? Fanatik? Tentu, untuk hal prinsip, kita harus fanatik. contoh, tidak mungkin satu tempat untuk beribadah berapa agama hanya karena toleransi, atau seseorang memakan sesuatu yang dilarang agamanya karena tidak enak hati atau toleransi. Itu namanya tidak punya prinsip, dan biasanya orang tidak punya prinsip itu plin plan, dan orang plin plan tidak pantas dihargai. Justru krn perbedaan prinsip kita masing2 itulah ada saling menghargai.
    Agama tidak selalu sejalan dengan perasaan, pikiran, logika apalagi krn nafsu kita, krn keterbatasan pemahaman kita tentu. Karena sebagian manusia selalu mencari pembenaran atas apa yang menyenangkan dia, padahal tidak selalu yang menyenangkan itu benar, atau yang baik itu selalu benar. Seperti mengambil tanpa permisi sebutir mangga dr pohon orang lain krn ngidam/lapar, yang belum tentu yang punya mangga sadar kecurian, toh itu tidak berarti pencurian itu jadi benar.
    Jadi teman2, menikah dan rantai panjang hak & kewajiban setelahnya bukan perkara sepele, jadi perdalam agama/keyakinan masing2, gali informasi semaksimal kita bisa, dan bila tidak secara gamblang disebutkan dalam kitab masing2, berpeganglah pada yg benar menurut rujukan/fatwa masing2 agama/keyakinan, walau pahit, pasti ada hikmah dibalik itu. Bila tidak sejalan dan -misal- harus berpisah, disini akan dituntut bukti saling menghargai keyakinan masing2, jangan dicampur dengan logika atau nafsu sesaat, krn agama bukan logika semata, apalagi logika yang menuntut pembuktian kasat mata, agama bahkan jauh diatas logika. Jadi, bagi yang meyakini surga misalnya, setidaknya kita bisa yakin bahwa surga itu ada tanpa melihat lebih dulu.
    Bila agama/keyakinan kita membolehkan nikah beda agama, tentu tidak ada yang perlu dipermasalahkan.
    Tapi bila agam melarang dan kita meyakini agama tersebut, alihkan saja jadi hubungan baik, atau kalo tidak bisa, tinggalkan. Kita sering mendengar buang rasa bencimu sama si Anu krn itu tidak baik, kenapa kita tidak bisa bilang buang rasa cintamu dengan si Anu krn itu dilarang agama/keyakinan kita?
    Sekedar sharing teman2, pis…!*_*

  75. Qq_Dee berkata:

    tetap positip thingking sama Allah karena Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita hambaNya, itu gunanya kita berdoa…..
    Jodoh itukan rezeki….Seperti doa kita saat sholat dhuha…..
    meminta rezeki yang dari langit diturunkan, yang ada dibumi dikeluarkan, yang sulit dimudahkan, yang haram disucikan dan yang jauh didekatkan…
    kalau dia emang Jodoh dan rezeki kita pasti Allah akan tunjukan jalannya

  76. febi berkata:

    yah aku jg bingung ah mw bilang apa, karna sekarang ini aku juga pacaran beda agama, aku Islam, pacar aku Kristen, jelas sih cinta terlarang, kita juga sadar akan hal itu kok, tapi kita berdua juga ga bisa menyangkal persaan masing2, kalo kt saling menyayangi… sejauh ini kita ga pernah bahas agama kt masing2, pacarku hormati aku bgt, dia sering nanya ke aku sudah sholat atau belum… dia hormati aku bgt lah, hubungan yang bahagia tapi sekaligus sedih… seandainya aja diantara kami ga ada perbedaan, mungkin tahun depan da nikah kita.. hehehe.. krna kita udah ngerasa cocok bgt sih.. dan banyak yang bilang kalo kami cocok.. tapi apa daya.. ada jurang pemisah antara kami… dan kami ga tau smpe kapan kami berada di antara jurang itu…setiap aku berdoa,aku selalu bertanya, apa ini jodoh aku?? kalo mmg iya kenapa aku ditemuin dgn perbedaan ini?? hati aku miris bgt.. pcarku jg pernah bilang ke aku, kalo dia berdoa dengan Tuhannya, dia bilang ke Tuhannya kalo dia sangat mencintai aku..

    teman teman sekalian, aku cm mau cerita aja ma kalian…
    maaf yah berlebihan hehe… bingung.. neh… aku sayng bgt ma dia…
    T_T

  77. romy berkata:

    Menurut saya silakan aja kawin beda agama. Tp nanti hrs dipertanggung jawabkan di akhirat. Cobalah utk bersabar dan tawakal, dunia ini hanya sementara.

  78. Erly berkata:

    Gw pun lg ngrasain hal ini.bukan Saja agama tp negara.gw saying bgt Dan dia juga.hub dh lama tiap kl memikirkan Hal ini ku sedih.knp Kita harus dipertemukan kalau untuk dipisahkan??????ku tak kan menyerah

  79. lenz berkata:

    aq bingung dng smua ini.,.,aq pun ngerasainnya coz aq ud dua kali pcran dng yg beda agama,.,.yg prtama aq akhirnya pts coz perbedaan tp skrang aq dpertemukan dng yg beda agama lg ap aq hrs pts lg coz agama,.,.,.,knp tuhan sll mempertemukan aq dng cowo non muslim,.,.,.,skrang aq pasrah saja saia menghormati agama masing” z,.,.,,.coz smua agama tujuan nya sama cmn cara beribadahnya zz beda” so aq tetap akan melangsungkan nikah beda agama ,.,.,.dosa or gg nya hanya tuhan yg tau.,.,.

  80. balaram berkata:

    Sudah saya baca komentar anda-anda sekalian..

    Berdebat hanya dorongan nafsu, tapi saling mengingatkan adalah kewajiban.. Kita semua dalam kebingungan,kecuali orang2 yang diberi petunjuk-Nya.

    Petunjuk agama sebagai batasan agar manusia hidup nyaman di dunia.. Agama yang benar pasti sesuai kodrat manusia.. Sudah kodrat manusia ingin selalu nyaman.

    Maka,petunjuk yang benar berasal dari agama yang sesuai kodrat manusia,yang mengikuti petunjuk diharapkan bisa hidup nyaman, yang kurang mengikuti mungkin kurang nyaman..

    Hadapi pilihan ini, dan jangan saling membenci..

    Semua perbedaan di dunia ini keinginan Tuhan, agar manusia berlomba untuk ingat dan berserah diri pada Tuhan-nya..

    Berserahlah pada- Nya, ikuti “petunjuk”-Nya agar kalian nyaman dan tenang, dan godaan iblis benar-benar KUAT dan NYATA, maka jangan kamu turuti hawa nafsumu…

    Hanya Tuhan yang Maha Mengetahui..

  81. putri berkata:

    saya tidak lihat ada kata-kata MUSLIM menikahi NON MUSLIM. yg ada di ayat Al Baqarah dan Al Maidah adl kata2 BERIMAN dan MUSYRIK. Setau saya, dari SD kita dikasih pelajaran agama bahwa Musyrik itu org yg TIDAK PERCAYA ADANYA TUHAN/TIDAK PERCAYA PADA TUHAN. Skrg coba deh dipikir, orang Kristen, Hindu, Katolik, dll.. mereka percaya pada TUHAN. jadi ga bisa dikategorikan MUSYRIK dong?
    brarti akan HARAM kalau siapapun menikah dengan orang yang TIDAK PERCAYA TUHAN.
    lagian aneh ga sih, larangan menikah beda agama itu hanya di Indonesia saja. Emangnya Alquran turun di Indonesia aja apa? enggak kaann…
    berarti hanya pembuat undang-undang which is MANUSIA yg melarang, bukan TUHAN.

  82. febi berkata:

    kadang aku berfikir,,, mungkin ga c kita tu berjodoh dengan orang yang beda agama? jodoh kan di tangan Tuhan, tapi apa mungkin Tuhan tuh kasih kita jodoh dengan perbedaan itu.. sementara katanya pernikahan beda agama itu ga boleh, setiap agama juga kan katanya melarang pernikahan beda agama? kita ditemukan dengan yang beda agama apa tuh jodoh kita…
    Lenz, serius mau nikah beda agama? dimana? emang bisa?

  83. boya berkata:

    menurut saya selama kita yakin sama agama yg kita anut..kenapa nikah beda agama mesti jd masalah..asal setiap pasangan yg berbeda agama tersebut masih memegang kokoh keyakinannya masing2 selama berdampingan..buat apa ada istilah toleransi beragama..itu kan artinya kita harus saling menghargai keberadaan dan aktifitas agama lain yg diakui oleh negara.. memang menurut agama dan negara itu tidak sah..tp saya rasa sulit untuk membohongi diri sendiri..

  84. indah berkata:

    Saat ini aku lagi ada d dalam masala ini
    Perbedaan agama
    Aku muslim dan calon suami ak non muslim
    Beri saran yaa
    Dan tolong kuatin ak jg

  85. Dea berkata:

    q nie lagi menjalin hubungan dengan beda agama,tapi q bingung gimana
    cara meninggalkan dia yach.

  86. bhallo berkata:

    dilihat dari hukum yang ada di negara kita, mendingan liat dulu kebelakang arti dari makna pancasila…jelas disitu tertera berbeda2 tetap satu jua,,,knapa masih aja dipermasalahin perbedaan…
    kalo mw nikah beda agama ya jalanin aja, lagipula yang menanggung resiko kan orang yang menjalani.orang yang nikah beda agama menurut saya mala lebih awet, karena dari awal mereka selalu terbiasa dengan memutuskan permasalahan bareng2 dan selalu menghargai keputusan…

  87. dheraa berkata:

    bagaimana jika hubungan beda agama itu,, memiliki efek yang positif ???
    si pasangan akan ikut iman kita …

  88. cuprit berkata:

    bnyk jg y yg stress,bukan aq aj trnyta,,yg pasti ALLAH swt adalah Tuhanq,Muhammad saw utusanNya,,

  89. arul berkata:

    Bagaimana lau sudah jodoh,,, jodoh kan udh tuhan yg atur…..,

    apakah itu mrupakan suatu kebetulan,,,,,,

  90. ahmadriyadhmz berkata:

    Asl..syukron infonya, izin mengutip ya…jazakumullah…visit me to :-) slm kenal

  91. dewi_dio berkata:

    apa Qyu hruz truz knn brhubungn yg bda agama, karna dia sayank und perhatian bgt maa Qyu, dia slalu bkn Qyu sneng, kta dia Perbedaan adalah hal yg indah. ??? ApA qYu slh mempunyai pcr non muslim ?

  92. bajol berkata:

    sebagai seorang muslim yg berlandaskan pd Alquran n Alhadis, cukuplh surat
    Al-baqarah ayat 221 sbg landasan pernikahan beda agama….

  93. syahar berkata:

    For samy27..
    Ya ALLAH tunjukn lah jlNmu,tuntuN lah kmi agr tak slah dlm mngmbIl k’putusan,
    Kuatkn lah iman hamba ya ALLAH,
    Agar ttp d’jlN mu..
    1kn kmi dr pr’bedaan yg engkau ciptakaN N 1kn kmi dlm aqidah,,
    TntUnlah dia tuk jdi muallaf dgn sgala petunjuk mu ya ALLAH,agar kelak jdi istri yg soleha..
    Amin..amin..ya rabbal alamin..

  94. jun 'A' berkata:

    Menikah beda agama sih emang ribet yaaa
    agama udah ngelarang klo nikah beda agama,itu haram
    tapi jodoh emang allah yang nentuin kita cuma bisa nerima.
    apa yang udah di tentuin sama allah.
    pilih lah yang terbaik buat kita sendiri….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  95. cla berkata:

    ak d lahirkan sbg seorang katholik,sdngkan co’ku seorg muslim.ak syg bgt ma dy.ak g mw hub ak ma dy yg udh bjalan 3 th sia2.ak mw jd istri dy…ak hrs gmn?ak g blh egois bwt meminta dy pindah agama,bgitu jg sebalikna.ak hrs gmn?????

  96. shena berkata:

    menikah beda agama sll saja jd perdebatan.
    sekedar sharing..saya beragama islam,suami beragama katholik,sejauh ini pernikahan kami baik2 saja..di butuhkan kesabaran,pengertian,toleransi dan saling mengisi kekurangan msng2.menurut saya,setiap hubungan dlm bentuk apapun di butuhkan hal2 tersebut,termasuk pernikahan.
    kami tdk pernah saling mempengaruhi satu sama lain ttng agama,seandainya pun kelak ada yg ingin berpindah,semoga hal itu terjadi sebab keinginan dan pemahaman sendiri ttng agama terbaik yg harus di yakini.seperti selama ini saya sll meyakini bahwa allah s.w.t bekerja dgn cara-NYA yg unik dan menakjubkan dgn segala ke-MAHA-anNYA.

  97. neny berkata:

    aku juga lagi bingung..aku wanita muslim berjilbab,sedangkan calonku katolik…aku ingin mengakhiri semua ini,but bagaimana caranya biar dia tidak tersinggung,karena orang tuaku pun tidak mengijinkan kita untuk menikah kalo kita beda agama??tolong teman2 minta sarannya..thanks..

  98. moel berkata:

    gw pernah ngalamin yg sama, sdh setahun putus tp masih terasa sakitnya pisah hanya karena agama, kadang gw berpikir kalo setiap Agama punya Tuhan berarti alam ini terkapling kapling oleh masing2 Tuhan dong, emangnya yg di bilang kafir itu bukan ciptaan Tuhan, kalo Tuhan Maha segalanya dan menciptakan alam semesta ini, berarti beliau tidak akan membeda bedakan umatNya termasuk semua setan dan iblis yg jg di ciptakan oleh Tuhan, kenapa harus terpisahkan oleh agama yg kalo kita percaya tuhan hanya satu pasti semua itu ciptaaNya jg.

  99. Winda berkata:

    Agamu untuk mu dan agamaku untukku
    Allah mang menciptakan manusia dengan beragam agama agar kalian berfikir.
    Namun ingatlah bahwa agama yang paling diridhoi Allah SWT adalah Agama Islam.
    So, jalani aja yg menjadi keyakinan kalian,,
    Gtu aja ko ribet!!!

  100. Eka Praya berkata:

    Ketika kita berbicara masalah komitmen antara dua hati yang saling mengisi, kenapa berdebat tentang iman yang bagi saya adalah urusan kita tentang tanggung jawab yang paling pribadi kepada SANG HIDUP.
    Mari semakin menjadi dewasa sebagai manusia yang berbudi…bukan hanya bersitegang mempertahankan opini yang tak akan selesai dibahas hingga akhir dunia tiba !!!

  101. Teman selamanya berkata:

    Buat saudara2 kita yg tidak setuju dgn diharamkannya menikah dgn non muslim, dan yg mengatakan “lebih baik ikuti hati nurani sj”. .

    Tanpa bermaksud negatif, pertanyaan2 ini mungkin lebih pas buat anda . .

    Bukankah Allah lebih mengetahui apa yang kita tidak ketahui. . .?.
    Apakah Allah pernah salah dalam satu hal?

    Apakah anda berani menjamin, yang anda dengar itu adalah “hati nurani” ?. Mungkin saja “nafsu” kan?.

    Bukankah yang paling mengerti cinta yang kalian rasakan adalah yang menciptakan dan yang menaruhnya di hatimu?.

    Siapakah yang paling benar selain “ALLAH AZZA WA JALLA . .

  102. maryono berkata:

    Memang sudah menjadi takdir manusia yang diberi otak sehingga memiliki kedua sifat makhluk ALLAH SWT yakni sifat Malaikat dan Iblis, jadi jelas apabila kita lebih banyak sifat Malaikatnya maka akan bersikap baik dan menjalankan perintah-perintahNYA dan manjauhi larangan-laranganNYA, namun sebaliknya apabila sifat Iblis yg lebih banyak maka apapun yang sudah jelas menjadi aturan yang ALLAH tetapkan pasti dilanggarnya.
    Sekarang tinggal kembali kepada masing-masing kita apakah mau mengikuti hukum ALLAH atau hukumnya sendiri (hukum manusia) dan kelak setelah mati toh hanya kita sendiri yang akan tahu apa akibatnya atas segala perbuatan kita selama hidup didunia.

  103. ana berkata:

    assalam wt semua>>>

    Nikah beda agama??
    klw misalnya nikah beda Agama kasihan ank@ yg dy harus ikut siapa nantix apakh ayah/ibunya.. bukankah pendidikan agama tersebut harus ditanamkan dalam diri anak sejak kecill…
    jadi lebih baik Qt nikah dgn pasangan yang memilki keyakinan yg sama n juga u/ mendapatkan keridhaan dari Allah.

    dan satu hal jangan Qt pernah menjadikan perbedaan agama itu adalh suatu permusuhann, tp jadikanlah perbedaan itu sebagai suatu keakraban QT sebgai makhluk sosial yg salng membutuhkan satu sama lain, dan Qtpun harus menghargai semua perbedaan tsb… betull, betul, betul,,,,,, :)

  104. alex berkata:

    thx,, infonya… gw ndri ge pacaran bda agama.
    gw akan ngjalanin pdoman umat islam yaitu alquran.

  105. alex berkata:

    Kristen pengikut Nabi Isa Almasih
    Muslim pengikut Rasul Muhammad
    Di Al Qur’an ada kisah tentang Nabi Isa Almasih yang mengajarkan Kasih
    Meski Di Injil tidak secara jelas tentang Rasul Muhammad, tapi saya yakin apapun yang sumbernya dari Tuhan pasti baik….

    Jika Nabi Isa Almasih..ada di Al Qur’an dan pengikutnya yang dikenal dengan sebutan kaum nasrani..adalah kelompok yang musyrik atau diluar Islam….Jika jawaban kamu adalah iya…saran saya..belajarlah lebih dalam tentang ISLAM dan sejarahnya serta KRISTEN dan sejarahnya, jika masih bingung carilah dan minta petunjuk Tuhan, niscaya DIA akan memberimu jalan untuk lebih mengenalNya….

    Berkaitan dengan nikah beda agama, menurut saya….tergantung masing masing negara…jika di Arab nikah beda agama dilarang silahkan, jika di Israel nikah beda agama dilarang juga silahkan…
    Tapi di Indonesia … Dasar Negara adalah Pancasila (sila 1 sampe 5 serta butir butirnya) perbedaan yang ada menjadi harta kekayaan bagi Bangsa Indonesia…Jika kamu nikah dengan perbedaan untuk memperkaya dirimu silahkan, jika kamu tidak mau nikah dengan perbedaan juga silahkan, yang PENTING jangan sekali sekali kamu menjadikan perbedaan itu menjadi alasan untuk menyakiti bahkan membunuh orang lain..itu HUKUMNYA HARAM !!!!bagi agama apapun itu..

  106. Agus berkata:

    Dilema,….bukanya semua yg ada di bumi ini ciptaan allah swt,termasuk manusia, dan jodoh sudah di atur sama allah swt kt tdk dpt mengelak, jadi kalo istri/suami kt beda agama ,itu berarti allah swt yang telah menjodohkan kita ,…jadi gimana ini???????????????????????????

  107. dede berkata:

    kenapa harus milih yang beda agama????….carilah calon suami/istri yang justru membawa kita ke jalan ALLAh SWT,karena memilih pasangan hidup pun hanya karena Allah SWT bukan sekedar kebahagiaan dan nafsu duniawi,,kalo dibilang toleransi beragama masih ada tindakan2 lain yg menunjukan toleransi beragama tanpa harus terikat dalam suatu ikatan pernukahan.

  108. alex berkata:

    q mo tanya, klo nikah beda agama 7-annya bwt masukin pasangan ke agama islam boleh ngk? Bukan mksud mngnti kyakinan yg non muslim tp q prnah baca klo slah 1 penyebaran agama islam adalah dengan perkawinan

  109. Pacaran beda agama selalu menimbulkan masalah. Siapa yang akan pindah agama? Kalo kamu yang harus pindah agama, apa sebabnya? Apakah cuma gara-gara beda agama pacar kamu nggak mau sama kamu? Kenapa harus kamu yang pindah agama? Kenapa bukan dia? Kenapa masing-masing nggak bisa pegang agamanya masing-masing aja?
    Prof sih nggak pernah punya problem ini, karena Prof nggak beragama dan nggak percaya Tuhan (atheist). Selain itu, Prof juga nggak kenal sama kamu, jadi Prof bisa bahas soal ini secara objektif dan jujur tanpa harus takut kehilangan siapa-siapa (emang udah dari sononya sih Prof nggak takut kehilangan siapa-siapa). Mudah-mudahan aja setelah baca pendapat Prof, kamu pikir-pikir lagi sebelum pindah agama atau memaksa pacar kamu pindah agama.
    Mula-mula, terus terang aja, semua orang yang ngakunya nggak keberatan untuk pindah agama berbohong pada dirinya sendiri – dan mungkin pada orang lain juga. Kenyataan yang kedua, biasanya cowok lebih menurut sama cewek dalam soal pindah-pindahan agama.
    Buat siapa pun yang mau pindah agama, lucunya tuh begini. Agama itu kan soal kepercayaan, dan kepercayaan setiap orang jelas berbeda-beda. Karena itu, agama pun sifatnya pribadi. Kamu nggak bisa dan nggak boleh mamaksakan kepercayaan kamu terhadap orang lain. Yang mengendalikan pikiran setiap orang adalah orangnya sendiri. Mungkin kamu bisa pengaruhi sedikit kadang-kadang, tapi udah jelas-jelas kamu nggak boleh memaksakan kehendak kamu dan mendikte orang supaya pindah agama ke agama kamu.
    Sesuai dengan hal di atas, kamu bisa tarik kesimpulan sendiri mengenai orang yang mau aja pindah agama gara-gara pacarnya. Artinya, kamu bisa menebak sejauh mana kepercayaan dia dengan agamanya sendiri berdasarkan keputusannya. Prof selalu bilang bahwa kalo kamu punya hubungan di mana kamu nggak bisa jadi diri kamu sendiri, artinya kamu pacaran sama Mr. atau Miss Wrong.
    Ini terutama tercermin dari cowok-cowok yang pindah agama gara-gara ceweknya. Apa-apaan tuh? Cuma gara-gara kamu dapet cewek yang menarik bagi kamu (a nice piece of ass) terus kamu tinggal semua kepercayaan kamu? Gara-gara kamu mau liat dia telanjang kamu mendadak percaya sama apa yang dia percaya? Ha ha ha ha…!!! Lucu sekali!!! Amit-amit juga deh. Itu namanya KAMU COWOK PUSSY!!!
    Jadi apa yang harus kamu—cowok dan cewek—lakukan kalo punya pacar yang beda agamanya? Prof bilang, seharusnya perbedaan agama nggak menjadi soal kalo memang kamu suka dan sayang terhadap satu sama lain. Kalo memang agama kamu itu penting sekali bagi kamu dan kamu nggak mau punya partner yang beda agama, jangan cari yang beda agama. Cari aja yang seagama.
    Terus terang, Prof sendiri nggak bersedia pacaran sama orang yang taat beragama, karena Prof adalah seorang atheist. Karena itu, Prof cuma mau sama cewek yang juga atheist atau yang agamanya cuma di KTP aja. Gimana kalo ada cewek cakep dan sexy yang beragama yang mau nge-date sama Prof? Terus terang lagi, Prof selalu masukin mereka ke kategori “bang her and leave her” (abis manis sepah dibuang), tapi itu mah cerita lain lagi. Yang Prof maksud di sini, Prof punya aturan untuk diri Prof sendiri. Jadi Prof nggak bingung sendiri, nggak bikin orang bingung, dan nggak maksa orang. Kalo misalnya cewek itu masih mau sama Prof, ya Prof suruh pilih aja salah satu—nggak setengah-setengah.
    Kalo prioritas kamu itu jelas, kamu nggak bakalan bingung. Kenapa bisa begitu? Karena kalo kamu bisa bilang apa yang no. 1, no. 2, no. 3, dan seterusnya; kamu bisa mengambil keputusan tanpa jungkir balik dulu. Apa Prof pernah menyesal atau menyayangkan hasil keputusan Prof sendiri? Tentu aja, apalagi kalo Prof singkirin cewek yang cakep dan sexy…ha ha ha ha! Tapi Prof selalu pegang peraturan Prof untuk diri Prof sendiri, karena Prof rasa itu yang terbaik untuk Prof. Gimana caranya Prof tau itu yang terbaik? Karena Prof yang bikin sendiri, dan BUKAN ORANG LAIN!!!
    Kepada orang-orang yang membunuh orang lain gara-gara agama, Prof selalu pengen tanya, “Apakah Tuhan suruh kamu bunuh orang yang lain agamanya?” Dalam hal ini sama juga. Prof bisa tanya kamu, “Apa Tuhan kamu suruh kamu untuk memaksa pacar kamu pindah agama?” Kalo jawaban untuk kedua pertanyaan ini “iya,” apa pantas Tuhan semacam itu dipuja, disembah, dan dipercaya? Itu mah namanya Tuhan yang mendukung diskriminasi!!!

  110. ika berkata:

    bener saya setuju nih…udah jelas dalam kitab Alquran kenapa masih dibantah oleh sebagian umat Islam…

  111. meri berkata:

    saya juga mengenal orang yang beda agama juga, sempat juga terpikir untukku menjalin hubungan ma dia, tapi kata hati slalu menolak dengan dia, padahal aku sangat sayang ma dia, dia punya kelebihan dari cowok yang selama ini yang pernah ku kenal, pokoknya ada ma dia, tapi sayang agama lah membuat aku ragu ma dia, apa lagi umurku tidak muda lagi, pengen mencari pasangan untuk di lanjutkan pernikahan, tapi apa daya untuk ku, dari pada aku kecewa di kemudian hari, biarlah aku menjauh darinya. tapi selama nya tetap kukenang sampai kapan pun, karena baru kali ini mnegenal orang beda agama. sampai saat aku belum bisa melupaknya. dia bilang ma aku dia memang menyukai cewek muslim, sungguh berani dia rasanya mendekati aku, karena memakai jilbab lagi.

  112. Me berkata:

    Masalah yang sulit untuk dipecahkan, hukum Tuhan adalah mutlak dan saya mengimaninya. Tapi saat itu terjadi padamu dengan mencintai orang yang berbeda, barulah terasa bahwa terlihat kejam menganggap orang yang berbeda keyakinan adalah haram. Pernikahan adalah manajemen konflik seumur hidup, seagama atau tidak pasti banyak masalah. bagaimana jika yang berbeda lebih baik dalam mengelola rumah tangganya dibanding pasangan yang sama tapi tidak menghargai pasangannya, apakah tetap menjadi haram? karena yang ditakutkan adalah iman kita goncang dan terbawa ke dalam agama lain.

  113. Don_karo berkata:

    Saya orang yg beragama katolik dan saya pnya pacar yg muslim.
    Secara Tdk sengaja saya membaca web ini.
    Disini saya baru mengetahui klw sebenar’y Agama adalah Permasalahan hidup manusia di beberapa Negara terutama indonesia.
    Tapi tolong untuk orng” yg hnya berpikiran Fanatik,,,,,,
    tolong lah kalian pahami Agama kalian sendiri Sebelum kalian bisa ngomng HARAM, MUSYRIK DLL.

    apabila kalian sudah bisa melakukan hal itu Silahkan Kalian mengatai saya bahwa saya telah salah berucap.
    Thx Bun N Ciit 4Ever

  114. Rian berkata:

    KOK PADA PUSING MIKIRIN NIKAH AJA…
    PERATURAN ITU BARU DIBUAT TAHUN 1974 TRUS BAGAIMANA DENGAN MEREKA YANG MELAKUKAN NIKAH BEDA AGAMA TAHUN 60-AN ?? ATAU TAHUN TAHUN SEBELUMNYA ??
    APA MEREKA SEMUA MUSYRIK ???
    KALO BEGITU BANYAK BANGET DI INDONESIA INI KETURUNAN ORG2 MUSYRIK TERDAHULU….

    APA MEREKA YANG BUAT PERATURAN ITU YANG MENJAMIN KITA MASUK SURGA???
    BUKAN…BUKAN….MEREKA TAPI IMAN KITA TERHADAP ALLOH SWT

  115. Dirk berkata:

    Tuhan itu maha segalanya kan ya? pasti dia Maha Baik juga dong? apa iya Dia bakalan nyemplungin umat-Nya gitu aja ke neraka gara2 umat-Nya nikah dengan umat beragama lain? padahal umat-Nya jelas2 tetap menyembah-Nya dan tidak ikut berpindah ke agama umat lain tersebut, masa iya Tuhan ga punya rasa toleransi sementara manusia sendiri memiliki rasa toleransi yang jelas2 diajarkan juga dalam agama? GOD is GOOD loh agan2 :)

  116. wesi aji berkata:

    een geldig huwelijk is een wettelijke verplichting op basis van hun religie en wetten van het land voorbij het betekent dat we hebben om hun eigen regels en alle zaken te maken om persoonlijke verantwoordelijkheid is een weergave van de waarheid en legaliteit van de mens, maar de eeuwige waarheid, die deel uitmaakt van god als je een vrome gelovigen weten moet het huwelijk is wat is toegestaan ​​en verboden hebben niet geschreven het woord van zijn god in de Schriften?.

  117. wesi aji berkata:

    TUHAN ITU BAIK DAN SAYANG TETAPI JIKA MANUSIA SUKA MENGUGAT,DAN MEMBANGKANG PERINTAH DAN LARANGANYA KEMANALAGI KALAU BUKAN KE NERAKA.TUHAN TIDAK BISA DINILAI SEPERTI MANUSIA. NERAKA DAN SURGA ADALAH HAKNYA MANUSIA DISIKSA ABADI DI NERAKA ADALAH KEMAUANYA JUA.TIDAK ADA MANUSIA YANG MAMPU MENCEGAHNYA.(ISLAM)

  118. MEME SITIANSYAH berkata:

    DIKASIK RASA CINTA KOK HARAM…KL G PNY CINTA KASIH DAN SLING MENGHAKIMI ITU YG HARAM..PLISS DE… MANK PERNAH DENGAR DR TUHAN KL KAWIN BEDA KEYAKINAN TU HARAM..??G KAN??? JGN BLANG HARAM KASIAN MEREKA YG SUDAH MENJALANI NYA… PLISSSSS JGN BLANG HARAM… LBH HARAM KL MEMBUAT CERITA TTG PERNIKAHAN BEDA AGAMA ITU HARAM HUKUM NYA…JUTAAN KLI LIPAT HARAM NYA…

  119. NURAINI berkata:

    INGAT TUHAN ITU CM SATU…BIAR KM ISLAM KEK,KATOLIK KEK,BUDHA KEK,HITAM KEK,PUTIH KEK,NORMAK KEK,CACAT KEK,MAU KAYA KEK,MISKIN KEK//TUHAN TU CM SATU… PERCAYA G LOE?? CM CRA KITA YG BEDA DAN NABI NYA YG LAIN..IYA TOH……… UDAH DE JGN BT PERBEDAAN YG BERLEBIHAN…JDKAN PERBEDAAN TU INDAHHHHHHHHHHH

  120. HALIM berkata:

    “Apa Tuhan kamu suruh kamu untuk memaksa pacar kamu pindah agama?” Kalo jawaban untuk kedua pertanyaan ini “iya,” apa pantas Tuhan semacam itu dipuja, disembah, dan dipercaya? Itu mah namanya Tuhan yang mendukung diskriminasi!!!

  121. ina ratulina berkata:

    semua pendapat itu hak semua orang boleh berpendapat apapun,ntah sampai kapan bakal selesai,semua agama di dunia ini mengajarkan kebaikan dunia dan aherat individu pemeluknya,so apa salahnya kalau itu untuk menuju kebaikan satu sama lain yang saling menyayangi.

  122. mynameisten berkata:

    mau nanya, apakah anak yang lahir dari beda agama itu haram.??

    ditunggu balasannx.. ^^

    10

  123. komting berkata:

    pertanyaannya sama dengan @mynameisten.
    haram ga klo anaknya lahir.??

    10

  124. rizal berkata:

    lebih baik beda agama tapi tapi tetep setia daripada agama sama tapi cerai melulu / agama sama tapi istrinya dimana2 gak ada dalam kamusku menikah hingga 2-5 kali

  125. ijoel berkata:

    seribu larangan ALLAH SWT seratus ribu cara manusia untuk mencari toleransinya…. sekarang ini banyak orang yang “memaksa aturan agama untuk mengikuti perkembangan jaman” untuk saudariku rahmadani putri….. tolong kasih saya sebuah hadis yang sahih kalo memang benar rasullah saw pernah menikah dengan wanita lain agama.. jangan kasih referensi buku… karena buku itu buatan manusia.. semua piliham masing2 brader,,, mo nikah beda agama ato nikah satu agama… tapi yang jelas kita pasti ingin kumpul lagi satu keluarga di syurga allah swt, kalo salah satu pasangan kita beda agama apa mungkin itu terjadi?????….. islam agama dengan berbagai macam aturan dan larangan tapi bukan untuk membuat bingung umatnya melainkan untuk memuliakan umatnya… siapa yang mengikuti aturan dan menjauhi larangan agama insya allah mulia kedudukan nya.. tapi siapa yang hanya mengikuti hawa nafsunya saja dan terus menerus mencari celah untuk memenuhi hawa nafsunya tersebut.. maka tidak ada kebaikan bagi dirinya,,,, semoga kita semua menjadi hamba allah swt yang mendapat keteguhan iman…

  126. Udin berkata:

    Dalam ISLAM yang menjadi panduan pokok adalah Al Qur’an, jika tidak terdapat didalam Al Qur’an duanduan pokoknya adalah Hadist2 Nabi Muhammad SAW. jika tidak juga ditemui didalam hadist barulah menggunakan aqal fikiran yang sesuai dengan Ajaran Al Qur’an. jadi bukan menurut kita dan bukan semau kita.

  127. RAFLI berkata:

    Kalau Menurut aku yg gak begitu paham tentang Agama….
    Aku mau tanya pada semua orang yg ngerti tentang agama apapun agamanya…
    Menurut Pelajaran yg aku dapat katanya Tuhan Allah SWT menurun kan para Nabi dan Rosulnya di muka bumi ini untuk membuat manusia lebih baik dan mengenal Tuhan… dan di antara Nabi dan Rosul itu masing-masing di beri wahyu bahkan kata gurus SD saya bahwa Allah SWT juga menurunkan Kitab Suci ( ZABUR, TAUROT,INJIL DAN AL-QURA’AN) yg di jadika sebagai pedoman merka untuk mengenal tuhan, mengenal surga dan neraka dan seterus.. Dan dalam ajaran mereka yg mereka pahami dalam kitab2 tersbut Allah SWT semua menjanjikan kebaikan, dan keburukan ( Syurga dan neraka)…..

    LALU KITAB MANA YG HARUS DI IKUTI…..???? NABI DAN ROSUL YANG MANA YG HARUS DI IKUTI….???… LALU BAGAIMNA DENGAN SURGA ATAU NERAKA YG DI JANJIKAN OLEH SANG NABI DAN ROSUL TERDAHULU….MASIHKAH MEREKA MENDAPATKAN SURGA ATAU NERAKA BAGI MEREKA PENGANUT AJARAN TUHAN TERDAHULU……?????

  128. CML berkata:

    Aq katolik dan pacarku muslim, beberapa kali kami bertengkar kecil karena perbedaan ini.. walaupun sebenarnya kami saling mencintai satu sama lain dan menghargai agama masing2..
    Setiap kami ‘argue’ mengenai hal ini, ia selalu mengingatkan bahwa “KITA TIDAK DAPAT MEMILIH AGAMA YANG KITA INGINKAN PADA SAAT KITA LAHIR’.. Jelas agama dalam diri qt dari awal terbentuk karena pengaruh orangtua, lingkungan sekitar, dll.
    Allah tidak pernah menyebutkan agama Islam, Kristen, Katolik, HIndu, Budha, dll.. So..buat aq pribadi dan pacar aq.. Lebih baik qt hidup dapat menyenangkan hati Allah melalui perbuatan qt daripada pusing hanya memikirkan perbedaan ajaran agama qt.. Cinta yang ada dalam hubungan kami berdua, selalu kami syukuri karena rasa cinta itu datang dari Allah, Tuhan kami berdua, dan Tuhan seluruh umat manusia..

  129. Cinta Damai berkata:

    Hidup Perbedaan :)

  130. garan berkata:

    Betul kata2 teman2 q yg muslim, jangan cinta di jadikan pembenaran atas agama.. krn cinta itu mmg indah, sehingga membuat siapapun terbuai… sehingga mencari celah d agama atas pembenaranx itu… bagi kita yg sdg di landa kasmaran cinta, memang sngt sulit utk melihat hal lain di luar cinta itu sendiri… sehingga selalu merasa betul saja….

    Ingat cinta manusia itu hanya nafsu, cinta sejati dan cinta yg utama adalah cinta kepada Allah.. lalu untuk melengkapkan kecintaan kita kpdnya.. kita mencari belahan jiwa kita yg seiman utk bersama-sama menggapai cintanya…

    Jadi intix cinta menggebu-gebu yg kalian rasakan adalah nafsu… bkn cinta yg sbnrnya… sehingga utk melengkapi cinta kpdx tentulah hrs yg seiman.. krn pernikahan adlh menyatukan 2 hati utk menjadi 1 hati yg mencintai tuhanx masing2…
    Sy rasa agama lain pun pasti sama yg plg d utamakan dlm hidupx adlh cinta kpd tuhanx… barulah kpd sesamax…

    kalau berbeda berarti setengah-tengah dong cinta kpd tuhanx masing2.. krn pelengkap cinta Allah itu adlh bersatux lelaki dan perempuan dlm satu hati untuk mencintainya…

    Jadi bagi yg setuju nikah beda agama, silahkan anda resapi kata2 saya d atas… Apapun agama anda apakah mungkin terwujud cinta kpd tuhan anda masing2 kalau dlm 1 atap berbeda keyakinan… yg ada hanya setengah-tengah (itu pun kalau dia taat beragama kpd agamax), bg km yg muslim sdh sangat jelas kata2 dlm al-qur’an itu.. sedangkan agama lain saya yakin pst sependapat tdk akan mngkn terwujud cinta kpd tuhanx kalau setengah dirix berbeda keyakinan..

    Trims… Ini pendapat q aja ya, diterima Alhamdulillah ditolak ya jngn dihina-hina..
    krn sy liat bnyk yg berpendapat dr awal sampai akhir ngomongx asal saja tdk berfikir… hehe.. peacee……….

  131. walid berkata:

    Uda jelas diterangkan didalam alqur’an bahwa menikah beda agama hukumny haram yang jd pertanyaan bagi saya buat pemerintah knapa masih ada yang melaksanakan pernikahan yang beda agama kenapa dan apa alasannya ?

  132. Nenk berkata:

    cuma ikut sharing aja, aku punya teman yg keluarganya beda agama, ayahnya sorang muslim dan ibunya sorang non muslim, temanku dia ikut agama ayahnya juga dgn kakaknya yg cowok juga ikut agama ayahnya, tapi kakak yg perempuan ikut agama ibunya yaitu katholik. permasalahan timbul setelah temanku dan saudranya menginjak dewasa, dimana kakak perempuannya yg non muslim menikah ayahnya jelas2 tdk bisa menjadi wali bagi anaknya. tapi masalah yg pelik ketika ayahnya mulai menyadari bhwa kematian bagi dia akan semakin dekat, dan ayahnya tkt jika dia akhrit kelak dia hrs mempertanggung jawabkan rumah tangganya di depan Allah SWT. ayah temanku sangat khawtir dan takut dgn murkan Allah kelak… akhrnya dia berusaha untuk mengislamkan istri dan anak perempunya… walau pe skrg msh sangat sulit… dari cerita kecil ini bisa dilihat pernikahan beda agama sangat tdk mudah>.. Buatku lebih baik kita menikah dengan yg seagama… biar tdk menyesal di kemudian hari.

  133. ahmad mas ayine berkata:

    miqummm,,,
    sedih bc coment temen2,,,
    islam punya aturan,,,
    kristen punya aturan,,,
    hindu punya aturan,,,
    budha punya aturan,,,
    n agama yg lain jg pnya aturan,,,
    sekarang temen2 ada di posisi yg mana ????
    kalau kristen membolehkan tp islam gk mmbolehkan, hohoho…. mbokyo jangan berfikir untuk menseragamkannya !!! dlm al-qur’an kitab suci gwe menegaskan “lakum dinukum waliya din” wt loe pada agama loe, wat gwe agama gwe… sooooo…. taat itu selamat…..!!!!

  134. yuni berkata:

    temen2… bukan kalian ajh yg ngrasain pcaran beda agama, tapi q juga, q cuma bingung .. kalo nikah beda agama apakah ibadah qta masing2 diterima oleh allah? apakah sholatku diterima oleh allah? tlong jawabannya ya….

  135. khadut berkata:

    knp hnya manusia yang di berikan rasa cinta oleh allah, krn manusia bsa berfikir.

    ya allah,,, hamba sunguh bingung mengapa engkau tanam kan rasa cinta hamba ke pada gadis yg beda agama, hamba sungguh menyayangi x n dia jg, apkah yg harus hamba lakukan, karna semua itu di luar kehendak hamba, apa kah itu takdir yg tidak bisa hamba pungkiri, karna di dalam ajaran mu di HARAM kn menikhi gadis yg beda agama, hamba sungguh bingung ya allah, tunjukan lah jalan ke pada hamba, apabila dia bukan jodoh hamba, hapus kan lah semua rasa cinta hamba yg slma ini tumbuh di dlm hati x. setiap ibadah tak da lg selain do’a ini yg ku panjat kan kepada mu.

  136. mumba berkata:

    kawin beda agama? pusing juga sih after that-nya. tapi harusnya sih perkawinan itu dibagi dua. artinya (1) perkawinan berdasarkan agama dan (2) perkawinan berdasarkan negara. so kalau (1) gak bisa dijalankan, seharusnya negara yang berdasarkan Pancasila bisa melakukan terobosan, yaitu dengan memberikan tempat berupa sah secara negara. namun masalahnya ternyata kawin secara negara baru sah jika ada kawin secara agama dahulu. Negara ini memang ribet, kadang bikin peraturan suka-sukanya.

  137. rah Man berkata:

    Tuhan lah yang menetukan siapa yang benar dan yang salah, umat hanya menjalankan bukan untuk menilai atau menambahkan Hukum dan ketentuan yang diberikan dari Tuhan, (Cukup Hanya Menjalankan Perintahnya) Perbedaan bukanlah untuk pemicu pertikaian.

  138. dhiz berkata:

    pandang lah pernikhan dgan sesuatu yg sakral., bukn sesuatu yg dipksa.perkwinan beda agama adlah sesuatu yg tdk bisa di satukan. orng bragama pasti bijak mematuhi aturan agamax.,.

  139. leelee berkata:

    aku suka sama laki-laki beragama katholik .. udah bertahun-tahun menjalin hubungan tapi ga tau mau dibawa kemana hubungan ini.
    aku pengen lepas .. tapi aku cinta .. banyak laki-laki yang datang tapi aku selalu berpihak lagi sama dia ..
    andai saja tidak ada perbedaan diantara kami..
    apa yang harus saya lakukan?

  140. ReNa berkata:

    padahal kami saling mencintai dan sudah menyatu banget .. apa kami tidak bisa menikah ?
    apa salahnya ?
    inikan niatnya baik mencintai orang lain dan ingin membahagiakannya apa salah ?
    apa salahnya di jalani dan saling menghormati agama satu sama lain kan ?

  141. Veronica berkata:

    Ketika kt tDk mngaLami, mgkn kt akan dGn mudAhnyA slalu menganggap pndapat oRg lain iTu sLh & merasa haNya kita yg paling beNar.. Di sini, saya cm pGn bLg : Tuhan aDa bRp sich? Cm 1 kAn? Saya yaKin arah & tujuan stiap agAma paSti sama.. Mnuju Tuhan yg sama.. Dan ktika kt saMpai kpada tujuan iTu, saya yaKin Tuhan ga akan tNy, agama-mu aPa.. Tp smua amal ibaDah kt yg akan dprtanggungjawabkan.. Smua oRg yg mSh saja siBuk membeda2kan agama yg 1 dGn yg lain, ber-iman-kah? Mmm,mnurut saya, hanya mncRminKan priBadi yg tDk bs toleran trhdp agAma lain.. Prnikahan beda agama, selama tDk merugikan 1 sama lain, kNp tDk? Memaksa oRg lain u/masuk agAma kt hNy u/kpntingan prnikahan, SAH-kah? Tdk berdosa-kah? Apa bNr iTu jLn yg diaJarkAn agama-mu u/masuk suRga? Hmmm..Renungkanlah..Ketika kita inGin dhoRmati,maka kt jg hRs mngHormAti oRg lain kAn.. Hormatilah jg oRg2 yg mmuTuskAn u/mnikah beda agama.. ITu pilihan hiDup merEka..Ktika prnikahan iTu bs trlaksana, ĭ’m sure, ada camPur tGn Tuhan di situ.. Krn renCana Tuhan tAk prnh dktAhui manUsia.. Ktika Tuhan tDk mngHendAki, prnikahan iTu tDk akan trlaksana, mskipun pasangan kt seiman sxpun..

  142. rian berkata:

    jika anda dari muslim,atau org yang beriman kepada Allah azzawajallah dan muhammad rasulullah berpedomanlah kepada alkur’an yang diturunkan sbgai petunjuk hidup selama di dunia agar manusia tdk trsesat dlm mengambil jalan dan keputusan.mengenai hukum pernikahan beda agama,saya menganjurkan anda berpedoman pada surah al-baqarah ayat 221.

  143. penjelasan nya baguz bget…………
    :3

  144. Zazi Milanisti berkata:

    penjelasan bagus,terima kasih untuk penjelasan ini saya jadi mengerti,….

  145. jay berkata:

    pernikahan beda agama sudah jelas d dalam alquran hukum nya zina..,.,
    titik.,.,.,.bagi yg sudah melaksanakan nikah bda keyakinan tersebut.,.,
    saya tanya..,anda islam apa bukan.,.,twu hukum apa tidak.,.,???
    pernah baca alquran apa tidak .,.,klo blum pernah baca alquran.,jangan bilang anda islam.,.,d KTP z islam ny,.,.,silakan murtad,.,

  146. muhamad berkata:

    jangan jadikan blog ini sebagai ajang pembenaran,carilah pembenaran itu di forum agama masing2,..dalam negara ni semua agama ada yang menaungi,bagi yang akan berkomentar” di sini bukan tempat untuk menghardik agama orang laen khsusnya yang berbeda dengan anda dan membenarkan agama anda sendiri dan ingat semua agama mengajarkan kebaikan”,bagi anda yang nasrani carilah solusi pembenaran atas maslah anda pada koridor anda sendiri,bagi yang muslim semua aturan MUI sesuai dengan syariat islam,..dan begitu juga dengan agama yang laen…tolong jangan sampai dengan adanya masalah ini menjadikan perpecahan antar golongan (ras),
    Kita kembali ke PANCASILA dimana negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa…(bagi anda yang pernah belajar kurikulum pancasila pda sebuah akademik,saya yakin anda tau kenapa sila pertama dari Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa,”bukan berdasarkan syariat islam atau kristen dll)karena negara ini mengakui adanya perbedaan agama…
    bagi anda yang nasrani kembalilah pada ajaran dan aturan agama anda,dan begitu juga bagi penganut agama yang laen,..dan saya sendiri akan mecoba selalu menjadi muslim yang baik dengan mengikuti syariat islam .dan hidup berdampingan dengan anda yang berbeda agama saya..
    terima kasih

  147. gugum berkata:

    yang pntng mah…kta akan kekal d’akherat…jdi pllih jln allah ja…..jngan neko”…………biar gda penyesalan d’akherat nanti………..ok

  148. en0 berkata:

    aku baru di putusin cewek aku karna alasan beda agam,..
    sakiiittt bangeettt..

    gimana ya caranya supaya dia bisa ikut aku ke jalan Alloh…???

  149. padang berkata:

    Cinta itu tidak ada yang salah kalo memang bertujuan untuk memuliakan sesama. Dan perlu diingat manusia tidak ada hak menghakimi orang lain itu berdosa apa tidak..jalanin hidup sendiri2 dengan tujuan masing2. Tak usahlah meng-underestimate yang lain. Salam Indonesia

  150. endang berkata:

    sepakat dengan muhamad

  151. Rudy berkata:

    Allah menciptkn qta (manusia) berpasang – pasangan.
    Smwa Manusia itu sma, tpi ada satu Yg Membedakan Manusia yaitu, akhlak & prilaku.

  152. hani berkata:

    Aq jg lg bingung nih soalnya sekarang aq lg jalin hub ma org yg beda agama,bangsa dan negara malahan ortu dia mau kami segera menikah.Tp aq masih bingung dan gak tau harus gmn????????
    Di sisi lain emang aq sayang banget ma dia n family dia pon bisa terima aq seadanya,tp kan aq jg gak mau masuk agama dia dan begitu pon sebaliknya.
    Ada jg sich aq jalin hub sesama agama tp justru dia gak mau ma aq dengan alasan beda bangsa dan negara.Padahal kalau di ikutkan dah sma islam tp knp dia gak bisa terima aq??????
    Segala usaha sudah ku lakukan agar aq gak terjebak cinta beda agama tp apa kan daya setiap kali kami ingin berpisah setiap kali itulah kami semakin dekat.
    Adakah ini jodohq……???????
    Tolong bagi sesiapa yg TERBACA keluhan sy ni email sy hanihanot@yahoo.com.my

    Terima kasih :)

  153. momoy berkata:

    Perbedaan agama yang memisahkan gua dengan nya..
    DILEMA!!!

  154. ThE-ReZzz berkata:

    tolong deh jgn saling menghakimi pernikahan perbedaan agama..
    yg penting sebab akibat nya bukan kalian yg menanggung,klo mw kasi saran sih ok,tp bukan tuk memaksakan saran kalian dterima..
    gw jg sdng mnjalani hub dgn beda agama..
    saat ne gw sdng konsultasi dgn pihak dr agama gw,baik buruk ny spti pa..
    so..
    jgn usil lah..
    klo cm mengingatkan sih bole2 ja..

  155. jhon udy berkata:

    bagi kawan2ku semua yang seiman kalau kalian bimbang dalam menentukan sikap… jangan mengambil keputusan sendiri. karena semua sudah ada dalam ajaran agama kita. kembali aja pada ajaran al-qur’an dan hadits. semuanya udah ada. kalau kita gak mau seperti itu ya kembali kepada diri kita sendiri.. berarti kita terhadap islam masih setengah hati…!! jangan sekali-kali mengolah hukum karena hukum dalam agama sudah di tentukan. sebagai hamba kita gak berhak untuk mengubahnya.

  156. ariestha berkata:

    buat loe-loe org muslim yg menghalalkan nikah beda agama mendingan loe pindah agama aja deh, krn yang memboleh kan nikah beda agama itu hanya di dikatolik.
    tapi loe hrs ngerti hukum islam itu tidak bisa dibuat-buat krn hukum islam itu hrs berdasarkan al-qur’an dan al-hadits. org yg menghalalkan berarti dia adalah pengikut musailamah alkadzab yg mencoba mencipatakan al-qur’an di masa rasulluoh

  157. mie berkata:

    aeiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    pusing ahhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  158. Yoga berkata:

    ijin nyimak gan … mantap sharing nya :)
    aye ngalamin hal yang sama juga gan … semoga aye atau dia dapet pencerahan :)

  159. Eko Yuga Sulung berkata:

    Whalah….
    pusing Q juga punya cewek Non islam kami dah pacaran 3 Thn….
    Mo digagali masih sayang banget,tpi dilanjutin juga menurut hukum islam Harom.
    harus gmn ya….
    tapi bukankah Jodoh itu ALLAH juga tah yg menentukan,jdi walaupun dah Qita hindari atau jauhi tpi kl Mang tuhan dah ngasih jodoh ama dia mo gmn lagi coba,bukankah kita sebagai hambanya hanya bisa menjalani kehidupan yg sudah ditakdirkanya…..????
    ALLAHU A’lam….

  160. Bebek berkata:

    Yang jelas, sanksinya kan sudah jelas…
    Kalo ada yang ingin mengikuti, silahkan..
    Kalo tidak juga nggak apa2… :)

  161. Ack Muhammad berkata:

    Di mata Allah Hanya dua jenis manusia Yaitu manusia baik Dan jahat, Mau Kristen Islam Budha hindu semua sama aja sama sama agama yang di turunkan oleh allah, dan jangan mengingkari agama ataupun rasul yang telah diutus Allah

  162. Niki Andro berkata:

    Sebenarnya dari pada berdebat lebih baik kita makin memperdalam ilmu kita tentang hal ini. Karna itulah cara yang paling tepat agar kita bisa mengambil keputusan dan bertindak dengan tepat. 1 Lagi takdir termasuk jodoh, adalah pilihan. yang diciptakan oleh Allah. Allha tidak hanya menetapkan takdir/jodoh untuk kita, Tingal kita memilih akan mengikuti takdir yang mana. Apakah yang diridhoi Allah atau dimurkai Allah..

  163. Sakbar lotim berkata:

    sya fham dngan uraian yg diats bhwa sy jg stuju tnntg pndangan pra ulma yg mmbgi nikah dgn didlm beda agama,dan mksud dri ahli kitab adlh ahli kitab dahulu bukan skrg krn skrg kitab injil n taurat bnyak prbahan ….

  164. via berkata:

    aq bingung harus gmna sedangkan q dah maw melangkah ke jenjang yg serius dan pcarq beda agama…dueh masak sich qt harus pisah,
    bukanya qta di ciptakan emang berbeda” dan qta emang harus saling melengkapi..

  165. wawan berkata:

    di alquran sudah jelas ngapain tanya yg lain, baca dulu baru bicara. biar ngak da opini beda2.

  166. imelda berkata:

    saya adalah seorang wanita muslim yang akan menikahi pria katholik, baik saya maupun sahabat hati saya sepakat untuk saling mempertahankan keyakinan masing2,tentunya dengan tetap menghormati keyakinan dari pasangan kita dan saling mendukung untuk setiap kegiatan keagamaan.
    yang jadi permasalahan saya adalah tentang prosesi pernikahan itu sendiri akan dilaksanakan dengan keyakinan siapa, jika kita menikah dengan cara islam tentunya sahabat hati saya harus mengucapkan syahadat,itu berarti dia sudah mengakui ALLAH serta MUHAMMAD dengan demikian dia sudah tergolong kaumku (islam) hubungan kami pun akan sah dimata islam
    namun jika pernikahan kami dilaksanakan digereja, saya tidak perlu masuk katholik,tentunya pernikahan kami pun sah menurut hukum gereja, kitapu tidak melakukan perzinaan, itu dalam hukum katholik, lalu bagaimana dengan hukum islam? tentunya kita masih melakukan perzinaan meskipun telah terikat dalam pernikahan.
    karena syarat sahnya nikah dalam islam tentunya ada wali nikah,mengucap syahadat,mahar,dll…
    apakah ada cara lain untuk kita bersatu dengan tetap mempertahankan keyakinan masing2?

  167. HAQ berkata:

    TUHAN ITU MAHA BESAR,KALAU DIA MAU DIA BISA MENJADIKAN SATU PLANET INI MENJADI SATU AGAMA…TP BUKAN ITU YG TUHAN MAU. TUHAN JUGA TIDAK PERNAH MENGKOTAK KOTAKKAN…MANUSIA SENDIRI YG BERBUAT SEPERTI ITU KRN MINIM NYA ILMU KETUHANAN.MAU NIKAH 1 AGAMA ATAU BEDA AGAMA SILAHKAN SAJA SELAMA BISA SALING MENGHARGA,MENGHORMATI DAN MENCINTAI SESAMA MAHLUK CIPTAAN NYA.

  168. joni pranata berkata:

    tuhan menciptakan manusia tidak ada perbedaan, mempunyai hak yang sama dihadapan TUHAN. jadi kita kalau nikah dasarnya cinta bukan agama. yang seagama saja tidak ada jaminan bisa rukun dan sehidup semati dan tetap banyak perceraian.apalagi klau ada yg mengatakan pernikahan tidak sesama muslim hukumnya haram, kata2 seperti itu seperti orang tidak sekolah saja. orang muslim saja banyak sekali yang melakukan ZINAH, kok bisa mengatakan pernikahan tidak sesama muslim haram. BERAGAMA TAPI TIDAK MENGERTI MAKNAHNYA, SURGA ITU TEMPAT SEMUA ORANG YANG BERBUAT BAIK. bukan milik agama tertentu.

  169. joni pranata berkata:

    Masalah keyakinan tidak bisa dipaksakan dan letaknya didalam hati, percuma dipaksa mengucapkan syahadad pada waktu izab kabul tapi percayanya ke nabi yang lain. manusia itu harus sadar adanya bermacam agama itu supaya menusia berbuat baik bukan untuk menambah permusuhan. kalau sampai semua agama MASING2 mengajarkan permusuhan (membeda bedakan sesama ciptaan tuhan) lebih baik saya tidak ber agama tapi saya percaya adanya TUHAN sang PENCIPTA.

  170. thieniee berkata:

    saat ne sya mnjalin hbungan dgn se org hindu,, n sya wnita muslim.. bner yg di bilang joni pranata di atas,, bnyak jga org mslim yg brbuat zinah tp mreka se akan tnang2 ajj,,
    wlw pun xrng sya brhbungan dgn se org hindu tp dy sllu toleransi sma agma sya bahkan dy sering jga mngingatkan shlat.. sdang kan dlu ktka sya mnjalin hbngan dgn ssma muslim jstru dy lebih mngabaikan kwajiban se org muslim….

  171. limston berkata:

    Bagi siapa yang dapat mengukur dosa bisa dengan timbangan atau alat ukur lainnya,saya akan bersujud pada orang itu….jadi jika kalian smua yg ada disini tidak bisa….jangan banyak comment

  172. VanTer berkata:

    saya punya pacar Orang Bali bro, dia agama Hindu, Sedangkan Aku Agama Islam, setelah aku pahami dan yakini memang bener jga aku harus bisa lupakan dia perlahan-lahan, terkecuali aku harus merubah dia menjadi Agama Islam, tpi dg catatan dia meyakini dulu agama Islam. memang aku jg terkadang pusing Cinta atau Keyakinan. tpi gua harus sadar ama agama gua. . Putuskan Apa yg menjadi keyakinan Agama gua. Islam bukan kejam tetapi Ini sudah ketetapan dari Allah. allah bukan makhluk hidup atau apa yg kita kaitkaitkan dg panca indra, yg jelas dia terdahulu, Alloh ada sebelum adanya kehidupan dia Maha segala-galanya, bukti adanya allah dia menciptakan langit bumi beserta isinya, akan sulit jdnya para astronom berfikir ada planet dan seluruh jagat raya ini, lalu siapa penciptanya yang jelas bukan manusia, ya jawabannya menurut Islam Alloh Swt dan para ahli astronompun tidak akan mampu menundukan kebesaran alloh, malah banyak kejadian para astronom memeluk agama yg diridhoi alloh yaitu Islam. dan allah bukanlah manusia apa yg kita pikir oleh akal. tetapi adanya alloh harus diyakini. kekuatan manusia tidak akan mampu menandingi sang Maha yaitu Alloh. mari kita menggali ilmu agama Islam supaya kita tau dan betulbetul yakin akan agama yang diridhoi Alloh yaitu agama Islam. wasalamualaikum

  173. dhewii berkata:

    askum,, sekarang masalah ithu akhirnya yang qhu hadepi saat nii,, jujur saja suit buat akku lepas dari dya. dah berkali2 akku blang ke dya tentang masalah ini,, tpi dya kayak gg nggeh,, binguung gmna mw jelasinny!! tpi sekarang kku belajar buat jauhin dia, smua nii buat keluarga akku.

  174. dhede berkata:

    maaf ikut nimbrung bro, scara kbetulan aq prnah pnya pcar bda agama, klw bleh saran tuk rekan2 yg menjalin hubungan beda agama, klw bsa g usah diterusin krna akan sangat sulit tuk mnjalaninya,harus banyak sabar, toleransi yang super sangat tinggi, dan kalian juga akan di tuntut untuk ikut kedalam kegiatan agama dari pasangan kalian apalagi kalian yg pnya pasangan agama islam, di bulan ramadhan klian g akan tega n pasangan kalian jg akan sedih jkan di suruh makan sahur sendiri, blom lagi nanti tentang masa depan kluarga besar n anak2 kalian kalian natinya, klw sekarang lg pacaran rasanya emang sangat indah
    aturan dan hukum yang berlaku di sebuah negara jgn pernah di jdikan patokan, krna itu hanya buatan dan hasil pikir dari manusia, yg pastinya setiap agama tidak akan mengHALALkan hubungan yg berlainan agama, g usah cemas dengan tidak adanya pasangan hidup karna dibalik ini semua tuhan pasti telah menciptakan yg baik n cocok untuk kita semua

  175. Sheentya berkata:

    Untung nemuin penjelasan dari blog ini… Lagi dilema nih…
    Sayang banget ga boleh nikah beda agama… beda negara pun ribet… :(

  176. Yo berkata:

    Bagi gw, yg berhak menyatakan dosa nggak dosa itu TUHAN, bukan manusia. Gw pengen tanya ya, ada yg udah pernah ke akherat blom? kalo blom jangan sok tau deh. Haram nggak haram itu siapa yg buat? heran ya, pada komen kok kayak yg sok yg mendalami ilmu agama. Nggak perlu diributin lah yg beginian, mau agama apapun semua pasti punya niat baik ya, jadi jangan sok merasa agamanya yg paling suci deh, trus saling menyudutkan. Pada nggak malu ya?

  177. adi setiawan berkata:

    bukan kh jodoh itu di tgn tuhan,berarti klo kawin dgn beda agama apakah itu adalah ketentuan Allah SWT ???
    mohon bantuan nya ?

  178. Sebaiknya bagi yg ingin menikah beda agama, lebih baik urungkan niat kalian. Sy sdh merasakan akibatnya, punya anak 2 siksaan bathin yg sy rasakan. 1 atau 2 tahun kita msh bisa saling mengerti, tahun ke-3 mulailah perbedaan yg menyiksa diri kita. Karena kita perlu pemimpin/imam dalam rumah tangga kita. Seagama, itu hal yg sangat indah kita jalani, sholat ada yg mengimami, berzakat ada suami, sholat Hari Raya bisa sama-sama, indahnya kebersamaan itu yg ingin kuraih sampai detik ini. Sampai saat ini sy selalu menangis, dosa apa yg telah sy jalani selama ini. Ya Allah aku ingin keluar dari semua ini, bantu aku untuk mengakhiri semuanya. Karena apa yg ingin kulakukan saat ini selalu perasaan dosa yg menghantui dalam hidupku….padahal Aku ingin mendekatkan diri KepadaMu Ya….Allah.

  179. fransiska (boo-cemol) berkata:

    saya juga sama… uda ketemu ma yang pas banget di hati, masalahnya kita beda keyakinan… apapun it… setau saya CINTA bukan suatu hal yang dilarang… entah muslim katholik kristen hindu budha atau yang lainnya… kita tidak pernah dilarang untuk saling mencintai… jika pada akhirnya perbedaan keyakinan yang menjadi masalah diantara kita… saya hanya bisa berkata… “tolong… cintai aku dan perbedaan kita” …. segala sesuatu indah di mata-Nya…

  180. Buat pusing ajah, stelah baca bacaan diatas, smua itu musrik,.,
    buat apa coba TUHAN menciptakan berbagai agama kalau kitanya aja suka membeda22kan dan gg saling menghormati,.
    ,.dan melarang menikah atau berjodoh dengan lain agama,.
    ,.musyrik tauu gak sich,.
    ,.bacaan diataz sudah menghina agama lain dan tidak menghargaiinya

  181. adam berkata:

    asalamualaikum

    buat tmen2 muslim smua sya cma mau mngingat kan untuk ksus ni tmen2 smua lbih baik mngacu kepdaa al-qur’an surat al-baqoroh 221 kya yg dah d sbutin sma tmen2 yg lain, dan prlu dinget jgn mnafsirkan ayat al-qur’an smbrngan klo msih g yakin tnya sma yg jaul lbih ngrti ustad, qiyai.
    kita hidup d dunia ni kan untuk mncari rido Allah swr, dengal al-qur’an sbgai ptunjul aturan hidup untuk mncpai kbhagiaan dunia dan akhirat. nah bgaimna Allah swt akan mrdoi mahluknya klo mahluknya g mnjlani aturan yg sdaj trtlis d dlam Al-qur’an, jgn prnah mnghalalkan yg haram dan jgn prnah mnghram kan yg halal.
    aku jg nglmin hal yg sma tp skrang aku dah ptus awalnya mmang sngat slit skit hti psti, aku cba lbih mndkatkan dr kpda Allah swt, baca Al-qur’an, dan smua smkin mmbaik, smua mslah hdup kta itu ada pnyelesaiyannya di Al-qur’an dan Al-hadis.
    smpai skrang pun aku msi syang sma dia mski tmpa hub, aku slalu brdo’a buat dia trutma smoga Allah swt mmbrikan taufik dan hidayah buat dia untuk mmluk agma islam stu2nya agma yg dridoi Allah swt.
    cnta emang buta tp prlu dinget jgn smpai cmta itu mmbtakan iman kita kecntaan kta kpada Allah swt, buat tmen2 yg trlnjur msuk kdlam mslah sprti ini yg sbar cba brpkit lg baik2 nyak2 bedo’a smua psti da jlan kluarnya insyaallah.
    smoga brmnfaat dan maap klo da kta2 aku yg buat tmen2 skit hati itu bkan mksd sya.
    asalamualaikum.

  182. lara berkata:

    lakum di nukum wa liy ya diin

    bagimu agamamu bagiku agama ku

    jadi jangan permasalahkan agama
    tp
    maslah kankeimanan mu terhadap ajaran agamamu. .

  183. lara berkata:

    dalam islam tak ada istilah pacaran dalam pernikahan
    tp
    nikmatnya pacaran setelah pernikahan
    “salim A fillah”

  184. Amru berkata:

    Katakan tidaaak untuk nikah beda agama !!!
    “lakum diinukum waliyadiin”

  185. makin lama makin galau bro,
    ya apa ya????

  186. ini sangatlah bagus, karena saya dpt mengerty hukum nikah beda agama itu bagaimana, walaupun di indonesia masih menjadi perdebatan oleh para ulama, dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, negara menjamin kebebasan warganya untuk memilih pasangan untuk membentuk suatu keluarga,namun menurut MUI dalam musyawarah nasional II pd thun 1980, memutuskan bahwa menikah beda agama itu haram hukum nya,di terangkan pada Surat Al Baqarah(2):221,“Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”
    ini semakin memperjelas bahwa menikah beda agama itu hukum nya haram, dan sampai saat ini hukum sah tau tidaknya menikah beda agama masih menjadi perdebatan oleh para ulama.

  187. Gus Abdariansyah berkata:

    menurut hukum Islam yang jelas kita di larang menikah berbeda agama…..

  188. Gus Abdariansyah berkata:

    Meraih Kesejahteraan Finansial dengan Pendekatan Spiritual

    Kekayaan masih menjadi pesona bagi sebagian besar manusia. Sebab kekayaan membawa kepada pintu segala kesenangan dan kebahagiaan. Kekayaan juga berarti kesempatan untuk menjadikan standar hidup menjadi lebih baik. Belum lagi kenyataan yang ”dikondisikan” oleh manusia itu sendiri, bahwa kekayaan terkait dengan masalah posisi, status sosial dan kehormatan.

    Wajar kemudian bila kekayaan begitu banyak menggoda manusia. Dan ditemukan kemudian, tidak sedikit manusia yang mengorbankan sisi kemanusiaannya dan mengabaikan keberadaan Tuhannya dalam kerangka pencarian dunia. Itu sebabnya, kekayaan juga bisa dalam sekejap berubah menjadi neraka dunia !

    Bagaimana cara menghindari hal tersebut? Menurut Pimpinan Wisata Hati, Yusuf Mansur, menjadi kaya adalah sebuah keinginan yang wajar-wajar saja, sebagaimana keinginan untuk menjadi orang yang sukses baik secara pendidikan, jabatan dan lain sebagainya. ”Toh biar bagaimanapun, tidak ada larangan menjadi kaya — harus malah — asal bisa tetap bersyukur lagi saleh,” tegas Yusuf Mansur saat memberikan ceramah tentang Financial Healing: Jawaban Bagi 1001 Masalah dan Keinginan yang diadakan oleh PT Telkom Bandung, di Bandung, Selasa (31/5).

    Acara yang dihadiri oleh ratusan Pegawai Telkom Bandung itu merupakan kerja bareng Telkom Bandung, DAR! Mizan, dan Wisata Hati. ”Dan untuk mengiringi langkah pencarian kekayaan itulah manusia perlu diingatkan, dan diberikan pengarahan yang jelas. Tujuannya, bagaimana bisa menjadi kaya tanpa harus memiskinkan hati. Apalagi bila memiskinkan orang lain,” tegas Yusuf Mansur.

    Sebelumnya, saat berceramah di Masjid Raya Batam Centre, Batam, Senin (30/5), Yusuf Mansur mengupas tema ”Fenomena Keajaiban Sedekah (Membangun Usaha dengan Spiritual). Acara tersebut diadakan oleh Majelis Taklim Humairah Kota Batam, yang dipimpi oleh Ny Rekaveny Soerya, dan dihadiri oleh ribuan jamaah yang datang dari Batam dan sekitarnya.

    Penulis seri buku Wisata Hati itu mengaku yakin benar bahwa bersedekah adalah kunci utama untuk menjadi kaya dan sukses. ”Banyak kejadian yang membuktikan itu. Dengan sedekah utang menjadi lunas, miskin menjadi kaya, susah menjadi senang, masalah mendapat solusi,” ujarnya penuh semangat.

    Dari perjalanannya ke berbagai daerah, ustad muda kelahiran Jakarta tahun 1976 itu banyak menemukan fenomena keajaiban sedekah. Karena itu, kata dia, setiap insan perlu mempelajari ilmu sedekah. ”Meskipun terdengar sederhana, sedekah mampu membangun usaha dengan jiwa spiritual. Walaupun terdengar tak lazim tapi sedekah mampu membersihkan harta yang kita miliki dan mampu menggolkan proyek yang kita incar, Insya Allah,” tuturnya.

    Dia lalu mencontohkan tentang seorang pengusaha sedang mengincar sebuah proyek. Biasanya dalam dunia bisnis, orang suka main sikut sana-sikut sini, menyogok, atau memakai uang pelicin. ”Sekarang gantilah sogokan Anda dengan membiayai seribu anak yatim piatu dan anak jalanan. Kalau kita boleh bergurau sama Allah, istilahnya kita menyogok-Nya. Insya Allah proyek itu gol. Karena Allah yang memiliki dunia dan seisinya, maka berharaplah dari-Nya, jangan dari manusia,” ujarnya.

    Sekarang, kata dia, bayangkanlah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berhasil dalam suatu hal, maka langsung saja 2,5 persen disedekahkan di muka. ”Misalnya anda akan memperoleh seratus juta, maka sebelum memperoleh keuntungan itu, gelontorkanlah uang dari kocek anda sejumlah dua setengah juta rupiah untuk sedekah. Tidak besar, kan? Inilah contoh implementasi membangun usaha dengan spiritual,” paparnya.

    Saat berceramah di rumah Soerya Respationo, salah satu calon wakil gubernur Batam (mendampingi calon gubernur H. Nyat Kadir), Senin (30/5) malam, Yusuf Mansur menuturkan beberapa kisah ajaib bersedekah. Misalnya, kisah seorang lelaki bernama Mubalighun yang ditimpa masalah berat.

    Karena selalu berutang dan dikejar debt collector, istrinya tidak tahan dan minta cerai. Pada suatu malam, dia merasa dunia akan kiamat baginya, karena pada keesokan harinya rumahnya akan disita, istrinya menunggu di Pengadilan Agama, dan anak sulungnya akan dikeluarkan dari sekolah akibat terlalu lama menunggak bayaran. Pokoknya Mubalighun depresi berat dan bahkan berniat bunuh diri malam itu juga. ”Syukurlah dia sadar, dan teringat uang simpanannya sebesar Rp 300 ribu. Malam itu juga ia sedekahkan uang tersebut kepada fakir miskin. Keesokan harinya dia mendapatkan rezeki besar yang tak disangka-sangka, sehingga rumah tetap dimiliki, istri tak jadi menuntut cerai, dan anak sulungnya bisa tetap bersekolah,” tuturnya.

    Ada juga kisah seorang tukang bubur yang mengorbankan uangnya untuk biaya pengobatan orang tuanya. Apa yang terjadi? ”Begitu angka tabungannya di sebuah bank mencapai lima juta rupiah, ia mendapat hadiah sebuah mobil Mercy,” kata Yusuf Mansur.

    Ny. Hasyimah, istri H. Nyat Kadir, membenarkan fenomena keajaiban sedekah. Suatu hari dalam sebuah acara ia ingin menyumbang sejuta rupiah. Entah kenapa rasanya berat sekali mengeluarkan uang itu. Akhirnya ia hanya menyumbang 500 ribu, namun apa yang didapatnya? Sejak itu ada saja uangnya keluar untuk berbagai keperluan. Jumlahnya sampai berlipat. ”Andai saja saya jadi menyumbang sejuta, saya yakin keadaannya tak akan seburuk itu,” tandas Ny Hasyimah.

    Ny Rekavenny Soerya juga berceritabanyak mengenai keajaiban-keajaiban sedekah, terlebih setelah mendengarkan berbagai ceramah. ”Pengalaman hidup kami membuktikan bahwa pendekatan spiritual, khususnya sedekah, merupakan kunci untuk meraih kesejahteraan finansial,” papar Ny Rekavenny.

  189. edoy berkata:

    Cinta kepada manusia hanyalah nafsu sekedar ingin memiliki, dan rasa takut akan sakit hati dan kehilangan, cinta sbenarnya adalah diri kita yang mempersembahkan hidup dan mati kita pada sang khalik, sebagai buah syukur dari apa yang telah diberikan sang khalik pada kita,

    kita dapat mencintai seseorang manusiia tapi itu didasari karena Allah bukan karna hal lain termasuk karna kita sangat mencintainya yang gag tao jelasa darimana arahnya, yakinlah mencintai seseorang karena Allah adalah pilihan terbaik dari semua pilihan.

  190. CintaQu berkata:

    Aku cwe muslim dia cwo protestan
    saat ini aku lagi sakit, aku ingin sekali menikah dengannya sebelum aku pergi tapi aku tau pernikahan itu diharamkan, aku harus bagaimana ??????
    Ari_Nurul

  191. zhytha. berkata:

    kenapasih harus sprti itu,kan sma” manusia.
    kan sesama manusia saling menghargai,kenapa harus di beda”kn.
    yg membeda”kn itu amal,dan perbuatan, baik dan buruknya.

  192. Richaki Cha berkata:

    knp sih pada egois.. kasihanlah sm yg punya cinta tulus suci tp diharamkan krn hukum agama masing2. emg siapa yg slh? tuhan yg kasih kita cinta, tuhan yg mentakdirkan kt tuk brtemu dgn org yg kt cintai. tuhan jg yg mengajarkan kta tuk saling mengasihi, lalu knp harus dipisah2kan krn keyakinan yg berbeda. g adil bgt sih… g ada agama yg ajarkan umatnya utk saling menyakiti. jd biarlah mereka bahagia dengan cinta yg mereka dapatkan dr tuhan yg maha esa.

  193. alulitem berkata:

    saya salah satu yang berhubungan sama wanita beda agama..
    saya muslim dan dia nasrani…
    sekedar share aja..
    mw diikutin atau ga itu hak temen temen…

    pada awalnya kita memeluk agama itu adalah keturunan orang tua..
    karena disaat orang tua kita muslim ya kita diperkenalkan dengan agama islam
    cuma pada saat dewasa baru kita mengenal agama lain…

    jadi jangan berpendapat baik atau buruk tentang agama seseorang klo kita juga ga tw apa yang diajarinya..

    dulu saya dan dia sepakat untuk mencari solusi bagaimana melanjutkan hubungan beda agama ini, dan diterima baik dikeluarga saya atau keluarga dia…terutama kita berdua…kita sepakat untuk saling mempelajari agama masing masing..saya baca alkitab (bukan pindah agama ya) dia baca Al-Qur’an yang sudah diterjemahkan.
    apa yang saya lakukan..saya hanya mempelajari bagaimana kesimpulan agama nasrani dan dia juga sebaliknya..
    banyak hal positif dengan hal tersebut..(jadi kita tidak memandang masalah ini dari satu sisi agama saja) jadi ga cuma nafsu yang berkuasa, akal dan logika pun berkembang..tapi harus dipahami hal ini ga akan ada kesimpulannya jika kita berdua tidak membuka hati untuk menerima pelajaran tersebut.

    kalau pengen tau jawabannya silahkan lakukan masing masing pasangan.
    dan jika ingin tau jawaban yang saya dapat seperti apa..bisa hubungi saya di valkcon_v31@yahoo.com
    hanya sekedar sharing..karena jika saya jabarkan disini..saya takut menyinggung perasaan teman-teman yang berbeda agama…

    thx
    ALUL

  194. ule berkata:

    tidak ada komprom,,mau CINTA atau apapun namanya,,yang jelas dalam Islam, pernikahan BERBEDA AGAMA adalah HARAM hukumnya. dan jelas bagi yang mengingkari laragan Allah swt maka nerakalah tempat kembalinya.

  195. the lady berkata:

    Wahwah.. Kalian ini (yang menganggap masalah pernikahan beda agama adalah haram).. Ga tau kan rasanya dipertemukan dan jatuh cinta dng orang yg beda agama. Kalau kalian yg dng mudahnya bilang “pilih yg seagama kayak ga ada yang lainnya aja” coba deh kalian ada di posisi kami, yg dipertemukan dng cara yg ga biasa, dan jatuh cinta. Cinta itu kasih, dia ga pemilih. Cinta itu murni, datangnya tulus dr hati. Jadi kalo cinta ud dateng dan nempel di hati, bisa kalian lepasin? Apalagi itu cinta yg bener2 tulus? Gimana caranya?? Apakah jika kalian menikah dng yg lain memori itu akan ilang gt aja?
    Lagian kenapa sih haram dibawa2? Emangnya agama lain itu begitu buruk ya dimata kalian?
    Lagian belum tentu juga walaupun seagama bisa rukun dan awet. Byk ko yg nikah beda agama ribut2 dan akhirnya pisah, dan byk juga yg nikah beda agama justru malah awet. Agama bukan jaminan paten keluarga bs rukun, balik ke pribadinya masing2 aja. Lagian Tuhan menciptakan manusia itu berpasang2an dan Tuhan bilang sendiri “beranak cuculah..” Tuhan ga bilang tuh beranak cuculah dng orang dari agamamu saja. Kalo Tuhan aja ga mandang agama, kenapa manusia harus ributin masalah agama sih?

  196. the lady berkata:

    *ralat*
    Lagian belum tentu juga walaupun seagama bisa rukun dan awet. Byk ko yg nikah”seagama” ribut2 dan akhirnya pisah, dan byk juga yg nikah beda agama justru malah awet.

  197. luki wijiyanto berkata:

    setuju ama the lady.

  198. luki wijiyanto berkata:

    sampai diri ku ini tak punya daya lagi ku takan berhenti mengejar mimpi
    walau jalan berduri jarum jarum jerami ku takan peduli kan ku langkahkan tapak ini.
    gua bakal maju terus buat fapet restu orang tua
    minta doanya apapun agamanya :D
    kalo ada saran kirim ke email gw yah ucilunyil3@gmail.com

  199. lalu harus bgmna dngn hub.x apakh hrs putus ??? :( :’(

  200. Thaliz berkata:

    bagus kita nilai kepercayaan masing2 ja la gan…
    tidak usah jelekin2 agama laen…
    apa klean tidak sadar jelekin2 suatu hal, itu jga dosa!!!!

    soal nikah beda agama.
    klean harus tw…:
    “Perbedaan itu tidak seharusnya membuat kamu dan dia terpisah, karna perbedaanlah menyadarkan kamu dan dia saling membutuhkan…”

    Jadi sadar sendri2 aja..
    thanks…

  201. rahman berkata:

    knpa muhammad bisa beristrikan sampai 27 orang,sedangkn Allah menciptakan manusia berPasang-pasangan.

  202. MANEMBAH berkata:

    ”Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia pemberi keputusan yang paling baik”.(Qs. Al-An’am : 57)

    Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi.
    (Al-Maaidah Ayat 5)

    ”Dan Dia tidak mengambil seorangpun menjadi sekutu bagi-Nya dalam menetapkan hukum”. (Qs. Al-Kahfi : 26)

    Al-Maaidah Ayat: 5 -
    “Adalah Hukum / Syari’at Allah.Swt”
    ”Dan Dia tidak mengambil seorangpun menjadi sekutu bagi-Nya dalam menetapkan hukum”

    Hukum / Syari’at Allah.Swt :
    (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu,(Syariat Allah.Swt)

    Hadits Jabir bahwa Nabi bersabda:
    “Kita boleh menikah dengan wanita ahli kitab, tetapi mereka tidak boleh nikah dengan wanita kita”.

    Umar yang menegur Hudzaifah tatkala menikah dengan wanita ahli kitab, lalu Hudzaifah berkata: Apakah engkau mengharamkannya? Jawab Umar: Tidak. (Mafatihul Ghaib juz 3 hal 63)

    Umar bin Khaththab, sebagaimana diriwayatkan Ibnu Jarir dalam Tafsirnya 4/366 bahwa Umar berkata, “Lelaki muslim boleh menikah dengan wanita nashara, tetapi lelaki nashrani tidak boleh nikah dengan wanita muslimah.”
    Lalu katanya: Atsar ini lebih shahih dari atsar sebelumnya (kisah Hudzaifah).

    Sahabat Nabi.Saw Nikah / kawin dengan wanita Beda Agama
    Utsman bin Affan, khalifah ketiga, memiliki istri beragama Kristen Yakobus bernama Na’ilah.

    Sementara Mu’awiyah, pendiri dinasti Umayyah, beristri Maysun, juga beragama Kristen Yakobus. Dari Maysunlah Mu’awiyah beroleh anak bernama Yazid yang kelak meneruskan jabatannya sebagai penguasa kerajaan Islam.

    Sahabat Nabi yang lain, Thalhah bin Ubaidillah menikahi seorang perempuan Yahudi yang berasal dari Syam.

    Memperjelas Kekuatan Hukum / Syari’at Allah.Swt;- Al-Maaidah Ayat 5

    (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu,

    “Musyrik” adalah membuat tuhan yang lain selain Allah sebagai tandingan dan mencintai /panutan yang lain selain Allah sama seperti mencintai Allah.

    “Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).-
    QS. Albaqarah; ayat : 165

    ( Tafsir DEPAG / Surah Al Baqarah : 165 )
    Di antara manusia, baik di zaman dahulu maupun di zaman sekarang, masih ada orang yang menganggap bahwa di samping Allah ada lagi sesembahan yang diagungkannya dan mencintainya sama dengan mengagungkan dan mencintai Allah seperti berhala, pemimpin-pemimpin, arwah nenek moyang dan lain-lain sebagainya.

    Musyrik ialah yang menjadikan mahkluk ciptaan Allah, baik yang berupa benda maupun manusia sebagai Tuhan dan menjadikan sebagai
    “Andad”, “Alihah”, “Thoughut” dan “Arbab”.

    Musyrik “Arbab”, ialah para pemuka agama (ulama,ustad) yang suka memberikan fatwa, nasihat yang menyalahi ketentuan (perintah dan Larangan) Allah dan RasulNya, kemudian ditaati oleh para pengikutnya tanpa diteliti dulu seperti mentaati terhadap Allah dan RasulNya. Para pemuka agama itu telah menjadikan dirinya dan dijadikan para pengikutnya Arbab (Tuhan selain Allah).

    Prilaku Orng – orang Musyrik sering tidak disadari dalam menjalani olah budaya, olah Ambisi olah Emosi, dan semua olah Dunia; sehingga kemusyrikan dirinyapun itu tidak diakui/disadarai hingga di akheratpun merasa ditinya tak pernah sekalipun berlaku keMusyrikan.

    QS.6 Al-An’am:
    (Kesaksian kaum musyrikin terhadap dirinya sendiri dan keadaan mereka di hari kiamat)
    22. Dan (ingatlah), hari yang di waktu itu Kami menghimpun mereka semuanya [Semua makhluk Allah yang mukallaf. kemudian Kami berkata kepada orang-orang musyrik: “Di manakah sembahan-sembahan kamu yang dulu kamu katakan (sekutu-sekutu) Kami?.”
    23. Kemudian tiadalah fitnah [Yang dimaksud dengan fitnah di sini ialah jawaban yang berupa kedustaan. ] mereka, kecuali mengatakan: “Demi Allah, Tuhan kami, tiadalah kami mempersekutukan Allah.”
    24. Lihatlah bagaimana mereka telah berdusta kepada diri mereka sendiri dan hilanglah daripada mereka sembahan-sembahan yang dahulu mereka ada-adakan.

    HR. “Musyrik itu seperti semut hitam diatas batu hitam di kegelapan malam”

    Al-Maaidah Ayat: 5 -
    “Adalah Hukum / Syari’at Allah.Swt”

    ”Dan Dia tidak mengambil seorangpun menjadi sekutu bagi-Nya dalam menetapkan hukum”(Qs. Al-Kahfi : 26)

    “Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.
    (QS.At Taubah; Ayat : 6)

    QS.Al-Maa’idah Ayat: 5 ; semestinya dijembatani dengan ketentuan berupa pedoman kewajiban bagi Muslimin dalam menjalani kehidupan rumah tangga selanjutnya terkait kedudukannya sebagai Pemimpin, dan setiap Pemimpin akan diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannya dihadapan Allh.Swt kelak di alam Akherat.

    Dan jadilah seperti : Mu’awiyah, pendiri dinasti Umayyah, beristri Maysun, juga beragama Kristen Yakobus. Dari Maysunlah Mu’awiyah beroleh anak bernama Yazid yang meneruskan jabatannya sebagai penguasa kerajaan Islam.

    Rasulullah Bersabda
    “Kita boleh menikah dengan wanita ahli kitab, tetapi mereka tidak boleh nikah dengan wanita kita”.

    Sayidina Umar bin Khoththob.ra berkata,
    “Lelaki muslim boleh menikah dengan wanita nashara, tetapi lelaki nashrani tidak boleh nikah dengan wanita muslimah.”

    Maka Muslimah Haram kawin beda Agama / dengan Nasrani

    ”Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia pemberi keputusan yang paling baik”.(Qs. Al-An’am : 57)
    ”Dan Dia tidak mengambil seorangpun menjadi sekutu bagi-Nya dalam menetapkan hukum”. (Qs. Al-Kahfi : 26)

    Wallahu ‘alam bisshowaab

    Semoga kita terhidar dari Musyrik
    “Andad”,”Arbab” “Alihah”, dan “Thoughut” .

  203. toleransi berkata:

    Semua yang bilang kawin beda agama itu gak apa2 asal tetap beriman kepada Tuhan itu aneh.

    Kenapa aneh. Coz kalian ngaku beriman tapi perintah and larangan tuhan aja kalian langgar.

    Itu pake logika saja, anak kecil aja tahu. Masak kalah ama anak kecil.

    Itu membuktikan bahwa IMAN KALIAN ITU CUMA EMBEL2 DI KTP DOANG.

    Ini berlaku untuk semua agama jadi jangan bilang saya rasis atau semacamnya.

  204. Rina Lukmana berkata:

    Aku salut dengan tanggapan RAHMADANI PUTRI, krna terusterang aku sekarang sedang menjalani hubungan dg laki-laki beragama Kristen sedang aku islam. Tapi selama berhubungan kami saling menghormati agama kami masing-masing. Dan untuk bukunya aku ingin coba cari. Semoga masih ada. ;)

  205. sedih sekali berkata:

    saya punya pcr dia beda agama..saya muslim dan dia katolik..orang tua saya menentang saya berpacaran dgn dia..ktemu dia pun tdk boleh..bagaimana ini??saya sangat mencintai dia..dan dia adalah lelaki baik dan tdk pernah macem2. dan jg sangat setia kpd saya..apa yg harus saya lakukan?apakah paksa dia pindah agama agar trs bersama..ktemu dia saja sudah susah..saya sangat sedih..ada yg bisa membntu saya?

  206. luna berkata:

    why did God create us differently if God only wants to be worshipped in one way?
    that’s why God create LOVE so all DIFFERENCES could BE UNITED.
    just try to see from their (pasangan beda agama) side, you will see how it feels.
    Dua pihak yang berperang hanya dapat dipersatukan dengan kasih sayang, lalu dua pihak yang telah bersatu dengan kasih sayang haruskah berpisah?
    jika bisa sepenuhnya memilih kepada siapa pilihan hati dijatuhkan pasti akan memilih yang tidak menimbulkan perdebatan, namun bukankah kita tidak bisa sepenuhnya memilih akan jatuh pada siapa?

  207. intan apriani berkata:

    jadi inti ny nikah beda agama itu haram atau tidak ??
    ada yg bilang haram dan ada juga yg bilang tak apa2

    tapi satu yg aku pertanyakan kan semua agama itu allah yg cipatin dan d trunkan k nabi2 nya untuk di sebar, nah tpi knp kalo nikah beda agama itu bisa jdi haram ??

  208. agus tinus berkata:

    sya skg lg ke bingungan kerna sya lg mengalami prsoalan yg sma.
    bgaimnakah solusinya?

  209. Masykur Rahman berkata:

    Gw se_7. Gk boleh nikah beda agama. Pria at wnta hrs seagama dulu.

  210. مهاجرين berkata:

    ان الدين عند الله الاسلام
    klo menurut agama islam secara mutlak ya tdak d perbolehkan karena zaman terdahulu laki2 muslim hanya d perbolehkan menikahi wanita ahli kitab,, sedangkn utk zaman sekarang wanita ahli kitab sudah tdak ada.. karena kita2 samawi yg ada zaman sekarang bukan kitab2 samawi zaman terdahulu,, karena kitab2 yg yg ada pd saat ini telah banyak tercampuri oleh tangan2 manusia shingga sangat diragukan keasliannya..
    sdangkn klo mnurut UU d indo itu bukan masalah sah atau tdaknya pernikahan karena suatu pernikahan d anggap sah apabila ssuai dgn agama dn kpercyaan yg di anut, di UU hanya mengatur d akui atau tidaknya oleh negara dn jika d akui maka pernikahan bisa d catat dn memiliki kekuatan hukum mengenai keperdataan antara sumi, istri, anak dst.

    و الله اعلم بالصواب

  211. joysri berkata:

    MANUSIA BODOH !!! =D
    Чª♌б hanya memilih beda agama

  212. disi berkata:

    Ad yg bisa bantu aq keluar dr mslh ini tdk.disini aq mau cerita yg mngkin nntiny jadi pemikiran smua yg baca.

    Dlu aq berpacaran dg seorg laki2 nasrani dan aq seorg muslin selama 3th.kami sadar kami tdk akn bisa bersatu.
    Terakhir dia bersamaku sewaktu aq mau diwisuda.sengaja dia dtg dan menemani aq smpai selesai wlwpn ortu ku tdk suka krna perbedaan ini.
    Setelah itu dia pergi tanpa kbr n ninggalin aq gt aj.tau2ny dia sudah dijodohkan oleh ortuny yg seiman dgny.rasany sakitny luar biasa.slma berpcran susah senang dia sll ad.
    Stlh saya tau itu saya sadar mngkin dia bukan jodohku.

    Lalu aq dpt kerja n ad yg sdg dkt dgku.tp bygngin dia ini sll ad dipikiranku n hati ini sll bertanya dimna km skrg, aq kangen.berjlnny wktu hampir 6 bln aq sudah bljr melupakan dia krna seseorg yg baru mendekatiku.setelah aq lupa dg dia, tiba2 dia tlp dan aq ga tau klo itu dia.ternyata dia menyesal sdh meninggalkn aq.akhirny kita kmbli pcrn lg.lalu dia melamar aq n lngsng minta k ortuku dan dia blg dia ingin mnjadi mualaf.sblm menikah dia memualafkn diriny di masjid dan akhirny kita menikah tanpa restu ortuny.setelah itu aq hamil dan melahirkn ank laki2.oooh iy suamiku ini org batak.mertuaku pas tau cucuny laki2 dia dtg menengok cucuny.tp berjlnny wktu ternyata suamiku kembali k agamany.krna ancaman ortuny.skrg pernikahanku sdh berjln 6 th.slma 5 thn aq pendam n coba bertahan.skrg ank2ku yg jd korbanny.slma ini hidupku sprti distir.hrs mengikuti aturanny.tp alhamdulillah sampai skrg aq msih berpegang teguh pd agamaku Islam.
    Tp aq tersiksa, aq tdk bs memiliki ankku seutuhny.aq yg mengandung n aq yg melahirkn.ank2 ku dipksa tuk ikut bpkny kristen. Aq ga bs kehilangan ank2ku n aq tdk ridho dg smua ini. Aq sprti bukn ibu bwt ank2ku sprti org asing.teman2 bantu aq tuk keluar dr mslh ku ini.aq sdh cukup sabar n menderita. Bwt tmn2 yg msh pacaran berpikir beribu2 x lipat klo ingin mnjlni yg lbh serius.

  213. arvelia berkata:

    buat Dian; saya setuju banget sama mbak dian..hidup tu harus punya “komitmen”.. di dunia ni banyak pintu neraka tu terbuka lebar, pintu surga tu tidak mudah d raih..sekhusyuk nya sholat n melakukan sifat terpuji.. ALLAH SWT gak segampang tu ngsih pintu surga nya.. terllau banyak
    godaan syetan di dunia yang begitu gelap….
    nabi ADAM n HAWA aja bisa tergoda ama syetan..aplagi kita umat yang rapuh…masa sudah berganti… TUHAN tu satu, tuhan pasti punya maksud tersendiri menciptakan perbedaan ni.. kembali k awal kita berumah tangga mencari orang yang menyayangi,jadi iman,yang mengerti akan kita,… mencari orang yang ngerti akan sifat kita tu gak mudah… IBU yang ngelahirkan kita aja belum tahu sepenuh nya apa yang kita mau..

    sekarang kita berdoa ama SANG MAHA KUASA supaya di beri kelancaran d semua cobaan hidup..

    SANG MAHA KUASA udah nyiapin masing” jodoh untuk umat nya..gapai terus mimpi mu,ikuti kata hati.. jodoh n rejeki harus d kejar … umur baru kita berserah padanya..
    di atas langgit masih ada langgit.. tapi pada dasar nya manusia hidup di bawah langit…

  214. menurut pandangan awam saya,,, tidak disebutkan bahwa pernikahan beda agama di larang… melainkan sebaik baiknya wanita atau laki-laki kalau mereka sudah ahli kitab… dan disitu tidak disebutkan “agama” sekarang tinggal kita pikirkan agama mana saja yang datangnya dr Tuhan? nah selama orang2 itu ahli kitab dan tidak menyalahgunakan kitab Tuhan berarti bolehlah kita menikah dengan mereka.. yg jadi masalahnya sebenarnya kitab Tuhan yg mana yang masih saling satu pengertian karena tidak mungkin Tuhan menciptakan suatu agama dan kitab yang berbeda kecuali manusia lah yang menciptakan pengertian dan agama yang berbeda dikarenakan zaman yg berbeda…

  215. ayu rosa berkata:

    Bagaimana hukumnya secara Islam kalau ada seorang suami yg dengan diam-diam kembali ke agamanya yg terdahulu (non muslim) tanpa diketahui istrinya (muslimah). Dalam keseharian si suami kelihatannya tetap seorang muslim.

  216. M. oby berkata:

    Kristen kitapnya injil apa,taon berapa, karangan siapa….?

    Kristen gak cocok sama surah Al-Maidah… injilnya udah modif.

    cari yg seiman aja….! kok refot

  217. istho sillia berkata:

    klw blh cari pasngan yg se agama aja, supya ngga ribet,, :D

  218. Dan berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Maaf ustad, saya mau bertanya.
    Saya laki-laki beragama nasrani, akan menikahi perempuan muslim. Keinginan saya nanti ingin menjalani kehidupan rumah tangga dengan 1 agama. Masalahnya Ustad dari dulu saya selalu beri kebebasan kepada calon istri saya ini untuk mencari laki-laki muslim, sedangkan saya sudah niatkan memang tidak menikah. memang sudah nasib cinta tidak sesuai keinginan. Tapi seiring berjalannya waktu calon istri saya ini kembali & lebih memilih saya sebagai calon suaminya. Kata calon istri saya, dia tidak mau ikut umroh ataupun jadi hajjah karena tidak mau menyakiti hati keluarganya bila nanti pindah agama & tetap menunggu kepastian kami. Menurut pengalaman saya hidup pak ustad, di daerah saya beberapa perempuan nasrani menikah dengan laki-laki muslim ikut suaminya jadi islam. Dalam kasus saya ini, adil apa tidak jika saya meminta calon istri saya masuk kristen, karena saya yang akan jadi kepala rumah tangga. Dalam Alquran seorang nasrani disebut ahli kitab, saya juga pernah baca bahwa diijinkan perempuan muslim menikah dengan laki-laki dari nasrani-Ahli kitab. Pak Ustad percaya apa tidak dengan pernyataan jika kita setuju menerima seorang perempuan nasrani masuk islam & mendukungnya karena mualaf. Apakah tidak adil juga jika jika kita tidak menghujat orang yang murtad karena pilihan hidupnya. Bagaimana pendapat Pak Ustad dengan tulisan ini “Hubungan manusia dengan Tuhan bersifat pribadi” jadi jika mualaf atau murtad adalah hak manusia itu sendiri. Saya menghargai Islam tapi saya hidup di negara yang hanya mengizinkan pernikahan satu agama. Sudah saatnya kita bisa saling toleransi & saling menghargai. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s