Sinopsis kajian psikologi islam

Psikologi Islam adalah sebuah kajian yang baru dikembangkan di awal tahun 60-an. Karenanya tak heran bila kemudian belum banyak yang mengenalnya; terlebih karena penarapannya belum begitu jelas. Ia masih suatu hal yang perlu dirumuskan kembali.

Kajian ini bermula dari usaha Dr. Zakiah Drajat yang mulai mengenalkan psikologi dari tinjauan agama. Namun baru pada tahun 1994, melalui simposium nasional, para peminat psikologi Islam akhirnya dikumpulkan dan muncullah kesepakatan untuk menamakan pengetahuan baru tersebut dengan nama psikologi Islam, setelah sebelumnya, banyak nama diusulkan, di antaranya adalah Psikologi Qur’ani, Psikologi Tasawwuf dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, Psikologi Islam lebih mengarah pada pendekatan kajian sains dengan kajian ilmu agama; yang secara spesifiknya adalah mendekatkan kajian psikologi pada umumnya dengan kajian al-Qur`an. Dengan demikian maka dipahami bahwa landasan filsafat ilmu dari psikologi Islam adalah konsep manusia menurut al-Qur`an. Mujib mengemukakan bahwa dalam konsep manusia menurut al-Qur`an adalah konsep yang menyatakan bahwa manusia bukan hanya terstruktur dari jasmani; tapi juga ruhani. Sinergi keduanya inilah yang membentuk nafsani. Dari ketiga sistem inilah terbentuk kepribadian individu manusia.

Perkembangan kajian psikologi Islam bisa dikatakan cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari makin meningkatnya jumlah tenaga pengajar ataupun mahasiswa yang tertarik menadalami bidang pengetahuan yang terbilang cukup baru ini. Bahkan di beberapa perguruan tinggi sudah mulai dibuka peminatan psikologi Islam.

Ketua Dewan Pakar Asosiasi Psikologi Islami (API), Hanna Djumhana mengungkapkan bahwa tujuan dikembangkannya psikologi Islam adalah untuk mempertahankan kesehatan mental dan keimanan dalam diri individu. Kajian ini menggunakan lebih menitik beratkan pada dimensi spiritual dikarenakan dimensi ini merupakan sumber dari potensi, bakat, sifat dan kualitas diri manusia. Bahkan, dimensi ini merupakan satu dimensi yang tidak pernah tergoncang walaupun pemiliknya sedang sakit secara fisik maupun psikis.

Prospek Kajian ini ke depak bisa dikatakan sangat cerah; khususnya karena prinsip universalitas yang ada pada psikologi Islam membuatnya tidak hanya bisa diaplikasikan oleh kaum muslim belaka; namun juga bisa diaplikasikan oleh kalangan non-muslim.

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di analisis. Tandai permalink.

26 Balasan ke Sinopsis kajian psikologi islam

  1. fikriana berkata:

    Ass. salam kenal
    Saya lagi butuh materi tentang kajian psikologi islam
    masih ada yang lain, makasih

  2. budi darmawan berkata:

    Ass. Mungkin tidak hanya ingin mencari artikel untuk tugas, tapi pada dasarnya dengan mengetahui lebih banyak tentang Psikologi Islami akan dapat membuat bekal ilmu Psikologi saya terasa lebih…… Semoga Psikologi Islami dapat terus berkembang, biar kami-kami yang belajar Psikologi tidak termakan kesekuleran dari teori-teori Psikologi kontemporer. Hidup Psikologi Islam…….!!!!

  3. dona berkata:

    assalamualaikum
    menurut saya, perlu kita tinjau tentang psikologi islam ini dengan lebih hati-hati. bila menyangkut islam dan qur’an, tidak akan sejalan dengan pembicaraan filsafat. tapi al qur’an sudah bicara tentang psikologi dari dulu. bukankah kita disuruh berteman dengan orang-orang yang soleh? teori psikologi yang mana itu? dan banyak yang lain. so…jadi dengan konsep psikologi islam yang sekarang, saya masih belum sesuai..

    wassalam

  4. Yusril nur Annas berkata:

    Trima kasih atas informsinya…
    saya yakin artikel ini akan sangat membantu mahasiswa khususnya mahasiswa psikologi…

    PSIKO 2007

  5. Munawir Pasaribu ( PPs IAIN SU) berkata:

    Assalamu Alaikum
    Mengenai Psikologi Islam merupakan hal yang baru di dalam dunia akademik. Walaupun pembicaraannya hampir menjurus kepada Tasauf dan keagamaan, tapi dalam dalam pandangan psikologi mempunyai sangat banyak perbedaan dari tasauf. Oleh karena itu perlu kita membuat kurikulum baru atau suatu prodi yang betul-betul membahas tentang Psikologi Islam ini. terima kasih atas tulisan-tulisannya. Dan saya mengharapkan kalau ada tulisan atau informasi baru tentang psikologi Islam ini mohon menginfokan kepada saya di E-mail ( munawir_pa1000@yahoo.co.id ) saya mnegharapkan informasi2 baru tentang psikologi Islam. Karena saya sedang menyusun tesis mengenai psikologi islami ini.

  6. masyhuri berkata:

    ass………..
    Salam kenal buat kawan2 yang inten dalammengkaji psikologi islam. saya sangat interest sekali ama psikologi islam. tolong kirim dong materi-materi yang membahas tentang psikologi islam.
    tahnks

  7. syamsul effendi berkata:

    Assalamukm…
    Saya membutuhkan makalah tentang “Belajar munurut islam dan psikologi”, ada yang punya g?

  8. Muhammad rohmat berkata:

    asslm…
    saya mahasiswa fak.psi.UIN SUSKA Pekanbaru
    tolong bantu kami masih mencari2 jatidiri psikologi dlam perspektif Islam,.makasih…wasslm

  9. anin berkata:

    Assalamualaikum…..
    saya mau nanya ne…….
    ada gak info tentang psikologi dalam PAI. penting ne……
    kirim ya…..

  10. Dedi Agusyadi berkata:

    Mengenai kepribadian Introvert,Sebenarnya Gimana Sih Islam memandang masalah kepribadian ?

  11. heri maulana berkata:

    saluut atas infonya…
    apa sebenarnya perbedaan psikologi kontemporen dan psikologi islam ?

  12. nida berkata:

    assalamualaikum,,, saya adalah orang yang awam dengan psikologi islam,, sangat ingin sekali untuk tahu lebih banyak mengenai psikologi islam,,,
    oh ya, bagaimana mengenai teori dalam psikologi islam ? apakah teori-teori psikologi konvensional juga termasuk ?

  13. Aliefa berkata:

    Psikologi Islam mampu memecahkan masalah dengan pendekatan religius sehingga membuat jiwa begitu damai.

  14. nirwanalife berkata:

    Bagus nih..

  15. Alizi Alias berkata:

    Saya sendiri berminat dengan kajian Islam dan psikologi. Sila lawat blog ‘Islam dan Psikologi’ saya di blogs.iium.edu.my/alizi

    Boleh kita bertukar2 pandangan

  16. sINtIa.... berkata:

    saya sangat tertarik n sangat suka dengan psikologi islam… coba donk di perbanyak sinopsisnya di perbanyak

  17. azkiya berkata:

    SEMANGADDHH!!! Psikologi Islam di Indonesia khususnya semoga progress ke depan semakin cemerlang. Hidup Psikologi Islam! Mari kita singkap rahasia-rahasia Psikologi melalui perspektif Alquran dan Hadist. Gak hanya dari sisi kontemporernya aja. Sepeti yang selama ini terjadi. Dewasakan terus perkembangan teorinya. Agar semakin mantap digunakan di kelas-kelas Psikologi ^-^

  18. venia berkata:

    salam.
    boleh saya minta e-mail untuk bisa berkonsultasi secara langsung, tapi tidak di publish..
    syukran

  19. nanang kosim berkata:

    assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    perlunya belajar mengenai psikologi Islam merupakan bagian dari materi perkuliahan yang layak untuk diketahui oleh mahasiswa muslim terutama yang terjun ke fakultas agama Islam. tulisan tersebut sepertinya perlu dikembangkan lagi guna kemajuan anak didik yang akan memasuki bangku perkuliahan apalagi jika ada seorang mahasiswa yang kritis dalam bertanya dan menanggapi apa yang telah ditulis oleh dosennya. sekian dan terima kasih. wassalam

  20. joni berkata:

    Asslam…wah teman Q da yang mo bikin tesis psikologi islam…
    bisa tolong cariin referensi…

  21. ALAN berkata:

    Salam. Alhamdulillah Ya Rabb…, nampaknya dari hari kehari Psikologi Islam semakin berkembang. Begitu juga dengan konseling Islam (bagian dari psikologi Islam). Saya berharap rakan2 tidak lagi mempertikaikan tentang keilmuan Islam. Psikologi memang istilah Barat, tapi ilmunya berasal dari Islam itu sendiri. Rakan2 dipersilakan untuk membaca sejarah perang salib, dimana di situ keilmuan Islam banyak dicuri oleh Barat. Dan buku2 sisa mengenai keilmuan Islam itu di rampas lagi oleh Amerika di Iraq, ketika mereka berhasil memporak-porandakan Iraq. Sudah sewajarnya kita umat Islam, kembali merebut ilmu itu kembali. Insya Allah…, saya bersama rakan2 semua..ayo sama2 kita perkaya tentang keilmuan Islam.

  22. Hamid berkata:

    tolong masukan dengan skripsinya, kaua bisa krim imelnya

  23. muhammad nasuha berkata:

    thank you

  24. Harry berkata:

    Artikel yg menarik..
    Terima kasih, walaupun saya msh belum mengerti total dgn penjelasan & perbedaan ataupun persamaannya. Tentang Psikologi semua ini,,,

    Tp, Yg Jd Pertanyaan saya apa:
    1. Psikologi Umum ?
    2. Psikologi ISLAM ?
    3. Psikologi Terapan ?
    4. Psikologi Sains ?

    Mohon masukkannya, Wass..

  25. Pandangan sultan abd rohman dri kraton sumenep tentang anatomi jiwa dlam islam terbagi dua tingkat 1 dua pluh tiga tempat pengetahuan dari tuhan di kepala manusia 2 tujuh tempat pengtahuan dlm hati mnusia.saya tau tp tdk mengerti..ada yang bisa bantu..??tlong..tlong..buku ini bkin pusing 7 kliling..

  26. Fadhliyah berkata:

    assalamu’alaikum.. saya sangat tertarik dengan kajian psikologi Islam, namun terkadang saya sulit menemukan buku referensi yang tepat. sayapun sangat berniat untuk membuat studi klub Psikologi Islam namun saya belum menemukan konsep yang matang agar mampu menarik minat teman2 di Psikologi.
    mohon arahannya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s