ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAL By Taufan, Pipit, Fajar, Bayu dan Sri Asih


Zakat menurut bahasa artinya suci, tumbuh dengan subur, bersih dan berkah, hal itu sesuai dengan manfaat zakat bagi muzaki (yang berzakat) maupun bagi mustahik penerima zakat. Bagi muzaki zakat berarti membersihkan hartanya dari hak-hak mustahik, khususnya para fakir miskin. Selain itu, zakat juga membersihkan jiwa dari sifat tercela seperti kikir, tamak, serta sombong sedangkan bagi mustahik, zakat membersihkan jiwa dari iri hati dan dengki. Sebagaimana arti Firman Allah dalam Q.S At-Taubah :103: ‘’Ambilah zakat dan sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membesihkan dan mensucikan mereka”.

Manfaat zakat yang lain adalah dapat menyebabkan harta para muzaki bertambah banyak. Sehingga harta mereka mendatangkan berkah. Rasulullah SAW bersabda dalam hadist yang artinya :“ Bentengilah dan suburkanlah hartamu dengan zakat“


Sedangkan menurut istilah syara, zakat adalah mengeluarkan sebagian harta benda sebagai sedekah wajib. Sesuai perintah Allah kepada orang-orang yang telah memenuhi syarat-syaratnya dan sesuai dengan ketentuan hukum islam. Hukum zakat adalah fardu ain. Orang yang mengaku beragama islam, apabila mengingkari kewajiban berzakat dapat dianggap murtad. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Al-Bayyinah ayat 5. Macam-macam zakatZakat dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. zakat fitrah (pribadi); adalah sedekah wajib menjelang idul fitri dengan beberapa ketentuan dan persyaratan.
  2. zakat mal (harta); adapun zakat mal yang wajib dikeluarkan zakatnya yaitu emas,perak, mata uang ,harta perniagaan,hewan ternak, buah-buahan dan harta rikaz (harta terpendam).

Berdasarkan QS At-Taubah : 60 ada 8 golongan yang berhak menerima zakat yaitu Fakir, Miskin , Amil, Mualaf, Gharim, Sabilillah dan Ibnusabil

Kesimpulan :

Harta yang wajib dizakati adalah harta milik kita. Jadi harta korupsi yang dizakati itu tidak boleh, harta yang dizakati harus milik kita.

Harta yang wajib dizakati adalah harta yang bisa berkembang. Tanah termasuk harta yang berkembang, terlebih bila dibuat rumah kontrakkan. Kewajiban membayar zakat tanah layaknya membayar zakat emas dan perak.

 

Kewajiban zakat adalah kewajiban personal.

 


Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di Fiqih. Tandai permalink.

6 Balasan ke ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAL By Taufan, Pipit, Fajar, Bayu dan Sri Asih

  1. Manggala berkata:

    keren!

  2. RIZKI berkata:

    jk seseorang meminjam uang di bank 1oo juta,,,ldari 1oo juta itu yg dia pakai utk membuka usaha y hanya ,30 juta,,sisa y yg 7o juta dia simpan di bank,,dan dia menyimpan y sampai bertahun
    pertanyaan
    seprti apakh perhitungan zakat y,,,

  3. alimuddin berkata:

    kalau uang tabungan disimpan di bank apakah harus dikeluarkan zakatnya dan berapa jumlah minimal yang harta simpanan di bank.

  4. BigorBust berkata:

    There usually are many Online Casinos out
    there offering encouraged add-ons to help fresh people merely joining.
    In a web based gambling establishment, the gamer can certainly take part in every one of the BigorBust and never have to get everything to her
    or his computer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s