KEIMANAN DAN KETAKWAAN By Rangga, Fitri, Cinta dan Dina

Tjatur bertanya, ‘Apakah arti dari kerangka ilmu Allah?’ Presentator menjawab, ‘Kerangka ilmu Allah artinya susunan, acuan (rujukan) kerja yang berasal dari al-Qur’an menurut Sunnah Rasul’.

Ecin bertanya, ‘.Apakah arti dari proses sami’naa?’ Presentator menjawab, ‘Proses sami’naa artinya menanggapi supaya tahu melalui satu jalan menuju mau berbuat sesuai dengan yang diketahui atau tidak meu berbuat sesuai yang diketahui. Hal ini dinyatakan dalam surat an-Nisa; 46 dan al-Baqarah; 93.’

Hidayatun Nisa bertanya, ‘Apakah arti dari Kolerasi keimanan dan ketakwaan?’ Presentator ‘Kolerasi artinya hubungan. Keimanan dan ketakwaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Orang yang bertakwa adalah orang yang beriman yaitu yang berpandangan dan bersikap hidup dengan ajaran Allah menurut Sunnah Rasul yakni orang yang melaksanakan shalat, sebagai upaya pembinaan iman dan menafkahkan rizkinya untuk mendukung tegaknya ajaran Allah.

KESIMPULAN DISKUSI:

Takwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhkan larangannya. Iman adalah percaya pada pandangan dan sikap hidup dengan ajaran Allah, yaitu al-Qur’an menurut Sunnah Rasul, atau dengan selain ajaran Allah, yang terwujud ke dalam ucapan dan perbuatan.

Wujud iman menurut tiga unsur, yaitu isi hati, ucapan, dan laku perbuatan. Isi hati dan perbuatan disebut pandangan hidup, sedangkan laku perbuatan yang mewujudkan gerak berbuat dalam keseluruhan hidup manusia disebut sikap hidup.

Sikap hidup seseorang bisa bernilai haq bisa juga bernilai bathil, tergantung pada pandangannya. Jika pandangannya adalah pandangan haq, maka sikap hidup atau perilakunya bernilai haq. Demikian juga sebaliknya, jika pandangan yang dimiiki pandangan bathil, maka sikap hidup atau perilakunya bernilai bathil. Dengan demikian ada dua wujud iman yaitu wujud iman haq dan wujud iman bathil.

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

15 Balasan ke KEIMANAN DAN KETAKWAAN By Rangga, Fitri, Cinta dan Dina

  1. ikhsan berkata:

    maaf, arti iman berdasarkan hadist:
    Al iimaanu ‘aqdun bil qolbi wa ikraarun bil lisani wa ‘amalu bil
    arkan

    berarti iman adalah pandangan dan sikap hidup, bukan “percaya” pada pandangan dan sikap hidup

  2. Yachi berkata:

    Assalamu ‘alaikum wr.wb
    Alhamdulillahi Rabbilalamin
    Saya baru kali ini melihat halaman ini, tak disangka ternyata banyak kawan study yang sudah on-line.

    Yachi

  3. basrin berkata:

    All…friend. kalo bisa penjelasannya lebih complete please, mulai dari arti kata iman sampai nilai dan harga iman, berikut teknis penyampaiannya yang bisa menguhubungkan dari sub bahasan satu ke sub bahasan yang lainnya.

    thx.

  4. badrun berkata:

    ass..wr.wb
    al-qur’an msr merupakan pedoman hidup, maka fahamilah tata bahasanya, kalau tidak memahaminya bagaimana bisa kita menjadikannya pedoman hidup, tawassaw bil haqqi watawassaw bissabri…..!

  5. ameliya berkata:

    ass………wr.wb
    saya mendukung pengertian diatas tp lebih lengkapx apabila terdapat penjelasan tentang implementasi iman dan takwa dalam kehidupan modern serta peran iman dan takwa dlm menjawb problem dan tantangan kehidupan modern…termah kasih……

  6. mulyana berkata:

    apakah yang dimaksud implementasi itu adalah masalah yang ada dikehidupan masyarakat moderen?disini tidak ada dicantumkan apa yang dimaksud implementasi.terimakasih

  7. lila berkata:

    Mohon cerita ini tdk terlalu menampilkan kejahatan Mischa dan Fays yang busuk sekali apabila diberi kesempatan mereka menciptakan terus kejahatan yang berlebihan sepertinya sedang mengajar dan publik sedang beljar dari kejahatan mereka sedangkan kejahatan seperti ini tdk lagi menduniawai sekarang kecuali balik ke jaman nenek moyang karena manusia sekarang orang pintar2 masih dikerjain seperi Fitry farel dan keluarga Hutama masih aja dibenarkan … semuanya ini membuat makna cerita Farel Fitri jelek..

  8. lila berkata:

    Mau mengimplentasikan Iman dan Taqwa ok tetapi tolong jangan dengan cara2 da sifat Mischa dan Fays

  9. kesra berkata:

    menurut gue keimanan dan ketakwaan yang kalian diskusikan tadi boleh juga thu,but kalo menurut pendapat gue arti IMTAK harus sesuai dengan prosedur yang telah Allah ciptakan sebagaimana tercantum dalam Alqur”an dan hadist. jadi gax salah kan kalo kita harus percaya pada keimanan yang kita miliki dan yang Di Atas. makasih

  10. Aryoo berkata:

    Mudah2an semakin byk deh yg bisa tau AMSR………..
    Good

  11. agung berkata:

    kawan, ini dunia maya jelaskan dengan sejelas2 nya. coz kalau tidak banyak orang malah jadi pusing. salam ABC……..

  12. dedek berkata:

    aku ad tugas tentang bab ini nech

  13. Furkone berkata:

    Tlng ksh tau d mna dpt mteri PSA scr ol, slm ABC wt semua

  14. Onyip Tuch IZtie berkata:

    tlong bahs lebih lanjt tentang wujud orang beriman

    terimakasih

  15. guneda berkata:

    hal Hal Yang Mendukung Keimanan Dan Ketaqwaaan Koq nggk Ad Siie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s