MASA BAYI BARU LAHIR By Nunu, Kiki dan Yusuf

BAB I

PENDAHULUAN

Seorang anak bukan merupakan orang dewasa dalam bentuk kecil, karena ia mempunyai sifat berlainan dari orang dewasa. Ia harus tumbuh dan berkembang sampai dewasa agar dapat berguna bagi masyarakat. Walaupun pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu, seorang anak dalam banyak hal bergantung kepada orang dewasa. Masa neonatal masa sejak lahir sampai dengan 4 minggu (28 hari) sesudah kelahiran. Bayi adalah anak yang belum lama lahir. Bayi baru lahir adalah bayi yang lahir dari kehamilan 37 minggu sampai 42 minggu dan berat badan lahir 2.500-4000 gram. Pertumbuhan dan perkembangan anak dalam ilmu kesehatan anak istilah pertumbuhan dan perkembangan menyangkut semua aspek kemajuan yang dicapai oleh jazad manusia dari konsepsi sampai dewasa.Pertumbuhan berarti bertambah besar dalam aspek fisis akibat multiplikasi sel dan bertambahnya jumlah zat interseluler. Oleh karena itu pertumbuhan dapat diukur dalam sentimeter atau incih dan dalam kilogram atau pound.

Percepatan tumbuh yang mencapai maksimum terjadi pada akhir masa janin dan kemudian menurun terus sampai melewati masa bayi, kemudian timbul percepatan tumbuh lagi pada masa adolesensi yang kemudian menurun dan berhenti setelah mencapai umur dewasa.

BAB II

PEMBAHASAN

Bayi adalah seorang anak yang muda usianya. Disini akan dijelaskan tentang bentuk rupa ketika bayi baru lahir, seperti dagu dan pinggul bayi yang baru lahir itu sempit, dengan perut agak buncit, serta lengan dan kaki yang agak pendek. Berat badannya kurang lebih 7.5 paun (3.2 kilogram) dan panjangnya 14-20 inci (35.6-50.8 sentimeter, walaupun bayi baru lahir pramasa adalah lebih kecil). Kepala bayi baru lahir itu amat besar di banding bagian-bagian badan yang lain, Sedangkan tengkorak manusia dewasa adalah kurang lebih 1/8 dari panjang badan. Ketika dilahirkan, tengkorak bayi baru lahir masih belum sempurna menjadi tulang.

Setengah bayi baru lahir mempunyai bulu halus yang dinamakan lanugo, khususnya di belakang, bahu, dan dahi bayi pramasa. Lanugo hilang dengan sendirinya dalam masa beberapa minggu. Tidak semua bayi mempunyai rambut yang banyak. Ada yang botak, dan ada yang mempunyai rambut yang terlalu halus sehingga hampir tidak dapat dilihat. Biasanya setelah kelahiran, kulit bayi baru lahir sering berwarna keabu-abuan hingga biru suram. Bayi baru lahir itu basah dan diliputi oleh tanda jalur darah serta bahan putih yang dinamakan verniks kaseosa dan yang dianggap bertindak sebagai rintangan anti bakteria Bayi baru lahir mungkin juga mempunyai bintik Mongolia, berbagai tanda lahir, atau kulit mengelupas, khususnya di bagian pergelangan tangan, tangan, mata kaki, dan kaki. Bagaimanapun, semua ini dianggap biasa dan akan hilang dengan peredaran masa.

Tali pusar bayi baru lahir berwarna putih kebiru-biruan. Selepas kelahiran, dokter akan memotong tali pusar dan tali pusar yang ada di bayi baru lahir kira-kira panjangnya 1-2 inci. Tali pusar itu akan menjadi kering dan keriput, serta menjadi hitam, dan kemudian lepas dengan sendirinya dalam tempo kira-kira tiga minggu.

Proses menyusui dapat segera dilakukan begitu bayi lahir. Bayi
yang lahir cukup bulan akan memiliki naluri untuk menyusu pada ibunya di
20 – 30 menit setelah ia lahir. Seperti yang telah diketahui bersama, ibu harus menyusui sesering mungkin kapanpun bayi menginginkannya. Ini berarti, paling tidak tiap 2 hingga 3 jam sekali dan tiap 4 hingga 5 jam di malam hari dari 8 hingga
12 kali menyusui selama 24 jam. Umumnya bayi menyusu kira-kira 20-40 menit sekali.

Pada masa bayi baru lahir (Neonatal) dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

  1. Periode Partunate, dimana masa ini dimulai dari saat kelahiran sampai 15 dan 30 menit setelah kelahiran.
  2. Periode Neonate, dimana masa ini dari pemotongan dan pengikatan tali pusar sampai sekitar akhir minggu kedua dari kehidiupan pascamatur.

Ciri-Ciri bayi neonatal, yaitu :

  1. Masa bayi neonatal merupakan periode yang tersingkat dari semua periode perkembangan. Masa ini hanya dimulai dari kelahiran sampai tali pusar lepas dari pusarnya
  2. Masa bayi neonatal merupakan masa terjadinya penyesuaian yang radikal. Masa dimana suatu peralihan dari lingkungan dalam ke lingkungan luar.
  3. Masa bayi neonatal merupakan masa terhentinya perkembangan. Ketika periode pranatal sedang berkembang tiba-tiba terhenti pada kelahiran.
  4. Masa bayi neonatal merupakan pendahuluan dari perkembangan selanjutnya. Perkembangan individu di masa depan akan tampak pada waktu dilahirkan .
  5. Masa bayi neonatal merupakan periode yang berbahaya. Masa ini berbahaya karena sulitnya menyesuaikan diri pada lingkungan yang baru.

Penyesuaian pokok yang dilakukan bayi neonatal, yaitu :

  1. Perubahan suhu, dimana ketika didalam rahim suhu berkisar 1000 F, namun suhu diluar berkisar 600 sampai 700 F
  2. Bernapas, jika tali pusar diputus maka bayi mulai harus menapas serndiri.
  3. Mengisap dan menelan, jadi bayi sudah tidak lagi mendapat makanan melalui tali pusar tetapi memperoleh makanan dengan cara mengisap dan menelan
  4. Pembuangan, ketika bayi dilahirkan barulah alat-alat pembuangan itu berfungsi.

Indikasi umum tentang kesulitan menyesuaikan kehidupan setelah kelahiran,

  1. Berkurangnya berat badan
  2. Perilaku yang tidak teratur
  3. kematian pada bayi

Kondisi yang mempengaruhi penyesuaian diri pada kehidupan pascanatal :

  1. Lingkungan pranatal, dimana pada waktu dilingkungan pranatal tidak di rawat oleh ibunya sehingga dilingkungan pascanatal meempengaruhi perkembangannya.
  2. Jenis persalinan, mudah atau sulitnya persalinan mempengaruhi penyesuaian pascanatal.
  3. Pengalaman yang berhubungan dengan persalinan, ada dua pengalaman yang berpengaruh besar pada penyesuaian pascanatal,yaitu seberapa jauh ibu terpengaruh oleh obat-obatan dan mudah sullitnya bayi bernapas.
  4. Lamanya periode kehamilan, jika bayi yang dilahirkan sebelum waktunya di sebut premature, sedangkan yang terlambat disebut postmatur. Abortus : bayi lahir dengan berat badan kurang dari 500 g, dan / atau usia gestasi kurang dari 20 minggu. Angka harapan hidup amat sangat kecil, kurang dari 1%
  5. Sikap Orang tua, sikap yang menyenangkan dari orang tua memperlakukan bayinya itu akan mendorong penyesuaian yang baik.
  6. Perawatan pascanatal, yaitu ada tiga aspek : pertama kebutuhan tubuh, kedua rangsangan yang diberikan.dan ketiga kepercayaan orang tua.

 Bahaya pada bayi neonatal, yaitu :

  1. Bahaya fisik, seperti lingkungan pranatal yang tidak baik, persalinan yang sulit dan ruwet, kelahiran kembar, postmatur, premature dan kematian bayi
  2. Bahaya psikologis, seperti kepercayaan tradisional mengenai kelahiran, ketidakberdayaan, individualitas bayi, terhentinya perkembangan bayi, kurangnya rangsanagn,kemurungan orang tua baru, dan sikap yang kurang menyenangkan dari orang-orang yang berarti.

Berat badan bayi baru lahir (birthweight)
Berat badan bayi pada saat kelahiran, ditimbang dalam waktu satu jam sesudah lahir.

  1. Bayi berat lahir cukup : bayi dengan berat lahir > 2500 g.
  2. Bayi berat lahir rendah (BBLR) / Low birthweight infant : bayi dengan berat badan lahir kurang dari 1500 – 2500 g.
  3. Bayi berat lahir sangat rendah (BBLSR) / Very low birthweight infant : bayi dengan berat badan lahir 1000 – 1500 g.
  4. Bayi berat lahir amat sangat rendah (BBLASR) / Extremely very low birthweight infant : bayi lahir hidup dengan berat badan lahir kurang dari 1000 g.

DAFTAR PUSTAKA

Hurlock, Elizabeth B., PSIKOLOGI PERKEMBANGAN, Jakarta : Erlangga edisi kelima

Kamus besar bahasa Indonesia, 2002 : 1118

http://ridwanamiruddin.wordpress.com/2007/05/05/tumbuh-kembang-anak/

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di Psikoper. Tandai permalink.

18 Balasan ke MASA BAYI BARU LAHIR By Nunu, Kiki dan Yusuf

  1. tafany berkata:

    Btw, masa neonatal sampe 2 minggu atawa 4 minggu sih?

  2. Zaidah berkata:

    Menurut saya masa neonatal 2 minggu. Saya masih ingat dengan penjelasan ibu Sari beberapa minggu yang lalu.

  3. Mariyatul Kibtiah berkata:

    Wss. Menurut saya kalo pantangan untuk Ibu hamil adakalanya benar, jika itu dipandang baik menurut akal. Misalnya sepeti yang dikatakan Sdri.Fitriah bahwa seorang Ibu yang sedang hamil tidak boleh makan dalam porsi yang besar sebaiknya makan dalam porsi sedikit tapi sering. Jika kebiasaan Ibu tersebut makan dalam porsi yang banyak akan menyebabkan berat badan bayi itu lebih besar dari normal sehingga setelah ia lahir otomatis kebutuhan nutrisinya lebih. Serakah yang dimaksud itu memang sudah karakternya dan mungkin membutuhkan makanan yang lebih. Sedangkan tante Tia yang mempunyai anak seperti yang menyerupai itu bisa berpengaruh terhadap psikologis ketika Ibu tersebut sedang hamil karena memperlakukan binatang itu seperti anaknya sehingga otak pun merespon dan mempengaruhi pertumbuhan bayinya. dan sifat pemalunya mungkin keturunan dari salah satu keluarganya.

  4. nunu berkata:

    menanggapi pertanyaan ibu Sari bahwa bayi neonatal itu mungkin bagi saya lebih tepatnya dari baru lahir sampai tali pusar putus dari pusarnya.

  5. rakhmawati'05 berkata:

    pertanyaan ini saya kirim sejak tanggal 16 okt’07,.tapi belum sampe2,.mudah2n sekarang sampe!!amien.. menyangkut tentang mitos, biasa ibu2 hamil selalu banyak pantangannya,.tapi ini bukan mitos ga boleh makan ini,itu dsb. tapi ini mitos seorang ibu hamil 8 bulan, pada saat itu ibu dari si calon ibu meninggal,..pada waktu pemakaman si ibu ingin ikut pergi ke pemakamannya, tapi banyak orang melarang bilang orang hamil g’ boleh ke kuburanlah,.tapi si ibu tidak percaya dengan mitos itu, si ibu tetep pergi kepemakaman!!tiba saat kelahiran segala sesuatunya berjalan normal tapi setelah dilihat2 anak itu ternyata tubuhnya kurus g’ bz gemuk2 padahal semua gizi dsb. diberikan dengan sagt baik,.dokter bilang juga tidak ada penyakit yang bersarang. kira2 kenapa yah??apa mitos itu benar2 terjadi..tapi setau saya mitos itu g bakal terjadi kalo kita tidak mempercayainya begitupun dengan si ibu dy tidak percaya mitos. bagaimana anda menyikapinya ????

  6. Ana Qur'ani berkata:

    Anna Qur’ani

    LAPORAN OBSERVASI
    PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

    Pada hari sabtu tanggal 19 Agustus 2005. jam 13.00 datanglah seorang ibu muda ke rumah bersalin perwira. Setelah diperiksa ibu bidan lalu ibu masuk ke ruang persalinan. Ibu bidan menyiapkan segala perlengkapan untuk persalinan dan kira-kira pukul 14.20 lahirlah seorang bayi laki-laki yang mungil akan tetapi tidak terdengar suara tangisan bayi lagi, setelah ditunggu dan digerak-gerakan kira-kira 10 menit barulah si bayi mangis cukup keras cukup lama lalu si bayi dibersihkan setelah bersih dan rapi bayi itu ditimbang dengan berat badan 3,2 Kg dan panjang 50 cm. proses persalinannya normal.

    Setelah ibu bersih dan bayi dibersihkan barulah bayi diberikan oleh bidan untuk diberi asupan ASI namun saja, ASI ibu belum keluar dan ketika setelah ibu menatap sang bayi maka terkejutlah sang ibu melihat bayinya yang kurang sempurna yaitu tidak ada liang telinga jadi yang tampak hanya telinga bagian bawahnya saja. Si ibu sangat sedih dan kecewa melihat kenyataan ini, namun keluarga besar si ibu memberi support agar jangan terlalu berkecil hati,tetap sabar dan ikhlas menerima keyataan ini karena semua ini adalah kehendak Allah SWT. Semoga ini ada hikmahnya. Keesokan harinya barulah sang bayi dapat menerima asupan ASI dari ibunya, 2 hari kemudian si ibu dan bayinya diperbolehkan untuk pulang kerumah.

    Perkembangan bayi si bayi sesampainya dirumah cukup normal seperti bayi lainnya. Setiap bulan si bayi dibawa keposyandu didekat rumahnya, alhamdullah timbangan berat badan bayi naik walaupun cukup sedikit. Dari bulan ke bulan perkembangan si bayi cukup baik,normal,aktif,sehat seperti bayi pada umumnya yang mempunyai organ tubuh yang sempurna. Ketika usia 2 bln, sudah bisa tengkurep, pada usia 3 bln, sudah bisa berceloteh dan tertawa, serta pada usia 5 bln sudah tumbuh gigi. Pada usia 1 thn, sudah bisa merangkak dan berjalan. Kekurangan fisiknya tidak menyebabkan perkembangan serta pertumbuhan tubuhnya terhambat.

  7. Mariyatul Kibtiah ( Kiki ) berkata:

    Wss. Saya menjawab pertanyaan Sdri.Fitriah. Menurut saya kalo pantangan untuk Ibu hamil adakalanya benar, jika itu dipandang baik menurut akal. Misalnya sepeti yang dikatakan Sdri.Fitriah bahwa seorang Ibu yang sedang hamil tidak boleh makan dalam porsi yang besar sebaiknya makan dalam porsi sedikit tapi sering. Jika kebiasaan Ibu tersebut makan dalam porsi yang banyak akan menyebabkan berat badan bayi itu lebih besar dari normal sehingga setelah ia lahir otomatis kebutuhan nutrisinya lebih. Serakah yang dimaksud itu memang sudah karakternya dan mungkin membutuhkan makanan yang lebih. Sedangkan tante Tia yang mempunyai anak seperti yang menyerupai itu bisa berpengaruh terhadap psikologis ketika Ibu tersebut sedang hamil karena memperlakukan binatang itu seperti anaknya sehingga otak pun merespon dan mempengaruhi pertumbuhan bayinya. dan sifat pemalunya mungkin keturunan dari salah satu keluarganya.

  8. Mariyatul Kibtiah ( Kiki ) berkata:

    Saya pernah mengatakan Kalo pantangan ibu hamil adakalanya benar, jika itu dipandang baik menurut akal. Sdri Rahma memgatakan seorang ibu hamil 8 bulan, pada saat itu dari si calon ibu meninggal karena ia ikut pergi ke pemakaman. Banyak orang yang melarangnya kalo orang hamil tidak boleh ke pemakaman. lalu ibu tersebut tidak percaya dengan mitos. Begitu juga terjadi dengan anakanya yang menjadi kurus. Pengalaman ini juga serupa dengan apa yang dialami oleh ibu saya. pada waktu ibu saya mengandung adik saya yang kini telah meninggal dunia dalam beberapa tahun yang lalu. Adik saya meninggal dunia dalam usia 7 hari dari kelahirannya. Memang ibu saya juga tidak percaya dengan mitos tersebut kalo orang hamil tidak boleh melewati kuburan apalagi sampai mengunjungi ke pemakamannya. katannya si,,,adik saya meninggal dunia karena Ibu waktu hamilnya sering bangat jemur pakaian dekat dengan kuburan. Bukan berarti rumah saya dekat dengan pemakaman lhoo, cuma waktu itu ibu senang bangat jemur pakaian di rumah saudara saya yang memang letaknya dekat dengan pemakaman. Padahal waktu itu dukun sudah bilang beberapa kali sama ibu tidak diizinkan jemur pakaian dekat kuburan. maklumlah waktu itu Kalo seorang ibu melahirkan dengan seorang dukun. Malah ibu saya tidak mempercayainya. Bagi saya mitos itu percaya nggak percaya. Masalahnya,,, adakalanya benar.

  9. Mr. Jarot berkata:

    saya bertanya kepada tante yusuf, begini neeh tante critanya……..
    pada saat anda membahas tentang neonatal, saya menangkap kata “neo-nate” apakah ne- nate adalah masa mandiri seorang bayi?becauze what,karena apa, karena pada masa itu tali puser diputus. Maksud mandiri disitu mandi sendiri atau adzan sendiri?
    q harap balazan jawaban anda sebagai ungkapan cinta n kasih sayang kepada forkozzzz

  10. Mr. Jarot berkata:

    sorry pertanyaan w nyusul lgeee,coz kereta ppinya bannya bocor soryy yee….
    pertanyaanya begini tante yusuf…..
    pertanyaan esay,,,jawablah dengan panjang dan lebar serta argumen yg kuat n tepat…plezz bgt
    1.apakah masa neo-natal itu adalah masa perkembangan kekebalan tubuh dibnentuk?
    2.bagaimana ketika bayi mengetahui orang tuanya ketika bayi berumur 1 minggu?
    thankzz bgt gitu loohhhhh

  11. yusuf berkata:

    makasih ya m-bah atas pertanyaannya yang g jelas, laen kali kalo nanya pake bahasa manusia jangan pake bahasa praPurba…

    iya.
    gini loh m-bah, yang dimaksud dengan mandiri tu bukan mandi/azan sendiri tapi mandiri dari kehidupan sebelumnya (pascamatur)yang hanya mendapat asupan dari maknya melalui tali pusar

    WARNING
    hanya manusi yang dapat mengerti

  12. yusuf berkata:

    ngge m-bah,pada masa neo-natal tu adalah masa terbentuknya kekebalan tubuh

    ya pokoknya pada 1minggu tu si n’tong da pasti tau mana asi ibunya yang murni (yang pertama kali memberi nenen)

  13. hakiem berkata:

    asslamualaikum wr wb..
    saya sangat tertarik dengan nama “tafany” untuk anak saya saat lahir insyaALLAH. kalo boleh tau, apa arti tafany dalam bahasa arab. jazakallah kheir.

  14. n o l a berkata:

    diskusinya bagus

  15. Rumah Adhwa berkata:

    artikel yang bagus nih, buat calon orang tua 🙂

  16. intan berkata:

    ass.
    tanya nii,
    masa reaktif 1 dan masa reaktif 2 bayi lahir tu pa yah..??
    dan sumber bukunya jg yah. hehehe
    soalnya tak cari masih blom ktemu..
    blz gpl

  17. renni berkata:

    assalamualaikum saya mau tanya yang di maksud masa reaktif 1 dan 2 pada bayi baru lahir itu apa ya? mohon bantuanya

  18. Arifin berkata:

    Ini sumbernya dari mana? Thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s