Kontribusi Hukum Islam …. By PLS-Reg

Karimatan Nissa, Adinda Galih, Mega Cari, Hamdan Yusuf, Andika Pratama, Wemphy jeliansyah

Hukum islam itu terbagi tiga yaitu:

v Al_quran : yang benar-benar sudah ditetapkan & ada dari Allah

v Hadits : berdasarkan dari perkataan, perbuatan, taqrir, & himah nabi.

v Ijtihad : pengarahan daya piker untuk menentukan suatu ketentuan hukum

syara’ yang terbagi mnjadi: ijma, qiyas, istihsan, istishab,

maslahah mursalah, urf, syar’un man qoblana

Fungsi hukum bagi umat islam :

v Fungsi ibadah untuk pedoman dalam beribadah pada Allah SWT.

v Fungsi amar ma’ruf nahi mungkar

v Fungsi zawajir

v Fungsi tanjim wa islah Al ummah : sarana untuk mengatur sebaik mungkin dan memperlancar proses interaksi social sehingga terwujud masyarakat yang harmonis aman dan sejahtera

Tanya jawab saat presentasi:

1. Oktantia saraswati : apakah perbedaan antara ahli fiqih dan ahli usul fiqih?

Jawab: tidak ada bedanya karena keduanya sama-sama mengetahui hokum yang ada yang dibahas dalam kitab fiqih tersebut baik yang ahli fikqih maupun yang usul fiqih

2. Apriyati : apabila ijtihad dapat diperoleh dari pemikiran apakah orang-orang yang saat ini mengeluarkan pemikiran disebut ijtihad?

jawab: dilihat dari syarat2 orang berijtihad yakni menguasai bhs arab, pengetahuan al-quran, hadits yang baik , pengetahuan agama secara mendalam dll. Jadi jika ketentuan orng itu memenuhi syarat berarti berijtihad dan semua balik terhadap diri kita sendiri apakah ia memenuhi syarat atau tidak

3. Fajar aliansyah : apakah kontribusi bagi umat islam?

Jawab: kontribusi sebagai fungsi ibadah untuk pedoman dalam beribadah kepada Allah SWT. Fungsi amal ma’ruf nahi mungkar, fungsi zawajir, fungsi tahjim waislahal ummah yakni sarana untuk mengatur masyarakat sehingga terwujut masyarakat yang harmonis, aman & sejahtera, hokum islam memperlihatkan keselamatan jiwa manusia, hokum islam juga membahas pemeliharaan kerukunan dengan cara mengaturya dengan cara pernikahan

4. Eka saputri : apa yang dimaksud jalan mutawatir?

Jawab : Al-quran disampikan kepada kita dengan cara sejumlah orang bahwa ia sepakat benar2 wahyu Allah SWT dan terpelihara dsari perbuatan dan penggantian.

5. Rida Dwi Maharani: apa hokum membaca dan mempelajari Al-quran?

Jawab : Al-quran adalah pedoman hidup manusia jadi wajib untuk mempelajarinya apalagi mengamalkan atau membacanya.

6. Dimas ramadani : apa yang dimaksud ahli tarikh dan contohnya?

Jawab ahli tarikh adalah orang yang paham atau menguasai ilmu sejarah, contohnya: ibnu khaldun.

7. Trian Air langga : apa yang dimaksud dengan hasrat nabi dan contohnya?

Jawab : keinginan nabi yang sudah sempat dikatakan tapi belum sempat diklaksanakan contohnya: puasa pada tanggal 9 asyura nabi sudah mengatakan untuk berpuasa pada tanggal itu, tapi belum sempat dilaksanakan nabi telah wafat.

8. Muhammad : apakah hukum islam dapat dipakai pada hukum dinegara Indonesia?

Jawab sesuai dengan keadaan seperti musyawarah dapat dipakai dinegara Indonesia dan ada pada hokum islam, tetapi pelanggaran pada perzinahhan di islam, bagi pezinah di jilid atau di timpuk batu dan diasingakan. Di Indonesia sendiri belum ada hokum yang benar-benar mengaturnya sampai sedemikian itu

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

28 Balasan ke Kontribusi Hukum Islam …. By PLS-Reg

  1. Oktantia Saraswati berkata:

    Hukum Agama Islam VS Hukum Negara di Indonesia

    Menurut saya berbeda, sebab kalau hukum di Indonesia disamakan persis dengan hukum agama Islam, maka banyak orang yang akan sengsara. Karena hukum agama Islam sangat kejam.
    Contoh : Di agama Islam apabila seorang perempuan yang masih gadis atau belum menikah melakukan hubungan pra nikah (hubungan badan) maka menurut hukum agama ia harus dilempari batu 100 kali lalu diasingkan. Tapi menurut hukum di Indonesia ia hanya diberikan penyuluhan agar tidak melakukan hal seperti itu lagi. Atau ia hanya dihukum penjara saja.

  2. Siti Khotipah berkata:

    Menurut saya hukum islam dengan hukum negara tidaklah sama, contohnya: jika seseorang mencuri maka menurut hukum islam hukuman yang tepat adalah potong
    tangan, tetapi kalau hukum negara hanya dipenjara saja sebab indonesia bukan merupakan negara islam dikarena adanya keanekaragaman agama di indonesia(majemuk).

  3. Siti Tohayah berkata:

    hukum Islam VS hukum Indonesia

    Membicarakan tentang hal yang berhubungan dengan hukum antara islam dengan indonesia jelas sangat berbeda.
    Dalam hal ini dapat diangkat contohnya seperti yang berikut:
    perbedaan derajat antara laki-laki perempuan dalam hukum islam jelas sangat berbeda, tapi bukannya islam lebih mengangkat derajat laki-lak. hal ini terjadi karena dalam islam laki-laki dianggap sebagai pemimpin bagi kaum perempuan. sedangkan dalam hukum indonesia derajat lai-laki lebih diatas derajat perempuan karena kaum perempuan dianggap lemah. Jadi sangat terkesan Laki-laki sebagai kaum yang palung berkuasa.
    dalam hukum islam yang membedakan antara derajat seseorang adalah amala ibadah yang dikerjakan. Bukan karena seseorang itu kaya, atau yang memiliki segalanya.

  4. Fajar Ariansyah berkata:

    Menurut saya, hukum Indonesia ada sedikit kesamaan terhadap hukum islam. Misalnya saja jika kita melihat UUD’45 dalam pasal 34 menjelaskan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar harus dipelihara oleh negara. Dalam hukum islam, kita diwajibkan memberikan kasih sayang terhadap sesama pada umumnya dan khususnya kepada kaum yang keadaannya kurang beruntung daripada kita contohnya fakir miskin dan anak-anak terlantar seperti yang telah disebutkan di atas. Walaupun pada dasarnya hukum islam dan Indonesia berbeda, tetapi ada beberapa hukum Indonesia yang mengadopsi dari hukum islam.

  5. Ana Agustini berkata:

    Assalamualaikum wr wb

    Menurut saya hukum islam dengan hukum negara itu berbeda tetapi ada sedikit kesamaan.
    Seperti Hukum perang dalam islam yang dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 216 menjelaskan ” Mewajibkan atas kamu berperang, padahal perang itu adalah sesuatu yang kamu benci ” dalam hal tersebut sudah jelas kita sebagai muslim wajib memerangi segala kedzaliman di muka bumi ini. Seperti yang dilakukan para Fi Sabililah yang menurut mereka itu benar dan akan menghilangkan atau mengurangi keimanan dan ketakwaan itu mesti dihapuskan. Sedangkan di hukum negara semua memerlukan bukti bahwa ada yang bersalah dan wajib diperangi jika itu sudah melampaui batas norma-norma negara, karena dikhawatirkan akan membahayakan masyarakat indonesia. ada sedikit kesamaannya terletak pada pembukaan UUD 45 ” turut serta dalam pembelaan negara”

    Wasalam
    Ana PLS Reg 07

  6. Reni Handayani berkata:

    Menurut saya hukum Islam dan hukum negara itu keduanya sama-sama baik untuk dijalankan hanya saja hukum islam sulit untuk diterapkan dinegara kita karena kita jika menerapkan hukum islam di indonesia akan kecil kemungkinan semua akan menjadi baik, semua kembali pada fitrahnya masing-masing untuk menjalankan keduanya.

    thanks
    Reni Handayani
    PLS REG 2007

  7. Ifan Muliawan berkata:

    menurut saya hukum islam itu sangat baik dan keras tetapi jika diterapkan dinegara kita semuanya akan menjadi baik. para koruptor akan bertobat semua yang akan melakukan kejahatan akan takut dengan hukum islam jika diberlakukan dengan cara membuang sampah saja sembarangan akan takut karena akan timbul dosa. sedangakan hukum negara kita hanya memberikan larangan dan himbauan sehingga semua akan terasa terabaikan begitu saja.karena hukum negara kita menganut Demokrasi yang akan sulit menrapkan hukum islam. tetapi untuk itu kita kembali dan bercermin pada dirikita sendiri untuk menjadi yang terbaik di mata Allah Swt dan negara ini akan menjadi aman doakan saja oleh kita semua.

    Ifan Reg PLS 07

  8. karimatan nissa berkata:

    menurut saya, Hukum Islam dan hukum Negara sama, seperti halnya larangan terhadap korupsi.Di Indonesia jelas ada undang-undang yang mengatur tentang pelanggaran terhadap orang yang korupsi, bahkan sampai ada lembaga KPK. Begitu juga hukum Islam, di islam korupsi sama saja mengambil atau mencuri sesuatu yang bukan haknya, dan islam sangat melarang sekali mencuri. Dapat ditemui dalam beberapa ayat dalam Al-Quran.Jadi jelas ada kesamaan antara hukum islam dan hukum negara.

    KARIMATAN NISSA
    PLS REG 07

  9. niken aliyah berkata:

    menurut saya hukum islam dan hukum negara itu baik semunya kembali pada diri kita masing-masing.

  10. Rizal Taufiq berkata:

    menurut saya hukum islam dan hukum negara intinya sama karena memiliki tujuan yang baik.

    contohnya berkewajiban belajar, dalam islam belajar diwajibkan bagi umat manusia begitu juga dalam negara yang mewajibkan belajar 9 thn.

  11. Siti Annisa Nurrurohmah berkata:

    Sebagai warga negara yang baik kita wajib menaati hukum yang berlaku dalam kehidupan di negara Indonesia. Saat ini hukum yang ada di Indonesia tidak sejalan dengan hukum islam yang mengutamakan penegakan hukum secara tegas dan adil. Namun masih ada beberapa poin yang dapat dihubungkan antara hukum islam dan hukum negara, dimana keduanya mengatur hukum tentang hak waris atau pembagian warisan. Sejauh yang saya ketahui pengaturan hukum hak waris dalam islam lebih rumit jika dibandingkan dengan hukum negara.

  12. Muhammad berkata:

    Menurut saya hukum agama dan hukum negara berbeda dalam hal sumber. Hukum agama berasal dari Allah SWT sedangkan hukum negara berasal dari manusia, tetapi ada persamaan diantara keduanya yaitu bersifat mengikat yang bertujuan untuk mengatur kehidupan umat manusia.

  13. Adinda Galih berkata:

    Hukum Negara itu terbukti dan memang banyak yang mengetahui bahwa mereka lebih ke hukum yang bersifat duniawi saja.Yang dibuat oleh mausia dan untuk manusia,berbeda dengan hukum islam yang dibuat oleh Allah SWT untuk manusia.Tetapi bukan berarti hukum dari Tuhan tersebut satu – satunya hukum yang harus dijalankan karena berfikir bahwa hukum Islam itu satu – satunya hukum yang benar.Ada hukum – hukum yang harus dijalankan dan ada pula yang tidak.Hukum Islam dan hukum Negara sangat berlawanan.Jika kita akan melakukan suatu putusan,belum tent kita harus menggunakan hukum Islam to’,karena melihat dan mengacu pada Negara kita yang “katanya”Bhineka Tunggal Ika,di Indonesia ada 6 aliran agama yang berkembang dan sisanya,aliran – aliran yang diketahui maupun tidak.Jadi kita belum bisa menggunakan hukum Islam di Indonesia,berbeda dengan seperti di daerah Timur ,dimana hukum Islam dijalankan.Seperti contoh,di Indonesia,jika ada yang mencuri ,tangan mereka terlepas dari hukuman potong jari tangan,karena hukum Negara hanya mengharuskan mereka untuk mengganti kerugian,denda,atau hukuman penjara.Tetapi di Aceh,hukum Islamlah yang berlaku.

  14. Trian Airlangga berkata:

    enurut saya persamaan dalam hukum islam dan hukum negara adalah sama-sama melarang perzinahan

  15. Ekas Saputri berkata:

    menurut saya yang membedakan hukum islam dengan hukum negara adalah keduanya melarang tentang pelacuran

  16. Rida Dwi M berkata:

    menurut saya yang membedakan hukum islam dan hukum
    negara adalah dalam bidang dilarang meminum minuman keras

  17. Nur Alfiansyah berkata:

    menurut saya dalam hukum negara dan islam juga
    sama-sama melarang perjudian di masyarakat.

  18. Megacari berkata:

    Menurut saya hukum islam yang sama dengan hukum negara
    adalah dalam bidang perkawinan beda agama.
    Dalam agama islam menikah dengan orang yang berbeda
    agama hukumnya adalah haram.
    Dalam hukum negara menikah dengan orang yang berbeda
    agama juga dilarang.

  19. amalia berkata:

    1.sebenarnya apasih sejarah hukum islam ?
    2.pengertian hukum islam menurut al_quran ?
    3.pengertian hukum islam menurut hadits ?
    4.pengertian hukum islam menurut para nabi-nabi ?
    5.pengertian hukum islam menurut fatwa ?

  20. Agus berkata:

    Apa kontribusi umat islam dalam perumusan sistem hukum nasional?

  21. nike agustina berkata:

    hukum islam berbeda sekali dengan hukum negara karena hukum islam sangat tegas, kalo hukum negara karena uang habis perkara

  22. I'm a Moslem berkata:

    yang jelas hukum islam ditegakkan, hidup khan damai dan aman….

    mungkin orang bnyak hanya taunya hukum islam itu kejam dan sbgainya…
    krna kita mank hidup di zaman yg sudah berbeda..

    tp klo kita kaji lagi dan kita pahami gy tentang hukum islam,…
    InysaAlloh banyak manfaatnya dan hasilnya jadi lebih baik gy….
    Allohu akbar!!!

  23. niswah aly berkata:

    pada intinya hukum islam dan hukum negara itu hanya berbeda dalam kurun sumbernya, yang mana hukum islam berasal dari syari’at sang kholiq, sedang hukum negara berdasar dari keputusan pemerintah.
    dan itupun sifatnya mengikat bagi masing-masing individu.

  24. miftah berkata:

    hukum islam itu tidk kejam, tidak mungkin alloh kejam pada hambanya, alloh lebih au apa yang terbaik untuk hambanya, bukan untuk menyengsarakannya dibumi, hukum dibuat sesuai takarannya…

  25. Mellissa berkata:

    I visited several web sites however the audio quality for
    audio songs existing at this site is genuinely marvelous.

  26. たぶんレプリカ時計を購入するほとんどの人々のために良い選択ですが、レプリカwathesを購入する方法は、非常に多くのWebサイトは、インターネット上である同様に、我々は所定の位置に常に非常に良い番号を持つことができませんでした、これは、ユーザがエリアに追加された拡張機能のスマートなこ​​とはありませんでした意味 |それは丈夫、実用的でトレンディなバッグを選ぶことになると、細部に注意を払う女性専用.
    バッグは光沢のある素晴らしい革でとても美しく見え、素晴らしい銀または、あなたがそれらすべてを所有しているように感じることをゴールドハードウェア、
    ロング遠隔教育は、時間は環境に優しいかもしれませんルイヴィトンの戦略を維持し、効率的、生産的な電荷に変えることができます

  27. 一括シャネル バッグを常にいる 独特 と 本物。 web です、最高 入れ
    に 見て を 財布 ・手帳。このブートです作ったメリノ羊毛からミックスと作ったに外観ケーブル ニット セーターのような。彼ら財布は特にみなさに現代と貴重な。

  28. 男性と女性認識はイライラ開発設立シャネル 財布で。これです、共通伝統的な支持容易に利用可能黒栗とチョコレートとして完璧に。我々 可能性があるを考慮決定2 つ様々 なスタイルとして シャネル の最高クリスマスプレゼント。保つ欠席、滝から彼ら関数は非スリップのゴム底。本当に 非常に多く の 有益な
    アドバイス !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s