Kerukunan Umat Beragama

Apa yang dimaksud kerukunan umat beragama? Ilustrasi apa yang bisa diartikan sebagai satu bentuk kerukunan umat beragama?. Bagi teman-teman mahasiswa yang ingin memaparkan hal tersebut, jangan lupa nama, noreg dan jurusannya! Semangat!!!

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

50 Balasan ke Kerukunan Umat Beragama

  1. Dwi Agustina - PAUD berkata:

    saya memiliki tetangga yang beragama Nasrani, ketika hari natal tiba, Ia datang ke rumah dengan membawa makanan, lalu untuk menjaga perasaannya dan sebagai bentuk toleransi, saya dan keluarga menerima dengan tanpa rasa sungkan.

  2. Dewi Siti Lestrari - PAUD berkata:

    setiap manusia merupakan makhluk sosial yang pasti tanpa disadari maupun sadar memerlukan bantuan atau perhatian dari orang lain,,
    kita pasti bersahabat tanpa memandang siapa atau bagaimana statusnya,,
    sebagai contoh……
    aku punya temen deket bisa dibilang sahabat lah,,kebetulan dia beragama khatolik..!!! waktu itu kita janjian untuk nonton,,kita udah ngerencanain dari jauh-jauh hari terus kita dah mikirin mau kemana kita sebelum atau sesudah kita nonton..
    pokoknya rencana nya dah matang banget deh,,
    pas dia udah mau ngejemput,,aku nya juga dah dandan+rapi tau-tau nya dia di telepon sama temennya kalo sore itu ada kebaktian remaja,,
    dia bilang ma aku trus dia juga bilang dia bakal bolos aja daripada ngebuat aku kesel..
    tapi aku lansung ngasih pengertian ke dia kalau aku ga bakal marah lagian itu kan kewajiban dia dalam menjalankan ibadahnya,,jadi aku lansung ngebatalin janji dan memberikan kesempatan dia untuk menjalankan ibadahnya..

    menurut saya itulah toleransi yang telah saya lakukan dalam menjalani toleransi antar umat beragama…

  3. Niken Pratiwi- PAUD berkata:

    Toleransi sama saja memberi kebebasan kepada seseorang untuk beribadah sesuai agamanya dan juga toleransi diartikan sebagai sikap saling menghargai dan menghormati sesama pemeluk agama.
    Contohnya: kertika saya merayakan Hari Raya Idul Fitri, tetangga saya yang beragama protestan datang untuk bersilahturahmi. hal ini menunjukkan sikap toleransi mereka kepada keluarga saya. Sebaliknya ketika mereka merayakan Hari Raya Natal, kami selaku tettangga yang baik juga datang untuk bersilahturahmi. Dalam kehidupan bermasyarakat kita sebagai warga yang baik harus saling menghormati,walaupun berbeda agama.

  4. Prima Relanda- PAUD berkata:

    disini saya akan berbicara mengenai toleransi umat beragama..

    di linkungan komplek saya,khususnya di RT saya, kekeluargaannya sangat erat bgd.. jadi misalnya ada orang yang meninggal,kita semua sebagai tetangga saling membantu, ada yang membatu bikinin makanan dll entah itu yang meninggal orang muslim ataupun non muslim.

    kalo lagi lebaran yang non muslim datang bersilahturahmi ke rumah saya dan rumah muslim lainnya, begitu pula sebaliknya kalo lagi ada hari besar agama lain, saya dan yang muslim lain datang untuk menghargai mereka. begitu pula jika di rumah saya sedang ada pengajian, sebagai rasa bertoleransi,keluarga saya juga memberikan kue-kue yang ada tuk pengajian ke tetangga saya yang non muslim begitipun sebaliknya..

    poko’nya kehidupan antar umat beragama di lingkungan saya sangat baik sekali karena adanya sikap saling menghargai..

  5. Kinanti FH- PAUD berkata:

    Toleransi antar umat beragama yang saya lakukan:

    saya memiliki beberapa teman dekat. salah satu diantaranya beragama kristen. kami selalu mempersilahkan dia untuk mengikuti kebaktian sebelum berkumpul bersama saya dan teman-teman. begitu juga dengan teman saya yang beragama kristen itu, dia selalu mengingatkan saya dan teman-teman yang lain umtuk melaksanakan sholat.

    tetangga depan rumah saya beragama kristen. setiap hari raya idul fitri, tetangga saya selalu mengucapkan selamat serta memberikan bingkisan. begitu juga dengan keluarga saya.

    orang tua saya bilang, asalkan kita tidak terpengaruh dan mengikuti ajaran agama mereka, tidak apa-apa bila kita mengucapkan selamat kepada hari raya umat lain. karena itu sebagai bentuk penghormatan serta menjalin kerukunan yang baik.

  6. Annisa Bani Salamah berkata:

    oleransi yang sudah saya lakukan antar umat beragama, satu diantaranya adalah memberi kesempatan kepada mereka untuk berpendapat ketika sedang berdiskusi disebuah forum. Tanpa mengejek ataupun mencela pendapat mereka.

  7. Finanda - PAUD berkata:

    Toleransi yang sudah saya lakukan yaitu di sekitar rumah saya yang memang banyak orang non-Muslim. Kebetulan orangtua saya mempunyai warung kecil dan hampir setiap hari tetangga saya yang bukan Muslim membeli sesuatu dari warung saya, tanpa ada rasa perbedaan, saya tetap melayani dia dengan baik tanpa ada kesan yang menonjol mengenai perbedaan agama. Dan saya tidak pernah menunjukkkan sikap yang tidak bersahabat dengannya. Saya juga kadang bermain dengan anaknya yang masih berumur sekitar 2 tahun. Hal ini menurut saya sudah merupakan bentuk toleransi antar umat beragama.

    Alasan saya melakukan hal demikian karena itulah salah satu bentuk toleransi antar umat beragama yang tepat, toleransi dalam segi hubungan tetangga, bukan masalah akidah.

  8. Ridha A- PAUD berkata:

    Sikap toleran yang telah saya lakukan terhadap umat agama lain antara lain, kan gini bu saya punya tetangga yang beragama Hindu, mereka merayakan nyepi yang berarti tidak boleh menyalakan listrik (lampu), tidak boleh keluar rumah, dan berpuasa. Seharian itu mereka berdiam diri sambil berdoa, jadi sebagai tetangga saya tidak ribut dan tidak mengganggu ibadah mereka sampai mereka selesai menjalankan ibadahnya esok hari.

  9. rodina agustiani berkata:

    menurut saya kerukunan umat beragam itu dalah saling menghargai atau bertoleransi antar umat beragama. sebenarnya di Indonesia hal tersebur sebagian besar sudah terwujud,saya saat ini tinggal di kostan dan pemiliknya berbeda agama dengan saya tapi hubungan kami cukup baik,kami sering mengobrol banyak hal dan ketika waktunya saya salat dia mengerti dan segera menyudahi obrolan kami,begitu juga dengan tetangga kamar saya,dia baik saya seing berkunjung ke kamarnya untuk nenonton TV bareng.
    jadi kerukunan dengan umat beragama itu indah.

  10. pamela octota - PLS berkata:

    kerukunan umat beragama adalah sebagai suatu keadaan dimana sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat.
    kerukunan umat beragama sepertinya saat ini sudah mulai memprihatinkan.Di Indonesia sendiri, pertikaian kerap kali terjadi dalam berbagai skala antara pemeluk agama Islam dengan pemeluk agama Kristen, pemeluk dua agama terbesar di Indonesia. Banyak tragedi yang terjadi di Indonesia dengan dilatar belakangi oleh agama. Seperti tragedi situbondo, ketapang, ambon, podo, dll.

  11. Siti Rahmah - PAUD berkata:

    Toleransi yang sudah saya lakukan satu diantaranya : Menghormati perayaan umat lain yang sedang merayakan hari besar,contohnya ketika tetangga saya merayakan natal,saya dan keluarga saya memberi ucapan dan memberi kue untuknya dan tidak menganngu mereka disaat mereka sedang beribadah

  12. Nabila NA - PAUD berkata:

    Sikap toleransi antar umat beragama yang telah saya lakukan antara lain,,
    pada waktu saya sekeluarga berkesempatan berlibur ke Bali, saat mengunjungi beberapa toko, dan setiap tempat/toko yang saya datangi selalu tersedia sesajen di depan pintu masuk, hal itu dipercaya dapat mengundang rezeki & menghindari bahaya. Saya menghargai kepercayaan yang mereka anut, oleh krn itu saya tidak menganggu ibadah yang mereka lakukan

  13. Din Septiani - PAUD berkata:

    salah satu toleransi yang telah saya lakukan dalam kehidupan saya adalah ketika salah seorang tetangga saya yang beragama kristen mengadakan acara dirumahnya, dan selama acara berlangsung mereka bernyanyi bersama (mungkin itu bagian dari doa mererka? saya tidak tahu…). selama itu saya diam dan tidak mengganggu mereka, menurut saya dalam hal tersebut saya sudah memberikan toleransi kepada mereka untuk menjalankan acaranya, meskipun acara itu berlangsung dari siang sampai malam hari.

  14. Syifa - PAUD berkata:

    Toleransi terhadap umat beragama lain pernah saya lakukan ketika saya masih memiliki tetangga yang beragama kristen. Saya sering bergaul dengan mereka. Karena kita dekat dan tidak menganggap musuh pada akhirnya keluarga tersebut percaya dan bersikap baik pula terhadap kita. Hampir setiap hari minggu mereka menitipkan kunci rumah kepada saya ketika mereka ingin pergi beribadah ke gereja. Mereka menitipkan kunci tersebut dikhawatirkan hilang, karena sebelumnya mereka pernah kehilangan kunci rumah ketika sedang beribadah,mungkin jatuh saat perjalanan atau lupa menyimpannya. Mereka tidak ingin kejadian itu terulang dan mereka ingin ibadahnya tidak terganggu karena selalu khawatir kunci rumah hilang. Karena itu saya mau membantu mereka dengan cara menyimpan kunci tersebut dengan baik. Bagi saya toleransi antar umat beragama perlu dilakukan sebab kita hidup di negara yang mengakui 6 macam agama. Selama toleransi yang kita lakukan tidak mengubah akidah kita sebagai seorang muslim maka dibolehkan. Karena itu saya mau membantu mereka

  15. Karimah - PAUD berkata:

    toleransi antar umat beragama yang sudah saya lakulkan
    adalah toleransi saat menjalankan ibadah….

    kenapa itu?
    karena kalau pada saat agama lain beribadah lalu kita
    tidak menghormati maka kita secara tidak langsung
    mencemari agama islam karena agama islam dianggap tidak
    mengajarkan toleransi

  16. Karimah - PAUD berkata:

    toleransi antar umat beragama yang sudah saya lakulkan
    adalah toleransi saat menjalankan ibadah….

    kenapa itu?
    karena kalau pada saat agama lain beribadah lalu kita
    tidak menghormati maka kita secara tidak langsung
    mencemari agama islam karena agama islam dianggap tidak mengajarkan toleransi

  17. Fathunnisa - PAUD berkata:

    salah satu tolenrasi dalam beragama…
    dalam organisasi yang saya ikuti ada beberapa penganut nasrani…
    dan biasanya kami kumpul tiap minggu tapi setelah penganut nasrani tersebut masuk, kami pun mengubah jadwal pertemuan kami yaitu sabtu malam…

  18. Citra Lestari - PAUD berkata:

    TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA

    Salah satu contoh nya menurut saya adalah kita dapat menjalankan ibadah masing-masing agama tanpa saling menggangu jalanya ibadah tersebut. Biasanya pada bulan puasa banyak tempat makan yang tutup pada siang hari, itu merupakan bentuk toleransi antar umat beragama juga.

  19. R. Devi - PAUD berkata:

    erukunan Antar umat beragama yang pernah saya lakukan….

    Dalam berteman Saya tidak pernah membedakan mereka baik muslim maupun yang non, tidak menyinggung tentang aqidah yang mereka pilih, bila saat lebaran tiba keluarga Saya selalu memberikan makanan khas seperti ketupat tidak hanya kepada tetangga yang muslim saja tapi yang non muslim pun ikut Kami beri, begitu pun sebaliknya

  20. Zahra Jannati berkata:

    Toleransi yang saya pernah lakukan sesama umat beragama ialah ketika malam natal saya bertetangga dengan keluarga yang akan merayakan natal esok harinya, dan pada malam itulah tetangga saya mengadakan ibadah di rumahnya bersama dengan kerabatnya,awalnya kami memaklumi dan mentolereni keadaan mereka yang akan melaksanakan hari raya. Namun atas toleransi yang kami berikan kepada mereka di salah gunakan,karena sejak kami memaklumi itu mereka menjadikan rumah meraka menjadi tempat ibadah yang selalu di datangi banyak orang setiap hari minggu pagi, lam – kelamaan kami merasa terganggu dengan apa yang mereka lakukan, yang menjadikan rumahnya seperti gereja.Lalu tindakan yang kami dan tetangga lain ambil ialah pertama kami hanya memperingatkan kalau kami tidak setuju dengan yang mereka jalani dan kami meminta membubarkan ibadah mereka di perumahan kami. Namun peringatan yang lebih dari tiga kali itu tidak ada tanggapan, akhirnya kami menempuh jalur hukum dengan melaporkan kepada polisi bahwa kegiatan yang seharunya diadakan di gereja,tapi di rumah,kemudian setelah di tangani polisi,acara tersebut sudah di tiadakn lagi,bahkan tetangga kami pun pindah rumah karena malu.

  21. Raidha Mutia berkata:

    Toleransi beragama yang telah saya lakukan ialah dengan tidak mengganggu para tetangga saya yang berlainan agama dengan saya ketika mereka memperingati hari besar agama mereka. Dengan tidak mengganggu dan tidak menghalang-halangi mereka untuk beribadah ataupun ketika mereka memperingati Hari Besar agama atau kepercayan mereka, bagi saya itu juga merupakan sebuah toleransi dalam beragama. Saya juga tetap bersikap ramah pada mereka, walaupun kami berbeda kepercayaan. Tetap tersenyum dan bertegur sapa ketika bertemu dengan mereka.

  22. Ana Agustini - PLS berkata:

    Toleransi yang sudah dilakukan.
    ketika berada dalam bis kota mempersilahkan orang yang lebih tua untuk duduk dikarenakan kita mampu berdiri dan usia kita lebih muda daripadanya tidak hanya untuk orang tua saja tetapi kita mengalah untuk orang-orang yang tidak kuat untuk berdiri.
    Semua itu bertujuan untuk ibadah.

  23. Eka Saputra - PLS berkata:

    Toleransi yang sudah saya jalankan ialah meminjamkan buku pada adik kelas saya,
    karena buku itu masih layak untuk dipakai dan berguna dan lebih bermanfaat jika digunakan

  24. Kurniawan B - PLS berkata:

    Toleransi yang sudah dijalankan yaitu ” Saling memberi”
    Contohnya :
    Umat islam sedang merayakan hari raya ( Lebaran ) dan pada saat itu tetangga saya umat kristen kita memberi ketupat lebaran itu dan sebaliknya apabila umat kristen merayakan hari raya ( Natal ) meraka juga memberi makanan pada kita

  25. Oktantia S- PLS berkata:

    Toleransi yang pernah saya lakukan:

    Dalam keluarga saya, saya memiliki salah satu keluarga dari Ibu saya yang beragama kristen. Setiap tahun keluarga saya selalu datang untuk mengucapkan hari natal. Begitu juga sebaliknya, apabila kami merayakan lebaran keluarga mereka selalu datang untuk mengucapkan hari raya.
    Walaupun kami berbeda agama, kami selalu menjaga silahturahmi jangan sampai putus salah satunya dengan saling bertoleransi.

  26. Gianti P - PAUD berkata:

    toleransi antar umat beragama. sikap yang saya lakukan
    adalah saling mengenal dengan umat beragama. saya
    melakukan hal itu berdasarkan firman Allah dalam surat
    Al-Hujurat ayat 13. Allah menjadikan kita bersuku-suku dan
    berbangsa-bangsa untuk saling mengenal. Dalam hal ini, kita sebatas mengenal tidak untuk mencampuri urusannya karena Allah telah ‘menuliskan’ dalam surat Al-Kafiruun ayat 6, “untukmu agamamu, dan untuk-Ku agamaku”. jadi, kita hanya sebatas mengenal, bukan untuk mencampuriurusannya.

  27. Siti Annisa Nurrurohmah berkata:

    Toleransi dalam kehidupan beragama sangatlah penting diterapkan di Indonesia, karena Indonesia memiliki berbagai macam suku bangsa dan agama. Perbedaan itu indah, jika kita bisa saling menghargai antara sesama umat beragama. Dalam lingkup yang lebih sempit sebenarnya kita telah melakukan toleransi, namun biasanya kita tidak menyadarinya. Contoh sederhananya saat dilingkungan perkuliahan, dalam satu kelas ada yang beragama non muslim, tapi kita tetap bergaul seperti biasa sama dengan perlakuan terhadap teman kita yang muslim.

  28. Muhammad berkata:

    Bentuk toleransi yang pernah saya lakukan adalah saya tidak melukan keributan ataupun mengganggu tetangga depan rumah saya yan beragama nasrani, ketika mereka sedang beribadah/kebaktian.
    Alasannya karena dengan begitu saya sudah menghormati mereka untuk menjalankan kepercayaan mereka.

  29. Andyka Nur S. - PLS berkata:

    Menurut saya toleransi sangat penting terutama di Indonesia karena memiliki agama yang berbeda-beda (banyak). Karena apabila kita saling bertoleransi kehidupan akan lebih rukun dan damai tidak ada konflik antar agama.
    Bentuk toleransi yang pernah saya lakukan diantaranya saat tetangga merayakan hari besar keagamaannya, saya ikut mengucapkan selamat hari raya, begitupun sebaliknya.

  30. Rizal Taufiq berkata:

    Toleransi yang pernah saya lakyukan:
    1.kepada sesama umat muslim
    Apabila ada sesama muslim sedang beribadah,saya menghentikan kegiatan dan mendengarkannya..
    contohnya teman saya sedang membaca Al-Quran saya selalu mengengarkannya karena barang siapa yang mendengarkan seorang muslim yang sedang membaca Al-Quran maka ia akan mendapat pahala.
    2.kepada antar umat beragama(nonmuslim)
    saya selalu mempersilahkan dan menghargai jika teman nonmuslim saya akan melaksanakan ibadah.
    contohnya saya mempunyai teman nonmuslim satu grup band,ketika hari minggu kita berencana akan latihan namun teman saya yang nonmuslim keberatan karena dia harus ke gereja.kamipun membatalkan latihan kami hari itu.karena kita tidak boleh menghalang-halangi siapapun yang mau beribadah.

  31. Menurut saya toleransi beragama itu sangat diperlukan karena dapat menciptakan perdamaian dimuka bumi. Oleh karena itu, toleransi harus ditegakkan sedini.
    Yang pernah saya alami, setiap pagi saya melihat tetangga saya membakar hio dan menyiapkan berbagai sesajen. Untuk menghormatinya saya tidak pernah mengomentari dan berbuat macam-macam yang dapat menyinggung kepercayaan mereka.

  32. Karimatan Nissa berkata:

    Apa bentuk toleransi agama yang telah dilakukan,berikut alasannya?
    Jawab: Memberikan pertolongan saat dia(teman dari agama lain)membutuhkan pertolongan,lebih kususnya pada waktu itu memberi pertolongan saat dia membutuhkan pertolongan untuk di pinjamkan uang demi memenuhi keperluannya atau keperluan teman saya yang berbeda agama pada saat itu.
    Alasannya:Dalam islam kita di ajarkan untuk (hablum minALLAH,hablum minannas & hablum minal alam) hablum minannas disini menandakan kita untuk berbuat baik pada manusia,manusia di dunia ini bukanlah hanya dari agama islam tapi bermacam-macam dan beragam baik suku,ras&kebudayaan.Maka di dalam agama saja sudah jelas di perintahkan untuk berbuat baik maka toleransi beragama memang sah & di perbolehkan dalam agama.tetapi jelas-jelas &sangat keras untuk tidak di perbolehkannya toleransi dalam bidang ubudiyah atau beribadah selain itu tidak apa-apa.

  33. Ifan muliawan berkata:

    bentuk toleransi tentang yang saya lakukan dengan menghormati perbedaan umat beragama cotoh saat itu teman saya sedang berpuasa sesuai dengan kepercayaannya saya menghormati dengan cara tidak makan atau minun minuman di depan di yang sedang berpuasa

  34. siti khotipah berkata:

    Nama :siti khotipah
    No.Reg:1515071185
    jurusan:pendidikan luar sekolah

    Menurut saya kerukunan beragama dan toleransi umat beragama sangat penting untuk menjaga keharmonisan antara pemeluk agama yang berbeda.contohnya:saya memiliki teman yang berbeda keyakinan yang saya lakukan adalah saya harus menghormati dan menghargai keyakinan yang dia yakini,tidak saling menjelek-jelekan agama satu sama lain,dan memahami bahwa agama saya agama saya dan agama kamu adalah agama kamu…

  35. Megacari PLS berkata:

    Dalam islam tidak melarang agama lain untuk menjalankan ibadah dan tidak mengganggu saat agama lain sedang melaksanakan ibadah

  36. Nur Alfiansyah PLS berkata:

    Saat agama lain merayakan hari besarnya saya mengucapkan selamat dan ikut merayakannya

  37. Hamdan Yusuf PLS berkata:

    Ketika teman saya yang beragama hindu merayakan nyepi saya tidak mengganggunya

  38. Rida Dwi Maharani berkata:

    Dalam islam kebebasan beragama dibolehkan karena itu adalah salah satu toleransi dalam beragama. Seperti yang dijelaskan dalam surat al kafirun ayat ke enam.

  39. Trian Airlangga- PLS berkata:

    Conth toleransi dalam beragama adalah saling pengertian dalam diri manusia yang berbeda agama. Sperti, ikut sertanya seorang cowok beragama Kristen dalam kegiatan Sahur di jalan raya yang dilakukan oleh remaja Islam. Ia membantu sebagai petunjuk jalan dan membantu lancarnya pelaksanaan Sahur On The Road

  40. Saidah - PAUD berkata:

    dalam hubungan dengan masyarakat majemuk, sikap toleransi perlu ditegakkan dalam pergaulan sosial, terutama dengan anggota-anggota masyarakat yang berlainan pendirian, pendapat dan keyakinan. yaitu toleransi yang bersikap lapang dada terhadap orang lain, tanpa harus mengorbankan prinsip diri sendiri. misalnya yang sudah saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah tetap berteman tanpa harus mencampuri aqidah yang kami anut masing-masing

  41. Anggi E - PAUD berkata:

    Toleransi yang saya lakukan adalah menghormati dan menghargai semua yang dilakukan oleh agama lain terutama beribadah.
    Karena ada sebagian keluarga saya yang beragama lain, saya pernah ikut merayakan hari raya mereka.
    menurut saya itu adalah satu bentuk toleransi saya biarpun saya berbeda keyakinan

  42. Dana Janwar berkata:

    Menurut pengalaman yang pernah saya alami selama saya bersosialisasi terhadap umat selain islam,adalah ketika saya duduk dibangku SMA.Di sana saya kebetulan satu kelas dengan siswa non muslim dan teman saya satu bangku adalah umat kristiani,kita berteman cukup akrab,dia baik terhadap saya demikian juga saya berusaha baik terhadap dia,saat itu kebetulan hari raya Idul Fitri,dia mengucapkan selamat kepada saya kita biasa saja bersikap,namun ketika dia merayakan hari rayanya,saya merasa bingung apakah saya harus mengucapkan selamat juga ataukah tidak,ketika saya berkonsultasi dengan kakak saya,saya dapat mengambil jalan tengah dengan memberikan ucapan selamat namun ketika hari raya kurang satu hari,dan juga saya tidak perlu mengucapkan selamat natal,namun hanya ucapan selamat saja,itu sudah cukup.Dengan alasan agar lebih berhati-hati agar tidak mengotori akidah.Saya rasa itu salah satu pengalaman saya.

  43. Karin A berkata:

    mungkin memang belum banyak toleransi yang pernah saya
    lakukan, namun sejauh ini saya sudah melakukan toleransi
    antar umat beragama, diantaranya:
    1. tidak menghalang-halangi kegiatan ibadat mereka
    (termasuk di antaranya mengganggu), misalnya ketika natal
    sebagian saudara saya yang nasrani merayakannya,
    saya(walaupun tidak ikut menghadiri) tidak
    menghalang-halangi kegiatan tersebut.
    2. menghormati dan menghargai apa yang mereka yakini,
    banyak teman2 saya yang berbeda keyakinan dengan saya, namun sebisa mungkin saya hargai apa yang mereka yakini.
    3. menjawab tuduhan2 yang mereka lontarkan dengan kepala dingin, sering kali teman2 saya tersebut salah sangka atau tidak paham tentang apa yang saya yakini, namun saya tetap menjawab sangkaan2 mereka dengan kepala dingin.
    4. mengingatkan waktu ibadah mereka, misalnya ketika
    PD(persekutuan doa) maupun PJ (persekutuan jemaat), saya mengingatkan mereka untuk segera menghadiri kegiatan tsb.

  44. Maziyah - PAUD berkata:

    Tindakan toleransi antar umat beragama yang pernah saya lakukan adalah tidak mengganggu saat mereka sedang beribadah sesuai keyakinannya. Salah satu contohnya saya mempunyai tetangga yang beragama kristen, saat-saat tertentu mereka melakukan ibadah di rumah tersebut. Saya menghormati dan tidak mengganggu mereka karena di dalam ajaran agama islam kita diperintahkan untuk toleransi kepada umat agama lain.

  45. Bunga Aisa - PAUD berkata:

    Sebagai warga yang bermasyarakat,sangatlah penting menjaga kerukunan. Salah satunya dengan bertoleransi dengan warga non-muslim,,
    Sikap atau cara saya bertoleransi dengan membiarkan dan menghargai mereka (non-muslim) ketika menjalankan agamanya. Contohnya ketika tetangga saya yang non-muslim merayakan hari besarnya, saya tidak mengusik mereka.
    Namun, dari semua itu, tetap ada batas-batasnya, selama kegiatan itu tidak mengganggu atau mengusik saya, bagi saya tidak masalah

  46. Nur Hapni Oktafia berkata:

    Toleransi antar umat beragama yang pernah saya lakukan adalah pada waktu saya SMA saya pernah ada tugas kelompok. Seharusnya kami melaksanakan tugas kelompok itu pada hari Minggu pagi. Namun karena salah seorang dari kelompok kami tidak dapat hadir pada hari itu, maka kami memberikan kommpensasi waktu kepadanya.Seharusnya kami melaksanakannya pada minggu pagi tetapi hanya dia yang datang pada siang hari karena dia harus melakukan ibadah kebaktian pada pagi harinya.
    Saya melakukan hal tersebut karena saya menghargai dia sebagai ummat beragama yang lain. itu adalah toleransi antar umat beragama.

  47. Choirunnisa berkata:

    Di lingkungan tempat saya tinggal jarang sekali terdapat warga yang beragama non islam, mungkin bisa dihitung dengan jari. Walaupun demikian saya toleransi terhadap mereka tetap saya jalankan, contohnya : waktu saya kecil saya sering bermain dengan teman saya yang non islam, dan hubungan antara kami berjalan dengan baik, tidak ada diskriminasi. contoh lainnya memberikan senyuman dan menegor jika bertemu di jalan.
    Pada saat merayakan hari agama masing-masing, kami saling menghormati satu sama lainnya. dan kami saling membantu tetapi tidak menyangkut masalah akidah kami.
    Dan toleransi yang terjalin terhadap non islam tidak hanya dalam lingkungan masyarakat, tetapi juga di ingkungan tempat saya kuliah.
    Mungkin hanya sedikit yang dapat saya komentari, saya berharap dalam kehidupan beragama kita dapat saling bertoleran.

  48. Widya Kartika berkata:

    Salah satu contoh penerapan toleransi beragama yang pernah saya lakukan adalah :
    >> Saya tidak melarang dan mau menunggu dirumah saudara saya ketika dia melaksanakan ibadah ke gereja. Hal itu terjadi ketika saya menginap di rumah saudara saya yang bersuku Manado dan menganut agama nasrani. Padahal pada hari itu kami sudah siap untuk berangkat ke suatu acara. Walaupun sempat merasa kesal,tetapi akhirnya saya sadar kalau sesama umat beragama kami harus saling menghormati. Saya memang tidak ikut menunggu di gereja tetapi hanya menunggu dirumahnya. Tetapi dengan menunggunya dirumah,itu sudah merupakan toleransi beragama menurut saya.

  49. Sarah W berkata:

    Yang sudah saya lakukan dalam toleransi umat beragama adalah, saya tidak ikut campur dalam masalah keagamaannya dan kami saling menghormati, kami tidak pernah membeda-bedakan agama kami atau menjelek-jelekkan agama yang berbeda.

  50. devi silvia n berkata:

    assalammualaikum wr.wb

    toleransi antar umat beragama yang pernah saya lakukan adalah pada waktu saya SD,lingkungannya sebagian nonmuslim tapi walaupun begitu saya tetap bermain dan berteman tanpa membeda-bedakan agama yang berbeda.

    wass….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s