Masyarakat Madani ala PLS-reg

By Ana Agustini, Apriyanti, Muhammad, Siti Khotipah 

MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMAT            

Hingga saat ini masyarakat madani masih menjadi wacana. Di samping itu, masyarakat madani sering dikatakan sebuah masyarakat yangdiimajinasikan, karena sepanjang sejarah islam masyarakat madani baru terwujud pada masa Rasullah di Madinah al-Munawwarah.Justru kata madinah menunjukkan masyarakat yang madani (beradab). Apa sesungguhnya masyarakat madani, bagaimana konsepnya, serta bagaimana masyarakat islam mewujudkannya? persoalan itu akan dijelaskan pada uraian berikut. 

  1. Pengertian Masyarakat Madani

Secara etimologis,masyarakat madani berarti masyarakat kota(mujtama’al-madani)atau masyarakat utama(mujtama al-fadhilah/khaira ummah). Istilah mujtama’al-madani digunakan oleh cendikiawan muslim malaysia,Naquib Al-Attas,kemudian diperkelankan oleh Anwar Ibrahim(mantan wakil perdana menteri malaysia)kepada masyarakat indonesia. Selanjutnya istilah itu banyak digunakan oleh cendikiawan muslim modernis,seperti Nurcholis Madjid dan Dawan Raharjo. Sedangkan istilah mujtama’al-fadhilah digunakan para filosofi muslim,seperti Al-Farabi dan istilah khaira ummah,pernah digunakan Muhammadiyah.Masyarakat madani adalah suatu masyarakat ideal yang didalamnya hidup manusia-manusia partisipan yang masing-masing diakui sebagai warga dengan kedudukan yang serba serta dan sama dalam soal pembagian hak dan kewajiban. Masyarakat madani (almujtama’al-madani) adalah masyarakat bermoral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan stabilitas masyarakat, dimana masyarkat memiliki motivasi dan inisiatif indivudual. Masyarakat madani adalah masyarakat yang secara umum memiki ciri-ciri berbudaya, berperadaban, demokratis, dan berkeadilan. Masyarakat madani adalah masyarakat masyarakat yang berperadaban(ber-“madaniyah”), karena tunduk dan patuh pada ajaran kepatuhan yang dinyatakan dalam supermasi hhukum dan peraturan. 

  1. Konsep Masyarakat Madani dan Karakteristiknya.

Anwar Ibrahim merumuskan masyarakat madani adalah suatu sistem sosial yang subur yang didasarkan pada prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan perorangan dengan kestabilan masyarakat, serta masyarakat mendorongan daya usaha dan inisiatif individu, baik dari segi pemikiran, seni, ekonomi, maupun taknologi. Sistem sosial yang subur dalam pelaksanaan pemerintahan mengikuti undang-undang, bukan nafsu atau keinginan individu, serta menjadi kecenderungan dan ketulusan satu sistemnya.Oleh karena itu konsep masyarakat madani mengacu pada model ideal kehidupan masyarakat madinah pada zaman Nabi Muhammad saw, yang berdasrkan pada suatu konstitusi yang bernama piagam Madinah, maka karekteristik masyarakat madani diukur dengan piagam madinah yang berjumlah 47 pasal. Berdasarkan konstitusi tersebut, dapat diketahui bahwa diantara karakteristik masyarakat madani yaitu:a.    Masyarakat majemuk(pluralistik) yang terdiri dari berbagai ikatan keluarga besar, suku, agama, yang tidak menentang ajaran allah.b.    Semua anggota masyarakat yang mempunyai kedudukan yang sama, sehingga wajib saling menghormati dan bekerjasama, serta tidak ada dari mereka yang diperlakukan diskriminatif, bahkan orang yang lemah sekalipun harus dilindungi dan dibantu.c.    Adanya pengakuan dan perlindungan negara dalam menjamin kebebasan menjalankan ibadah kepada setiap pemeluk agama yang berbeda.d.    Adanya supermasi hukum; semua anggota masyarakat mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum.e.    Hukum adat dengan berpedoman pada kebenaran dan keadilan, tetap diberlakukan.f.     Adanya ketaatan setiap anggota masyarakat pada konstitusi.g.    Semua warganegara mempunyai hak dan kewajiban yang sama terhadap neagara, yaitu dalam mempertahankan negara dengan harta dan jiwa mereka, serta mengusir setiap agresor yang mengganggu stabilitas negara. 

  1. Peranan Umat Islam dalam Mewujudkan Masyarakat Madani

Kondisi Umat Islam dewasa ini jauh dari cita-cita masyarakat madani. Hal ini disebabkan karena sampai saat ini masyarakat muslim di Asia dan Afrika masih harus berjuang dalam menghadapi persoalan-persolan serius, seperti kemiskinan, ketidakadilan, ketidaktoleranan, kerakuasan ekonomi, kebejatan sosial, politik, dan budaya, serta kelesuan intelektual yang disebabkan oleh kekuasaan otoriter, ketiadaan stabilitas politik, dan peminggiran hak-hak politik rakyat. Oleh karena itu peran orang-orang Islam dalam melakukan suatu perjuangan moral dewasa ini adalah melakukan pembenahan kedalam tubuh umat untuk mengahapus kemiskinan, menciptakan keadilan sosial dan demokrasi, serta merangsang kemajuan intelektual. Umat Islam harus berpartisipasi dan berperan dalam mewujudkan tatanan sosial-politik yang demokratis dan sistem ekonomi yang adil. Hal itu penting, karena keduanya merupakan prasyarat utama bagi terciptanya kesejahteraan sosial dan kondisi sosial yang dicirikan oleh budaya yang beragam, hubungan timbal-balik, dan kesediaan untuk saling memahami dan menghargai.Hal itu tidak akan terwujud bila umat Islam tidak memperbaiki imannya terlebih dahulu, yaitu pandangan dan sikap hidup dengan al-qur’an menurut sunnah Rasul. Jika tidak, maka masyarakat madani hanyalah sebuah masyarakat yang hanyalah sebuah masyarakat yang hanya dibayangkan (to be emagined) belaka.    

PERTANYAAN DAN JAWABAN TENTANG MASYARAKAT MADANI 

  1. Apa yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mewujudkan masyarakat madani,berikan contohnya?(Siti Annisa)
  2. Berdasarkan apakah kesejahteraan umat?(Andhika Nur)
  3. Ciri-ciri umat sejahterah dalam masyarakat madani?(Triyan Airlangga)
  4. Dalam masyarakat madani itu ada hukum dan ketentuannya,didaerah aceh itu termaksud masyarakat madani atau tidak,sedangkan daerah aceh termaksud penghasil ganja terbesar?(Oktantia Saraswati)
  5. Jelaskan maksud dari istilah khairull ummah?(Rizal Taufik)

 Jawabannya: 

  1. Masyarakat madani dapat diwujudkan atau terbentuk apabila kita mau berusaha mendekatkan diri pada allah dan bnerpegang teguh pada sabda rasullah saw.Mahasiswa dapat mewujudkan menjadi masyarakat yang madani contohnya seperti dia mau berusaha untuk mendekatkan diri pada allah dengan cara shalat tepat waktu,contoh lain ketika sedang mendengar kumandang adzan ia berusaha untuk mengajak orang-orang atau temannya untuk segera menyambut panggilan allah(menyegerakan shalat)dan meninggalkan atau menyudahi kegiatannya.
  2. Kalau menurut kami,kesejahteraan umat tidak hanya diukur atau dilihat dengan materi atau harta benda saja,tetapi bisa juga merasakan kesejahteraan batin maksudnya kesejahteraan tidak dapat dilihat dengan mata tetapi dapat dirasakan oleh orang tersebut.
  3. Menurut Piagam madinah,ciri-ciri umat sejahterah adalah:setiap orang atau masyarakat yang memiliki hak dan kjewajiban yang sama,serta dapat hidup rukun dan saling menghormati dan menghargai antara yang satu dengan yang lainnya serta tidak ada suatu golongan yang merasa terdiskriminasi.
  4. Menurut kami diAceh merupakan masyarakat madani,sebab salh satu ciri masyarakat madani adalah masyarakat yang berbudaya,berperadaban serta menjunjung tinggi hukum dan mempunyai hukuman.kalau seperti aceh merupakan penghasil ganja terbesar seharusnya masyarakat aceh menggunakan hasil tersebut untuk hal yang baik tidak disalah gunakan dan harus menetapkan hukuman yang berlaku sesuai dengan ketetapan hukuman tersebut.
  5. Istilah khairull ummah terdiri dari 2 kata yaitu:khairull yang artinya baik,sedangkan ummah yaitu umat.jadi khairull ummah tersebut adalah masyarakat atau umat yang lebih baik sama pengertiannya seperti masyarak madani.

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

23 Balasan ke Masyarakat Madani ala PLS-reg

  1. Fajar Ariansyah berkata:

    1.pemberantasan kemiskinan:
    -menciptakan berbagai lapangan pekerjaan
    -bagi buruh menghapus sistem kerja kontrak dan menetapkan UMR yang layak.
    -memberikan motivasi secara bertahap kepada masyarakat untuk tidak malas bekerja.
    2.Pemerataan keadilan:
    -menindak tegas bagi kalangan pejabat yang melakukan pelanggaran sekecil apapun tanpa pandang bulu.
    -membangun daerah tertinggal
    3.Pengembangan Intelaktual:
    -pendidikan dari SD-Universitas secara gratis
    -setiap rumah harus mempunyai fasilitas internet yang diberikan dari pemerintah.

  2. Ifan muliawan berkata:

    1.pemberantasn kemiskinan:
    – mengunakan dana subsidi dengan sebaik mungkin
    – memberantas buta aksara

    2.pemerataan keadilan:
    – memberantas korupsi dan KKN
    – bagi-bagi uang kepada rakyat miskin
    3.pengembangan intelektual
    – membangun sarana pendidikan
    – menaikan gaji guru

  3. muhammad berkata:

    1.pemberantasan kamiskinan
    – mewajibkan zakat
    – memberikan lapangan pekerjaan yang dapat menunjang kehidupan ekonomi masyarakat
    2.pemerataan keadilan
    – menghukum yang salah
    – menciptakan penegak hukum yang kompeten
    3.pengembangan intelektual
    – menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang wajib dikunjungi
    – membuat uu tentang hukuman yang tegas bagi orang yang tidak mau belajar tau membaca

  4. Siti Annisa Nurrurohmah - PLS berkata:

    1. Pemberantasan kemiskinan :
    – Membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya dengan memaksimalkan ilmu pengetahuan keterampilan yang sudah dimiliki.
    – Menumbuhkan minat berwirausaha, melalui pemberian pinjaman modal.
    2. Pemerataan keadilan :
    – Menegakkan hukum dengan adil tanpa memandang latar belakang (jabatan).
    – Memperkenalkan hukum pada pada anak sedini mungkin, agar ia paham dan sadar tentang adanya hukum.
    3. Pengembangan intelektual
    – Mengusahakan pemerataan pendidikan untuk semua, tidak hanya di daerah perkotaan tapi juga di daerah pedalaman.
    – Membudayakan kebiasaan membaca agar masyarakat lebih menghargai ilmu pengetahuan.
    – Lebih memperhatikan kesejahteraan para pendidik, agar ia dapat lebih konsen terhadap tugasnya sebagai pengajar.

  5. Rizal Taufiq - PLS berkata:

    1. Pemberantasan kemiskinan :
    – Memperluas lapangan pekerjaan
    – Mempermudah dalam peminjaman modal untuk berwirausaha
    – Memhilangkan budaya ingin dibayar namun menumbuhkan budaya mencari keuntungan
    2. Pemerataan keadilan :
    – Menjalankan hukum dengan benar tidak mudah dibayar dengan uang
    – Tidak membudayakan KKN
    – Tidak mementingkan pribadi pemerintah namun mementingkan masyarakatnya
    3. Pengembangan intelektual
    – Mewujudkan wajar 9 tahun dengan memperingan biaya pendidikan (gratis)
    – Memfasilitasi masyarakat yang tidak mampu dalam hal biaya

  6. niken aliyah PLS 07 berkata:

    #pemberantasan kemiskinan bukan hal yang mudah.untuk memberantasnya,semua kalangan harus ikut serta memberantasnya. namun ada cara-cara yang dapat dilakukan yaitu:
    1. memberikan keterampilan dan keahlian kepada orang2 miskin agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dg keahlian yang dimiliki
    2. wakaf ilmu, maksudnya karena pangkal atau akar dari kemiskinan adalah kebodohan.

    #pemerataan keadilan
    1. tidak adanya pembedaan atau differesiansi terhadap orang yang mempunyai kedudukan tinggi. jika ia mempunyai kesalahan harus tetap dihukum sesuai dengan kesalahannnya.
    2. tidak adanya pembedaan antara si kaya dan si miskin

    #pengembangan intelektual
    pengembangan intelektual dapat dilakukan dengan cara memberi kebebasan pada anak untuk berkreatifitas. selain itu,pengembangan intelektual juga dapat dilakukan dg memberikan keterampilan untuk menguasai teknologi di masa globalisasi ini.

  7. Andyka Nur - PLS berkata:

    Dalam memberantas kemiskinan diperlukan kerjasama baik pihak masyarakat maupun pemerintah, diantaranya dengan upaya : Membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya, memberikan keterampilan agar mereka dapat memperbaiki taraf hidupnya menjadi lebih baik.
    Pemerataan keadilan dapat diantisipasi dengan tidak membeda-bedakan masyarakat di Indonesia, apabila ada pelanggaran hukum diberikan hukuman yang sesuai dan dilaksanakan tanpa ada pandang buluh.
    Pengembangan intelektual dengan cara setiap masyarakat harus mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya dengan upaya subsidi yang dilakukan pemerintah, memberikan fasilitas untuk bisa bersaing sehat yang kuat dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini.

  8. Siti Khotipah berkata:

    Nama :Siti Khotipah
    NO.Reg:1515071185
    Jurusan:Pendidikan Luar Sekolah

    1.Pemberantas kemiskinan,yaitu dengan cara menetapkan dan memberlakukan zakat dan pajak,sehingga hasil dari zakat dan pajak tersebut dapat diberikan atau dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,membuka lapangan pekarjaan di daeah-daerah di indonesia,serta memberikan pendidikan keterampilan kepada masyarakat agar dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri dan mengurangi pengangguran.
    2.Pemerataan Keadilan,yaitu setiap warga negara di indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak,harusnya biaya pendidikan di indonesia harus lebih murah sehingga sleuruh rakyat indonesia dapat atau merasakan dunia pendidikan,dan tidak hanya sekolah SD-SMP yang gratis di jakarta tetai harusnya semua daerah di indonesia harus mendapat dana subsidi pendidikan.
    3.Pengembangan Intelektual,yaitu dengan cara memberikan pendidikan kepada anak tidak dengan menggunakan kekerasan,mewajibkan seluruh rakyat indonesia untuk membaca sehingga dapat mengikuti perkembengan era-globalisasi,serta memberi kebebasan kepada anak untuk dapat berkreasi.

  9. eka saputri PLS 07 (REG) berkata:

    asalammualaikum………

    PEMBERANTASAN KEMISKINAN
    1)menciptakan lapangan kerja
    2)bagi orang-orang yang mampu wajib memberi bantuan kepada orang miskin.

    PEMERATAAN KEADILAN
    1)tidak adanya diskriminasi antara kaum buruh dan kaum yang borjuis
    2)semua dana pendidikan GRATIS dari tingkat SD sampai SMA,dan tidak ada yang dibedakan.

    PENGEMBANGAN INTELEKTUAL
    1)masyarakat yang tidak mampu wajib dibantu oleh masyarakat yang mampu
    2)memberikan pengajaran tentang kreatifitas yang dapat menghasilkan keuntungan.

  10. apriyati PLS 07 (REG) berkata:

    pemberantasan kemiskinan
    1)membuka peluang kerja yang lebih banyak
    2)setiap oarang kaya harus memberi 5% penghasilannya untuk orang-orang yang dibawah garis kemiskinan.

    pemerataan keadilan
    1)baik orang kaya maupun orang miskin bila berssalah dihukum sesuai aturan
    2)membuat peraturan dengan cara memberikan kriteria para penegak hukum berdasarkan ahlak yang baik

    pengembangan intelektual
    1)setiap acara stasiun televisi harus yang berpendididkan
    2)setiap masyarakat harus memperoleh pendidikan yang setinggi-tingiinya.

  11. ana agustini pls 07 berkata:

    Pemberantasan kemiskinan khususnya di negara ini bukan merupakan suatu hal yang gampang dituntaskan. kita harus berusaha memberantas kemiskinan dengan cara :
    1. menyantuni fakir miskin apabila kita mampu,karena sebagian dari harta kita merupakan hak nya fakir miskin dengan kata lain kita perbanyak sedekah.
    2.kita yang insya allah manjadi seorang pendidik harus wajib membagikan ilmunya pada yang tidak bisa dan menciptakan lapangan pekerjaan seperti memberikan keterampilan-keterampilan sehingga angka pengangguran berkurang taraf hidup orang-orang miskin dapat meningkat
    3.Sebagai seorang mukmin harus memperhatikan lingkungan disekitar kita yang kurang mampu.

    Pemerataan Keadilan
    1. Bagi kita adil itu adalah seimbangnya hak dan kewajiban.Dalam melakukan pembagian dalam bentuk hal apapun kita harus seimbang.
    2.Dan apabila ada seseorang yang bersalah wajib derikan hukuman yang seadil-adilnya tanpa adanya perbedaan miskin atau kaya.

    Pengambangan intelektual
    1. Dengan mengajarkan pada anak sewaktu dini mana yang baik dan yang kurang baik. dan memberikan keterangan dengan pendidikan agama supaya anak paham pada hal yang bersifat kebaikan
    2. Memberikan kebebasan pada anak untuk memcoba berkreatifitas dengan alam terbuka tetapi tetap dibimbing untuk mengenal alam ini
    3.Memberikan pengenalan sistem IPTEK yang semakin maju agar dapat memanfaatkan kemajuannya guna mencerdaskan kehidupan.
    4. penyiaran televisi harus bermutu dan mendidik anak-anak bangsa

  12. Oktantia Saraswati berkata:

    Oktantia Saraswati biLang,,,
    Andai saya menjadi pejAbat sayA akAn mELakuKAn,,
     PembERAnTAsaN kEMisKinAn deNGAn cARa :
    1) mENcipTAkaN lAPaNGan kERja seBANyak – bNYAknya agar tiDak ada laGi pENGanggURAn
    2) sETiap oRAng yang maMPu diWajibKAn uNtuk mENyumBangkAn seBAgian hArtnYA unTUk oRAng yANg kuRAng mAMpu sehiNGGa tidAk ada lAgi ada si kAya dan si miSKin

     PemeRATaan KEmisKinaN
    1) pEMbeRLakuaN hAK dan kEWajiBAn yAng saMA
    2) tiDak adaNYA laGi pENinDasaAn bagi yANg rAKyat misKin

     PengEMbanGAn InteLEktuAL
    1) sETiap mASyaraKat wajiB menGikuTi waJib beLAjar 9 taHUN
    2) pENiadaAN biAYa pENdidikaN aGAr seMUA raKYAt yang misKin daPAT meNikMAti peNdidikAN juGA

  13. Reni Handayani berkata:

    Jika saya meNjaDi pejaBaT yaNg saYa lakukaN………

    -PembeRaNtaSaN keMisKinaN
    1.Menyediakan tempat tinggal yang layak dan tempat tinggalyang mereka tempati di bangun lebih baik dan tempat yang tidak pantas di hancurkan
    2.Menyediakan lapangan kerja dan menyediakan sekolah-sekolah untuk yang tidak mampu

    -PeMeRaTaaN KeadiLaN
    1.Tidak membedakan status dalam hukum
    2.tiDak adaNya penindasan pada kaum yang lemah

    -PeNgeMbaNgaN IntelektuaL
    1.Memberikan penyuluhan kepada warga miskin untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat
    2.Tidak adanya tontonan yang menampilkan pornografi dan pornoaksi

  14. HAMDAN YUSUF berkata:

    ASSALAMU`ALAIKUM WR WB

    Jika suatu hari kelak,,
    Saya mengemban tugas, sebagai pejabat yg saya lakukan adalah:

    *pembrantasan kemiskinan:
    1. memberikan tunjangan kesra bagi masyarakat tidak
    mampu.
    2.memberikan tempat pemukiman tertentu bagi para tunawisma.
    3.memberikan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran.

    *Pemerataan keadilan:
    1.menyamaratakan antara orang kaya & orang miskin dihadapan supremasi hukum.
    2.tidak ada stratifikasi sosial dalam segi pendidikan dimana si miskin juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak tidak hanya orang berada saja yang mendapatkan pendidikan yang tinggi.

    *Pengembangan intelektual
    1.mewajibkan membaca bagi seluruh rakyat RI karena membaca adalah jendela dunia.
    2.menghapuskan tontonan yang tidak mendidik atau “sampah” yang dapat menimbulkan kehancuran bagi negara.

  15. hamdan yusuf berkata:

    ASSALAMU`ALAIKUM WR WB

    Jika suatu hari nanti,,
    Saya ditugaskan, sebagai pejabat yg saya lakukan adalah:

    *pembrantasan kemiskinan:
    1. memberikan tunjangan kesra bagi masyarakat tidak
    mampu.
    2.memberikan tempat pemukiman tertentu bagi para tunawisma.
    3.memberikan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran.

    *Pemerataan keadilan:
    1.menyamaratakan antara orang kaya & orang miskin dihadapan supremasi hukum.
    2.tidak ada stratifikasi sosial dalam segi pendidikan dimana si miskin juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak tidak hanya orang berada saja yang mendapatkan pendidikan yang tinggi.

    *Pengembangan intelektual
    1.mewajibkan membaca bagi seluruh rakyat RI karena membaca adalah jendela dunia.
    2.menghapuskan tontonan yang tidak mendidik atau “sampah” yang dapat menimbulkan kehancuran bagi negara.

  16. Kurniawan Baaqiza B. berkata:

    Bagaimana cara memberantas kemiskinan?

    Dengan cara membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, dengan begitu perekonomian masyarakat yang kurang mampu akan merata dan kemiskinan akan teratasi

    Bagaimana cara pemerataan keadilan ?

    Dengan cara membentuk KPK yang solid untuk memberantas semua pejabat-pejabat yang korup dan mengadilinya lalu menggantikan pejabat tersebut dengan orang yang sudah teruji kejujurannya, dengan begitu insyaallah keadilan akan merata.

    Bagaimana cara mengembangkan intelektual ?

    Dengan cara memberikan suatu pembelajaran kepada masyarakat tentang globalisasi yang ada di dunia dan perkembangan jaman tetapi tetap juga memberikan pendidikan agama

  17. KARIMATAN NISSA berkata:

    Assalamualaikum.Wr.wb
    Pemberantasan Kemiskinan:
    Cara pemberantasan kemiskinan menurut saya secara garis besarnya dimanapun,kapanpun&dalam keadaan apapun kita harus melihat sekitar terlebih dalam hal-hal yang serba kurang tetapi dalam sekala besar saya punya pemikiran,yakni,setiap pekerja atau lebih tepatnya para karyawan yang sudah memiliki pendapatan yang tetap tiap bulannya.Hasil dari mereka secara langsung di potong 2,5%di kmplkan perkryawan dalam 1 perusahaan,instansi,departemen per1 tahun.Setelah terkumpul di bukalah lapangan pekerjaan kecil-kecilan,lalu kepala dari setiap keluarga miskin tersebut di latih untuk menguasai keterampilan yang nantinya di pekerjakan di dalam lapangan pekerjaan kecil-kecilan itu.Jika tiap perusahaan,intansi atau departemen melakukan itu dan membuat usaha/keterampilan yang menghasilkan uang di tiap rt,rw,kelurahan,kecamatan atau desa maka insaAllah kemiskinan bisa di atasi.
    PEMERATAAN KEADILAN:
    Untuk pemerataan keadilan pastilah susah karna keinginan dan pendapat dari masyarakat berbeda-beda,tapi seperti yang sudah jalan saat ini dengan pembukaan layanan suara via sms kepada pemerintah bahkan saat ini presiden itu sudah sedikit bisa menyalurkan aspirasi.itu bisa terus di tingkatkan tetapi setelah itu jangan sampai jangan sampai hanya di baca atau di dengar saja,melainkan aspirasi masyarakat atau pengaduan yang terbanyak langsung bisa di realisasikan pemecahan masalahnya agar keadilan bisa di dapat bahkan untuk kedepannya layanan masyarakat yang terendah seperti rt dan selurun instansi-instansi layanan masyarakat,bisa di buat layana suara agar aspirasi warga dari lapisan yang paling terkecil dan seluruhnya bisa di sampaikan sehingga pemerataan keadilan bisa terjadi.
    PENGEMBANGAN INTELEKTUAL:
    Untuk pengembangan itu mungkin tidak usah jauh-jauh Pendidikan Luar Sekolah(PLS) mengarah pada itu,segala sesuatunya pastilah di mulai dari hal yang kecil,maka dari itu tak usah muluk-muluk,salah satu tujuan PLS tentang keaksaraan fungsional,menjadikan masarakat melek aksara itu sudah menjadi langkah awal u/pengembangan intelektual.Bila saja saat ini Indonesia ada juara-juara lomba olimpiade tapi di tiap pelosok masih ada yang buta aksara bagaimana intelektual bisa berkembang.maka dari hal kecil itulah bisa merambat ke hal yang besar.Bila seluruh pelosok masyarakat sudah bisa baca, tulis & hitung dengan baik maka dengan sendirinya perkembangan intelektual akan berjalan,jadi menurut saya yang sudah ada di kembangkan & di perbaiki agar semua bisa berjalan lebih baik.

  18. Dimas Ramadhany berkata:

    Seandainya saya menjadi pejabat yang akan saya lakukan adalah……….

    1.Pemberantasan Kemiskinan
    -Membangun rumah yang layak untuk para warga miskin
    -Membukakan usaha kecil untuk warga-warga miskin yang tidak memiliki ijasah pendidikan

    2.Pemerataan Keadilan
    -Tidak ada perbedaan dalam pendidikan antara yang miskin dan yang kaya
    -Di dalam hukum tidak ada perbedaan antara yang kaya dan yang miskin

    3.Pengembangan Intelektual
    -Membangun tempat kegiatan untuk warga miskin agar mereka mempunyai keterampilan
    -Mengadakan penyuluhan-penyuluhan ke berbagai tempat yang kurang pengetahuan

  19. Megacari berkata:

    Andai aku seorang pejabat,
    Untuk memberantas kemiskinan, saya akan membuat peraturan bagi orang mampu wajib memberikan santunan kepada orang-orang yang tidak mampu di sekitarnya, sehingga akan menciptakan kesejahteraan.
    Untiuk pemerataan keadilan, saya akan membuat yang sangat ketat yang akan sulit untuk dilanggar oleh siapapun termasuk presiden pun tidak boleh melanggarnya
    Untuk peningkatan intelektual, saya akan membuat sekolah negeri dan mempersulit izin pembangunan sekolah swasta. Sehingga semua anak usia sekolah dapat menikmati pendidikan, kemudian bisa mengerti dan faham akan arti kemanusiaan yang berkeadilan. Dan akan menciptakan keadilan di mana-mana tempat dia berada.

  20. linda berkata:

    tolong sebutkan dan jelaskan 8 karakteristik masyarakat madanai secara jelas dan spesifik !! tolong ya….plz

  21. Rahman berkata:

    Terima kasih ya bu. tulisannya amat berguna…..

  22. Dhina Muthya berkata:

    Asslamualaikum,
    salam kenal,
    karakteristik masyarakat madani memang masih kompleks,
    tapi yang lebih penting sekarang bagaimana membentuk karakter itu sendiri. Menurut ibu, bagaimana indikator character building untuk anak didik? thank u

  23. Ping balik: Pengertian dan Karakteristik Masyarakat Madani « Agungborn91's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s