Masyarakat Madani, By ri, Ecin & Hidayatun Nisa

Masyarakat Madani adalah masyarakat yang ideal, berkepribadian beradab dengan kedudukan yang serba setara dan sama dalam segala hal. Cara mewujudkan Masyarakat Madani di Indonesia yaitu dengan tidak membeda-bedakan kedudukan setiap orang dan caranya dimulai dari diri sendiri, lingkungan sekitar hingga ke lingkungan yang lebih besar.

Peran orang Islam dalam melakukan perjuangan Masyarakat Madani:

  1. Melakukan pembenahan kedalam tubuh umat untuk menghapus kemiskinan, menciptakan keadilan sosial dan demokrasi, merangsang kemajuan intelektual.
  2. Harus berpartisipasi,juga berperan dalam mewujudkan tatanan sosial politik yang demokratis dan system ekonomi yang adil.

Pertanyaan:

  1. Bagaimana cara mewujudkan Masyarakat yang Madani di Negara kita ?

Jawab:

Dengan pendekatan tasnpa membeda-bedakan, untuk menyatukannya dengan toleransi mulai dari lingkungan terdekat; diri sendiri , lingkungan sekitar hingga akhirnya kelingkungan yang lebih besar.

  1. Bagaimana cara agar Indonesia menjadi Masyarakat Madani ?

Jawab:

Caranya berasal dari dalam diri kita sendiri sebagai orang Indonesia dengan tidak adanya perbedaan antara satu dengan yang lainnya dan tidak adanya perbedaan hak karena masyarakat yang berperaaban demokratis dan berkeadilan.

  1. Menurut anda bagai mana cara mewujudkan Masyarakat Madani di Indonesia ?

Jawab:

Caranya mulai dari diri sendiri dan keluarga, saling membantu, berkasih sayang membangun keluarga yang sakinah dan juga bekerja sama.

  1. Masyarakat Madaniitu seperti apa? Kenapa Masyarakat Madani sudah jarang di Indonesia ?

Jawab:

Masyarakat Madani itu mayarakat ideal yang didalamnya hidup manusia-manusia partisipan yang masing-masing diakui sebagai warga dengan kedudukan yang setara dan sama dalam hal pembagian hak dan kewajiban;

Karena di Indonesia terdapat perbedaan harkat, derajat, martabat dan kehidupan modern yang mempengaruhi pola pikir terhadap sesame, dan sesame manusia saling bersikap diskriminatif dan egois.

  1. Ciri-ciri Masyarakat Madani seperti apa dan contohnya?

Jawab:

Masyarakat yang secara umum memiliki ciri budaya berperadaban demokratis dan berkeadilan.

Conohnya: adanya supremasi hukun, semua masyaraat mempunyai kedudukan yang sama, masyarakatnya majemuk, dan aanya ketaatan setiap anggota masyarakat.

  1. Adakah Masyarakat Madani di Indonesia?Ciri realnya apa?

Jawab:

Ada, tetapi mungkin masih belum meluas; ciri-cirinya:

Adanya perlindungan Negara terhadap hak dan kewajiban; masyarakatnya baik, ramah tamah; demokratis atau adil dan makmur.

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

29 Balasan ke Masyarakat Madani, By ri, Ecin & Hidayatun Nisa

  1. Sri Mardiyaningsih berkata:

    Bagaimana cara mewujudkan Masyarakt madani?
    1. Dengan pemberantasan kemiskinan, contohnya semua orang kaya harus membagi sebagian hartanya kepada yang miskin agar sama rata, sama rasa. jika tidak, akan mendapat sangsi yaitu tidak dapat melanjutkan usahanya sampai ia mau membagi hartanya.
    2. Dengan mewujudkan keadilan sosial, contohnya dengan tidak memberikan/melakukan sikap diskriminansi terhadap sesama manusia, jika hal itu tetap dilakukan akan mendapat sangsi denda atau hukuman penjara.
    3. Dengan kemajuan Intelektual, contohnya semua sistem kegiatan baik di perkantoran atau pembelajaran di sekolah harus menggunakan komputer atau dengan sistem komputerisasi, agar tidak ada orang yang gaptek dan mau belajar tentang perkomputeran, jika tidak melakukannya akan mendapat sangsi , yaitu tidak boleh melanjutkan kegiatannya samapi dia mau belajar dengan baik

  2. Rodina agustina berkata:

    aPabiLa saYa meNjaDi peJabaT di peMerinTahan,conToh rEaL yan9 aKan saYa LakuKan daLam maSa pemRinTahan saya yan9 meNcaKup 3 haL yaiTu ; pEmbeRanTasaN keMiskiNan,keAdiLan soSiaL, daN keMajUan iNtaLekTuaL. diaNtaraNya seBa9ai beriKut :
    1.PembeRanTasN kemiSkinan
    uNtuK memBeraNtas kemiSkinaN,haL yanG aKan saYa Lakukan aDaLah meMberiKan berBaGai maCam keTeraMpiLan kePada maSyaraKat miSkin meLalui LembaGa-LemBaga yanG aDa di peMeriNtahan,seRta meMberikaN piNjamaN moDaL uNtuk meReka meMbangUn uSahaNya.
    seLain iTu saYa aKan memBeriKan penDidikan gRatis kePada maSyaraKat miskiN saMpai tiNgkaT SMA daN memBerikaN beaSiaswa kePada mUrid yanG berPresTasi uNtuk meLanJutkaN peNdidiKan. haL iNi saYa LakukaN karEna uNtuk meMbeRantaS keMiskiNan haRus memaJukan dunia peNdidiKan terLebiH dahuLu.
    2.keaDiLan sosiaL
    haL yanG aKan saYa LaKukan daLam biDang iNi adaLah memBeriKan haK-haK yanG seHarusnYa diDApaTkaN oLeh maSyaraKat daLam beNtuk aPapundaN beNar-beNar saMpai ke taNgan maSyaraKat taNpa dikuRangi seDikiTpun,aPabiLa aDa yanG menYeLeWenGkaNnya maKa haRus dihUkum sebeRat-beRatnya.
    seLain iTu saYa aKan meNeGakan keaDiLan taNpa memaNdanG sTatus sosiaL daLam maSyaraKat serTa memBenaHi daN membeRsihKan taTanaN huKum daN penYeLengGaraNya daRi KORUPSI.
    3.KemaJUan iNteLektuaL
    saYa aKan meNeraPkan waJib beLaJar meNguNakan koMputer daLam duNia peNdiDiKan daN aKan meNghukuM deNgan seBeraT-beRatnya baGi siaPapun aTau oKnum-oKnum yanG menYaLahgunakan teKnoLogi koMputer kedaLam haL-haL yanG neGatif,seHingGa neRuKan geNeraSi baNgsa.
    seLaiN itU saYa aKan meMbEntuk tim-tiM iNdePenDen uNtuk memBeriKan teroBosan baRu tenTanG duNia teknoLogi yanG aKan beRmaNfaaT baGi seLurUh waRga neGara.

  3. Ni2k_ndo berkata:

    jika berandai-andai menjadi pejabat yang akan memajukan rakyat dalam segi pemberantas kemiskinan,kemajuan sosial serta kemajuan intelektual yang pertama saya akan yaitu
    ^Pemberantasan Kemiskinan^
    dalam hal pemberantasan kemiskinan diutamakan yaitu niat serta usaha yang seimbang dalam pemberantasan kemiskinan, sebagai usahanya dengan cara memindahkan sebagian besar orang miskin yang tidak mempunyai tempat tinggal layak pakai, tidak mempunyai pekerjaan yang tetap serta tidak memiliki identitas DKI Jakarta. mereka semua akan saya meberikan tempat tinggal serta pekerjaan yang layak untuk para urban tersebut di wilayah yang benar2 tepat dan mendirikan lapangan kerja untuk para urban yang telah diungsikan tersebut.
    ^Keadilan Sosial^
    jika dalam masalah ini saya lebih mengutamakan pd hukum yg ada di negara ini,, setau sy hukum di negara kita ini msh membedakan kalangan atas dengan kalangan bawah,, namun jika saya menjadi Mentri Sosial saya akan membenahi terlebih dahulu sistem yang ada di pemerintahan ini. saya akan lebih menekannkan jika salah maka hrs dikatakan salah tidak bs memandang dia tiu siapa serta ia anak siapa.
    ^Kemajuan Intelektual^
    saya lebih memberikan perhatian ekstra kpd penerus2 bangsa yaitu para murid dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi untuk lebih mengenal komputer serta media2 yang dpt memberikan ilmu pd mereka untuk bekal dikemudian hari. tidak hanya pd pengenalannya saja murid jg hrs lbh aktif dlm mslh pembelajaran, jdi setiap ada pertemuan hrs ada timbal balik yg baik antara guru dngn muridnya.maka dr itu pengetahuan akan ilmu tegnologi sangatlah penting sebab dr pengetahuan tegnologilah kita dapat ilmu yang begitu bnyak dan yang belum tetntu kita dapatkan dibangku sekolah.

    jadi majulah Indonesia

  4. siti khotipah berkata:

    Nama :Siti khotipah
    No.Reg:1515071185
    jurusan:Pendidikan Luar Sekolah

    Bagaimana mewujudkan masyarakat madani?
    Masyarakat madani dapat terwujud dengan cara:
    1.Pemberantas kemiskinan yaitu dengan cara:menetapkan dan memberlakukan zakat dan pajak,sehingga hasil zakat dan pajak yang telah terkumpul dapat dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat agar mereka dapat menjadi masyarakat yang terampil dan produktif,serta membuka lapangan pekerjaan didaerah-daerah pedalaman di indonesia sesuai dengan tingkat keterampilan dan kemampuan masyarakat tersebut sehingga dapat mengurangi gelandangan dan fakir miskin didaerah jakarta.
    2.Pemerataan keadilan,seperti yang kita ketahui bahwa menurut undang-undang dasar 1945 bahwa setiap warga negara di indonesia memiliki keadilan yang sama,seperti keadilan memperoleh pendidikan yang layak dengan cara mensubsidi agaran pendidikan atau memurahkan biaya pendidikan agar setiap waraga negara diindonesia dapat atau memperoleh penddidikan yang layak serta dapat merasakan pendidikan.
    3.Penyembangan intelektual dengan cara mendidik generasi bangsa ke era globalisasi agar mereka semua tdiak merasa ketertinggalan zaman dan mengikuti perkembangan serta kemajuan teknologi dan dapat mengambil manfaat dari perkembangan tersebut dan menajahui hal-hal yang berdampak negatif.

  5. MASYARAKAT MADANI
    1.Pemberantasan Kemiskinan
    Penyebab utama kemiskinan, di samping masalah ketimpangan sosial dan ekonomi karena adanya sekelompok elite yang hidup mewah di atas penderitaan orang banyak, juga disebabkan karena ketidakmampuan penduduk miskin itu sendiri dalam mengelola sumber daya yang ada, sebagai akibat dari kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki mereka; dengan kata lain, penyebab utama kemiskinan penduduk disebabkan oleh dua hal yaitu ketimpangan sosial ekonomi, dan kebutaaksaraan penduduk yang bersangkutan. Kemiskinan, ketertinggalan, dan kebutaaksaraan penduduk mendera hampir seluruh wilayah dan provinsi. Adanya krisis ekonomi yang berkepanjangan hingga saat ini sangat mempengaruhi usaha pemerintah dan masyarakat untuk mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun. Solidaritas antara sesama anggota masyarakat mutlak sangat dibutuhkan. Masyarakat yang mampu (kalangan menengah ke atas), semestinya menunjukkan jiwa dan semangat kedermawanan sosial. Begitu pula masyarakat yang melek aksara (berpendidikan) sudah seharusnya menjadi roda gendeng artinya setiap orang yang sudah melek huruf wajib membelajarkan 10 orang buta aksara disekitarnya. Begitu juga, pemerintah beserta jajarannya harus serius untuk memerangi penyakit kemiskinan dan kebutaaksaraan masyarakat, dengan menciptakan kebijakan proaktif dan sinergis untuk mengentaskan kemiskinan sekaligus menuntaskan buta aksara.
    Firman Allah QS. AN NISAA, 5:114 yang berbunyi:
    “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar”.

    2.Keadilan Sosial
    Dapat diwujudkan dengan:
    a)rasa hormat terhadap sesama manusia, seperti tidak memandang jenis kelamin, umur, warna kulit, agama dan bangsa.
    b)memiliki perubahan ke arah pikiran yang sehat, melalui pendidikan manusia akan berubah dan berkembang ke arah yang lebih sehat, baik, dan sempurna.
    c)rela berbakti untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama dengan mengembangkan tenaga/pikiran untuk memajukan kepentingan bersama.
    Firman Allah QS. AN NISAA, 5:105 yang berbunyi:
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang-orang yang khianat”.

    3.Kemajuan Intelektual
    Untuk aktualisasi diri budayakan rajin membaca dan menulis antara lain:
    a)membaca buku hiburan (jenis: petualangan, misteri, roman, sejarah, buku-buku tentang masyarakat, dll).
    b)membaca buku-buku untuk mendapatkan informasi (kisah nyata, pekerjaan, kesehatan, agama, hobby, hiburan, dll).
    c)menulis untuk keperluan diri sendiri seperti catatan harian, pengalaman diri, nasihat, riwayat hidup, cerita-cerita, sajak, syair lagu, dll.
    Firman Allah QS. AL’ALAQ, 30:1-5 yang berbunyi:
    “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan; Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah; Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah; Yang mengajarkan (manusia) dengan perantara kalam; Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.

  6. Menjadi pejabat negeri? Bukanlah impian saya. Namun kalau berandai-andai menjadi pejabat, rasanya asyik juga. Hidup di negeri seperti ini pastilah sangat susah menjadi pejabat. Apalagi untuk memajukan intelektual, untuk memberi keadilan sosial dan untuk memberatas kemiskinan.
    Jika saya menjadi pejabat negeri yang akan saya lakukan untuk memajukan intelektual, memberi keadilan sosial dan untuk memberantas kemiskinan adalah:
    1. Memajukan intelektual
    Satu hal yang harus diingat agar negeri ini bisa maju dalam bidang intelektual adalah konsisten. Seperti menerapkan satu kurikulum yang pasti dan konsisten. Artinya tidak berubah-ubah seperti sekarang ini. Selain itu saya juga akan menerapkan budaya membaca. Dengan memperbanyak taman bacaan atau perpustakaan umum. Karena menurut saya bacaan adalah kunci untuk melihat dunia luar.
    2. Keadilan sosial
    Agar semua pihak merasa memperoleh keadilan, satu yang akan saya terapkan adalah mentaati peraturan. Siapapun yang melanggar peraturan harus dikenai hukuman yang sesuai dengan kesalahan yang dia perbuat. Selain mentaati peraturan, semua orang harus menghormati hak-hak orang lain dan orang itu juga harus sadar akan kewajiban dia. Saya rasa dengan begitu semua akan merasa diperlakukan adil.
    3. Memberantas kemiskinan
    Kemiskinan adalah satu hal yang menurut saya adalah pangkal dari kebodohan. Oleh karena itu satu jalan untuk memberantasnya adalah dengan memberdayakan segala sumber daya yang ada. Orang-orang yang sudah begitu banyak meraup ilmu di bangku sekolah, dilatih lagi untuk mengajari rakyat miskin dengan berbagai ilmu yang telah mereka dapat. Namun begitu, orang-orang pintar tersebut juga harus memperhatikan kemampuan rakyat miskin itu. Adanya saling bantu antara rakyat berada dengan rakyat tidak berada akan mengurangi angka kemiskinan dan pada akhirnya kemiskinan itu akan lenyap.
    Jadi kesimpulannya, adalah satu hal yang harus diingat untuk mewujudkan masyarakat madani adalah kekonsistenan dan adanya rasa saling tolong sesama manusia.

  7. Tjatur berkata:

    jika ataupun saya menjadi seorang pejabat saya akan menjadi pejabat yang cukup dermawan dan bijaksana serta saya akan mencoba membuat bangsa Indonesia menjadi masyarakat yang madani seperti yang di idam-idamkan oleh semua orang, yaitu dengan membuat program sbb:
    1. Untuk Program Pemberantasan Kemiskinan; yaitu saya akan mencoba untuk membuat suatu dunia usaha kerja baru di masyarakat, tanpa adanya diskriminasi apapun, serta adanya program bantuan kemiskinan yang diambil langsung dari para orang kaya dan disalurkan kepada fakir miskin
    2. Untuk Program Keadilan Sosial; yaitu saya akan mencoba lebih menekankan peraturan terhadap adanya larangan kkn serta yang salah harus dicap salah tanpa membedakan status apakah ia anak presiden ataupun anak jalanan, dan seperti yang saya katakan diprogam kerja pertama yaitu tidak adanya diskriminasi apapun kepada siapapun dan siapa yang menyalahinya akan saya hukum sendiri. dan jika itu saya sendiri yang bersalah saya akan merndundurkan diri serta menyerahkan diri kepada polisi “jika kesalahan saya Fatal”.
    3. Untuk Program Kemajuan Intelektual; yaitu dengan mendirikan gedung – gedung sekolah di pedesaan yang dikontrol oleh saya sendiri, dan disetiap sekolah tersebut didirikan juga perpustakaan (yang buka 24 jam) sehingga siapa yang akan membaca akan dengan mudah memperolehnya, dan disekolah tersebut akan saya lengkapkan peralatan yang menunjang pembelajaran yang sesuai dengantingkatannya.

  8. efrina_ozka berkata:

    1. memajukan intelektual
    dengan membuat sesuatu yang berguna untuk cara berfikir yang membantu kecerdasan. membangun tempat2 pendidikan. memperkenalkan teknologi. mengealkan tontonan yang bermanfaat tentang pengetahuan dan tetap menghibur.

    2. memberantas kemiskinan
    dengan memeratakan keadilan. mensejahterakannya misalnya memberantas korupsi. karena para pejabat banyak yang menyalah gunakan hak rakyat dn menguras rakyatnya sendiri.

    3.keadilan sosial
    saling menghargai sesama manusia, tidak membadakan derajat dan martabat.
    tidak pilih kasih

  9. Desty Wulandari berkata:

    Jika saya menjadi pejabat yang akan saya lakukan untuk membrantasan kemiskinan,keadilan sosial,dan kemajuan intelektual diantaranya dengan cara:
    1.Pemberantasan kemiskinan:salah satunya dengan cara pemerintah memberikan modal kepada rakyat-rakyat kecil yang tidak memiliki pekerjaan.Namun sebelumnya mereka harus diberikan pelatihan khusus terlebih dulu.Jika mereka telah mempunyai keahlian tertentu,insya Allah mereka bisa memanfaatkan modal yang telah diberikan.Sehingga mereka bisa membuka usaha dan memperoleh keuntungan yang hasilnya untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.Dengan cara seperti itu mereka bisa memperbaiki kehidupannya.
    2.Keadilan sosial:salah satu caranya yaitu pemerintah maupun pejabat-pejabat negara tidak melakukan korupsi.Seperti yang kita ketahui bahwa uang yang mereka korupsi adalah uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat.Mungkin kita harus memberantas para koruptor-koruptor yang makin merajalela dinegara ini.Dengan begitu rakyat bisa memperoleh hak yang seharusnya mereka dapatkan.
    3.Kemajuan intelektual:untuk meningkatkan mutu pendidikan rakyatnya,pemerintah sebaiknya mendirikan sekolah gratis untuk rakyatnya yang kurang mampu.Sehingga anak-anak jalanan yang tidak sekolah dapat diberikan ilmu untuk kehidupan masa depan mereka yang lebih baik.Selain itu,pemerintah hurus menjalankan program wajib belajar 9tahun.Untuk sekolah-sekolah yang telah ada,harus memiliki fasilitas yang memadai,misalnya setiap sekolah harus memiliki komputer.

  10. septi nurani berkata:

    1. pemberantasan kemiskinan : menurut saya, solusi yang real untuk memberantas kemiskinan adalah pemerintah haruslah menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya, karena jika rakyat memiliki pekerjaan yang layak maka kemiskinan tidaklah terjadi di negeri ini. dengan tersedianya lapangan kerja bagi rakyat, maka kehidupan perekonomian mereka dapat berjalan sebagaimana mestinya.
    2. keadilan sosial : menurut saya, solusi yang real untuk keadilan sosial di negeri ini adalah dengan menyamaratakan individu dalam segala bidang. baik dalam bidang hukum ataupun bidang-bidang yang menyangkut HAM yang lainnya.
    3. kemajuan intelektual : menurut saya, solusi yang real untuk kemajuan intelektual adalah dengan cara menaikkan standar wajib belajar. dari yang tadinya wajib belajar 9 tahun menjadi wajib belajar 12 tahun, karena jika hal tersebut terealisasikan maka akan tercipta intelektul-intelektual muda yang berkompeten.

  11. jika saya menjadi salah satu pejabat pemerintahan, saya akan melakukan beberapa rencana program. Salah satunya:
    1. Pemberantasan Kemiskinan

  12. Rangga Prayogo putra berkata:

    1.Pemberantasan kemiskinan :
    menurut saya,jika saya menjadi pejabat.saya akan menyediakan pinjaman uang bagi siapa saja yang mau membuka lapangan kerja supaya pengangguran di Indonesia tidak meningkat dan mengurangi kemiskinan.

    2.Keadilan sosial :
    menurut saya,saya akan mengusulkan pemerintah harus adil dalam masalah hukum seperti orang yang melanggar melakukan korupsi hukumannya kadang tidak sama daripada orang yang melakukan pelanggarannya kecil

    3.Kemajuan intelektual :
    menurut saya,untuk memajukan intelektual saya akan mengusulkan bagi mahasiswa yang mendapatkan penghargaan seperti juara olimpiade fisika agar di urusin pemerintah.Dengan begitu,para mahasiswa yang mendapatkan penghargaan tersebut dapat membagi pengetahuannya kepada pelajar indonesia.sehingga,suatu saat nanti indonesia dalam intelektual dapat meningkat.

  13. lisyana berkata:

    1.Pemberantasan kemiskinan
    -Pemerintah mnyediakan lahan kerja.
    -Sekolah gratis bagi anak-anak yang putus sekolah dan kurang mampu.
    -Membangun rumah-rumah bagi masyarakat yang tinggal di kolong jembatan.
    2.Keadilan sosial
    Harus adil dlm mengambil sikap tanpa membedakan status strata sosial.
    3.Kemajuan intelektual
    Menurut saya harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai disetiap Lembaga pendidikan agar mereka menjadi intelektual dan mengetahui teknologi pada zaman sekarang.

  14. dewi eka vianty berkata:

    1 pemberantasan kemiskinan
    menurut saya bisa dilakukan dengan cara membuka lapangan pekerjaan yang layak sesuai dengan kemampuan atau ilmu dalam hal praktek yang mereka bisa. pengembangan ilmu harus dilakukan pengembangan bakat yang menonjol pada diri seseorang dalam beberapa hal kecil.
    2 kemajuan intelektual
    dapat dilakukan dengan memberikan subsidi komputer disekolah-sekolah dan memberikan diklat komputer gratis khusus bagi orang yang mampu dan tidak mempunyai dana.
    3 keadilan sosial
    menyamakan semua hak yang diberikan kepada seluruh masyarakat tanpa mengenal tingkat rendah kekayaan, jabatan/pekerjaan, kasta sosial dan golongan.
    cth: dalam hal keadilan sosial dalam segi hukum, siapa saja yang bersalah wajib dihukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa mengenal golongan, kekayaan dan kekuasaan.

  15. wahyu tri wibowo berkata:

    Mungkin jika saya menjadi pejabat di Negeri kita tercinta ini, saya akan melakukan tiga hal yang utama yaitu :

    1. Pemberantasan kemiskinan yaitu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada seperti meningkatkan sektor pertaniaan. Katanya negara kita disebut negara agraris. Maka dari itu saya akan membantu para petani dengan meminjamkan kredit lunak jangka panjang. kemudian setiap petani di berikan penyuluhan supaya. hasil pertaniannya maksimal dan dapat di ekspor. InsyaAllah dengan cara ini para petani di Indonesia dapat meningkatkan taraf hidupnya dan dapat memberi pekerjaan kepada yang sudah menganggur. yang kedua saya akan memanfaatkan sektor kelautan dengan cara mensubsidi bahan bakar solar buat keperluan melaut para nelayan. dan mempersatukan mereka dalam satu kumpulan nelayan di Indonesia. yang ketiga saya akan memanfaatkan sumber daya pariwisata. karena banyak tempat – tempat wisata yang belum terjamah oleh pemerintah. saya yakin Indonesia ini aman buat para wisatawan asing maupun domestik untuk berwisata di Indonesia.

    2.keadilan sosial yaitu saya akan menghukum seberat – beratnya para pelaku korupsi di Indonesia. para pemakai dan pecandu narkoba saja hukumannya bisa berat terus yang hanya maling ayam bisa dipukulin sampai mati dan bahkan di bakar hidup -hidup lalu kenapa para koruptor tidak. dan kalu bisa para koruptor yang sudah terbukti besalah di hukum pancung supaya yang mau korupsi jera. kemudian untuk para penegak hukum yang mau disuap saya juga akan hukum mereka seberat – beratnya.

    3. kemajuan intelektuan yaitu dengan membebaskan biaya sekolah sampai sekolah menengah atas atau bahkan sampai perguruan tinggi. lalu bagi siswa maupun siswi yang berprestasi baik lokal maupun internasional akan di berikan penghargaan, beasisiwa ke luar negeri oleh pemerintah supaya ia dapat mengulangi prestasinya dan dapat menularkan ke orang lain. kemudian saya akan membagun banyak perpustakaan buat masyarakat.

  16. eka octy berkata:

    Di suatu malam, tiba-tibasaja aku ada di salah satu ruangan. bagaikan mimpi… mungkinkah ini terjadi,,,entahlah…?!
    Menjadi salah seorang pejabat negara di Indonesia,,, saya merencanakan sebuah program kerja dimana di dalamnya mencanagkan tetang pemberantasan kemiskinan, keadilan sosial, dan kemajuan intelektual. Rencana saya antara lain :
    ~ Pemberantasan Kemiskinan
    Warga negara di Indonesia masih banyak sekali yang dilanda kemiskinan. Kemiskinan ini terjadi karena faktor-faktor tertentu. Seperti kebodohan, tidak adanya keterampilan, adanya rasa malas untuk berusaha, atau pun memang tidak memiliki keberuntungan. Program yang saya akan canangkan adalah memberantas kemiskinan dengan cara yang pertama menerapkan kepada mereka untuk hidup penuh dengan semangat, tidak ada kata malas dalam hidup. Memberikan pendidikan yang dapat berguna bagi semua orang, tidak hanya pendidikan sekolah saja (SD, SMP, SMU, Universitas), keterampilan, dan sopan santun juga. Bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk membayar uang iuran pendidikan, mereka diberikan kebebasan. tetapi bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk membayar ataupun memilii uang lebih diwajibkan kepada mereka untuk membayar iuran dan memberikan donatur kepada mereka yang tidak mampu.
    Keterampilan yang dimiliki seseorang tidaklah sama, seseorag memiliki kemampuan berbeda-beda. Keterampilan ini sangatlah, di samping dapat berguna untuk kepentingan orang lain tapi untuk kepentingan diri sendiri juga. maksudnya adalah jika ada 2 orang yang tinggal dalam satu lingkungan, 1 orang mempunyai kemampuan menjahit belum tentu 1 orang lagi mempunyai keterampilan yang sama, bisa saja di memiliki keterampilan di bidang lain seperti membuat kue dan bisa saja orang yang bisa menjahit itu bisa membuat kue. dari situlah mereka bisa saling memberikan keuntungan. yamg bisa menjahit memberikan jasanya, dan ia dapat penghasilan. dan yang membuat kue menjual dagangan kuenya, dia juga bisa menghasilkan sesuatu. Ketermpilan ini akan saya berikan kepada semua warga negara di Indonesia, mungkin penyampaiannya bisa dengan cara belajar rutin yang diadakan di tiap-tiap kelurahan, ke-RW-an, atau pun ke-RT-an. dengan begitu masyarakat Indonesia tidak hanya berpatok untuk mencari pekerjaan di pabrik-pabrik, tetapi mereka bisa membuka usaha mandiri atau bisa saja membuat atau menciptakan lapangan pekerjaan.
    ~ Keadilan Sosial
    Keadaan sosial di negara Indonesia berbeda-beda, dan saya yakin bukan hanya Indonesia saja yang mengalami ini. tetapi negara-negara tetangga juga mengalami kejadian ini.
    Dengan dicangkan saling menghormati, menghargai dan saling menyayangi antara sesama makhluk ciptaan Allah pasti keadilan sosial diantara semua kaum akan tercipta. Tidak adanya perbedaan antara yang di atas dan di bawah, antara majikan dengan pembantu, dan yang lain-lain. Saya akan menerapkan kepada mereka tentang arti kebersamaan dan saling membantu. Bagi mereka yang memiliki harta lebih wajib untuk memberikan Zakat kepada mereka yang tidak memiliki harta sedikitpun, jika ia tidak mau memberika hartanya itu maka harus dipaksa sampai memberikan hartanya itu dengan cara apapun.
    ~ Kemajuan Intelektual
    Seiring dengan berkembangnya zaman, makin banyak saja produk-produk intelektual yang makin canggih. Sebagai negara berkembang Indonesia harus menguasai atau mengikuti perkembangan zaman ini. jika saya sebagai pemerintah negara, saya akan membagikan setiap kepala keluarga komputer untuk memanfaatkannya di bidang intelektual. Agar mereka bisa mengetahui dan ikut maju dengan perkembangan di Dunia.
    Dan bagi mereka yang memiliki kemampuan lebih di bidang teknik akan saya berikan modal untuk mengembangkan kemampuannya itu, dengan memberikan pendidikan tambahan, dan memberikan fasilitas utuk membuat salah satu eksperimennya.
    Gedubrak….” aduh,,, sakit!” tanpa sadar udah ada di bawah tempat tidur. “wah… ternyata aku cuma mimpi…!”He….he…. Mungkinkah mimpi itu akan terwujud…??? Entahlah,,, siapa yang tahu ?!

  17. reza berkata:

    1)pemberantasan kemiskinan: untuk mengenai hal ini pemberantasan kemiskinan yang saya lakukan adalah jika saya menjadi seorang presiden yang saya lakukan adalah membuka lapangan kerja seluas-luasnya agar orang tidak mampu bisa berkecukupan dan bisa menambah uang sehari-hari,membuak sekolah-sekolah gratis bagi yang tidak mampu untuk memberantas buta aksara biar orang2 tidak bodoh dan mempunyai pengetahuan luas& agar orang tidak mampu memikirkan pendidikan dengan cara begitu orang hanya memikirkan untuk kehidupan sehari,program kesehatan gratis bagi yang tidak mampu tidak usah bayar ,membuka ketrampilan2 gratis dirt/rw agar orang mempunyai ketrampilan lain agar dia mampu mengembangkan usaha2 ,dari pajak tu dibagikan bagi orang yang tidak mampu agar orang2 tdk mampu ini bsa melancarkan usahanya,dihapuskan sistem kontak kerja agar orang2 yang tidak mapu ini kerja dipabrik bsa kerja dengan seutuhnya tanpa harus memikirkan akan dipecat,memberantas orang2 yang korupsi,dipilih2 mentri2 yg berkompeten dibidangnya .
    2)keadilan sosial:
    menghapuskan sistem kasta yang masih ada,menghapuskan sistem pilih kasih yang nasih ada selama ini jadi disama ratakan ,bagi yang korupsi harus dibinasakan didunia ini tanpa harus membedakan jabatan,sistem hukum selama ini harus diatur ulang karna sistem hukum yang selama ini masih blum berkompeten dibidangnya karna masih banyak main suap2 olewh karna tu hukum keadilan harus ditegakan tanpa harus diskriminasi.

    3)kemajuan intelektual:
    di desa2 terpencil yang masih kurang terpencil harus diperkenalkan&diajarkan teknologi2 baru agar orang2 didesa tidak gaptek<diadakan pertukaran pelajar dengan negara lain agar bisa bertambah maju ipteknya

  18. Jika berandai-andai menjadi salah satu pejabat di pemerintahan. Saya akan melakukan beberapa rencana program. Program itu meliputi:
    1.Pemberantasan Kemiskinan
    Hal pertama yang akan saya lakukan: menyediakan sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu maupun orang-orang yang berada di pedesaan yang selama ini sangat jauh dari perhatian pemerintah, karena jika kita melihat banyak sekali sekolah-sekolah yang sudah tidak layak pakai, sarana belajarnya pun kurang mendukung. Selain itu menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya, karena sekarang ini banyak sekali pengangguran di Indonesia, yang merupakan salah satu sebab-sebab kemiskinan bertambah di Indonesia.
    2.Keadilan Sosial
    Bicara masalah keadilan, hal pertama yang akan saya lakukan: tidak adanya perbedaan antara seorang individu satu dengan yang lain; seperti lebih menegakkan Hak Asasi Manusia(HAM), keadilan di bidang hukum; karena hukum sekarang ini menurut saya sudah tidak adil, hukum sekarang ini bisa di permainkan, hanya dengan seseorang mengeluarkan uang ia bisa bebas dari hukuman, baik itu di bidang pemerintahan(kkn) ataupun peraturan lalu lintas.
    3.Kemajuan Intelektual
    Membicarakan masalah kemajuan intelektual, menurut saya Indonesia merupakan negara yang paling tertinggal diantara negara-negara lain di bidang kemajuan intelektual. Di zaman sekarang ini ternyata masih banyak sekali orang-orang yang belum bisa membaca terutama di daerah-daerah, sehingga hal pertama yang akan saya lakukan adalah dengan mendirikan sekolah atau lembaga yang mendukung tentang hal itu, yaitu dengan mendirikan taman baca didaerah supaya masyarakat daerah sediri akan bisa membaca. Kemudian menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kemajuan intelektual, setelah mendirikan taman baca, saya akan menyediakan komputer -komputer di setiap sekolah, karena sekarang ini hanya ada sebagian sekolah yang memiliki komputer…

  19. Asep septiawan berkata:

    Seandainya saya menjadi pejabat dinegri ini, saya akan melakukan tiga hal utama untuk menyejahterahkan masyarakat, yaitu :

    1. Pemberantasan kemiskinan
    hal yang saya lakukan untuk memberantas kemiskinan dinegri ini adalah membuka lapamgan kerja disetiap daerah yang bamyak masyarakat pengangguaran, memberikan berbagai keterampilan dilembaga-lembaga di setiap daerah, memberikan pinjaman modal untuk membuka usahanya sendiri, memberikan sekolah gratis untuk anak-anak yang putus sekolah, serta membangun masyarakat yang kondusif untuk menyejahterakan masyarakat dinegri ini.

    2. Keadilan sosial
    untuk memberikan keadilan sosial bagi masyarakat selalu terapkan sikap yang tidak diskriminatif, menghormati hak-hak masyarakat, dan menyamakan hak-hak masyarakat tampa memandang tingkat rendah kekayaan, pekerjaan, jabatan, kasta sosial dan golongan.

    3. kemajuan intelektual
    agar masyarakat memiliki kemajuan intelektual saya akan memberikan pendidikan yang bersifat era globalisasi supaya tidak ketinggalan dalam dunia kependidikan yang sangat mendunia saat ini, disetiap sekolah dasar disediakan lab. komputer beserta bidang studinya, adanya perpustakaan disetiap sekolah dan taman bacaan.

  20. Fitri Yani berkata:

    1. Pemberantasan kemiskinan: menurut saya cara yang tepat untuk memberantas kemiskinan adalah dengan cara memberikan pembinaan berupa keterampilan bagi warga miskin seperti membuat kerajinan tangan yang ada di pusat pendidikan masyarakat (PKBM)

    2. Keadilan sosial: menurut saran saya keadilan sosial dapat diwujudkan dalam bentuk menyamaratakan antara hak dan kewajiban setiap warga negara.

    3. Kemajuan intelektual: mungkin dengan adanya pembebasan iuran sekolah bagi semua anak sekolah yang kurang mampu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

  21. novi rahmawati berkata:

    bila saya menjadi pejabat dalam tindakan:
    1.pemberantasan kemiskinan :saya akan membangun suatu yayasan dengan menampung sejumlah anak jalanan yamg terlantar dan memberikan pelatihan bagi mereka supaya mereka bisa bisa hidup mandiri setelah keluar dari yayasan.

    2.keadilam sosial:contohnya bagi penderita hiv/aids seharusnya mereka diberikan motivasi untuk bertahan hidup,tidak didiskriminasi oleh masyarakat lain dan diberikan bimbingan.

    3.kemajuan intelektual:dengan adanya kemajuan intelektual seharusnya pemerintah mengadakan bedah buku yang diadakan setiap tahun yang diadakan di setiap kampus-kampus tertentu untuk menambah wawasan bagi masyarakat

  22. Dilah mulyati berkata:

    Bila saya menjabat sebagai pemimpin. pemberantasan kemiskinan menurut pendapat saya, Dengan memberikan keterampilan sebagai media untuk memberitahukan informasi, Wawasan, Kemampuan tentang pengetahuan dunia kerja. Karena menurut saya orang-orang tersebut, Mereka hanya mengambil jalan pintas dengan bekerja sebagai pekerja jalanan. Misal pemulung,Peminta-minta dan sebagainya. Agar terjadinya keadilan sosial yaitu tidak adanya strata/tingkatan sosial dalam masyarakat yang tidak memandang sebelah mata kepada orang yang tidak mampu. Sedangkan agar terciptanya kemampuan intelektual dengan memberikan sarana dan prasarana yang memadai, Memperbaiki sarana yang ada, Menunjang untuk proses kegiatan mengenai kemajuan intelektual agar berjalan sesuai dengan harapan.

  23. Edie_loecu berkata:

    sebetulnya c cita-cita saya jadi presiden,yauda sekarang saya berandai-andai aja de jadi pejabat :
    1.memberantas kemiskinan:
    kiat-kiat saya untuk memberantasn kemiskinan yaitu dengan membentuk balai latihan kerja bagi setiap warga yang tidak pernah merasakan bangku pendidikan atau tidak memiliki ijazah,agar mereka mendapat teknik-teknik yang dapat bermanfaat dan dapat mensejahteraakan kehidupannya di masa depan.
    2.keadilan sosial:
    Saya ingin menerapkan keadilan sosial,dengan cara memerintahkan bawahan saya untuk bersikap arif dan bijaksana,seperti masalah hukum:jaksa harus bersikap jujur dan tidak bersikap diskriminasi terhadap kaum miskin
    3.Kemajuan intelektual :
    dengan menerapkan sistim teknologi masuk desa,maksudnya ialah setiap warga yang jauh dari jangkauan IPTEK pemerintah harus memberikan fasilitas dengan sebaik-baiknya agar warga sekitar tidak ketinggalan informasi dan teknologi yang terbaru.

  24. Jika saya menjadi salah satu pejabat pemerintahan, insya allah saya akan menjalankan rencana :

    1.pemberantasan kemiskinan : di Negara ini masih
    banyak sekali masyarakat yang
    kurang mampu. Jika saya seorang pejabat hal yang
    akan saya lakukan untuk memberantas kemiskinan
    yaitu setiap warga masyarakat yang mampu setiap
    bulannya harus menyisihkan gajinya minimal 10%.
    Selain itu, saya akan membuka sekolah-sekolah dan
    memberikan berbagai macam pengetahuan keterampilan
    bagi orang yang kurang mampu dan putus sekolah,
    agar mereka dapat mengembangkan potensinya dan
    dapat memperbaiki taraf hidup mereka.

    2.keadilan sosial : untuk menciptakan keadilan social
    yang harus dilakukan adalah menghilangkan rasa
    perbedaan antar setiap kelompok, dan budaya yang
    ada di Negara ini. Setiap orang harus saling
    menghargai satu sama lainnya, jangan sampai ada
    perpecahan.

    3.kemajuan intelektual : untuk membantu memajukan
    intelektual dengan cara memberikan pengetahuan
    tentang teknologi informasi yang sedang berkembang
    saat ini. Selain itu, kita juga harus membiasakan
    masyarakat dengan kebiasaan membaca,,,^karena buku
    adalah jendela dunia^. Tidak hanya itu, seharusnya
    masyarakat juga harus mempelajari bahasa inggris,
    agar dapat menghadapi dunia kerja yang semakin
    berkembang… ^_^

  25. SISWANTI berkata:

    Menurut saya ke tiga aspek yang menjadi masalah di indonesia adalah kemiskinan yang belum bisa di atasi,keadilan sosial yang belum merata dan kemajuan intelektual yang belum tercapai.
    1.Pemberantasan kemiskinan : Dengan cara memberantas korupsi yang banyak tejadi di Indonesia yang dapat menyengsarakan rakyat Indonesia.
    2.keadilan sosial : Dengan cara penyetaran hak dan kewajiban yang sama antara si kaya dan si miskin dalam bentuk apapun. Contohnya bila si kaya salah harus di hukum dengan seadil – adilnya atau menurut hukum yang berlaku di Indonesia.
    3.kemajuan intelektual : peningkatan sumber daya manusia (SDM)yang mampu bersaing dalam era globalisasi sekarang ini atau SDM yang bekualitas dengan cara peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

  26. Noor Indah D berkata:

    Dalam pemberantasan kemiskinan…
    “Kebodohan sangat dekat dengan kemiskinan”, oleh karena itu kemajuan pendidikan sangat diperlukan untuk memberantasnya, agar masyarakat bisa lebih terampil dan lebih siap menghadapi tantangan hidup, selain itu untuk membantu masyarakat bawah dan menekan jumlah pengangguran, saya akan memberikan bantuan modal usaha u/mereka dan membuka lapangan pkrjaan u/mereka.
    Keadilan sosial…
    Akan menjunjung tinggi HAM tnp membedakan status sosial, dan menegakkan keadilan, selain itu pemerataan kesempatan pendidikan u/ seluruh masyarakat.
    Dalam Kemajuan Intelektual…
    sebelumnya kita harus meningkatkan SDMnya, lagi-lagi dengan meningkatkan mutu pendidikan, selain itu bantuan sarana dan prasarana juga sangat diperlukan untuk mendukung program tsb.

  27. Carina Adik P berkata:

    1.Pemberantasan Kemiskinan..dilakukan dengan cara memberikan lapangan kerja yang luas agar dapat mengurangi tingkat pengangguran.
    2.Keadilan Sosial..dilakukan dengan cara memberikan pendidikan gratis secara merata sampai tingkat SMA di seluruh pelosok Indonesia.
    3.Kemajuan Intelektual..dilakukan dengan cara meningkatkan mutu pendidikan agar tidak tertinggal dari bangsa lain.

  28. ecin maniez berkata:

    1. Andai aku di posisi menjadi pejabat dalam
    Pemberantasan Kemiskinan.saya akan memperluas
    lapangan kerja agar tidak ada yang menganggur dan
    merasa tidak ada kerjaan.
    2. Keadilan sosial bagi setiap anak harus belajar
    dengan giat karena saya selaku pejabat memberikan
    pendidikan gratis sampai jenjang perguruan tinggi
    namun itu jika di Perguruan tinggi Negeri.dan
    tidak membeda – bedakan starata sosial dalam
    negara Indonesia ini yang tercinta.
    3. Kemajuan Intelektual dengan cara memberikan
    informasi dengan tekhnologi IPTEK yang berkembang
    di negara saat ini , memberikan penyuluhan agar
    semua warga di negara kita ini harus mencintai
    buku karena buku adalah” jendela dunia “.agar
    negara kita tidak ketinggalan zaman masalah
    pendidikan. pokoknya pendidikan itu sangat
    penting !

  29. Pambudi Wardhani berkata:

    Ini saya mau ngutip dari tulisan mbak(?) Tafany tapi nggak ada profilenya? Karena artikel yang mau saya tulis ini dikumpul besok, tolong secepatnya bisa PM atau e-mail ke facebook saya saja nama lengkap anda… Atau kalau apa yang anda tulis itu punya sumbernya, akan lebih baik kalau anda bisa tulis sumbernya darimana. Saya nggak mau melakukan kejahatan akademis…

    Terima kasih! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s