Korelasi Olahraga dan Agama

Buat temen2 dari olahraga, silakan mencantumkan artikelnya di sini! Bisa saling mengkritisi juga lho!!! Jangan lupa nama dan Noregnya. Kasih tau temen2 lainnya yah!!! Semangat!!!!

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

27 Balasan ke Korelasi Olahraga dan Agama

  1. Dian rachmawati 61350703790 penjas A berkata:

    Assalamualaiku… Menurut saya, antara olahraga dg agama ada hubungannya (korelasi). Ini bs d buktikan dg sifat-sifat yg ada di dalam olahraga berlandaskan kepada agama, khususnya agama islam. Seperti sifat jujur dalam bertanding,,dalam islam kita di wajibkan untuk selalu jujur juga..lalu karena kita beragama kita juga saling d ajarkan untuk saling mengh0rmati maupun menghargai individu lain..dalam olahraga juga tidak d perbolehkan untuj tidak rasis..dan masih banyak lagi…

  2. Sri wahyuni 6135072590 berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb…

    Korelasi antara agama dan olahraga…

    Disini kedua hal tersebut haruz seimbang, olahraga itu baik untuk kesehatan dan dengan tubuh yang sehat maka seseorang dapat melakukan ibadah dengan lebih baik…
    Maka dari itu, selain memiliki jasmani yang sehat, seseorang juga perlu mengimbangi dengan keadaan rohani yang sehat pula, yang dapat dicapai dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT…

    Seseorang haruz sehat jasmani dan juga rohani…karena dalam menjalankan aktifitas kehidupannya Allah telah memberikannya bentuk tubuh beserta fungsinya dengan sempurna dan kita dapat bersyukur dengan selalu menjalankan perintahnya dan juga menjaga tubuh ini dengan baik…

    Wassalam…

  3. Assalamuallaikum wr wb
    Menurut saya terdapat banyak korelasi antara olahraga&agama itu ada.Salah satunya yaitu tentang kejujuran serta keadilan.agama mengajarkan kita untuk bersikap jujur&adil.sebagai atlit atau wasit.kita dituntut untuk profesional dalam menjalaninya.Dalam bertanding misalnya kita harus fairplay&sportif.serta sebagai wasit,kita harus bersikap adil&tidak membela salah satu kelompok pemain.jadi korelasi olahraga&agama itu ada serta sangat penting untuk dipahami.terima kasih
    Wassalamuallaikum wr wb

  4. mohanpani hikmawan puri 6135072584 berkata:

    assalamualaikum wr. wb.
    sebelumnya saya minta maaf ya bu ngirimnya terlambat, soalnya kemarin saya salah kirim, saya malah ngirim ke e-mail ibu ga tau salah.( tu juga baru taunya sekarang ).
    langsung aja ni bu lita komentar saya :
    seorang yang soleh pada zaman dahulu pernah berkata bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dan di dalam jiwa yang kuat terdapat iman yang mantap.jelas sudah jika kita memiliki tubuh sehat kita akan mudah untuk memiliki iman mantap,bagaimana kita bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna jika kita dalam keadaan sakit tentunya kualitas ibadah kita juga akan berkurang . kesehatan itu sendiri dapat kita peroleh salah satunya dengan berolah raga. maka sesungguhnya olah raga berperan sangat penting bagi kita apalagi dalam melaksanakan ibadah sehari-hari.

    dalam berolahraga kita harus melaksanakan setiap gerakan dengan tertib atau beraturan, agar tidak terjadi cidera atau keram otot pada saat pelaksanaan.begitu juga pada saat kita melaksanakan ibadah kita harus melaksanakannya dengan tertib agar ibadah kita sah/diterima oleh Allah SWT. apalagi pada saat kita melaksanakan ibadah solat, ngak mungkinkan kan kita solat sujud dulu baru ruku, tidak akan sah solat kita yang ada kita di ketawain sama semut merah yang berbaris di dinding.(he he he he tu orang solat apa selet)”kata semutt”.kaya itu aja dulu da bu sari takut na tar kalo kebanyakan ga muat lagi di tampilin di monitor.”SUKRON KASIRON”

  5. fachrurozi 6135070385 Penjas A berkata:

    menurut saya antara agama dengan olahraga tentu berkaitan,seperti dalam berolahraga kita diajarkan untuk bersikap jujur dan sportif seperti yang diajarkan agama kita harus selalu bersikap jujur dan adil

    selain itu dengan berolahraga kita bisa menyehatkan jasmani dan rohani serta pikiran kita pun menjadi lebih sehat dan dapat berpikiran positif

  6. muhammad heru ramdhoni 6135073388 berkata:

    assalamualaikum wr. wb.
    maaf bu ngirimnya terlambat…
    langsung aja iya bu,,,
    Allah SWT menyukai muslim yang kuat, dengan kata lain agama islam menganjurkan setiap umatnya untuk menjadi kuat. kuat rohaninya,maupun jasmaninya. Untuk mendapatkan rohani yang kuat, kita beribadah. Dan untuk mendapatkan jasmani yang kuat, kita berolahraga. dengan begitu akan mendapatkan muslim yang kuat.
    tidak hanya itu nilai- nilai yang ada di dalam olahraga pun berlandaskan kepada agama, khususnya agama islam. seperti jujur, adil,yang pasti fairplay dan sportif.

  7. kirana,6135073365 berkata:

    Assalamualaikum wr.wb

    Korelasi antara agama islam dengan olahraga

    menurut saya,sangat berhubungan..
    karena kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar, sedangkan segala keputusan Allah yang menentukan. jadi serajin apapun kita berlatih untuk mencapai target yang diinginkan, apabila tidak di imbangi dengan berdoa dan beribadah semuanya akan sia-sia.
    Selain itu,dengan rajinnya kita beribadah akan timbul rasa jujur dan sportifitas dalam diri kita.Karena dalam agama diajarkan untuk bersikap jujur dan sportif.

    Wasalamuallaikum wr.wb

  8. Abdurrahman Akbar,6135073386 berkata:

    Assss…

    Mlam bu..!! ^^
    sori ne ru lez..hehe..smz kale..!!
    to d point ja…
    Korelasi Agama dengan Olahraga..
    Menurut saya pribadi, sangat erat kaitannya..walaupun ada beberapa pihak juga tidak setuju dengan pendapat saya.
    Agama menyarankan para umatnya untuk memelihara kesehatannya, karena dalam agama, “kesehatan adalah mahkota mujahid”.
    Segitu aja dulu pendapat saya Bu..kurang lebihnya mohon di “Sampunkan”..hEHe..
    akhir kata .. ..

    WaSsssss..!!!!

  9. PUTRI RIZKA MUTIA,6135073379 berkata:

    AssaLamu’alaikum wr.wb

    meT malem buuuu? maV yaCh qwu ru krim sKrang..
    Korelasi oLahraga daN agama

    Menurut saya, antara Agama dan Olahraga saling berhubungan dan harus seimbang. Karena seorang Atlit tidak jauh dari keyakinan nya oleh karena itu hubungan agama dan olahraga sangat erat. Jadi penjas itu suatu ilmu yang mempelajari
    bagaimana cara memproses setiap kegiatan-kegiatan yang ada pada olahraga baik jasmani maupun rohani.`

    Wassalam….!!!!!

  10. Bhayoe Eko W berkata:

    Assalamualaaikum Wr…Wb…
    koq baru ada topiknya,,perasaan tugasnya dah lama dech..
    Langsung bae bu ya….
    Korelasi antara agama dan olahraga..

    hubungannya itu ada,

    di dalam kehidupan ini kita memerlukan tubuh yang sehat dan juga kuat. Salah satu jalannya adalah melalui kita berolahraga, karena dengan olahraga kita mendapatkan manfaatnya yaitu badan sehat dan kuat tadi tersebut diatas……..!!!!!!!!!

    Maka oleh sebab itu dengan jiwa kita yang sehat melalui olahraga kita juga dapat beribadah dengan baik dan juga menunjang semangat kita dalam beribadah kita..kalu sakit kan ibadah kita bisa jadi kurang sempurna, madam…. kayaknya gitu dech..

    cekap semanten wae bu yang dapat saya selatankan ke bu sari..(jgn utarakan truz.. ^^) klo ada kekurangan nyuwun pangapuntennya aja..

    Wassalamualaaikum Wr………Wb…………….

    Bayu Eko W

    TTD

  11. Tantri Pramistiarini,6135072583 berkata:

    Assalamualaaikum Wr..Wb..

    Korelasi antara agama dan olahraga

    Menurut saya, Antara agama dan olahraga itu hubungannya sangat erat..
    Olahraga itu merupakan wujud syukur kita, karena kita ga menyia-nyiakan pemberian dari Allah, gimanapun orang yg olahrga itu pasti ada sikap displinnya, karna rutin olahraga dan diadaptasi untuk pelaksanaan ibadah kita sehari-hari.

    Wassalamualaaikum wr..wb..

  12. assalammualaikum wr.wb

    sebelumnya saya minta maaf, karena baru hari ini mengirimkan komentar saya tentang korelasi agama dengan olahraga.

    dalam kehidupan sehari-hari baik itu berbangsa maupun bernegara, tentu tidak akan lepas dari yang namanya agama. agama mempunyai peranan yang amat penting, karena didalamnya terdapat norma yang mengatur kehidupan manusia dengan manusia, maupun manusia dengan sang pencipta.

    kesehatan merupakan salah satu anugerah atau nikmat yang diberikan oleh tuhan terhadap hambanya. menjaga kesehatan dengan cara berolahraga merupakan bentuk daya dan upaya manusia dalam berusaha mensyukuri nikmat dan karunia kesehatan yang telah diberikan tuhan kepada kita dengan cuma-cuma. dengan berolahraga kita telah menjaga atas apa yang diberkinan kepada kita.
    dalam pertandingan olahraga, peran agamapun sangat penting. seperti sebelum bertanding kita berdoa. disetiap pertandingan olahraga setiap atletpun menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran. karena tujuan dari olahraga itu sendiri “kerendahan dalam kemenangan dan kesetiakawanan dalam kekalahan”. maksudnya, jika seorang atlet memenangi pertandingan diharapkan dapat rendah diri, dan mampu membangkitkan semangat kepada lawan yang kalah. seperti sifat rasul yang selalu sederhana tidak pernah sombong dan selalu menyayangi setiap manusia tanpa harus memandang status ornag tersebut.

    wassalammualikum wr.wb

  13. Khafif Maulana 6135072578 berkata:

    Assalamu’alaikum…

    Menurut saya korelasi antara agama dan olahraga itu ada bermacam-macam jenisnya…

    Selain itu seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam agama Islam itu mengajarkan berbagai macam hal mulai dari yang kecil sampai hal terumit sekalipun…

    Dalam olahraga misalnya, yg paling mencolok adalah masalah akhlak seseorang…
    Jika seseorang yang taat beribadah dan selalu menjalankan perintah Allah SWT, tentu ia memiliki akhlak yang baik seperti jujur, adil dan sifat2 baik lainnya yang juga diperlukan dalam mengikuti suatu pertandingan tertentu…
    Maka agama dan olahraga itu bagai bolpoin dan tinta dimama keduanya juga saling membutuhkan…

    Sekian dari saya…kurang lebihnya mohon maaf…
    Wassalamu’alaikum..

  14. budi sumartono,6135072587 berkata:

    Assalamualaaikum…….wr…..wb

    Menuurut saya korelasi antara agama dan olahraga itu sangat berhubungan karena di dalam olahraga sama” membutuhkantanggung jawab….
    Contohnya dalam agama…
    Menjalankan perintah agama dan perintah ALLAH dengan penuh tanggung jawab…

    Contohnya dalam olahraga…
    Kita harus menjalankan aktivitas olahraga dengan penuh rasa tanggung jawab..

    sekian dlo bu menurut saya korelasi antara agama dan olahraga

    Wassalamualaaikum….wr….wb

    🙂 😦 ^_^ T_T 😛 salam olahraga >_<

  15. M.Ridwan Alwi,6135073370 berkata:

    Assalamualaaikum …wr …wb

    Menurut saya,bu..korelasi antara agama dan olahraga itu contohnya adalah di dalam agama kita diajarkan beberapa sikap yang baik seperti kita harus jujur dan adil…

    Di dalam olahraga pun juga sama kita harus berbuat hal serupa,seperti saat bermain bola,wasit dalam mengambil segala keputusan harus jujur dan adil jangan berat sebelah..

    karena klo tidak akan mendatangkan celaka bagi dirinya..
    yaitu digebukin sama pemain yang tidak suka atas keputusan yang mungkin menurutnya sangat memberatkan tidak sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan…

    Wassalamualaaikum wr…………….wb…..

  16. Agus priyanto berkata:

    ehm..ehm..ehm..
    Assalamualaaikum wr wb….. 🙂

    Bu,saya mo kasih comment tentang korelasi agama dan olahraga

    Itu menurut saya berhubungan,dalam olahraga sendiri juga terdapat konsep” agama..
    Sperti sportivitas,kejujuran serta keadilan,dalam agama juga di ajarkan seperti itu..
    Dan juga biasanya sebelum melakukan sebuah pertandingan olahraga para olahragawan berdo’a agar segala sesuatunya direstui oleh ALLAH SWT..

    Sekian bu dari saya 🙂
    Wassalamualaaikum wr wb… 😦

  17. Yulinar Tikasari Wardah 6135070378 penjas A berkata:

    Assalamu’alaikum…
    Menurut saya antara agama dan olahraga memiliki korelasi
    misalnya dalam agama,umat diharuskan tepat waktu dalam melakukan sholat 5 waktu. Dalam olahraga juga disiplin sangat berpengaruh dalam prestasi. Lalu agama mengajarkan adil,jujur dalam menjalani kehidupan. Dalam dunia olahraga pun buuh sportifitas dalam menjalani suatu pertandingan. Selain itu agama mengajarkan agar umat tidak mudah putus asa. Dalam olahragapun sama. Jadi hubungan agama dengan olahraga sangat erat. Bisa dibilang bahwa agama adalah tiang dari segalanya. Agama adalah panduan dalam menjalani hidup.
    Sekian tanggapan dari saya
    wassalam…

  18. Ass.. Islam mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan. Di dalam tubuh yg sehat terdapat jiwa yg kuat. Jadi bila kita berolahraga dan menjaga kesehatan kita bisa melaksanakan perintah allah swt dengan maksimal.

  19. ass….

    islam mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan, dengan berolahraga kitapun sudah menjaga kesehatan lebih baik lagi jika kita menjaga kebersihan karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yng kuat sehingga kita lebih optimal dalam melaksanakan perintah allah swt.

    wass…

  20. saepul nurhayat berkata:

    Assalamualaaikum wr wb….. 🙂

    hbngn antara okhraga dan agama itu pasti sngat brhungn. di dalm agama qt di ajarkn untk jujur di olhraga qt wjb fair play yang arti nya jujur tdk curang dan tdk menerima sogok dari salh satu phk pemain.sportif mnerma kekalhn dgn lapng dada tdk ada dendam.

    sekian komtar dari saia kurng kbh na saia mohn mav

    wassalamualaikum wr wb

  21. M. Yanwar Habibi 6135070389 berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb….

    Kesabaran, keteguhan hati dan ketetapan hati merukan korelasi-korelasi yang terdapat dalam Agama dan olahraga…

    Jika disaat shalat yang hanya 10-15 mnt sajha qt sudah mengeluh, dimana letak kesabaran qt…? Dan bagaimana nanti di saat qt berada di sebuah pertandingan dengan waktu yang bisa saja lebih lama lagy bahkan dihadapkan dengan lawan main qt juga…

    Lalu bagaimana dengan keteguhan qt dlm melakukan ibadah, itu adalah hal yang penting, begitu juga dengan keteguhan hati untuk mengorbankan jiwa dan raga demi bangsa qt melalui pertandingan shingga membawa bangsa kita menjadi lebih baik…

    Dan kedua hal d atas jg di lengkapi dngn keistiqomahan qt dlm beribadah agar slalu menjadi seorang Muslim yg beriman dan ketetapan hati qt untk selalulu berlatih dan berlatih agar menjadi seorang atlit yg tiada tanding…

    Melalui agama dan olahraga mari bersama qt ciptakan pribadi yang beriman serta sehat jasmani dan rohani…

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb…
    Takbir 3X…

  22. Augy Vendredi 6135073372 penjas A berkata:

    Assalamualaikum wr.wb
    menurut pandangan saya k0relasi antara 0lahraga dan agama adalah semua kmenangan dalam olahraga tidak murni tanpa izin dari Alloh SWT,berdoa dan berlatih adalah kunci uTama kemenangan dlm olahraga.

    Wassalamualaikum..

  23. Pandapotan Manurung 6135072592 Penjas A berkata:

    Assalamualaikum wr.wb

    Maaf bu saya baru kirim comment saya sekarang di karenakan saya terbaring sakit selama seminggu.

    menurut saya hubungannya (korelasi) kuat sebab olahraga salah satunya mengajarkan kita tentang kesehatan dan kebersihan, sedangkan agama itu salah satunya mengajarkan kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi dengan iman yang rendah kita tidak mengerti apa artinya kesehatan dan olahraga.

    trima kasih bu semooga jawaban saya dapat berkenan dihati ibu

    Wassalamualaikum….

  24. assalammualikum wr.wb

    menurut saya hubungan antara agama dan olahraga sangat erat kaitannya, karena dalam olahraga kita di tuntut untuk sportif, dimana kita harus bersikap jujur seperti yang diajarkan oleh para Rasul Allah SWT. selain itu masih banyak lagi hubungan antara olahraga dengan agama misalnya menjaga kebersihan seperti slogan kebersihan sebagian dari iman. dan olahraga mengajarkan kita untuk hidup sehat jasmani maupun rohani.

    sekian dari saya,

    wassalamualaikum wr.wb…

  25. Bambang Prasetyo Utomo 6135073385 Penjas A berkata:

    Korelasi Agama Islam dengan Olahraga

    Assalamualaikum wr.wb

    Korelasi agama islam dengan olahraga. Contohnya disini cabang olahraga sepak bola. Dalam ajaran islam umatnya diajarkan untuk tidak berbohong atau jujur. Dalam permainan sepak bola juga semua pemain harus jujur dalam melakukan pelanggaran sehingga permainan dapat berjalan dengan baik. Dalam ajaran islam kita diajarkan untuk selalu sabar menerima cobaan. Sama halnya dalam sepak bola terutama seorang penyerang atau Straiker dituntut untuk sabar dalam mencetak gol sehingga peluang yang ada bias terwujud gol sehingga tidak sia-sia. Dalam ajaran islam juga diajarkan saling bekerja sama dalam hal yang posistif sehinnga pekerjaan yang berat terasa ringan, sama halnya sepak bola juga membutuhkan kerjasama tim sehinnga permainan terlihat indah dilihat dan memmudahkan pemain bekerjasama untuk mencetak gol. Dalam ajaran islam juga diajarkan kita untuk saling menghormati pemeluk agama lain yaitu dengan memberi kesempatan kepada pemeluk agama lain untuk saling beribadat, sama haklnya dalam permainan sepak bola kita menhortmati lawan sebagai kawan sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan dan memberikan kesempatan kepada teman tim kita yang belum diberikan kesempatan main untuk ikut andil bermain. Saling tolong menolong kesemua orang dalam islam sangat dianjurkan dan diajarakan. Dan dalam sepak bola tolong menolong ( fier play ) juga sangat dibutuhkan kia reus menolong teman atau lawan yang sedang cidera. Dari haldiatas sportifitaslah yang sangat dibutuhkan dalam ajaran islam dan olahraga seperti sepak bola. Dalam permainan sepak bola sportifitas sangat dibutuhkan bukan hanyapemain tetapi pemimpin pertandingan dan yang paling peting penonton pertandinganuntuk celalu menerimakekalahan dengan lapang dada dankita jadikan sebagaimotifasi kita untuklebih baik lagidalammenghadapi pertandingan selanjutnya.
    Jadi kesimpulannya ajaran agama islam sangat berkaitan dengan olahrga atau ajaran agama islam memiliki kolerasi dengan olahraga dan ajaran islam sangat membantu olahraga supaya sesuai yang diajarkan agama islam dan olah raga juga sangat membantu agama dalam mebiasakan umatnya berbuat sesuai yang telah diajaran atau disebut juga olahraga media untuk mebiasakan diri seorang umatnya.
    Agama juga menganjurkan umatnya untuk menjaga kesehatan ,oleh karena itu dengan olah raga seorang manusia dapat menjaga kesehatannya. Sesungguhnya kesehatan adalah mahkota para mujahid. Kesimpulannya agama danolahraga sangat menunjang dalah kebutuhannya. Tapi disisi lain olahraga juga ada yang tak sesuai dengan estetika agamaitu sendiri, sepertikontakfisik langsung serta dapat membahayakan kesehatan serta dapat menghilangkan nyawa seseorang

  26. pentul korek berkata:

    gak ada hububgan antara alahraga dan agama. ngaji kok sambil bal-balan. apa mungkin mbak?buat apa menghubungkan hal-hal yang sudah tidak nyambung.kurang gawean.

  27. gieyan berkata:

    terkadang agama bisa menghambat olahraga.. misal untuk lomba renag putri,, islam di tuntut untuk menutup aurat, tapi ne renang dan gak mungkin orang berenang pake cadar..
    berpakaian pada tempatnya, berarti apa boleh berpakaian ketat dan sebagian aurat terbuka saat lomba renang kususnya putri…?????
    Ku butuh jawaban kalian temen-temen…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s