Kontribusi Keilmuan Teknik Sipil terhadap Kehidupan Keberagamaan

Untuk temen2 teknik Sipil, bisa mencantumkan makalah atau komentarnya disini terkait dengan kontribusi apa yang dipelajarinya dengan kehidupan keberagamaan. Jangan lupa mencantumkan nama dan noreg nya! Sukses dan selamat beraktivitas!!!

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

44 Balasan ke Kontribusi Keilmuan Teknik Sipil terhadap Kehidupan Keberagamaan

  1. S. Nitamalili berkata:

    NAMA : SRIE SYANTI DAMAYANTI
    NO. REG : 5415070315
    PRODI : S1. REGULER PEND. TEKNIK SIPIL 2007

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA
    Teknik sipil dalam kehidupan beragama sangat berperan. Hal ini dapat dilihat dari berdirinya bangunan-bangunan peribadatan. Disamping itu, teknik sipil berperan dalam memperbaiki sarana dan prasarana dalam peribadatan. Dan masih banyak lagi kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama.

  2. SRIE SYANTI DAMAYANTI berkata:

    NAMA : SRIE SYANTI DAMAYANTI
    NO. REG : 5415070315
    PRODI : S1. REGULER PEND. TEKNIK SIPIL 2007

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA
    Teknik sipil dalam kehidupan beragama sangat berperan. Hal ini dapat dilihat dari berdirinya bangunan-bangunan peribadatan. Disamping itu, teknik sipil berperan dalam memperbaiki sarana dan prasarana dalam peribadatan. Dan masih banyak lagi kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama.

  3. SRI RAHAYU berkata:

    NAMA : SRI RAHAYU
    NO. REG : 5415072481
    PRODI : S1. REGULER PEND. TEKNIK SIPIL 2007
    KONTRIBUSI KEILMUAN TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

    Dalam kehidupan adanya berkesinambungan antara satu dengan yang lain.Dan dalam hal ini teknik sipil memberikan sumbangsih terhadap kehidupan beragama yaitu islam, dengan membangun sarana peribadatan karena dalam pembelajaran teknik sipil ada ilmu bangunan yang dapat bermanfaat untuk orang banyak karena dengan ilmu tersebut semua orang dapat menikmati kenyamanan dari sebuah bangunan. Contohnya sebuah mesjid.

  4. Nama : Rahmah Fitriana Sari
    No Reg : 5415072439
    Prodi : S1 Reguler Pend. Teknik Sipil

    KONTRIBUSI KEILMUAN TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA
    Keilmuan teknik sipil sangat berperan dalam kehidupan beragama. Dengan ilmu teknik sipil yang mempelajari mengenai bangunan dapat memberikan manfaat yang penting. Dengan ilmu tersebut dapat membuat bangunan-bangunan yang dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Ilmu teknik sipil dapat merencanakan dan membangun bangunan-bangunan ibadah yang kokoh dan nyaman sehingga manusia dapat menjalani ibadahnya dengan khusyu’.

  5. viki fauzi berkata:

    viki fauzi
    5415072447
    s1 pendidikan teknik sipil

    ass…

    kontribusi keilmuan teknik sipil dalam kehidupan beragama

    oooo……..teknik sipilku…..

    pada dasarnya ilmu teknik sipil sangat berpengaruh dengan ilmu agama, karena ALLAH SWT, menciptakan sesuatu yang pasti berhubungan dan bermanfaat bagi sesuatu yang lain.
    ya memang tidak berhubungan secara langsung, tapi berhubungan secara teknis,misalnya kita ingin beribadah sholat dimasjid, tentu untuk membangun masjid kita perlu memiliki ilmu teknik sipil. dengan memiliki masjid yang berilmukan teknik sipil kita akan tenang beribadah karena kita akan merasa lebih aman dan tidak takut masjid kita akan rubuh.
    yang kedua, misalnya jarak rumah kita dengan masjid dipisahkan oleh sungai, otomatis kita akan membuat penghubung untuk bisa beribadah di masjid. penghubung tersebut salah satunya adalah jembatan. untuk membangun jembatang yang kokoh, kita harus menguasai materi mekanika teknik, sendangkan mekanika teknik adalah inti dari keilmuan teknik sipil…
    jadi saya dapat simpulkan bahwa keilmuan teknik sipil sangat berhubungan dengan keagamaan…

    wass……

  6. Nama : Ahmad Fajarsyah A
    No. Reg : 5415072453
    Prodi : S1 Reg Pend Teknik Sipil

    AssLm..

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN KEAGAMAAN

    Segala susuatu diciptakan saling berhubungan. Begitu pula antara keagamaan dengan teknik sipil. Terdapat hubungan yang sangat erat diantara ke 2 nya. Dalam bergama, hendaknya kita membutuhkan tempat dan sarana ibadah. Inilah salah satu hubungan antara teknik sipil dengan keagamaan.
    Masjid merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita umat Islam dalam menjalankan ibadah.
    Mimbar. sedikit banyak mimbar dibuat dengan ilmu teknik sipil. Dimana mimbar merupakan podium bagi pada Kyai dalam menyebarkan agama Islam.
    Sampai Ka’bah pun dibuat dan direnovasi dengan menggunakan ilmu teknik sipil. jika tidak ada ilmu teknik sipil, mungkin saat ini umat Islam akan bingung kemana dia akan mengarahkan kiblatnya dalam menjalankan ibadahnya.

    Mungkin 3 contoh diatas sudah sedikit memberi keyakinan kepada kita bahwa ternyata ilmu teknik sipil memang sangat berperan dan berpengaruh dalam kehidupan keberagamaan.

    Terimakasih atas perhatiannya.
    Wass…

  7. Jumaenah berkata:

    Nama : Jumaenah
    No. Reg : 5415070304
    Prodi : Pendidikan Teknik Sipil S1 Reguler

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEAGAMAAN

    Peranan Teknik Sipil dalam kehidupan keagamaan sangatlah penting, hal ini terbkti dengan adanya tempet tempet ibadah yang berdiri kokoh, yang dapat digunakan oleh umat beragama dalam menjalakna ibadahnya. dengan ilmu teknik sipil tersebut dapat dibangun tempat ibadah yang yang megah dan berdiri kokoh sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi orang orang yang menggunakannya. jadi dapat dikatakan bahwa keilmuan teknik sipil sangat dengan kehidupan keberagamaan sangatlah erat..

  8. Elmi Yunatafa berkata:

    Nama : Elmi Yuntafa
    No Reg : 4515072453
    Prodi : S1 Pendidikan Teknik Sipil

    Kontribusi Teknik Sipil Dalam Kehidupan Keberagamaan

    Assalamualaikum. Wr. Wb.

    Kontribusinya yaitu, membantu dalam membangun tempat peribadatan, dan memberikan ciri khas bangunan pada tempat peribadatan tersebut bagi masing masing agama.
    kita ketahui bahwa Agama di Indonesia ini sangatlah beragam, dengan kontribusi yang diberikan oleh orang orang teknik sipil, dalam hal ini tempat peribadatan, maka masyarakat dapat mebedakan tempat peribadatan setiap agama. dan dapat menyalurkan nilai ke Religian dalam beragama, karena mereka bisa merasa dekat dengan Tuhan mereka jika beribadah di tempat peribadatan mereka masing masing.

    Wass..

  9. Nama : Dina Widya Astuti
    No. Reg : 5415072442
    Prodi : Pendidikan Teknik Sipil S1 Reg

    Kontribusi Teknik Sipil Dalam Keberagamaan.

    Assalamualaikum..

    Kontribusi Teknik Sipil terhadap keberagamaan di Indonesia sangatlah banyak peranannya. seperti pembangunan tempat tempat ibadah yang dilakukan atas nama lembaga kemasyarakatan, kelompok, maupun pribadi. bidang teknik sipil berperan penting dalam hal ini . karena tentu tak akan bisa membangun suatu tempat peribadatan tanpa adanya bidang teknik sipil. pembangunan pembangunan yang dilakukan dimaksudkan agar masyarakat Indonesia dapat mudah melakukan kegiatan Ibadahnya atau keagamaannya. pembangunan yang dilakukan pun tidak hanya dikota kota besar, namun dikota kota kecil dan di daerah daerah. disetiap suatu daerah perumahan misalnya. pasti tidak hanya ada 1 tempat ibadah yang dibangun. misalnya mejid, karena mesjid merupakan tempat ibadah umat Islam yangtidak sedikit diperlukan keberadaannya. mengingat agama Islam merupakan agama yang paling banyak penganutnya di Indonesia. desaig dan konstruksi bangunan yang direncanakan pun dibangun sedemikian rupa, tanpa mengurangi nilai Religus dan nilai keindahannya atau nilai arsitekturnya.
    Demikianlah komentar saya tentang kontribusi teknik sipil terhadap keberagaam di Indonesia

    Wassalamualaikum…

  10. dedi hariyanto berkata:

    dedi hariyanto
    5415072450
    si reg pendidikan teknik sipil 2007

    assalamualaikum wr.wb

    kontribusi keilmuan teknik sipil dalam kehidupan beragama banyak terlihat dan sangat jelas ada di sekeliling kita,
    kita ambil saja contoh pembangunan masjid berkubah emas yang ada di depok, pembangunan nya tidak terlepas dari ilmu teknik sipil, mulai dari merancang, membangun sampai tahap pemeliharaan bangunan. memang tidak semuanya dilakukan oleh teknik sipil, tetapi dilengkapi dari berbagai disiplin ilmu yang lain sepoerti teknik arsitektur, planologi, geodesi dan sebagainya.
    kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama tidak hanya sekedar mendirikan bangunan terlebih dalam membangun tempat-tempat ibadah, dilihat pula nilai keindahan atau estetikanya, karena kita sendiri tahu kalau ALLAh SWT cinta akan keindahan.
    sekiranya itulah kontribusi yang dapat diberikan disiplin ilmu teknik sipil dalam kehidupan beragama.

    wasss

  11. ibnu jauzi berkata:

    ibnu jauzi
    5415072440
    s1 reg pend. teknik sipil 2007

    kontribusi keilmuan teknik sipil dalam kehidupan beragama

    dalam hal bangun membangun teknik sipil memang masternya…

    sudah tentu banyak kontribusi yang diberikan oleh disiplin ilmu teknik sipil,,,antara lain membangun tempat-tempat peibadatan, sekolah, rumah dan sebagainya.

    pembangunan tersebut dilakukan agar masyarakat mendapat akses dan sarana yang lebih mudah untuk beribadah dan melakukan aktifitas publik maupun keagamaan…tentunya hal tersebut sangat membantu masyarakat dan teknik sipil memberikan kontribusi yang besar dalam kehidupan masyarakat
    dengan mendirikan dan meramaikan tempat tempat ibadah berarti kita sudah menolong ajaran dan agama Allah…
    karena sesungguhnya Allah akan menolong pada hambanya yang menolong pada agamanya (Islam )

    wassss

  12. Eko Budianto berkata:

    Eko Budianto
    No.Reg:5415072475
    asalamu’alaikum wr.wb.
    Kontribusi teknik dipil pada kehidupan beragama adalah dalam penyediyaan sarana dan prasarana infrastuktur/tempat ibadah.
    Selain itu,juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat yang menggebu-gebu dalam kehidupan beragama, misalnya pada saat membangun tempat ibadah, di saat inilah seluruh elemen masyarakat tumpah ruah bahu membahu ikut turun tangan membantu membangun tempat ibadah tersebut. Karena adanya kebersamaan inilah maka tumbuh semangat dalam membangun tempat ibadah tersebut.
    mungkin dari saya cukup itu saja yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ALLAH SWT meridhoinya dan semoga berguna bagi kehidupan kita semua.
    wassalamu’alikum wr.wb.

  13. Luthfi Ardiansyah
    No Reg: 5415072476
    sI reg 2007

    Asalamu’alaikum Wr.Wb

    Kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama
    dalam hal pembangunan memang itu adalah tugas dari teknik sipil
    kita ambil saja sebuah contoh bangunan megah yaitu masjid.
    Masjid merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita umat Islam dalam menjalankan ibadah.ada sebuah masjid dikota depok masjid yang berkubah emas dan berdisri sangat megah , pembangunan nya tidak terlepas dari ilmu teknik sipil, mulai dari merancang, membangun sampai tahap pemeliharaan bangunan.
    kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama tidak hanya sekedar mendirikan bangunan terlebih dalam membangun tempat-tempat ibadah, dilihat pula nilai keindahan atau estetikanya.
    karena kita sendiri tahu kalau ALLAh SWT cinta akan keindahan.

    maka dapat disimpulkan bahwa ilmu teknik sipil itu sangat memberikan kontribusi dalam kehidupan keagamaan.khususnya dalam pembangunan rumah peribadatan.
    Sekian,dan terima kasih

    Wass

  14. Nama : Renato Agassi Galihindra
    No Reg : 5415072486
    Prodi : S1 Reguler Pend. Teknik Sipil

    Asalamu’alaikum Wr.Wb.

    Menurut saya, kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama saat ini terbilang sudah mengalami banyak peningkatan, karena sekarang ini sudah banyak bangunan-bangunan yang dibangun sebagai sarana untuk beribadah maupun untuk kegiatan keagamaan lainnya.

    Itu berarti bangunan juga berperan besar dalam agama, dan bangunan itu sendiri pun tidak lepas dari ilmu teknik sipil.
    Memang untuk membuat suatu bangunan ilmu yang dipakai seluruhnya tidak hanya dari ilmu teknik sipil, ada bagian-bagian tertentu yang harus menggunakan ilmu lain, tetapi paling tidak ilmu dari teknik sipil itu sendiri telah menjadi suatu bagian yang paling vital dalam proses membuat sebuah bangunan.

    Itulah pendapat saya mengenai kontribusi dari teknik sipil dalam kehidupan keagamaan.Kurang lebihnya mohon maaf.

    Wassalamualaikum…

  15. Ali Rahman berkata:

    Nama :Ali Rahaman
    No.Reg :5415070306
    Prodi :S1 Pend.Teknik Sipil

    Assalammualaikum Wr.Wb

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN KEAGAMAAN

    mNurut saya,,

    Islam merupakan rahmat bagi seluruh alam, didalam ajarannya terkandung berbagai macam aspek kehidupan.Baik itu dalam segi fisik maupun non fisik, spairitual maupun non spiritual.

    Dalam segi ilmu teknik bangunan ( teknik sipil/ arsitektur) misalnya. Islam telah memberikan dedikasi tertingginya kepada ilmu pengetahuan berupa bangunan-bangunan yang telah berhasil dibuat yang sebelumnya tidak dapat dibuat oleh bangsa dan peradaban manapun.

    Dalam ilmu teknik sipil, peradaban islam telah bnyak meyumbangkan ilmunya dengan berbagai macam contoh bangunan seperti bendungan, tata ruang kota,saluran irigasi serta banyak lagi. Yang kesemuanya itu telah menjadi ilmu pedoman dalam pembuatan bagunan hingga sekarang di seluruh dunia. Dalam hal keagamaan ilmu teknik sipil telah memberikan konstribusinya melalui pendirian tempat-tempat ibadah yang mana tempat ibadah tersebut dapat mempermudah bagi pemeluk agama dalam beribadah. Salah satu karya teknik sipil terbesar dalam hal keagamaan adalah didirikannya Ka’bah ( Masjidil Haram) yang merupakan kiblat umat islam dalam beribadah.

    Segala macam ilmu teknik sipil tersebut bukan begitu saja muncul, melainkan berkat perjuangan ilmuan islam dalam mencari dan memahami ilmu tersebut. Namun amat disayangkan bahwa, segala macam ilmu yang mulanya berasal dari islam tersebut. Telah diputar balikkan dan secara terang-terangan telah diaku-akui merupakan ilmu yang berasal dari bangsa barat. Dengan tak tau malunya bangsa barat mencuri segala macam ilmu yang berasal dari ilmuan islam yang telah bersusah payah menemukan ilmu tersebut dan menyebutkan secara terang-terangan bahwa ilmu tersebut adalah milik bangsa barat.

  16. Rudy Priyanto berkata:

    Nama : Rudy Priyanto
    No. Reg : 5415072473
    Prodi : S1 Reg Pend Teknik Sipil

    Assalammualaikum Wr.Wb

    Kontribusi Teknik Sipil Dalam Kehidupan Beragama

    Menurut saya, Kontribusi Teknik sipil dalam kehidupan beragama memang paling banyak terdapat pada pembangunan masjid/tempat ibadah.
    Karena memang yang dipelajari teknik sipil mengenai perencanaan struktur suatu bangunan baik itu rumah, gedung maupun tempat ibadah. Dan jelas yang paling terlihat kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama khususnya agama islam ialah dalam pembangunan masjid.Dan contohnya seperti yang sudah disebutkan pada tanggapan sabelum ini/diatas.

    Sekian komentar saya tentang kontribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama, Kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Terima kasih.

    Wass

  17. Fauzi Azhari berkata:

    Nama :Fauzi Azhari
    No.Reg:5415072461
    Prodi :S1 REGULER/tEknik Sipil

    Assalammualaikum.wr.wb

    “KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN KEBERAGAMAAN”

    Teknik Sipil merupakan suatu ilmu yang berkecimpung dalam hal
    bangunan,seperti membangun rumah,gedung,bendungan,jembatan,dsb.
    kontribusi teknik sipil dalam kehidupan keberagamaan dapat terlihat dari bangunan-bangunan ibadah tiap2 agama.mulai dari merangcang,membangun,dan memelihara,dilakukan oleh bidang teknik sipil beserta ilmu2 lain yg berkaitan.

    Peran teknik Sipil sebagai contoh adanya masjid,musholla,dll.
    masjid merupakan tempat ibadah umat ISLAM yang dibangun secara megah dan istimewa.
    dalam kehidupan masyarakat,teknik sipil juga berperan penting dalam hal membangun rumah,sekolah,rumah sakit,jembatan,dan infrastruktur lainnya.itu semua tidak lepas dari kuasa ALLAH SWT.

    saya berharap,kontribusi teknik sipil semakin lama semakin meluas ke berbagai hal.

    sekian komentar yang saya berikan,kurang lebih nya mohon maav.

    aRie..

    Wassalammualaikum.wr.wb

  18. Tri Puspita Sari berkata:

    Nama : Tri Puspita Sari
    No.Reg : 5415070311
    Prodi : S1.Reguler Teknik Sipil

    Assalammualaikum Wr.Wb

    Kontribusi Teknik Sipil Dalam Kehidupan Beragama

    Menurut saya….

    Konstribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama dapat di lihat dalam lingkungan sekitar, kontribusi teknik sipil mempunyai peran untuk membangun tempat-tempat peribadatan bagi umat beragama yang ada di bumi ini. contohnya seperti masjid, mushollah, dan bangunan peribadatan lainnya. Dengan adanya seperti itu katena dapat ridho dan karunia dari Allah SWT.
    Tanpa dapat ridho dan karunia-Nya, maka kontribusi teknik sipil seperti arsitektur-aesitektur pembangunan tempat peribadatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik, dan tidak akan bedirinya bangunan-bangunan peribadadatan yang kokoh dan kuat tersebut.

    wassalammualaikum Wr.WB

  19. CITRA PERMATA berkata:

    CITRA PERMATA
    5415072477
    S1-REGULER

    aSSalamualaikum wr.wb

    Konstribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama

    teknik sipil yang merupakan sebuah cabang ilmu teknik yang berkenaan dengan struktur dan bangunan tentu saja peranannya tidak lepas dari kehidupan sehari-hari begitu pula dengan kehidupan beragama.

    Struktur sebuah bangunan masjid tentu saja dibangun dengan sebuah cabang ilmu yaitu teknik sipil yang memerlukan perhitungan-perhitungan yang sangat rumit yang hanya dapat dilakukan dengan baik oleh seorang engineer yaitu engineer sipil.

    Jika para ahli teknik sipil tidak memiliki keahlian yang baik dalam perencanaan tentu saja bangunan-bangunan peribadatan dan lainnya tidak dapat berdiri dengan kuat dan kokoh seperti bangunan-bangunan masjid saat ini yang berdiri dengan megah dan kokohnya.

    Kontribusi yang demikian besarnya tidak semata-mata merupakan suatu tanggung jawab pekerjaan seorang engineer namun juga merupakan tanggung jawab moral dan nurani kepada sang pencipta ALLAH SWT.

    Semoga dengan kontribusi yang dilakukan oleh para engineer sipil dapat menjadikan kehidupan beragama kita menjadi lebih nyaman dan baik dalam prakteknya.

    Sekian dan terima kasih.
    wassalamualaikum wr. wb.

  20. Setyo Dwiantoro.S berkata:

    Setyo dwiantoro.s
    5415070313
    S1-Reguler

    Konstribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama

    Bagi yang beragama tentu tahu bahwa agama akan mengajarkan keselamatan hidup di dunia ini, bagaimana umat dijanjikan selamat hingga masuk surga. Intinya gitu khan.

    Jika demikian maka ilmu teknik sipil juga demikian adanya, misalnya anda ingin lewat sungai yang dalam sehingga perlu dibangun jembatan penyeberangan. Jika anda asal membangun maka tidak ada jaminan bahwa anda akan selamat sampai keseberang, meskipun untuk itu sudah investasi duit yang mahal. Tetapi jika jembatan tersebut direncanakan dan dikonstruksi dengan baik berdasarkan ilmu-ilmu yang diberikan di bidang teknik sipil maka dapatlah dipastikan bahwa anda dapat juga menyeberang dengan selamat. Anda akan terhindar dari kematian karena jembatan tersebut tidak rubuh ketika dilewati.

    Itu tadi juga jembatan, sekarang pada bangunan-bangunan tinggi, perhatikan memang keindahan bangunan-bangunan tinggi yang nampak dari luar adalah hasil kerja para arsitek dengan kreatifitasnya. Tapi apakah arsitek itu sendiri yang dapat menjamin bahwa bilamana ada gempa bangunan tersebut masih berdiri. Tidak, bukan arsitek tersebut dan bukan yang lain-lain, tetapi yang dapat menjamin hanya ilmunya orang teknik sipil.

    Jadi lagi-lagi ilmu teknik sipil yang dapat menjamin keselamatan (tentunya pada batas-batas tertentu / tidak mutlak sifatnya). Karena sama-sama berbicara tentang keselamatan maka tentunya dapat dikatakan bahwa ilmu teknik sipil memberikan kontribusi dengan kehidupan beragama, bedanya yang satu dapat dibuktikan secara ilmiah sedang yang satu dasarnya adalah iman.

    Benar begitu ?

    Jadi kalau demikian, maka besyukurlah teman-teman seprofesi (structural engineer) bahwa kita ini termasuk golongan masyarakat yang istimewa karena dapat menjanjikan keselamatan hidup di dunia ini.

  21. Wahid Toyyibi berkata:

    Wahid Toyyibi
    5415072469
    S1 Teknik Sipil Reguler

    Teknik Sipil Juga tidak hanya asal membangun sebuah rumah tipe RSSSSSSSS…. (Rumah sangat sederhana sehingga selonjoran saja sangat susah sekali) sampai membuat gedung tertinggi di Taipei, Taiwan yang tingginya menembus langit pertama (langit kedua kejauhan kaleee).

    Kebanggaan atas profesi masing-masing itu PERLU (dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas), rasa tanggung jawab atas profesi masing-masing, itu HARUS (terutama dampaknya terhadap kehidupan manusia)“Karena sama-sama berbicara tentang keselamatan maka tentunya dapat dikatakan bahwa ilmu teknik sipil mirip dengan ilmu agama..dst” itu terlontar karena kita sadar dan merasakan lalu mengucap syukur bahwa semua ILMU dan PENGETAHUAN berasal dari ALLAH SWT.

    Semua PROFESI adalah ISTIMEWA jikalau Ilmu Pengetahuan yang diterapkan dalam wujud nyata untuk kehidupan manusia (mis:bangunan gedung) dimulai dari rasa takut akan ALLAH SWT, karena di dunia ini tidak ada seorang manusia pun yang layak untuk sombong atas semua karyanya, sebab jaminan akan keselamatan manusia (mis:jaminan keselamatan manusia yang tinggal didalam bangunan) yang manusia ciptakan hanyalah sebatas probabilitas/relatif sifatnya.

    saya sih juga seorang calon engeneer lo, tapi belum.
    so..bicara t.sipil=agama, itu hampir2 sama, karena kedua2nya menyangkut dengan keselamatan manusia, cuma ada beda, kalau agama menyangkut dengan keselamatan manusia pada hari akhirat kalau iman nya ga ada bisa di goda oleh syaitan, hati2 looooo, sedangkan, seorang t.sipil ini keselamatan di dunia, contoh nya. dalam membangun suatu bangunan itu harus benar2 kuat akan ketahanan suatu bangunan tsb, karena ini biasa nya menyangkut dengan kemaslahatan banyak manusia. itu aja seh yg beda menurut saya.
    tp hal itu kembali pd diri qt masing2 sbg para sarjana t.sipil.., maksudny dengan niat karena Allah swt & hati tulus ikhlas dlm membangn sbuAh bangunan atau jembatan yG kokoh & dengan planniNg yg matng serta pengerjaannya ngGak asal-asaLan (ALiaS NgGK koRupsi), insYaALLAH kita (Gw aja kali lo kagak) termasuk seorang t.sipil yg menYelamtkn keselamatan hidup orang banyak di dunia.., spt haLnya aGama ALLAH yG mNyeLamatkn hidup para umatnya di dunia & akHiraT.jadi dLm suatu pembangunan yG peNtng KEJUJURAN agar bangunannya kokoh, spt KEIMANAN Agar agamanya kokoh..,
    Maka Teknik Sipil=Ilmu Agama=Kselamatan
    amiiiN…

    WAsssalamualaikum Wr,Wb

  22. Muhammad Nur Kholik berkata:

    Muhammad Nur Kholik
    5415070301
    S1 Teknik Sipil Reguler

    ASsalamualaikum

    Saya merasa tertarik tentang Kontribusi Teknik sipil terhadap kehidupan beragama….

    Menurut Saya teknik sipil tidaklah hanya sebuah ilmu pengetahuan saja melainkan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan beragama..

    Mungkin kita hanya sebatas tahu bahwa teknik sipil hanya membangun sebuah rumah ataupun gedung bertingkat saja.

    Sejak jaman Nabi Adam Sampai Zaman Kekuasaan Kerajaan Turki Ustmani, teknik sipil berkembang pesat sehingga bangunan-bangunan di zaman tersebut Subhanallah sangat indah dan luar biasa serta tidak ada tandingannya…. bahkan negara dari eropa menirunya untuk membangun istana kerajaannya…

    Dalam zaman tersebut dibangun mesjid nan mewah dan indah yang sebelumnya hanya sebuah mesjid yang terdiri dari bangunan dan genteng saja pada zaman bani ummayah dan abbassiyah menjadi mesjid yang sangat mewah yang diantaranya MASJIDIL HARAM , MASJIDIL AQSA, MASJID yang berada di kota turki yang dulunya merupakan sebuah gereja umat nasrani….

    Oleh karena itu ilmu sipil mencakup ilmu agama yang berasal dari ALLAH SWT yang harus dipelajari dan diman faatkan untuk umat manusia khususnya umat islam…

    Sekian dan terima kasih.
    wassalamualaikum wr. wb.

  23. Rizky Widyatama berkata:

    Rizky Widyatama
    5415072448
    S1-Reguler

    Konstribusi Ilmu Teknik Sipil Dalam Kehidupan Beragama

    “Karena sama-sama berbicara tentang keselamatan maka tentunya dapat dikatakan bahwa ilmu teknik sipil memberikan kontribusi terhadap kehidupan beragama..dst” itu terlontar karena kita sadar dan merasakan lalu mengucap syukur bahwa semua ILMU dan PENGETAHUAN berasal dari TUHAN.

    Semua PROFESI adalah ISTIMEWA jikalau Ilmu Pengetahuan yang diterapkan dalam wujud nyata untuk kehidupan manusia (mis:Bangunan Gedung) dimulai dari rasa takut akan TUHAN, karena di dunia ini tidak ada seorang manusia pun yang layak untuk sombong atas semua karyanya, sebab jaminan akan keselamatan manusia (mis:jaminan keselamatan manusia yang tinggal didalam bangunan) yang manusia ciptakan hanyalah sebatas probabilitas/relatif sifatnya.

    ilmu sipil+ ilmu agama= keselamatan. so formula yg ideal have to add no equel. cause bila 1 bangunan di desain org sipil secara matematis resultnya terukur oleh org sipil tapi jika tidak diback up dgn iman yg kokoh layaknya batu karang atau emas murni 24 karat, maka pasti hasilny korupsi,example : pengurangan bahan bangunan, mark up anggaran dll. jd harus seimbang, ok.

  24. Kharis Pribadi berkata:

    Kharis Pribadi
    5415070314
    S1-Reguler

    Konstribusi Ilmu Teknik Sipil Dalam Kehidupan Beragama

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Saya sebagai mahasiswi Teknik Sipil sependapat dengan artikel di atas..,ciee…

    tp hal itu kembali pd diri qt masing2 sbg para sarjana t.sipil.., maksudny dengan niat karena Allah swt & hati tulus ikhlas dlm membangn sbuAh bangunan atw jembatan yG kokoh & dG pLanniNg yg matng serta pengerjaannya ngGak asal-asaLan (ALiaS NgGK koRupsi), insYaALLAH Qt termasuk seorang t.sipil yg menYelamtkn kSelamatn hidup orang banYaK di dunia.., spt haLnya aGama ALLAH yG mNyeLamatkn hidup para umatnya di dunia & akHiraT.

    jadi dLm suatu pembangunan yG peNtng KJUJURAN AgAR bangunannya kokoh, spt KEIMANAN Agar aGamanya kokoh..,
    Maka Teknik Sipil=Ilmu Agama=Kselamatan
    amiiiN…

    wasSaLam…^_^

  25. Yudhi Tri Pratama berkata:

    ass..

    Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia dalam kehidupan beragama…

    Karena bangunan berkaitan dengan kemajuan peradaban manusia, maka dalam perjalanannya, manusia memerlukan ilmu atau teknik yang berkaitan dengan bangunan atau yang menunjang dalam membuat suatu bangunan, seperti tempat beribadah.. Perkembangan Ilmu pengetahuan tidak terlepas dari hal tersebut seperti halnya arsitektur, teknik sipil yang berkaitan dengan bangunan….

    Dengan adnya ilmu t.sipil tentunya memberikan kemudahan dalam akses mensyiarkan agama Islam serta melkukan ibadah….
    bangunan masjid yang berdiri kokoh dan megah membuat kita lebih mudah dalam melakukan ibadah,,,
    serta bangunan sekolah,pondok pesantren,madrasah,dll memberikan peran dlam memupuk kecintaan terhadap Islam sejak usia dini…

    semoga konstribusi t.sipil memberikan manfaat yang tentunya diridhai oleh Alla SWT… aminnn…

    Wassalam…..

  26. wijatmiko berkata:

    Nama : Wijatmiko
    No reg : 5415070307

    Assalamualaikum Wr Wb

    Kontribusi Ilmu Teknik Sipil Dalam Kehidupan Beragama

    Semua Ilmu pada dasarnya memiliki manfaat dalam kehidupan beragama, karena ilmu ada untuk menopang kehidupan beragama. salah satunya adalah ilmu teknik sipil yang sedang saya pelajari

    Ilmu teknik sipil dalam kehidupan beragama memiliki cukup banyak kontribusi, yang apling penting adalah bangunan-bangunan mesjid yang ada di Indonesia ini, mesjid-mesjid sekarang sangat megah-megah dan itu semua tidak lepas dari teknik sipil karena konstruksi mesjid itu sendiri dan pembangunannya mulai dari nol sampai jadi sebuah mesjid yang sangat agung tidak bisa tanpa adanya insinyur-insinyur teknik sipil. selain pembangunan mesjid, teknik sipil juga berperan sekali dalam pembangunan panti asuhan, dan bangunan-bangunan lainnya yang vital bagi umat muslim.

    jadi pada intinya kontribusi teknik sipil yang paling jelas terlihat dari pendirian bangunan-bangunan islami yang sekarang banyak berada di indonesia seperti masjid.

    demikianlah pendapat yang dapat saya berikan, apabila terdapat kesamaan pada pendapat-pendapat sebelumnya, mohon dimaklumi karena kami sama-sama manusia yang berada di lingkungan teknik sipil.

    wassalamualaikum wr wb

  27. nama : veronico ramadhan
    no reg : 5415070316

    konstribusi teknik sipil dalam kehidupan beragama

    Teknik sipil,merupakan ilmu yang mempelajari berbagai hal yang mencakup manajemen,kemampuan logika,sistematika dalam berilmu dan mengkhuskan mengenai bangunan.

    konstribusi yang jelas mengenai teknik sipil dalam kehidupan beragama:

    Diri Sendiri
    pengonsepan terhadap diri kita tentang bagai mana kita memanajemen diri kita dalam kehidupan beragama,baik pikiran perkataan dan perbuatan kita sesuai dengan syariah islam .serta dapat mengatur diri kita dalam menjalankan perintah beragama,dari segi keilmuan bahwa konstribusi ini dapat membawa kita dalam manajemen diri kita dalam kehidupan beragama.

    Kehidupan bermasyarakat
    Teknik Sipil ini dalam bidang beragama juga dapat dilihat dari segi kependidikannya kita dapat mengkontribusi keilmuan teknik sipil ini bagi kemaslahatan umat untuk kemajuan dalam bidang dakwah keberagamaan misalnya dalam pembangunan masjid-masjid dan islamic center,madrasah ,pondok pesantren untuk memperluas dakwah kita sebagai umat islam.

    selain itu bagai mana kita dapat menempatkan fasilitas-fasilitas islam dalam tempat yang strategis dan dapat mudah dijangkau

  28. beyboy berkata:

    Nama : Febri Hapso
    No. Reg : 5415072441
    S1-Reg

    Kontribusi Keilmuan Teknik Sipil terhadap Kehidupan Keberagamaan

    menurut saya…

    ilmu teknik sipil dengan berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah yang mengembangkan sumber daya insani yang bermoral, berjiwa kebangsaan dan berwawasan global, serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdaya guna untuk mewujudkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta, ilmu tehknik sipil akan sangat berguna kontribusinya bagi kehidupan beragama
    contohnya:
    – pembangunan masjid/tempat ibadah.

  29. putri berkata:

    nama : putri indrawati
    no reg ; 5415070302

    Kontribusi teknik sipil dalam bidang keberagamaan terletak pada bidang arsitektur bangunan bersejarah islam.

    Arsitektur islam adalah ilmu sekaligus seni merancang bangunan ataupun struktur lain yang fungisional dan dirancang berdasarkan kaidah estetika islam yang bertolak dari pengakuan akan keesaan Allah SWT. Arsitektur itu ada yang berfungsi melayani keagamaan seperti masjid, makam, madrasah, dan ada pula yang berfungsi melayani kepentingan sekuler seperti : istana, benteng, pasar, dan masih banyak lagi. Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah merupakan contoh bangunan dengan arsitektur yang indah.

    Di Indonesia sendiri, telah pula didirikan bangunan bergaya arsitektur islam seperti Masjid Agung Demak, Masjid Agung Banten, Masjid agung kudus dan masjid indah lainnya.

    Bangunan Makam yang menakjubkan dan merupakan salah satu keajaiban dunia ialah Taj Mahal. Pada bangunan makam ini disemayamkan Mumtaz Mahal istri dari Sultan Syah Jehan.

    Kubah masjid merupakan ciri dari setiap arsitektur Masjid yang memberi warna tersendiri. Memberikan kesan kemegahan dan keindahan. Kaligrafi yang terukir pada bangunan berasitektur islam menambah keindahan, kemegahan dan keagungan-Nya.

  30. Whisnu Ryan H berkata:

    nama : Whisnu Ryan Hidayat
    no reg ; 5415070319

    Dalam hal beragama sebenarnya teknik sipil tidak terlalu banyak memberikan
    kontribusi. dan bila seseorang teknik sipil ingin memberi konteribusi dalam agama islam tidak harus dengan membangun bangunan dengan gaya arsitektur islam atau membangun tempat ibadah untuk umat islam namun juga dapat dilakukan saat pelaksanaan pembangunan. disaat para kontraktor lain atau konsultan lain berlaku curang atau mencuri bagian dari material menjadi orang yang bertolak belakang dengan kebiasaan
    mencuri atau curang dalam bekerja adalah salah satu kontribusi kita terhadap agama islam dengan sikap tersebut bangunan bisa dikatakan ” HALAL “

  31. Faeruzy Arnandi berkata:

    Nama : FAERZUY ARNANDI
    No.Reg : 5415070308
    Prodi : Pend.T.Sipil (S1)

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

    Assalammualaikum Wr.Wb

    Menurut pendapat saya kontribusi t.sipil dalam kehidupan beragama khususnya dalam islam cukup berpengaruh. Dalam arti luas, t.sipil merupakan ilmu yang mempelajari tentang manajemen konstruksi, khususnya pada bangunan, selain itu juga mempelajari tentang sistem penataan lingkungan yang indah dan serasi, yang menurut Islam,keindahan dan keserasian merupakan rahmat dari ALLAH SWT.

    Bangunan yang diperuntukkan untuk tempat peribadatan, sangat dituntut keasriannya,kebersihannya,kenyamanan dan ketentramannya agar umat yang menggunakan bangunan itu bisa lebih khusyuk dalam melakukan ibadahnya.Hal ini menuntut t.sipil untuk mengabdikan ilmu-ilmunya guna membuat suatu bangunan peribadatan yang layak dan nyaman. Al-Quran dan sunnah juga menganjurkan kita agar suatu tempat ibadah haruslah bersih dari najis,karena kebersiahan itu sebagian dari iman.

    Contoh Nyata dari kontribusi t.sipil yakni: Masjid, Musholla, Makam, madrasah, pesantren, Panti Asuhan, Perpustakaan, dll.Hal ini menunjukkan bahwa Ilmu-Ilmu Islam juga terdapat dalam T.Sipil, khususnya untuk kemaslahatan umat beragama.

    Sekian pendapat saya, saya harap kepada para pembaca harap diingat bahwa, kemegahan bangunan yang ada di dunia, itu merupakan karunia AllAH SWT, kita patut mensyukuri dengan cara menjaga,merawat, dan melestarikannya agar tetap terjaga eksistensinya.

  32. HERY berkata:

    HERY
    NO.REG.5415070318
    S1.Reg

    Kontribusi teknik sipil dalam bidang keberagamaan jelas sekali sangat berpengaruh dan berperan penting didalamnya,sebagai contoh pembangunan sebuah tempat ibadah berupa mesjid.Dalam perancangan pembangunan sebuah mesjid tidak terlepas dari ilmu sipil,sehingga kita bisa menggunakannya untuk beribadah dengan tenang,maka dengan peran serta ilmu sipil inilah banyak berbagai macam bangunan yang dapat dimanfaatkan oleh kita seperti gedung-gedung perkantoran,dan lain sebagainya.

  33. DWI NUR SASONGKO berkata:

    Nama : DWI NUR SASONGKO
    No.Reg : 5415070317
    Prodi : PEnd.t.sipil (s1)

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

    Assalammualaikum Wr.Wb

    Menurut saya Teknik Sipil merupakan ilmu yang mempelajari tentang konstruksi bangunan dimana berkaitan dengan umat beragama, dalam hal ini dikhususkan pada bangunan peribadatan, contoh: mesid, mushollah, dan tempat peribadatan lain.

    Setiap umat beragama pasti mengginginkan kesempurnaan dalam melakukan aktifitas ibadahnya, oleh karena itu teknik sipil mencoba memberikan Kontribusinya dalam bangunan peribadatan yang tenang dan damai, karena pada prinsipnya manusia sangat menginginkan Beribadah kepada Allah SWT dengan ketenangan spiritual yang dalam. semakin indah tempat peribadatan semakin khusyu kita dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

    Karenanya teknik sipil mencoba mewujudkan hal tersebut dengan berbagai ilmu yang terkandung di dalamnya. Bangunan yang berfungsi sebagai tempat peribadatan yang baik haruslah disyukuri karena merupakan karunia dari YANG MAHA KUASA.
    Cara kita mensyukurinya antara lain: menjaga, merawat, melestarikan, dan memakmurkan nya.

    Trimakasih.

    Waalaikumsalam Wr.Wb

  34. Fajri Hatta berkata:

    Nama : Fajri Hatta
    No.Reg :5415072451
    Prodi : S1 Reguler Teknik Sipil 2007

    mencoba menanggapi

    “Kontribusi Keilmuan Teknik Sipil terhadap Kehidupan Keberagamaan”

    Setiap agama akan mengajarkan keselamatan hidup di dunia ini, bagaimana umat dijanjikan selamat hingga masuk surga (bagi yang beragama tentu tahu).

    Jika demikian maka ilmu teknik sipil juga demikian adanya, misalnya anda ingin lewat sungai yang dalam sehingga perlu dibangun jembatan penyeberangan. Pembuatan Jembatan sudah tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Banyak manusia yang terlibat di dalamnya. Dalam keberagaman hidup, mereka saling bahu membahu membangun jembatan itu. Satu rasa, satu tujuan, yakni membangun jembatan yang baik agar tidak roboh ketika dilewati. Secara sengaja maupun tidak sengaja, teknik sipil menyatukan berbagai manusia yang beraneka ragam itu.

    Terima Kasih

  35. Nama : Eikman Julian .M.
    No.reg : 5415072487
    Prodi : S1.Pend.Teknik Sipil

    aSs wR wB……

    KONTRIBUSI KEILMUAN TEKNIK SIPIL DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

    menurut pendapat saya..
    kontribusi keilmuan teknik sipil dalam kehidupan beragama cukup besar. sebagaimana yang kita ketahui banyak bangunan- bangunanyang bernuansa islam yang di bangun oleh para arsitek dan civil enginer..
    seperti contohnya tajmahal yang hingga kini salah satu keajaiban dunia..
    para civil enginer juga membangun berbagai gedung,jembatan,dan juga jalan shingga ini semua dapat di gunakan demi kepentingan dan kelangsungan hidup umat manusia………..
    teknik sipil juga tidak memandang untuk memajukan kehidupan salah satu umat beragama saja tetapijuga memajukan kehidupan semua umat beragama..
    inilah yang menyebabkan kontribusi keilmuan teknik sipil terhadap kehidupan beragama sangat besar.
    demikianlah pendapat saya kurang lebihnya saya ucapkan terima kasih.

    wassalam………………………………

  36. Deni Haryanto
    5415070312

    Assalammualaikum Wr.Wb

    Kontribusi keilmuan teknik sipil terhadap kehidupan beragama

    menurut pendapat saya, segala susuatu yang diciptakan Allah SWT saling berkaitan dan memiliki hubungan yang erat. Begitu juga agama dengan teknik sipil. Dalam bergama, kita memerlukan sarana ibadah yang khusyu’. Dan inilah salah satu hubungan antara teknik sipil dengan keagamaan.

    Dari ilmu teknik sipil itu kita dapat membuat bangunan yang dipergunakan oleh orang banyak / kemaslahatan umat.

    Contohnya adalah Masjid, masjid merupakan tempat yang kita gunakan sebagai tempat menjalankan ibadah dan rumah suci Allah SWT.

    Terima Kasih

    Waalaikumsalam Wr.Wb

  37. Yessy Luckyta Putri 5415070309 berkata:

    Nama:Yessy Luckyta Putri
    Noreg:5415070309
    Prodi:S1 Reg Pend Teknik Sipil

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Kontribusi Keilmuaan Teknik Sipil Terhadap Tehidupan Beragama

    Menurut pendapat saya, segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT pasti mempunyai hubungan yang erat antara satu dan yang lainnya. Begitu pula dengan agama dan teknik sipil dalam menjalankan ibadah kita membutuhkan saran beribadah untuk memenuhi kewajiban kita kepada Allah. Oleh karena itu dalam teknik sipil dipelajari seluk beluk tentang konstruksi, pondasi,dan juga tata lingkungan untuk menunjang sarana ibadah agar para jemaah semakin khusyuk dan nyaman ketika beribadah.

    Contoh nyata diantaranya pembangunan masjid, madrasah, pesantren, panti asuhan, sekolah, rumah sakit dll.
    Sepengetahuan saya Allah juga sangat menyenangi umat yang membangun sarana ibadah lebih bagus daripada rumahnya sendiri karena hal itu menyangkut dengan kemaslahatan uamat.

    Terima Kasih

    Wassalam……….

  38. nugroho berkata:

    assalamualaikum wr wb

    nama : nugroho adikuswanto
    no reg : 5415072459

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada dosen agama islam yang telah memberikan ilmunya kepada kami , mahasiswa teknik sipil 2007. Semoga kebaikan dan kemurahan hati ibu dapat dibalas oleh Allah SWT , amien. Saya juga minta maaf kepada ibu , apabila saya memiliki kesalahan , baik yang disengaja maupun tidak disengaja

    kontribusi teknik sipil dalam kehidupan keberagamaan . Dalam penyelenggaraan kegiatan keberagamaan seperti ibadah shalat maupun kegiatan keberagamaan lainnya , memerlukan sarana dan prasarana , contohnya bangunan masjid . Bangunan yang baik , secara materi maupun secara desain atau nilai keindahannya ,pasti membutuhkan ilmu ketekniksipilan . sebetulnya masih banyak lagi kontribusi teknik sipil untuk kehidupan keberagamaan , mungkin bisa dijelaskan oleh rekan mahasiswa teknik sipil yang lain.
    Mungkin itu saja dari saya , sekali lagi saya minta maaf dan

    HIDUUUUP MAHASISWAAAAA!!!!!!!!!!

  39. Sondank berkata:

    Nama : Sony Sondank
    No.Reg: 5415072485

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Berbicara mengenai kontribusi keilmuan Teknik Sipil dalam kehidupan beragama tentu tak akan jauh dari perwujudan infrastruktur dan prasarana yang dapat mendukung terlaksananya kekhusuan dalam beribadah. Hal ini dirasakan penting karena tanpa adanya pengetahuan yang memadai tentang tata cara konstruksi yang baik, tentu umat muslim saat ini akan jauh tertinggal dari umat beragama lain yang sudah jauh di depan kita dalam hal pembangunan prasarana beribadah. Memang dalam hal beribadah faktor tempat ibadah tidak akan mempengaruhi pahala yang kita dapatkan namun, bila kita berbicara mengenai masalah kelayakan serta kekhusuan beribadah tentu akan lain ceritanya. Maka dari itu saya menyimpulkan bahwa peran Teknik Sipil dalam kehidupan beragama menentukan kualitas dari ibadah kita.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan saya dalam mengirimkan komentar.

    Wassalam.

  40. Dhamara berkata:

    Nama : Dhamara Prasadana
    No. Reg : 515072474

    teknik sipil dibutuhkan untuk segala keperluan bangunan peribadatan umat islam…
    Mesjid, pesantren, pengajian, madrasah, sekolah merupakan beberapa contoh dari apa yg teknik sipil wujudkan dalam usahanya mengkonstribusikan ilmu sipil k dalam agama…

  41. Ria Huriah berkata:

    Nama : Ria Huriah
    No.Reg : 5415072482

    assalamualaikum wr. wb.

    KONTRIBUSI TEKNIK SIPIL TERHADAP KEHIDUPAN KEBERAGAMAAN

    menurut saya teknik sipil sangatlah berguna bagi kehidupan, tidak terkecuali pada kehidupan keberagamaan. karena ilmu teknik teknik sipil sangat memberikan suatu kemudahan bagi kita. misalnya sebuah bangunan masjid, dengan adanya masjid kita berada disuatu tempat dan sudah waktunya shalat kita tidak perlu susah mencari tempat untuk shalat, karena sekarang sudah banyak bangunan2 masjid disekitar kita.

    wasalamualaikum

  42. HERMAWATI berkata:

    NAMA : HERMAWATI
    NO.REG : 5415072457

    Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

    Konstribusi Teknik Sipil dalam kehidupan beragama sangatlah banyak. Beberapa di antaranya adalah sbb:
    *) Konstruksi sebuah bangunan seperti Mesjid, Musholah, dan tempat peribadatan lainnya, rumah, pasar, perkantoran, sekolah, dan gedung-gedung lainnya merupakan contoh penerapan ilmu Teknik Sipil. Tanpa adanya itu semua, maka tidak akan tercipta suatu hubungan antar umat manusia. Karena manusia perlu tempat untuk berinteraksi dengan manusia lainnya.
    *) Bangunan air seperti bendungan dirancang sedemikian rupa hingga dapat bermanfaat bagi semua umat manusia untuk sistem irigasi (pengairan)yang digunakan untuk mengairi sawah dan untuk keperluan lainnya.
    *) Proses sirkulasi air yang dipelajari dalam mata kuliah Hidrologi memberikan manfaat yang luar biasa dalam pengelolaan air bersih agar bisa dipergunakan dalam segala aktifitas manusia seperti mandi, memasak, air minum, mencuci, dan keperluan lainnya.
    *) Masih banyak lagi konstribusi Teknik Sipil bagi kehidupan Bergama….

    Sekian Komentar dari saya,

    Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

  43. EMIRDA berkata:

    Nama : Emirda Kurniawan
    No.Reg : 5415070305

    Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

    Teknik Sipil merupakan salah satu ilmu kehidupan. Teknik Sipil ialah ilmu yang mengatur tentang teknik bangunan. Sejak Zaman dahulu sudah banyak melahirkan cendikiawan-cendikiawan Islam yang menuangkan ilmunya hingga tercipta bangunan-bangunan yang indah dan unik sampai kini tetap ada, seperti bangunan Mesjid dengan arsitektur yang indah. Terlebih dengan semakin canggihnya alat-alat untuk membuat suatu konstruksi bangunan dengan berbagai kreasi yang lebih indah lagi. Jadi, menurut saya, Teknik Sipil sangatlah penting karena merupakan ilmu yang berguna untuk kepentingan umat manusia khususnya umat beragama. Ilmu ini harus kita kembangkan agar kedepannya lebih maju dan maju………

    HIDUP TEKNIK SIPIL UNJ!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Sekian komentar dari saya.

    Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

  44. saem berkata:

    asalmu alaikum..sebenarny aq lim pernah tau dunia sipil….karna aq lulusan teknik mesin otomotif di sebuah SMK SRAGEN..aq pengen bgat bljr ttng dunia sipil krn itu tlng ya mbak buk;;;;;krimin aq masukan aq tgu yaw nie email aq…..”saememangcaem@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s