Soal UTS Psikoper 4/11/08

Setelah anda menyaksikan tayangan bertema ‘Personality, jawablah pertanyaan dibawah ini:

1. Berapa jumlah fase perkembangan yang dominan dalam tayangan tersebut dan jelaskan perbedaan  satu dengan lainnya berdasarkan tayangan tersebut! (nilai 50)

2. Setiap fase perkembangan memiliki bahayanya masing-masing. Menurut anda, fase perkembangan manakah yang dianggap paling berbahaya dan sebutkan alasannya! (nilai 20)

3. Setiap fase perkembangan memiliki keunikannya tersendiri yang berbeda dengan fase lainnya. Sebutkan keunikan masing2 fase (nilai 30)

Jawaban UTS di atas dikirimkan ke nesamuni@yahoo.com paling lambat 4 November 2008 Pukul 23.59. Jawaban yang datang setelahnya tidak dianggap keberadaannya. Selalu ingat untuk menuliskan nama dan noreg pada email balasan. Jawaban yang dikerjakan sendiri lebih dihargai dibandingkan jawaban yang diindikasikan meniru jawaban temannya.

Semangat dan Semoga Sukses!!!!

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di Psikoper. Tandai permalink.

5 Balasan ke Soal UTS Psikoper 4/11/08

  1. Nur Mutmainnah berkata:

    1. Jumlah fase perkembangan yang dominan dalam tayangan tersebut ada 3, yaitu:
    – masa kanak-kanak
    – masa pubertas
    – masa dewasa

    Perbedaan :
    # Masa Kanak-Kanak
    -Otak : Dalam otak anak-anak ada Lobe Frontal* yang dapat dibentuk oleh orang tua atau lingkungannya.
    -Pengalaman khusus : Pada fase ini juga terjadi pembentukan kepribadian, seperti pembentukan perilaku atau sifat. Di akhir masa kanak-kanak, ada momentus yang membelokkan kepribadian.

    # Masa Pubertas
    – Otak : Di fase ini, otak mulai bertunas banyak, sehingga Lobe Frontal mulai kacau.
    – Pengalaman khusus : Remaja dalam fase ini cenderung kebingungan, frustasi dan murung. Selain itu ia lamban dalam memahami perasaan orang lain, hal ini karena Lobe Frontalnya yang mulai kacau.

    # Masa Dewasa
    -Otak : otak orang dewasa bias mengubah dirinya. Lobe Frontal mulai bias dikendalikan.
    -Pengalaman khusus : kepribadian orang dewasa telah terbentuk secara penuh, bias mengendalikan diri, dan dapat mengubah suasana hatinya sendiri baik dari factor eksternal maupun internal.

    2. Menurut saya, fase perkembangan yang paling berbahaya adalah pada fase/ masa pubertas, karena dimasa ini otak bertunas banyak dan lobe frontal mulai kacau. Maka wajar bila remaja sering merasa bingung, frustasi, murung, dan lamban dalam memahami perasaan orang lain, hal ini karena otaknya yang bertunas banyak. Sehingga untuk menyambungkan dari satu sel syaraf ke sel syaraf lainnya perlu menunggu waktu agak lama dalam berfikir maupun dalam merespon sesuatu. Di masa ini, remaja juga belum dapat mengontrol/ mengendalikan dirinya, sehingga apapun ia coba untuk dilakukan. Dan jika di masa ini seorang remaja menyukai hal yang bersifat tantangan (mengambil resiko), maka bias jadi seumur hidup ia akan senang dengan sesuatu yang sifatnya beresiko.
    Intinya, masa ini sebagai penentu, ia akan menjadi seperti apa untuk selamanya, dan hal ini masih berkesinambungan dengan fase sebelumnya (masa anak-anak) yang telah membentuk kepriabadiannya.

    3. Keunikan masing-masing fase:
    • Pranatal : terjadi percampuran gen ayah dan ibu yang akan menentukan sifat maupun kepribadian anak.
    • Neonatal : perkembangan fisik pada bayi yang baru lahir, seperti perkembangan otak, fungsi indera, dan perkembangan organ tubuh.
    • Pascanatal : perkembanagn kemampuan dasar, seperti merangkak, berjalan, berbicara, dsb.
    • Masa awal kanak-kanak : pembentukan perilaku (yang sifatnya non kognitif). Anak-anak belum mengerti tentang kesabaran, jadi banyak anak yang kurang sabar dalam hal-hal tertentu.
    • Masa akhir kanak-kanak : perkembangan kognitif dan social. Di fase ini, anak mulai peka terhadap lingkungan sekitarnya, dan mulai mengerti persaingan (dalam pendidikan maupun permainan).
    • Pubertas : seorang remaja cenderung mencoba segala hal, mencari jati dirinya.
    • Dewasa : orang dewasa sudah bias mengontrol dirinya, ia dapat mengubah suasana hati sesuai apa yang ada dipikirannya.

    *Lobe Frontal adalah bagian dari otak manusia yang mengendalikan aspek kepribadian kita.

  2. muzammil berkata:

    1. dalam fase tayangan tersebut terdapat 3tiga fase yaitu
    1.masa anak-anak yaitu fase anak-anak dalam bermain dalam pengalamanya yang khusus akan membentuk kepribadianya
    2.masa pubertas yaitu anak akan mencoba sesuatu dan berani mengambil resiko apa yang telah ia kerjakan
    3. masa remaja yaitu masa seseorang sudah membentuk suatu kepribadianya dan dalam masa ini kepribadian seseorang bisa saja berubah dengan merekayasa dari penagalamanya contoh ketika ada dua orang kembar yang mempunyai kepribadian sama lalu orang itu di pisahkan yang satu di buat suasana gembira yang satu lagi di buat suasana sedih dari eksperimen tersebut ternyata kedua orang yang berkepribadian sama menjadi berbeda
    2. menurut saya bahaya dalam fase perkembangan yaitu fase anak-anak karena fase ini ialah fase yang akan membentuk kepribadian dari bermain dan pengalaman yang dialaminya jika masa anak-anak mempunyai pengalaman yang baik maka kepribaddianya juga akan baik begitu juga sebaliknya
    3. keunikan dalam setiap fase
    masa bayi : kepribadian anak akan menentukan gen dari sifat ayah dan ibunya yang dominan
    masa anak-anak : masa bermain dalam permainanya akan membentuk kepribadian seseotrang
    masa puber : anak akan mencoba mengambil segala seseatu yang beresiko
    masa remaja : masa sudah terbentuk kepribadian dirinya

  3. Zikrie berkata:

    Nama : Zikrie
    No Reg : 4715077298

    1. Ada 3 fase perkembangan yang dominan
    A. fase awal kanak-kanak.
    Pada fase ini adalah fase pembentukan perilaku karena pada fase ini anak-anak sedang dalam perkembangan dan pengembangan kepribadian yang unik dan menuntut kebebasan yang pada umumnya kurang berhasil.
    o). Anak sedang mengulang-ngulang dengan senang hati mau mengulang suatu aktifitas sampai mereka terampil melakukannya.
    o). Anak bersifatpemberani sehingga tidak terhambat oleh rasa takut kalau dirinya mengalaminya sakit atau diejek teman-temannya sebagaimana ditakuti anak yang lebih besar.
    o). Anak-anak mudah dan cepat belajar karena keterampilan yang dimiliki baru sedikit sehingga keterampilan yang baru dikuasai tidak mengganggu keterampilan yang sudah ada.
    B. Fase Puber.
    Pada fase ini adalah fase perkembangan dan pematangan fisik dalam perkembangannya, seseorang pada fase ini berada dalam kondisi kebingungan karena lebih frontalnya kacau masa puber adalah masa yang tidak ingin dikekang, menyukai tantangan dan senang mencoba sesuatu yang baru.
    C. Fase Dewasa.
    Pada fase ini adalah fase yang terbilang sudah matang dalam pengambilan keputusan, memperhitungkan setiap tindakannya, memiliki tanggung jawab yang benar dan telah mempunyai bidang studi yang dipilihnya dan bidang kerja yang diminati.

    2. Fase yang paling berbahaya adalah fase awal kanak-kanak karena pada fase inilah awal pembentukan perilaku dimulai. Jikapada fase ini kita dapat mengarahkan pola perilaku anak ke arah yang baik maka pada fase selanjutnya anak akan cenderung takut atau malu. Jika melakukan suatu perbuatan yang tidak sesuai, sehingga dapat mengurangi dampak negatif dari fase-fase selanjutnya.

    3. o). Fase Pranatal kurang lebih 9 bulan =) pembentukan fisik dasar.
    o). Fase Neonatal ( 0 – 2 minggu kelahiran ) =) kemampuan adatasi dasar.
    o). Fase Bayi ( 2 minggu – 2 tahun ) =) awal perkembangan kemampuan dasar.
    o). Fase Awal Kanak-kanak ( 2 tahun – 6 tahun ) =) awal pembentukan perilaku.
    o). Fase Akhir Kanak-kanak ( 6 tahun – 12 tahun ) =) perkembangan awal pengetahuan kognitif dan sosial.
    o). Fase Puber ( 10 tahun – 14 tahun ) =) perkembangan fisik

  4. Medina Ulfah berkata:

    Nama : Medina Ulfah
    No Reg : 4715077283

    1. a. Pertama masa awal kanak-kanak.
    b. Kedua masa pubertas.
    c. Ketiga masa dewasa.

    a. Awal masa kanak-kanak.
    Masa meniru dan menjelajahi sehingga menghasilkan rasa ingin tahu yang tinggi dan dimana cara belajar adalah bermain.
    b. Awal masa remaja.
    Msa-masa confuse atau bingung.
    Msa diman jika terjadi pengalaman resiko. Pada masa puber maka akan terbawa sampai tua, masa pubertas juga sangat tidak bisa mengontrol apa yang terjadi karena di akibatkan lobe frontalnya kacau, Disini pula sesorang bisa dites apakah dia introvert or extrovert.
    c. Masa dewasa.
    Fase dimana sudah matang dalam mengambil keputusan dan memperhitungakan. Setiap tindakannya serta menguji secara kritis usia-usia dimana penyesuaian dilakukan. Paling mudah serta dimana mengevaluasi dengan kritis dan kondisi yang membantu penyesuaian pekerjaan.

    2. Masa perkembangan yang paling bahaya adalah masa awal kanak-kanak karena disitulah perkembangan. Prilaku dibentuk jika pada masa awal kanak-kanak orang tua salah menentukan sikap kepada anak, bisa dipastikan akan terbawa hingga ia dewaw nanti.

    3. a. Prenatal => masa pembentukan otak ( secara fisik ) dasar.
    b. Masa Neonatal => masa pembentukan kemampuan adaptasi dasar
    c. Masa bayi => masa pembentukan kemampuan dasar.
    d. Awal masa anak-anak => masa pembentukan prilaku.
    e. Akhir masa anak-anak => masa pembentukan kognitif dan sosial.
    f. Pubertas => masa terjadinya kematangan reproduksi atau masa perubahan fisik.

  5. teguh nurwahidin berkata:

    1. a. masa awal anak adalah masa meniru semua peristiwa atau kejadian yang mereka lihat di sekitar lingkungan tempat mereka hidup
    b. masa pubertas adalah masa untuk menyesuaikan diri sengan lingkungan sekitarnya untuk menemukan jati diri mereka.
    c. masa dewasa adalah masa kematangan dalam pembentukan kepribadian serta pola pikir mereka telah berubah. mereka dituntut untuk bisa mengambil suatu keputusan dalam suatu masalah atau sebagainya.
    2. fase yang paling berbahaya adalah masa awal anak, karena mereka selalu mencoba sesuatu yang tidak mereka ketahui akibatnya.
    3. a. masa pranatal adalah masa pembentukan otak.
    b. masa neonatal adalah masa pengembangan kemampuan dasar.
    c. masa bayi adalah masa untuk menyesuaikan dengan lingkungannnya.
    masa awal anak – anak adalah masa untuk mengenal lingkungan sekitarnya dan berusaha menyesuaikan diri.
    d. masa akhir anak – anak adalah masa pembentukan perilaku dan pola pikir.
    e. pubertas adalah masa terjadinya kematangan reproduksi atau perubahan secara fisik.

    ibu sari saya minta maaf atas keterlambatan mengirimkan jawaban psikoper, karena saya harus pulang balik ke rumah sakit dan ada sedikit masalah keluarga. sekali lagi saua mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s