Fenomena Premanisme pada Remaja

Penyebab:

  1. Adanya rasa ingin tenar / mencari identitas
  2. Adanya rasa ketakutan yang menyebabkan frustasi, sehingga membentuk ‘gank’ seakan2 memiliki kesalahan rame-rame
  3. Adanya sisi negatif dari minat-minat sosial remaja
  4. Adanya sikap agresif yang tidak terbendung

Solusi:

  1. Metode disiplin
  2. Selektif memilih teman
  3. Adanya perhatian dari orang sekeliling
  4. Memiliki kesadaran religious

Dipresentasikan oleh: Irma Rizona, Indah Irmawati, Ina Fitria Anggita, Istiqlal, Siti Nurfadhila, Niken Saraswati, Ridwan HS, Mutiara Novida, Dini NK, Teguh Nurwahidin

Iklan

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di Psikoper. Tandai permalink.

18 Balasan ke Fenomena Premanisme pada Remaja

  1. diky adi sofyan,kelompok1 berkata:

    saya ingin b’tny pd kelmpk premanisme.menurut analisis anda, kira2 apa yang menyebabkn geng nero sering melakukan penganiyaan terhadap siswi smp/sma tanpa alasan yg jelas,sedang qt tau pd fitrahny wanita itu b’sifat lembut,namun pada kasus geng nero,wanita2 remaja merasa diri mereka sebagai preman pasar yg tdk segan mengeroyok korbannya?

  2. indah irmawati berkata:

    menurut saya sebagai sesama wanita, gank nero itu mungkin ia mempunyai masa lalu yang buruk saat di smp/sma jadi, mereka ingin balas dendam dan mereka ingin anak smp/sma merasakan apa yang mereka rasakan pada saat mereka juga seusia itu. mereka (gank nero) mungkin dulu tidak pernah merasa seperti layaknya smp/sma saat ini sehingga mereka ingin membuat anak smp/sma senasib dengan mereka, bagi saya mereka merealisasikan masa lalu yang mungkin kelam bagi mereka bersama teman-teman mereka yang justru membuat mereka melakukan hal yang sama pada diri mereka padahal jika mereka merasakan masa lalu mereka kelam seharusnya mereka tidak menginginkan hal itu terjadi pada orang lain, dan cara orang merealisasikan perasaan yang ada itu dipengaruhi oleh faktor lingkungan terutama teman.

  3. Tiara savera berkata:

    1. Menurut kalian apakah perbedaan antara premanisme dan birokrasi? Apakah keduanya mempunyai arti dan fungsi yang sama atau keduanya benar-benar berbeda?
    2. Bagaimana cara mengantisipasi tindak premanisme di Jakarta?

  4. mutiara novida berkata:

    jawaban untuk pertanyaan tiara savera no. 2
    menurut saya cara mengantisipasi tindak premanisme di Jakarta adalah dengan di adakannya pemeriksaan yang dilakukan oleh aparat keamanan sekitar seperti yang sering kita lihat maupun kita dengar dari media massa maupun media elektronik. Pada media tersebut dijelaskan bahwa aparat itu memeriksa semua warga yang ada di kawasan sekitar bagi yang tidak memiliki identitas jakarta akan dikenakan denda, atau di penjara untuk beberapa saat, mungkin ini merupakan salah satu cara mengantisipasi tindak premanisme di Jakarta sehingga mereka akan jera untuk melakukan tindakan itu lagi pada orang lain.

  5. siti nur fadlilah berkata:

    saya ingin menambahkan jawaban dari indah. kalau menurut saya, genk nero itu kelompok remaja yang merasa sok berkuasa dan merasa hebat. dan menurut saya itu bisa terjadi karena pengaruh pergaulan yang salah dan pengaruh dari media juga seperti televisi. saat ini di televisi banyak tayangan-tayangan yang menghadirkan aksi kekerasan sehinnga mungkin mereka meniru aksi-aksi kekerasan yang ada di dalam tayangan tersebut. selain itu, kekerasan yang dilakukan oleh genk nero saya kira bisa juga terjadi karena mereka ingin menunjukkan bahwa mereka itu hebat dan berkuasa sehingga dari situlah mereka menunjukkan kehebatan dan kekuasaan mereka dengan cara menganiaya siswi lain dsb.

  6. Dini Nurul Khotimah berkata:

    jawaban dari pertanyaan sdri. Tiara Savera no.1

    perbedaan antara birokrasi dan premanisme adalah:
    Birokrasi adalah suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer. Dalam birokrasi memiliki aturan dan prosedur ketat sehingga cenderung kurang fleksibel. Ciri lainnya adalah biasanya terdapat banyak formulir yang harus dilengkapi dan pendelegasian wewenang harus dilakukan sesuai dengan hirarki kekuasaan.

    Sedangkan premanisme berasal dari kata preman, mungkin dari bahasa Inggris “freeman” yang artinya manusia bebas. jadi, dapat dikatakan premanisme merupakan suatu tindakan bebas yang dapat dilakukan secara personal atau berkelompok yang tidak memiliki wewenang, aturan dan prosedur yang sah. dan juga premanisme sebagai paham (isme) yang mengandalkan kekerasan, pemaksaan kehendak, menang sendiri, benar sendiri, suka buat onar tabrak sana -tabrak sini.

  7. Dini Nurul Khotimah berkata:

    Tambahan jawaban dari pertanyaan sdr. Diki

    Sebenarnya naluri untuk berkelahi atau mempertahankan diri dengan cara kekerasan tidak mutlak milik laki-laki saja. perempuan juga bisa melakukan kekerasan karena secara instingtif laki-laki dan perempuan punya naluri untuk mempertahankan diri saat diserang. Hanya saja secara sosial, perempuan dikodratkan untuk lemah lembut, feminin, dan lebih halus. Sementara laki-laki lebih maskulin dan kuat.

    Jadi kalau sampai geng nero yang cenderung melakukan tindakan negatif itu, penyebabnya sangat komplek. Baik karena peranan orang tua yang kurang, maupun karena masyarakat lingkungannya yang cenderung tidak memiliki kontrol sosial lagi.

  8. teguh nurawahidin berkata:

    saya ingin bertanya kepada kelompok yang membahasa tentang free sex.
    1. menurut kalian bagaiman cara mengatasi seseorang yang sejak kecil telah terbiasa dengan kehidupan yang berbau free sex, hingga akhirnya ia terjerumus dan free sex itu telah menjadi kebutuhannya. lalu siapakah yang patuh bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.
    2. menurut kalian tindakan apa yang dapat membuat jera bagi para pecinta free sex, karena pada dasarnya manusia yang menjadi penyebab pergaulan free sex semakin meluas. contoh kasus, banyak sekali video mesum antara guru dengan murid, karyawan dengan atas dan yang lebih memprihatinkan lagi seorang bapak yang tega menggauli anak kandungnya. bukankah itu semua murni karena kesalahan manusia yang menyebabkan free sex semakin meluas. bahkan anak yang dibawah umur terkena imbasnya.

  9. hilaliyah berkata:

    saya ingin bertanya kepada kelompok yang membahas tentang premanisme, yang saya ingin tanyakan adalah : Menurut anda kasus remaja yang terjebak dalam premanisme bisa dilatar belakangi oleh kondisi keluarga yang kurang harmonis sering dikenal dengan sebutan “broken home”.

  10. Ridwan Hendra berkata:

    Jawaban pertanyaan diki adi sofian.
    kenapa enk Nero berprilaku demikian padahal pada dasarnya wanita itu lembut. untuk hal ini kita harus memperhatikan tipe karakteristik setiap individu-individu dari genk tersebut,apakah mereka bertipe sanguinis, plegmatis, koleris, atau melankolis. umumnya dalam genk itu mempunyai beberapa kesamaan diantaranya memiliki tipe korelis yang cendrung bersifat otoroter dengan orang lain meskipun mereka wanita. ditambah lagi jaringan pergaula mereka, yang biasanya mereka lebih inten pada pria. seperti mreka yang berpacaran, otomatis hubungan mereka sngan dekat dengan si pria, sewaktu mereka pisah, dan si wanita merasa sakit hati maka mereka mncari pelampiasan dari kekesalan yag mereka dapat.

  11. diky adi s0fyan berkata:

    maf sdri dini,dalam kasus geng ner0,mereka melakukan kekerasan bukan dlm rangka mempertahankan diri,tapi mereka seperti hajjaj bin yusuf yg bengis,yg suka menganiaya 0rg yg tdk berd0sa dg alasn tdk jls.
    menurut sy,geng ner0 adlh pengecualian bg kaum wanita pd umumnya..

  12. Fathul Khair berkata:

    Tanggapan:
    Tidak jauh beda dengan penyebab seorang pemuda memakai narkoba selain kurangnya perhatian dari keluarga dan pengaruh lingkungan tempatnya t6inggal serta keberadaanya ingin diakui oleh komunitasnya, penyebab lainya adalah mental yang masih labil dalam mencari jati dirinya, kebersamaan dalam hal-hal negatif yang selalu ingin dihadirinya walaupun sangat berbahaya bagi dirinya asalkan kesenangan bersama gengnya terwujud maka itulah yang membuatnya “bikin hidup lebih hidup”.

    Pertanyaan:
    Apabila pengaruh lingkungan membawa dampak negatif bagi seseorang, dan terjadinya dekadensi moral bagi remaja lantas apa yang dilakukan Orang tua untuk membebaskan anaknya dari hal-hal negatif?

  13. Dini Nurul Khotimah berkata:

    Tuk sdra Diki :

    Jawaban saya hanya ingin mempertegas bahwa wanita sekalipun dapat melakukan kekerasan secara fisik baik dengan maksud menyerang atau mempertahankan diri,,,,,

    sdra mengatakan bahwa wanita identik dengan kelembutan, namun saya yakin disisi lain semua wanita memiliki potensi untuk melakukan tindak kekerasan, namun tergantung bagaimana wanita itu bisa menjaga atau mengendalikan sikap itu…jd tidak ada pengecualian hanya untuk geng nero….

  14. Dini Nurul Khotimah berkata:

    Tanggpan untuk sdri. hilaliyah

    Menurut saya tindakan premanisme yang dilakukan remaja bukan hanya karena faktor broken home saja, tetapi banyak faktor yang dapat menyebabkan hal itu terjadi, misalnya:
    1.faktor ekonomi, karena merasa kurang mendapatkan apa yang diinginkan sehingga mengambil hak orang lain secara paksa
    2.moral dan ahlaknya, ketika sang remaja tidak memilki moral dan akhlak yang baik
    3.faktor tidak adanya pengawasan dari ortu dan guru setempat, sehingga remaja merasa bebas melakukan tindakan berbau premanisme
    4.kebanyakan remaja ingin mencoba sesuatu yang baru walaupun terkadang berbentuk tindakan yanng anarkis
    5.Didikan orangtua dan lingkungan setempat yang secara tidak langsung terkadang membentuk pribadi premanisme
    6. seseorang yang merasa lbih kuat dan dapat menguasai dr yg lain.

    jadi itu beberapa faktor yang dapat saya sebutkan,…

  15. niken. saraswati berkata:

    Saya memberi tanggapan untuk pertanyaan hilaliyah, menurut saya keluarga yang broken home adalah salah satu dari faktor mengapa remaja melakukan tindakan premanisme, Sebab dalam masa-masa remaja, remaja cenderung ingin selalu diperhatikan sehingga apabila mereka kurang mendapatkan perhatian dari lingkungan keluarganya mereka akan mencari sensasi diluar yang salah satunya dengan melakukan tindakan premanisme.

  16. Tiara savera berkata:

    Untuk “Mutiara Novida”

    Jwban sya no.1 blum di jwab.
    Menurut kalian apakah perbedaan antara premanisme dan birokrasi? Apakah keduanya mempunyai arti dan fungsi yang sama atau keduanya benar-benar berbeda?
    karena sya pernah membaca bahwa “dunia preman dan birokrasi di Indonesia hanya memiliki perbedaan tipis, yakni sebatas seragam dinas!”. Maksudnya sperti apa?

    2. Bagaimana jika masyarakat tidak pernah takut sanksi, baik sanksi hukum dan sosial?
    krena salah 1 penyebabnya adalah dalam keadaan terdesak, sehingga mereka melakukan apa saja untuk mempertahankan kehidupannya.
    Contoh, Bagi orang pengangguran, tekanan hidup sehari-hari akan menimbulkan frustasi dan frustasi itu akan mengarah kearah tindakan kriminal.

  17. jeny berkata:

    jeni mau nanya ma kelompok premanisme nih.. bagaimana cara menanggulangi premanisme yang berada di sekeliling kita?

  18. agus rahmanto berkata:

    dunia premanisme, klo menurutku ada 2 jenis:
    WHITE collar,n BLUE collar…
    ada yg pke seragam dan rapih, yg lainnya nyata secara fisik sebagai preman..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s