Tugas PAI 1 PKN Non-reg

Coba berikan penilaian dengan skala 1-10 tentang sejauh mana langkah Indonesia menuju masyarakat Madani dan sebutkan alasannya.

Tuliskan jawaban anda langsung di kolom komentar di bawah naskah soal ini!
Jawaban paling lambat dikirim  pada Jum’at, 5/12 pukul 23.59.
Selalu ingat untuk menulis nama dan Noreg.

Jawaban yang datang setelahnya tidak dianggap keberadaannya..
Selamat mengkritisi dan tetap Semangat!!!!

Iklan

Tentang JIAI

Jiai FIS UNJ adalah Jurusan Ilmu Agama Islam pertama yang didirikan pada perguruan tinggi negeri umum di Indonesia. JIAI didirikan tahun 2002.
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

37 Balasan ke Tugas PAI 1 PKN Non-reg

  1. nurmah rahmawati berkata:

    Nama :Nurmah Rahmawati
    noreg : 4115086916

    nilai yang saya berikan kepada indonesia adalah 7, karena indonesia belum memenuhi kriteria sebagai masyarakat madani. seperti yang kita ketahui bersama masyarakat madani itu adalah masyarakat yang demokratis yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban, yang terciptanya karakterristik yang baik yaitu ciri khas, watak, akhlah, dan kesetaraan antara masyarakatnya.
    menurut saya indonesia belum memenuhi kriteria tersebut, sebab warga indonesia masih mementingkan kepentingan-kepentingan dirinya sendiri dan golongan-golongannya dibandingkan kepentingan bersama antar masyarakat.

  2. rima ayu handayani
    4115086908
    menurut saya nilai yang pantas diberikan pada negarak
    gara kita adalah 4.Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki beraneka ragam budaya dan beraneka ragam agama yang dianut oleh masyarakatnya dari segi kerukunan antr umat beragama indonesia sering dijadikan teladan bagi negara lainnya. Sedangkan jika di lihat dari rasa keadilan diantara masyarakan masih sangat kurang karena jelas sekali perbedaan derajat di negara kita ini sangat terasa antara si miskin dan si kaya sangat jauh jurang yang membedakan diantara kedua bukan hanya derajatnya saja sering kali negara kita terlalu membedakan antara hak laki-laki dn perempuan.utk itu negara kita perlu meningkankan rasa keadilan bagi setiap wrganya agar terciptanya masyarakat madani di negeri kita tercinta ini.

  3. De Nefy Irawati berkata:

    De Nefy Irawati
    4115086902
    Nilai|:5.Di indo terdiri dr keberagaman etnik,bahasa,agama dan adat istiadt diberbagai daerah.mengenai masyarakat madani di indonesia sudah terwujud tapi belum sepenuhnya tewujud karena masyarakat di indo hidupnya belum teratur.Buktinya saja banyak kekacauan yang terjadi.Masih banyak norma dan aturan yang dilanggar oleh masyarakat.Padahal masyarakat indo adalah masyarakat yang beragama.Selain itu keadilan di indo belum bisa di tegakkan secara menyeluruh.Tapi di indo ada sebagian yang sudah tewujud menjadi masyarakat madani. contohnya:berkembagnya budaya gotong royong,musyawarah,toleransi di berbagai daerah di indo yang mampu mendorong masyarakat untuk saling berkerja sama dalam segala hal.

  4. Niken Ratna Wijaya
    4115086939
    Nilai yang saya berikan untuk bangsa Indonesia adlh 5.Bangsa Indo memiliki beranekaragam suku,etnik dan budaya yang menjadikan Indo sbg negara yang besar.Menurut saya Indo sedang menuju masy madani,namun memang belum sepenuhnya.Dapat kita lihat banyaknya perbedaan yang terjadi disini.Salah satunya masalah kemiskinan dan kebodohan.Kurang meratanya sarana pendidikan di desa2 merupakan masalah yg cukup pelik,jg tdk meratanya pendptan per kapita yg tdk merata yg mengakibatkan banyaknya rakyat miskin sdngkan tujuan dari masy madani adlh kesetaraan yg menghslkan sebuah keadilan dan kebahagiaan.Untuk mencapai itu kita perlu meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama dengan memberi sedikit bantuan bagi warga yg tdk mampu dan bagi pemerintah harus memperbaharui kembali pemerataan pembangunan dan menciptakan keadilan yang benar-benar adil tanpa memandang siapa yang kaya dan siapa yang miskin.

  5. silvia citra atmagandhis
    4115086909

    Menurut saya nilai untuk negara indonesia adalah 6.
    sedangkan yang di maksud masyarakat madani adalah masyarakat demokratis, dalam arti terdiri dari beberapa macam karakteristik anggota masyarakat beragama.
    yang senantiasa menjunjung tinggi nilai kesetaraan & kehidupan yang ideal, sehingga masyarakat madani merasakan hidup yang bahagia,tentram,damai & adil.
    untuk mencapai kerukunan antar umat beragama itu semua didasari oleh adanya toleransi dan pluralisme. sikap toleran terhadap keanekaragaman agama belumlah cukup untuk meramu sebuah harmoni yang sejati, tanpa disertai dengan pengakuan dan penghargaan yang tulus terhadap keanekaragaman itu sendiri (pluralisme). dan untuk menyikapi keanekaragaman agama ini membutuhkan kajian yang sangat komprehensif.
    sedangkan pengamatan saya,negara indonesia belum memenuhi kategori masyarakat madani karena indonesia cenderung masih lebih mementingkan kepentingan pribadi maupun kelompok dibanding kepentingan bersama sehingga sering memicu timbulnya konflik dari masyarakat yang mengakibatkan kurangnya nilai-nilai kesetaraan yang seharusnya kita miliki untuk mencapai kehidupan masyarakat madani yang selalu membudidayakan semua keanekaragaman dalam bermasyarakat.

  6. Fitri Yulia Widyastuti
    4115086940

    Sebelum memberikan penilaia,sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu pengertian masyarakat madani. masyarakat madani adalah masyarakat dimana anggotanya terdiri dari berbagai kelompok masyarakat yang berbeda etnis,aamadan budayanya,dapat hidup danbekerja sama secara damai, serta masyarakat yang setiap anggotanya menghormati dan tunduk kepada hukum, yaitu apakah itu birokrat, militer ataupun kelompok partai. Masyarakat madani pun memiliki ciri-ciri pokok yaitu
    a. kepentingan warga negara lebih diutamakan daripada kepentingan negara atau penguasa sehingga antara kelompok masyarakat dapat hidup berdampingan secara damai tanpa membedakan agama, ras, keturunan dan pandangan politiknya, serta tumbuhnya sikap saling menghormati antara kelompok kecil maupun kelompok besar
    b. rakyat atau warga dapat dengan bebas memilih wakil-wakilnya dalam pemilihan umum yang bebas, jujur dan adil guna membentuk pemerintahan yang demokratis
    c. dalam penyelenggaraan pemerintah selalu dipelihara tiga aspek yaitu:kesejahteraan, keadilan, dan kelestarian yang memungkinkan dibangunnya perdamaian yang abadi
    d. di dalam pemerintahan dan kehidupan masyarakat hak-hak asasi manusia diakui dan dilindungi sehingga kesewenangan penguasa maupun anarkhi diantara masyarakat tidak terjadi
    Dari beberapa ciri-ciri diatas Indonesia sudah hampir meiliki ciri-ciri tersebut. Oleh sebab itu maka penilaian yang dapat saya berikan adalah 7, karena menurut saya masyarakat Indonesia merupakan yang majemuk, namun senantiasa berusaha menjunjung tinggi kesetaraan nilai-nilaiperdamaian, kerukunan, kesejahteraan dan keadilan yang merupakan ciri-ciridari masyarakat madani. Namun hal tersebut belum sepenuhnya tercipta, ini dapat dilihat masih ada beberapa konflik yang terjadi akibat kemajemukkan masyarakat, akan tetapi itu bisa dikatakan masih dalam taraf kewajaran mengingat menyatukan banyak orang dengan berbagai macam karakter bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun kita patut bersyukur karena Indonesia telah mencapai tahap ini, karena dapat dilihat di banyak negara lain yang menghadapi konflik yang lebih besar dibandingkan Indonesia. Dan inilah tugas kita sebagai warga negara untuk terus turut membantu aparat negara baik eksekutif, legislatif, dan yudikatif maupun kepolisian yang bersih, bermoral, jujur, dan adil dalam melaksanakan tugasnya dengan lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat secara adil demi terwujudnya masyarakatmadani di Indonesia.

  7. khurotu A'yun berkata:

    Khurotu A’yun
    4115086927

    skala nilai yang dapat berikan adalah 5.
    menurut saya di Indonesia sebagian kecil masyarakat Indonesia sudah ada salah satu yang bisa memenuhi sebagian syarat masyarakat madani, tapi sebagian besar masyarakat Indonesia belum menjadi masyarakat madani. Karena untuk terwujudnya masyarakat madani, masyarakat harus mempunyai segian kriteria yaitu masyarakat yang ideal dan sejahtera, tidak seperti sekarang yang hanya mementingkan diri sendiri. Dan masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat dan belum sepenuhnya menggunakan norma-norma yang ditetapkan. Sehingga kehidupan masyarakat Indonesia sekarang masih dikatakan belum menjadi masyarakat madani dan belum meratanya kesejahteraan masyarakat madani di Indonesia.

  8. Ria Hairiah Nuriani Putri
    4115086888

    Menurut pandangan Saya Indonesia masih dalam tahap membangun masyarakat madani. Oleh karena itu Saya memberikan nilai 3, karena dalam kenyataan yang kita rasakan sekarang, ternyata masih jauh dari cita-cita luhur para pendiri Negara ini. Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia mempunyai cita-cita yang terkandung di dalam pembukaan UUD 45 yaitu (1) melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) memajukan kesejahteraan umum (3)mencerdaskan kehidupan bangsa (4) melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Sedangkan kehidupan berbangsa dan bernegara kita hampir saja kehilangan arah. Di satu sisi, penyalahgunaan wewenang semakin merajalela, di sisi lain, kemiskinan dan keterbelakangan moral terjadi di mana-mana. Rakyat diberbagai kota menjerit kelaparan, pengangguran semakin bertambah banyak. Persatuan dan kesatuan tidak lagi di junjung tinggi karena sudah terlalu banyaknya kelompok/golongan yang berdiri di Negara ini. Seharusnya kelompok/golongan yang berdiri di Negara ini harus saling menghormati dan tidak meremehkan kelompok lain, berlaku adil kepada siapa saja, tidak melakukan pemaksaan agama, dan sifat-sifat luhur lainnya. Dengan demikian, makna kemerdekaan dengan sejumlah cita-cita ideal itu masih jauh dari kenyataan. Kehidupan berbangsa dan bernegara secara demokratis, belum sepenuhnya mengakar di hati pejabat dan rakyat. Nilai-nilai persamaan, persaudaraan, kebebasan, kurang di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

  9. Mohamad Alfarizi berkata:

    Mohamad Alfarizi
    Noreg : 4115086930
    Menurut saya sebagai mahasiswa yang masih belajar banyak akan kehidupan di negara indonesia ini, skala nilai yang dapat saya berikan adalah 5. Karena :
    Masih banyak kerusuhan yang disebabkan dari perbedaan suku, agama, dan ras yang sering terjadi di indonesia.
    Hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang dicita-citakan oleh masyarakat madani yaitu mencapai kehidupan yang aman, tentram, damai, sejahtera, serta adanya kesetaraan ras, suku, dan agama, walaupun segelintir rakyat indonesia dapat hidup diantara perbedaan yang ada, namun tidak sedikit juga rakyat indonesia yang menganggap perbedaan tersebut sebagai suatu masalah besar di negara kita yang terkenal akan kemajemukannya ini, itu semua terjadi di karenakan cenderungnya masyarakat bersikap primodialisme (menganggap sukunya lebih tinggi di antara suku yang lain).
    Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Negara Indonesia :
    1. Pembagiaan BLT untuk membantu meringankan beban masyarakat miskin.
    2. Menerapkan program PNPM mandiri, yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.
    3. Melakukan penghimbauan kepada masyarakat agar dapat memahami, bahwa perbedaan adalah warna dalam menjalani kehidupan berbangsa dan masyarakat.
    4. Pemerintah melalui KPK memberantas Korupsi yang ada, hal itu bertujuan agar rakyat tidak lebih menderita lagi.

  10. wanti sulastri 4115086925 berkata:

    skala nilai yang saya berikan adalah 6…kunci dari masyarakat madani adalah kesetaraan untuk mencapai adil dan bahagia. sedangkan indonesia masih dalam proses untuk mencapai adil dan bahagia. indonesia memang negara demokrasi tapi menurut saya demokrasi hanyalah simbol saja. karena pada kenyataannya masyarakat indonesia belum menyadari akan hak dam kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya. seharusnya demokrasi di jlankan dengan sungguh-sungguh. bila ada satu pertandingan dan dalam pertandingan tersebut kita kalah, kita harus bisa menerima kekalahan tersebut dengan lapang dada. hal itu bisa dijadikan contoh sebagai wujud demokrasi.
    wanti sulastri 4115086925

  11. pina novilda 4115086924 berkata:

    nilai yang saya berikan adalh 6
    masyarakat madani itu kesetaraan, dimana dimana segala sesuatu yang dijalankan oleh masyarakat semuanya etara baik dalam bidang kemasyarakatan, ekonomi, dan politik. sedangkan kita liat sendiri di indonesia. misalnya: di bidang kemasyarakatan, belum muncul kesetaraan, masih berat sebelah antara masyarakat yang satu dengan yang lain. dibidang ekonomi, para pejabat masih banyak yang korupsi. dibidang politik, dari dinamkannya indonesia itu demokrasi tetapi pada kenyataannya demokrasi itu tidak di jalankan di indonesia. di lihat dari ke tiga bidang tersebut, menurut saya indonesia belum mencapai masyarakat madani.
    Pina Novilda
    4115086924

  12. astri russy rachmani 4115086934

    nilai yg saya berikan adalah 6. karena yang saya ketahui tentang masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang berbeda-beda namun mereka tetap memiliki kesetaraan yang sama antara hak dan kewajiban. dan indonesia belum mencapai sepenuhnya. karena di indonesia belum memiliki kesetaraan yang sama antara hak dan kewajiban. kebanyakan orang hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja (hak),serta kewajibannya tidak dilaksanakan.

    dan saya harap untuk kedepannya bangsa indonesia dapat mewujudkan masyarakat madani yang dapat merubah masyarakat indonesia untuk mencapai suatu keadilan yang benar-benar adil dan mendapatkan kebahagiaan.

  13. DIAN FITRIANI berkata:

    Dian fitriani
    4115086942
    Berdasarkan pengertian masyarakat madani yaitu suatu masyarakat ideal yang didalamnya hidup manusia-manusia partisipan yang masing-masing diakui sebagai warga negara dengan kedudukan yang serba setara dan sama dalam soal pembagian hak dan kewajiban.Untuk langkah indonesia menjadi masyarakat madani saya memberi penilaian 6 karena langkah pemerintah sampai ini tidak menyapai ketuntasan. Kenyataan yang kita lihat dari materi pemerintah mendapat penilaian 100 tetapi langkah secara praktek hanya nol besar karena masih banyak sekali karakter masy.madani yang tidak dapat dipenuhi. kewajiban pemerintah untuk menuntaskan kesmiskinan, pemerataan pendidikan serta lap.pekerjaan menjadi PR untuk pamerintah.,karena hal ini merupakan kunci untuk menjadi masy.madani.

  14. Firdaus berkata:

    penilaian yang saya berikan adalah 5
    pengertian masyarakat madani adalah dimana kelompok masyarakat yang berbeda etnik, budaya serta saling menghormati dan menaati segala peraturan hukum yang ada di Indonesia. Sebagai teori atau konsep, masyarakat madani sebenarnya sudah lama dikenal sejak masa Aristoteles pada zaman Yunani Kuno, pada zaman Roma Kuno, pada abad pertengahan, dan masa modern. Dengan istilah yang berbeda-beda, masyarakat madani mengalami evolusi pengertian yang berubah dari masa ke masa. Di zaman pencerahan dan modern, istilah tersebut dibahas oleh para filsuf dan tokoh-tokoh ilmu-ilmu sosial seperti
    Locke, Hobbes, Rousseau, Hegel, Hebermas. Dan di Indonesia dibahas oleh Arief Budiman, M.Amien Rais, Fransz, Magnis Suseso, Ryaas Rasyid, AS. Hikam, Mansour Fakih.
    Mewujudkan masyarakat madani adalah membangun kota budaya bukan sekedar merevitalisasikan adab dan tradisi masyarakat lokal, tetapi lebih dari itu adalah membangun masyarakat yang berbudaya agamis sesuai keyakinan individu, masyarakat berbudaya yang saling cinta dan kasih yang menghargai nilai-nilai kemanusiaan.
    tetapi di Indoneisa masih adanya kerusuhan dan kekerasan antar sesama agama maupun berlainan agama
    jadi menurut saya di indonesia itu belum sepenuhnya terwujud masyarakat madani.
    Firdaus
    4115086892

  15. hilda wijaya kusumah berkata:

    sebelum memberikan penilaian, kita harus mengerti dulu apa itu masyarakat madani. masyarakat madani adalah masyarakat dalam suatu negara dimana di dalamnya terdapat suatu kelompok atau organisasi yang saling terkait tampa membeda bedakan antara kelompok atau organisasi yang satu dengan yang lainnya (setara) dengan tujuan untuk memperoleh kedamaian, keadilan tampa ada perselisihan, kejujuran. apakah indonesia sudah mencapai masyarakat madani? menurut saya indonesia belum mencapai masyarakat yang madani, kalau diberikan nilai, indonesia nilainya 5. karena, masyarakatnya sulit untuk menerapkan nilai nilai keadilan, kejujuran, kurang transparan, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. untuk contohnya anda bisa lihat sendiri berita di tv atau koran.

  16. firman berkata:

    Nasib istilah masyarakat madani ini pun hampir sama dengan istilah reformasi itu sendiri. Setiap orang meneriakkan reformasi. Semua tokoh ingin menyandang gelar reformis. Kelompok dan partai politik tak ada yang mau dijuluki pro-status quo. Mereka semua mengatakan sebagai pejuang reformasi. Tetapi sayang sekali, hanya sedikit orang yang mengucapkannya mengerti hakikat sebenarnya tentang makna reformasi. Ini terjadi karena kata reformasi begitu bias, sehingga setiap orang bisa dan berhak menafsirkan makna reformasi sendiri-sendiri. Fakta seperti ini benar-benar dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang menguasai jaringan ekonomi dan media massa.

    Demikian pula istilah masyarakat madani. Istilah ini banyak disebut sebagai sebuah konsep masyarakat yang dicita-citakan. Sama dengan reformasi makna masyarakat madani begitu bias, sehingga masing-masing orang dan kelompok bisa memiliki pemahaman yang berbeda-beda tentang maksud dari kata masyarakat madani tersebut. Juga amat disayangkan, kendati gambaran masyarakat madani ini masih bias, kabur dan samar tak sedikit yang menolak konsep tersebut.
    Kata Madani berasal dari bahasa Arab yang artinya menempati suatu tempat . Dari kata inilah kemudian dibentuk kata madani yang berarti kota atau tempat tinggal sekelompok orang.
    Hanya saja dalam perkembangan berikutnya, kata madani –juga kata hadlarah, ini digunakan oleh orang Arab untuk menerjemahkan istilah bahasa Inggris civilization. Justru pada akhirnya kata madani yang berarti civilization yang sering dipakai dalam perbincangan kehidupan masyarakat dan negara. jadi masyarakat madani itu sama dengan masyarakat sipil cuman masyarakat madani itu mempunyai kesetaraan yang baik dalam bidang budaya, politik dan lain-lain. nilai yang saya berikan adalah 5 karena di indonesia masyarakat madani itu belum sepenuhnya berjalan dengan baik oleh pemerintahan indonesia. dalam masyarakat madani itu tujuannya untuk mencapai kesejahteraan, dan kebahagiaan dalam bermasyarkat sedangkan di indonesia saja belum mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan, pemerintah indonesia sendiri saja masih banyak melakukan korupsi dan pelanggaran-pelanggaran lainnya jadi bagaimana bisa terlaksana utk jadi masyarakat madani di indonesia.
    Firman supendi
    4115086933

  17. Winda Prima Dewi (4115086938) berkata:

    Nilai yang saya berikan bagi Indonesia untuk menuju masyarakat madani adalah 5 .
    menurut saya masyarakat Indonesia belum bisa sepenuhnya dikatakan sebagai masyarakat madani karena pada dasarnya masyarakat madani adalah sebuah komunitas sosial dimana keadilan dan kesetaraan menjadi fundamennya.
    karakteristik masyarakat madani, adalah ditemukannya fenomena demokratisasi,partisipasi sosial, dan supremasi hukum dalam masyarakat.
    saat ini hal tersebut memang sudah ada di Indonesia tetapi penerapannya belum maksimal sehingga dapat dikatakan bahwa saat ini Indonesia sedang menuju masyarakat madani dan diharapkan hal ini dapat terwujud bukan hanya sekedar impian saja.

  18. Muhammad Rudy Iskandar(4115086904) berkata:

    Nilai yang saya berikan untuk indonesia mengenai masyrakat madani adalah 6.
    Kenapa saya beri nilai 6?
    karena pemerintah sudah berusaha menjalankan kesejahteraan untuk rakyat indonesia meskipun kenyataannya bangsa indonesia belum sepenuhnya menjadi masyarakat yang sejahtera seperti yang diinginkan oleh rakyat indonesia.Jadi intinya masyarakat indonesia sudah ada keinginan untuk hidup seperti masyarakat madani.

  19. Selly Noviana ( 4115086935 ) berkata:

    Saya memberikan penilaian bagi Indonesia untuk mencapai masyarakat madani yaitu 4.Sudah kita ketahui bahwa masyarakat madani adalah sekelompok masyarakat yang puralisme atau masyarakat yang memiliki suatu perbedaan,tetapi memiliki suatu keselarasan,yang bertujuan untuk menjadi masyarakat yang sejahtera,adil,demokratis,dan bahagia.saya memberi nilai 4 karena bagi saya rakyat indonesia belum terbilang masyarakat yang sejahtera,banyak rakyat miskin,pengangguran dan kejahatan terjadi di mana-mana.contoh nyata dari itu semua yaitu kejadian pembagian zakat oleh haji saikon di Jawa timur yang memakan banyak korban,terutama orang yang tak mampu.
    dari situlah saya mengambil kesimpulan bahwa masyarakat indonesia belum termasuk masyarakat madani.

  20. Bustanil Arifin berkata:

    Bustanil Arifin (4115086896)

    Menurut saya, berbicara mengenai masyarakat madani merupakan sebuah permasalahan yang mempunyai cakupan yang sangat luas dan panjang.Sebelum saya memberikan penilaian, saya akan jelaskan sedikit mengenai apa itu masyarakat madani? Menurut saya masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang demokratis yang berperadaban serta menghargai hak-hak tanggung jawab manusia yang patuh dan tunduk pada ajaran kepatuhan yang dinyatakan dalam supremasi hukum dan peraturan.
    Dalam hal ini, saya memberikan penilaian terhadap bangsa indonesia sebesar 7. Alasannya, di indonesia apa yang menjadi syarat bisa di katakan sebagai masyarakat yang madani itu sudah ada dan diterapkan di negara indonesia ini. Dalam hal ini antara lain yaitu adanya kebebasan beragama, persatuan antar umat seagama, saling bantu membantu satu sama lain, adanya persamaan hak dan kewajiban warga negara dengan negara, persamaan hukum artinya tidak pandang bulu, ditegakkannya hukum demi keadilan dan kebenaran, adanya hukum adat, perdamaian dan kedamaian, serta yang paling penting adalah adanya pengakuan hak setiap orang atau individu. Dari prinsip di atas, menurut saya bangsa indonesia sudah bisa dikatakan sebagai masyarakat madani meskipun masih perlu penyempurnaan dalam pelaksanaan dan pengawasannya. Jadi, dalam mewujudkan suatu masyarakat madani yang sempurna yang mana telah dirintis oleh nabi Muhammad saw. tidak hanya dilakukan dengan perjuangan, pengorbanan, maupun kesabaran. Tetapi, untuk menuju masyarakat madani indonesia yang lebih baik perlu dilakukannya evaluasi di segala aspek, baik pribadi, masyarakat maupun pemerintahan itu sendiri.

  21. Rating yang saya berikan adalah 4. alasannya dilihat dari pengertian masyarakat madani itu sendiri. Yaitu, di dalam perbedaan terdapat persamaan demi tercapai kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat. oleh karena itu jelas terlihat bahwa Indonesi belum dapat mewujudkan sistem masyarakat madani pada negaranya. Jika kita kaitkan dengan fakta – fakta yang ada di Indonesia seperti banyaknya kemiskinan, belum adanya ketidakadilan yang ada serta belum memiliki para pemimpin yang sportif dan objektif walaupun dasar negara serta konsep yang diterapkan Indonesia senantiasa menyerupai sistem masyarakat madani tetap saja hanya dengan sebuah konsep belum dapat disebut perwujudan.

  22. andri Cahyo purnomo (4115086918)

    Menurut saya, berbicara mengenai masyarakat madani, merupakan masalah yang memiliki aspek cukup luas. sebelum saya memberikan penilaian, saya akan menjelaskan sedikit tentang apa yang dimaksud masyarakat madani? menurut saya masyarakat madani adalah masyarakat yang memiliki keteraturan keteraturan hidup mandiri, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan demi terciptanya masyarakat yang berkeadilan sosial, mampu bersikap kritis bersikap kritis dan partisipatif dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial.
    Dalam hal ini saya akan memberikan penilaian terhadap bangsa indonesia nilainya adalah 7. Alasannya, masyarakat di indonesia memiliki perbedaan etnik dan adat dalam mekanisme sosialnya, namun perbedaan ini ternyata bukan halangan dapat terbentuknya partisipasi dan kebersamaan. masyarakat madani secara sederhana Sebenarnya telah ada dan berkembang dimasyarakat kita. hal tersebut dapat dilihat, misalnya pada berkembangnya budaya gotong royong di berbagai kalangan masyarakat. Seperti kita ketahui budaya gotong royong dinegara kita cukup kental dibangun, hampir semua elemen masyarakat ikut terjun didalamnya. Demikian pula dalam menentukan nilai bersama, norma, atau sanksi sosial yang diberlakukan dimasyarakat. Tentu hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mampu mengembangkan mekanisme sosial secara mandiri, tidak ada campur tangan dari pemerintah. namun ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu memudarnya budaya gotong royong yang menjadi alasan saya memberikan penilaian, masyarakat indonesia sekarang ini lebih bersifat individualis, acuh tak acuh, tidak ada lagi semangat kebersamaan yang dibangun antar masyarakat, mereka lebih memikirkan bagaimana cara mencukupi kehidupannya tanpa melihat kebawah banyak orang- orang lebih membutuhkan. perlu adanya kesadaran dari dalam diri setiap masyarakat untuk kembali membangun dan membina sikap kebersamaan dalam rangka semangat gotong royong agar terciptanya keselarasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  23. moh.khoiri berkata:

    menurut saya masarakat madani itu hanya ada pada kepemimpinan nabi muhammad saw.di mana pada wakatu nabi memang sangat berpengaruh dalam memimpin rakyat.jadi indonesia pada saat ini masih belum bisa melaksanakan atau meniru agar indonesia menjadi masyrakat yang madani.kalu dalam nilai indonesia masih 5,5 karna indonesia masih dalam proses untuk menciptakan masyrakat madani..munkkin menciptakan masyrakat madani adalah impian semua orang islam..tapi untu di terapkan di indonesia memenga perlu tahapan-tahapan..dan menerut saya untuk menciptakan masyrakat madani sngatlah gampang apabila kita menggunaka al-quran sebagai pedoman hidup seluruh ummat manusia.kata allah al-quran di buat untuk mempermudah manusia di bumi..jadi tidak ada yang suslit di muka bumi ini..dalam hal ini juga indonesia belum mencapai masyrakat madani itu..karna indonesia masih menggunakan hukukm toegut..di mana sebagai toegutnya itu adalah pancasila..allah menciptakan al-quran di muka bumi untuk manusia tapi pada sekarang manusia menciptaka aturan di muka bumi untunk manusia..padahal kata allah hamya aku yang berhak menciptakan aturan di muka bumi..dan apabila manusia sudah tidak lagi memakai al-quran sebagai pedoman hidup maka akan terjadi kerusakan di mika bumi secara terus menerus.. seprti yag kita ketahui sekarang ini indonesia sering di landa bencana alam…demikian komentar sayaterima kasih…

  24. Masyarakat madani adalah suatu kumpulan masyarakat yang bertujuan untuk terbentuknya kesinambungan agar terciptanya kesetaraan dan mempunyai hasil berupa keadilan dan kedamaian.
    Saya memberikan nilai 5 karena, di lihat dari individu terlebih dahulu masyarakat Indonesia belum mampu mengendalikan dirinya sendiri untuk melakukan suatu tindakan yang membuat orang lain bisa merasa senang, apalagi sampai suatu kumpulan masyarakat yang banyak agar mampu mengendalikan hal seperti itu bahkan menciptakan kesetaraan. Contohnya saja banyak orang yang melakukan tindakan korupsi di Indonesia, hal ini menunjukan bahwa sebagian masyarakat di Indonesia belum mampu mengendalikan dirinya sendiri untuk menciptakan suatu kesetaraan yang dapat membuat keadilan dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat.

  25. saya memberi penilaian kepada indonesia mengenai masyarakat madani yaitu 6. karna menurut saya indonesia belum mencapai masyarakat madani karna indonesia masih banyak sekali kekuranganya. Bangsa Indonesia harus berusaha untuk mencari bentuk masyarakat madani yang pada dasarnya adalah masyarakat sipil yang demokrasi dan agamis/religius. Dalam kaitannya pembentukan masyarakat madani di Indonesia, maka warga negara Indonesia perlu dikembangkan untuk menjadi warga negara yang cerdas, demokratis, dan religius dengan bercirikan imtak, kritis argumentatif, dan kreatif, berfikir dan berperasaan secara jernih sesuai dengan aturan, menerima semangat Bhineka Tunggal Ika, berorganisasi secara sadar dan bertanggung jawab, memilih calon pemimpin secara jujur-adil, menyikapi mass media secara kritis dan objektif, berani tampil dan kemasyarakatan secara profesionalis,berani dan mampu menjadi saksi, memiliki pengertian kesejagatan, mampu dan mau silih asah-asih-asuh antara sejawat, memahami daerah Indonesia saat ini, mengenal cita-cita Indonesia di masa mendatang.

  26. SHOIDAH berkata:

    Menurut saya,penilaian untuk bangsa indonesia dalam menuju masyarakat madani adalah 5.Karena,indonesia belum mencapai masyarakat madani bisa di lihat dari penjelasan masyarakat madani itu sendiri,
    masyarakat madani pada dasarnya merupakan sebuah komunitas sosial dimana keadilan dan kesetaraan menjadi fundamennya. Muara dari pada itu adalah pada demokratisasi, yang dibentuk sebagai akibat adanya partisipasi nyata anggota kelompok masyarakat. Sementara hukum diposisikan sebagai satu-satunya alat pengendalian dan pengawasan perilaku masyarakat. masyarakat madani hanya membutuhkan institusi sosial, non-pemerintahan, yang independen yang menjadi kekuatan penyeimbang dari negara. Posisi itu dapat ditempati organisasi masyarakat, maupun organisasi sosial politik bukan pemenang pemilu, maupun kekuatan-kekuatan terorganisir lainnya yang ada di masyarakat. Akan tetapi institusi tersebut selama orde baru relatif dikerdilkan dalam arti lebih sering berposisi sebagai corong kepentingan kekuasaan ketimbang menjadi kekuatan swadaya masyarakat.
    Hegemoni kekuasaan demikian kuat sehingga kekuatan ril yang ada di masyarakat demikian terpuruk. Padahal merekalah yang sebenarnya yang diharapkan menjadi lokomotif untuk mewujudkan masyarakat madani. Ada memang beberapa LSM yang secara konsisten memainkan peranan otonomnya akan tetapi jumlahnya belum signifikan dengan jumlah rakyat Indonesia yang selain berjumlah besar juga terfragmentasi secara struktural maupun kultural. Fragmentasi sosial dan ekonomi seperti itu sangat sulit mewujudkan masyarakat dengan visi kemandirian yang sama. Padahal untuk duduk sama rendah berdiri sama tinggi membutuhkan kesamaan visi dan kesadaran independensi yang tinggi. Dengan demikian boleh jadi masyarakat peradaban yang kita cita-citakan masih membutuhkan proses yang panjang. Dan boleh jadi hanya impian manakala pro status quo tetap berkuasa.

  27. Sangga Hutama Ibnu Ridwan berkata:

    Kalo menurut saya, nilai yang pantas diberikan kepada Indonesia adalah 6. Alasan saya yaitu jika mengacu pada pengertiannya sendiri, masyarakat madani pada dasarnya adalah sebuah komunitas sosial dimana keadilan dan kesetaraan menjadi fundamennya. Masyarakat madani juga bisa dikatakan sebagai masyarakat berperadaban tinggi yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan serta keteraturan dalam berbagai sistem kehidupan.
    Indonesia adalah sebuah negara yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, tapi sayangnya sampai saat ini Indonesia belum bisa dikatakan sebagai masyarakat madani 100%, karena Indonesia saat ini adalah salahsatu negara dengan tingkat kriminalitas yang tergolong tinggi yaitu kejahatan yang terjadi sekitar 209.673 kasus. Dan tak sedikit di Indonesia terjadi peperangan yang mengatasnamakan SARA, seperti di Ambom, Madura, Maluku dan lain-lain.
    Tapi yang saya kagumi dari Indonesia yaitu sampai saat ini Indonesia masih utuh dan satu walaupun Indonesia memiliki beraneka ragam suku.
    Masyarakat madani adalah suatu das sollen bagi setiap Negara, dan Indonesia pun sedang berjuang untuk mewujudkan suatu kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai. itu semua ada pada falsafah Negara Indonesia yaitu Pancasila.

    Nama : Sangga Hutama Ibnu Ridwan
    No Reg. : 4115086900

  28. kosasih berkata:

    Republik Indonesia sangat sangat melekat di hati kita khususnya warga negara Indonesia. Semangat yang diberikan oleh kaum nasionalisme mengenai kebangkitan dan kemajuan bangsa Indonesia, saya sangat merespon dan menanggapi dengan sikap yang penuh sosialis dan meluaskan kesetiaan dan keprcayaan sehingga individu-individu mengakui keterkaitannya dengan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri.
    Mengenai masyarakat madani di Indonesia saya memberikan nilai 5. Masyarakat madani sendiri mempunyai pengertian yaitu terdiri dari budaya, agama,dan golongan dimana hal seperti itu dapat diekspresikan secara saling menghormati tanpa prasangka dan permusuhan sehingga para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya.
    Namun bagai mana yang kita rasakan saat ini. Mungkin kita terbebas dari penjajah “formal dan fisik. Namun, kenyataan yang kita rasakan saat ini ternya masih banyak penyalahgunaan wewenang, disisi lain kemiskina dan keterbelakangan terjadi dimana-mana. Karena didalam masyarakat madani itu hendaknya kreatif terhadap hal-hal baru, antisipatif dan preventif terhadap segala kemungkinan buruk, serta berketuhanan yang maha ESA. Saya merasakan di Indonesia masih cukup jauh untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa khususnya menciptaka masyarakat madani, contohya masalah golongan. Dimana sekarang ini rasa kesenjangan sosial di masyarakat masih terasa secara jelas antara golongan minoritas dan mayoritas sehingga menimbulka rasa kesatuan dan saling menghargai antara sesama pudar, yang ditimbulkan dari hal seperti ini malah permusuhan dan kecemburuan sosial.
    Tetapi saya sebagai mahasiswa yang masih baru, dan harus harus banyak belajar mengenai negeri ini, patut bersyukur dan berterima kasih kepada bangsa ini karena tidak semua tujuan dan cita-cita negara Indonesia mengenai masyarakat madani belum terwujud, sebagian dari tujuan Indonesia untuk mewujudkan masyarakat madani telah mulai berjalan dan di usahakan oleh pemerintah. Misalnya :
    1.Pemerintah telah melengkapi sarana dan prasarana pendidikan.
    2.Membuat dan membuka lapangan kerja.
    3.Membuat UU dan hukum yang harus di taati.
    4.Memberikan hak dan kewajiban kepada WNI.
    Dari hal-hal yang saya sebutkan dapat kita ketahui dari pancasila dan UUD 1945.
    kosasih (4115086921)

  29. firman khalliq berkata:

    penilaian tentang kondisi masyarakat madani di indonesia ?
    sebenarnya saya agak bingung untuk memeberikan penilaian tentang masyarakat madani di indonesia,,,!
    tapi sebelumnya saya ingin sedikit memberikan gambaran kondisi masyarakat madani di indonesia,,,

    lemahnya HAM di negeri kita saat ini nampaknya tidak jauh berbeda dari jaman orde baru yang di tunggangi oleh mantan presiden kita Alm.Bpk.H soeharto,,hal ini terlihat dari beberapa konflik dan tragedi-tragedi yang terjadi belakangan ini,misalnya saja maraknya gerakan-gerakan separatis yang muncul seperti GAM,RMS dll,
    hal ini tidak lain adalah sebagai bentuk ketidakpuasan masyarakat dengan pemerintahan yang menelantarkan mereka.atau contoh lain adalah masih labilnya ketegasan hukum yang ada di indonesia hingga kini,,kita lihat saja kasus tewas nya seorang aktivis HAM munir,,hingga kini kasus itu belum juga tuntas.kemudian kasus amrozi cs yang telah di eksekusi mati,menurut saya,bila memang indonesia menerapkan hukuman seperti itu,mengapa hanya tersangka seperi amrozi cs saja yang di eksekusi mati?
    lalu kemudian para pembunuh-pembunuh lainnya hanya di beri hukuman paling berat seumur hidup?
    bukankah membunuh satu atau berapa banyak sama saja (sama-sama menghilangkan nyawa seseorang).
    kemudian maraknya aksi-aksi anarkisme akibat perbedaan faham ajaran suatu agama yang dilakukan FPI baru-baru ini.
    dan lagi isu-isu teror yang datang pada perayaan malam natal di gereja-gereja!

    dari serangkaian peristiwa diatas,terlihat bahwa masyarakat masih belum bisa menanamkan kesadaran masyarakat madani yang harus terwujud dengan baik mengingat indonesia adalah suatu negara yang mempunyai beragam suku bangsa dan mengakui 5 agama di dalamnya.

    tapi di sisi lain saya juga bangga terhadap indonesia!
    mengapa?
    karna sampai saat ini agama di indonesia masih ada 5 koq,,,dan kami masih bisa hidup dangan rukun!
    jadi penilaian saya terhadap masyarakat madani di indonesia adalah “5,5”

    Nama : firman khalliq
    No reg : 4115086931

  30. Lisa Kartika berkata:

    Lisa kartika
    4115086914

    menurut saya nilai yang nya adlh 6,karena indonesia belum sepunuh nya munuju masyarakat madani. Untuk membangun masyarakat madani yang maju dan berbudaya, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi dengan iman dan takwa, paling tidak harus ada tiga syarat: menciptakan inovasi dan kreasi, mencegah kerusakan-kerusakan sumber daya, dan pemantapan spiritualitas. tapi kenyataan nya sekarang ini bnyak masyarakat yang merusak lingkungan nya sendiri, . Padahal masyarakat madani itu hendaknya kreatif terhadap hal-hal baru, antisipatif dan preventif terhadap segala kemungkinan buruk, serta berketuhanan Yang Maha Esa.
    tapi indonesia belum memperlihatkan itu semua.
    Jika syarat-syarat dan komponen-komponen masyakarat madani berdaya secara maksimal, maka tata kehidupan yang demokratis akan terwujud. Selain ikut membangun dan memberdayakan masyarakat, masyarakat madani juga ikut mengontrol kebijakan-kebijakan negara. Dalam pelaksanaannya, mereka jga bisa memberikan saran dan kritik terhadap negara. Saran dan kritik itu akan objektif, jika ia tetap independen. Setiap warga negara berada dalam posisi yang sama, memilik kesempatan yang sama, bebas menentukan arah hidupnya, tidak merasa tertekan oleh dominasi negara, adanya kesadaran hukum, toleran, dan memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

  31. Nama : Raden Ajeng Pinasthika
    No.Reg : 4115086913

    menurut saya nilai yang pantas diberikan kepada Indonesia adalah 7, karena Indonesia belum memenuhi kriteria untuk menjadi masyarakat madani yaitu masyarakat yang dimana masyarakatnya adil dan sudah ada keadilan dan kesetaraan di dalam hidup bermasyarakat itu sendiri. misalnya saja masih banyak para pejabat yang berkorupsi tetapi tidak mementingkan nasib para rakyat lainnya. ini yang saya maksud tidak adil tadi.bahkan kini di Indonesia, kriminalitas sudah membudaya.oleh karena itu, untuk mencapai masyarakat yang diinginkan yaitu masyarakat madani tadi.kita harus merubah sikap-sikap yang buruk di Indonesia itu. bersihkan indonesia dari para koruptor dan tingkatkan rasa saling perduli sesama Insya Allah Indonesia akan menjadi lebih baik .

  32. Bagai mana sih masyarakat madani itu??? Menurut saya masyarakat madani itu masyarakat yang memiliki kesetaraan dan derajat yang sama agar menciptakan masyarakat yang adil danbahagia. Menurut penilaian saya indonesia saat ini untuk mencapai masyarakat madani itu 6. Karena ada di beberapa daerah masyarakat indonesia banyak yang belum mendapatkan ke bahagiaan dan keadilan. Contohnya masyarakat Jakarta masih banyak masyarakatnya yang hidup serba kekurangan, misalnya banyak yang tidak mendapatkan tempat tinggal, bahkan untuk mencari sesuap nasi saja harus berusaha keras banting tulang. Selain itu juga masih banyak yang tidak adil dalam hal apa pun, misalnya banyak para peminpin yang melakukan penyimpangan, seperti korupsi, pengusuran-pengusuran tanpa ada ganti rugi selain itu juga melakukan penggusuran dengan kekerasan dan lain-lainnya. Bagaimana Indonesia dikatakan masyarakat madani jika masih banyak para peminpin melakukan korupsi. Dan apa bila pemerintah melakukan penggusuran kenapa pemerintah tidak menyediakan lahan untuk masyarakat sebagai gantinya, dan cobalah tanpa sikap anatkis dengan cara musyawarah, agar mendapatkan hasil yang mufakat. mungkin hanya segitu saja yang dapat saya sampaikan.
    wassalammu’alaikum wr wb.

  33. ikaagustina berkata:

    ika.agustina
    4115086915

    Menurut saya nilai yang pantas di berikan oleh negara indonesia adalah 6.karena masyarakat madani itu masyarakat yang mempunyai pluralisme dan kesetaraan yang menuju untuk kehidupan masyarakat yang bahagia dan adil.seperti kita ketahui bersama bahwa indonesia masih jauh sekali dari konsep masyarakat madani.karena indonesia belum memiliki pluralisme.dimana pluralisme itu artinya menganggap semua itu sama.di indonesia pluralisme itu sangat kurang sekali.hal ini terbukti masih adanya perbedaan antar suku yang menyebabkan perang antar saudara,perbedaan agama yang sering sekali mengalami pro dan kontra hingga menyebabkan perpecahaan antar umat beragama.inilah yang menyebabkan sedikitnya plluralisme di indonesia.seharusnya dengan adanya beranekaragam budaya,bemacam-macam agama,bermacam-macam bahasa dll.kita makin memperkuat persatuan.seharusnya pluralisme itu dapat diterapkan di indonesia agar indonesia dapat mencapai negara yang madani.dimana negara dengan konsep madani itu menurut saya sempurna karena telah teruji pada jaman nabi terdahulu dan terbukti pada jaman itu dan memiliki konsep yang sangat baik karena mempunyai tujuan akhir mencapai kebahagiaan dan keadilan.
    untuk mencapai pluralisme tersebut indonesia harus lebih menjunjung nilai hak azasi manusia.karena dengan menjunjung nilai hak azasi tersebut kita dapat saling memahami satu sama lain.dengan ini mungkin pluralisme itu dapat terwujud sehingga indonesia menjadi masyarakat madani yang bahagia dan adil.mungkin itu harapan saya untuk negara indonesia!!!

  34. helmita
    4115086929

    penilaian saya : 7
    yang dimaksud dengan masyarakat madani adalah masyarakat yang sudah mengenal peradaban yang cukup baik. baik dibidang : ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dll. sedangkan indonesia sudah hampir mencapai kesana. tetapi masih banyak kendala yang harus diselesaikan karena kemajemukkan masyarakat indonesia yang beraneka ragam dan mempunyai adat istiadat yang beragam sehingga sulit untuk mencapai kebersamaan. oleh sebab itu pemerintah indonesia mempunyai slogan khusus untuk mengatasi keanekaragaman atau kemajemukkan masyarakat indonesia dengan ” bhineka tunggal ika” walaupun berbeda- beda tetapi tetap satu jua.dan disegi pendidikkan, pemerintah mencanangkan program ” wajib belajar 9 tahun” dan pemerintah memberikkan sekolah gratis. sedangkan di bidang kesehatan, pemerintah memberikan subsidi dari anggaran RAPBN untuk biaya kesehatan bagi rakyat atau masyarakat yang kurang mampu, dan di bidang ekonomi, pemerintah sudah mencanangkan program pembangunan jangka panjang dan jangka pendek untuk kemajuan perekonomian indonesia. dan di bidang politik, indonesia sudah mencapai kearah yang lebih baik yaitu pemilihan umum yang jurdil, langsung, terbuka, dan demokratis. dan pemerintah sudah mengerahkan KPK ( komisi pemberantasan korupsi ) dan tidak memandang bulu siapa yang akan di adili. demikianlah komentar dari saya tentang perbandingan masyarakat madani dengan pemerintahan indonesia.

  35. lilis siska wijayanti
    4115086903

    menurut saya, saya akan memberikan penilaian 8 karena pemerintahan indonesia sudah mau mencapai kepada tahap masyarakat madani, dimana masyarakat madani adalah masyarakat yang sudah bisa dikatakan cukup makmur atau masyarakat yang sudah mencapai kepada tahap kejayaan. mengapa saya beranikan diri memberikkan nilai 8, walau masyarakat indonesia belum mencapai apa yang dialami oleh masyarakat madani. tetapi saya mempunyai keyakinan yang kuat, bahwa masyarakat indonesia akan mencapai masyarakat madani dan indonesia sedang mengalami proses menuju kesana. meski banyak kendala- kendala yang dialami. demikianlah penilaian saya.bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai bangsanya sendiri dan bangga menjadi warga indonesia.

  36. Menurut saya penilaian yang pantas diberikan kepada pemerintah Indonesia 3. karena pemerintah belum bersikap adil kepada warga negaranya. Belum melaksanakan amanat pancasila.
    Masyarakat madani adalah yang merupakan kata lain dari masyarakat sipil (civil society), kata ini sangat sering disebut sejak kekuatan otoriter orde baru tumbang selang satu tahun ini. Malah cenderung terjadi sakralisasi pada kata itu seolah implementasinya mampu memberi jalan keluar untuk masalah yang tengah dihadapi oleh bangsa kita. Kecenderungan sakralisasi berpotensi untuk menambah derajat kefrustasian yang lebih mendalam dalam masyarakat bila terjadi kesenjangan antara realisasi dengan harapan. Padahal kemungkinan untuk itu sangat terbuka, antara lain, kesalahan mengkonsepsi dan juga pada saat manarik parameter-parameter ketercapaian.
    Saat ini gejala itu sudah ada, sehingga kebutuhan membuat wacana ini lebih terbuka menjadi sangat penting dalam kerangka pendidikan politik bagi masyarakat luas.

  37. Ervan Firmansyah (4115086905) berkata:

    menurut saya nilai yang pantas diberikan adalah 6. karena masih banyak orang-orang di indonesia yang tidak mementingkan adanya toleransi. misalnya saja yang kaya semakin kaya, sedangkan yang miskin semakin miskin. hal ini tentu saja menimbulkan pandangan yang buruk tentang masyarakat madani di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s