Tugas PAI 1 JBSA reg

Paparkan kelebihan Indonesia yang membuat Indonesia termasuk dalam kategori masyakat Madani.

Selalu ingat untuk menulis  nama dan noreg. Jawaban diterima dalam rentang waktu selasa 28 April 2009 pukul 06.00 hingga Jum’at 1 Mei 2009 pukul 23.59. Jawaban yang datang sebelum dan setelahnya tidak dianggap keberadaannya!

Sukses dan semangaaaaaaaaaaat!!!

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di PAI I. Tandai permalink.

59 Balasan ke Tugas PAI 1 JBSA reg

  1. Mendahulukan kepentingan orang lain dari pada diri sendiri.Alasannya seperti di bus umum apabila orangtua,orang hamil atau orang cacat kita dahulukan untuk duduk.

  2. eva ardi anti 2715083116 berkata:

    menurut pendapat saya salah satunya yaitu di I ndonesia sudah diiberikan kebebasan untuk beragama sesuai kepercayaan masing-masing dari 5 agama yang sudah ada di Indonesia dan sudah ada kekuatan hukumnya masing-masing

  3. Fitroh ruhjayanti 2715081636 berkata:

    Mendahulukan kepentingan orang lain dari pada diri sendiri.Alasannya seperti di bus umum apabila orangtua,ibu hamil atau orang cacat kita dahulukan untuk duduk.

  4. masyarakat Indonesia sopan santun. Seperti halnya seseorang yang lebih muda memanggil seseorang yang lebih tua dengan sebutan kakak, ayah, ibu, dan sebagainya.

  5. Asih maesaroh 2715081664 berkata:

    Indonesia kaya akan sumber daya Alam yang berlimpah,seperti minyak bumi,batu bara.Dan memiliki tanah yang sangat subur.

  6. masyarakat Indonesia taat beragama baik melalui jalur hubungan dengan Tuhan ataupun sesama makhluk. hal ini yang mewujudkan masyarakat madani berasosiasi masyarakat beradab.

  7. Menegakan hukum, sehingga terciptanya perdamaian dan keadailan.

  8. Asih maesaroh 2715081664 berkata:

    Orang2 indonesia sangat ramah. Contohnya jika bertemu dg org laen memberi senyum bahkn menyapa.

  9. Siti Mahmudah 2715081627 berkata:

    Menurut saya di bidang olahraga banyak sekali,tapi saya akan membahas tentang sepak bola.Ini terlihat dari Liga Indonesia adalah satu-satunya liga yang langsung masuk ke Liga Champion Asia tanpa ikut babak kualifikasi terlebih dahulu.

  10. masyarakat indonesia adalah masyarakat yang pluralis dan terbuka pada budaya bangsa lain. contohnya adalah budaya disiplin tetapi masyarakat indonesia tdk menghilangkan budaya asli dan mengkolaborasikannya hal ini dibuktikan dg adanya etos kerja

  11. Khusnul khotimah 2715083133 berkata:

    Masyarakat indonesia dapat hidup berdampingan walaupun di negara indonesia memiliKi banyak perbedaan dalam segi kepercayaan

  12. Bangsa Indonesia selalu berusaha untuk menggali sumber-sumber sejarahnya dengan tujuan untuk mengetahui kehidupan bangsanya di masa lampau.

  13. Indonesia menganut sistem ekonomi terbuka dan menjalin kerjasama dengan negara-negara lain. Misalnya: kerjasama dalam bidang perdagangan, perindustrian dan lain-lain sehingga ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

  14. Masturya Antana (2715083124) berkata:

    Indonesia mempunyai banyak tempat pariwisata.
    Alasan : Banyak wisatawan domestik bahkan wisatawan luar negeri yang mengunjungi berbagai tempat pariwisata di Indonesia. Dari pariwisata tersebut,Indonesia memperoleh penghasilan dana. Dan dari penghasilan pariwisata tersebut dapat membantu keuangan Indonesia yang dapat digunakan untuk memajukan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia serta menjaga kebudayaan dan pariwisata Indonesia.

  15. Indonesia menjamin bebas mengeluarkan pendapat.

  16. Riswan Yulistianto berkata:

    keanekaragaman sukunya tidak menghilangkan semangat nasionalismenya

  17. MELISA FITRI 2715083122 berkata:

    menurut saya:indonesia mempunyai kelebihan di segi bahasa yaitu dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan
    dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di
    Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa
    daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
    ups_meldon@yahoo.com

  18. meliya putri 2715081638 berkata:

    Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir
    penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya
    hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

  19. robiatul adawiyah 2715081666 berkata:

    Indonesia memberikan hak untuk mendapatkan dan mengenyam pendidikan bagi warga negaranya,dapat dilihat dengan adanya wajib belajar 9 tahun…bahkan pemerintah memberikan dana Bantuan operasional sekolah dan adanya sekolah gratis.

  20. Nurlaila Sarah Fatimah (2715081641) berkata:

    Indonesia berpotensi untuk menjadi masyarakat madani, karena salah satu kelebihan Indonesia dari negara yang lainnya adalah Indonesia merupakan Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

  21. Nurhidayah 2715081652 berkata:

    Banyaknya masyarakat Indonesia yang berakhlak mulia, terbukti dengan adanya sekolah – sekolah Islam yang ada di Indonesia dan upaya pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan kepada lembaga – lembaga pendidikan islam formal maupun non formal.

  22. Fitri Yanti berkata:

    kelebihannya Indonesia adalah negara yang berkedaulatan

  23. debby farhani alwy (2715083118) berkata:

    kelebihan indonesia yang berpotensi untuk menjadikan indonesia bermasyarakat madani bukan hanya kelebihan – kelebihan yang konkret saja, salah satu kelebihan abstraknya yaitu indonesia mempunyai i’tikad atau niat baik untuk menjadi masyarakat madani terbukti niat tersebut banyak tertera dan telah menjadi landasan berbangsa seperti piagam jakarta dan pembukaan UUD 1945.

  24. di negara Indonesia baik dari segi pemerintah maupun masayarakatnya(mayoritas) sangat menghargai kedudukan wanita dalam peranannya membangun negeri ini. Hal ini terbukti dari banyaknya wanita yang bekerja di instansi pemerintah / swasta seperti di DPR, dll.

  25. masyarakat indonesia mempunyai kesadaran untuk tanggung jawab,contohnya membayar pajak dengan tepat waktu.

  26. Indonesia menjamin setiap warganya dalam hal hak asasi manusia dan diatur dalam UUD.

  27. indonesia merupakan negara demokrasi hal itu terlihatv pada adanya pemilihan umum secara langsung.

  28. indonesia selalu melestarikan tradisi maupun adat istiadat yang sudah ada sejak zaman dahulu hingga sekarang.misalnya dengan dihak patenkannya batik indonesia

  29. Indonesia melakukan langkah-langkah besar dalam program keluarga berencana, sebagian besar tanpa menggunakan metode-metode paksaan yang telah mengotori kebijakan serupa di tempat-tempat lain.

  30. Orang asing lebih suka belajar agama Islam kepada orang Indonesia daripada belajar kepada orang Arab dikarenakan orang Indonesia menjelaskan trerlebih dahulu segala sesuatu permasalahannya.

  31. Chaerudin Gelar Nugraha berkata:

    Menjadikan negara Indonesia menjadi negara maju, karena dengan menjadinya negara maju, Indonesia bisa menciptakan IPTEK-IPTEK yang jauh lebih canggih dan pastinya bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia.

  32. lanjutan…
    karena bangsa indonesia dikenal sbg bangsa yang bekerja keras sehingga tradisi kerja keras itu turun temurun dilaksanakan dg dikolaborasikan dg budaya disiplin dari barat dmn hsl dr percampuran budaya itu kita kenal dg etos kerja,dmn hal itu sangat diperlukan untuk mewujudkan indonesia yang maju. di samping itu indonesia jg memiliki resistensi untuk menahan dampak buruk globalisasi.

  33. Qitbiya Ilhami 2715081651 berkata:

    INDONESIA bisa MENJADI MASYARAKAT MADANI…. dengan adanya tokoh-tokoh sejarah yang bisa dijadikan teladan…seperti wali songo dalam bidang agama,lalu mantan presiden soekarno dengan wibawa dan keberaniannya… ada juga dari pendidikan..ki hajar dewantara…. dari wanitanya juga ada yaitu RA kartini…….. dengan meneladani semangat dan kerja keras mereka…INDONESIA BISA JADI MASYARAKAT MADANI, tentunya dengan faktor lain yan kalian sebutkan. SEMANGAT INDONESIA !

  34. Indonesia mempunyai kelebihan dalam hal suku bangsa. suku bangsa di Indonesia bermacam-macam, dan antar suku saling menghargai satu sama lain.

  35. Indonesia termasuk masyarakat madani, salah satunya Indonesia sangat terbuka dengan adanya kebudayaan dari luar yang masuk ke Indonesia.

  36. saputro.adiet.ramanto 2715081642 berkata:

    indonesia yg terlihat masyarakat madani adalah dari adanya sikap gotong royong antar warga satu dengan yang lain

  37. Tsana Karimah 2715081633 berkata:

    masyarakat Indonesia memiliki sikap toleransi yang tinggi dalam berbagai hal, sehingga dapat terwujudnya masyarakat madani

  38. siti khofifah (27150816123) berkata:

    * Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

  39. sony suyudana(2715081 630) berkata:

    dalam aspek visit indonesia.. wisatawan mancanegara, bahkan lokal masih terheran-heran melihat keindahan nusantara indonesia, mengapa? masyarakat indonesia itu ramah-ramah, terbuka, bersahabat, pepatah orang jawa “mangan ora mangan asal kumpul”. :p kelebihan indonesia dalam wisata bahari tak kalah bagus dengan negara lain, yang saya ingin tegaskan ialah.. wisata kuliner indonesia! coba anda bayangkan makanan dari daerah yang berbeda yang diracik dan disajikan olek suku yang berbeda.. terlihat aneh memang.. kenapa? karena kita belum pernah mencobanya.. terbuat dari bahan-bahan sederhana yang terlihat sepintas tidak ada nilai jualnya.. contohnya dari dedaunan.. dari umbi-umbian, dari sagu, bahkan dari keong kecil bisa dijadikan makanan, laziiizz.. betapa kreatifnya bangsa kita! mulai sekaranglahh.. wisata kulinerr yuukk.. eheheh..

  40. Kelebihan bangsa Indonesia adalah letak geografis yang diapit oleh dua peradaban dan dua benua yang berpengaruh di dubia. Dengan demikian, akses Indonesia untuk mengembangkan berbagai pengetahuannya lebih cepat dan banyak. Sehingga, Indonesia memungkinkan menjadi masyarakat madani

  41. Karena sebagian besar penduduk Indonesia bermayoritaskan agama Islam..

  42. masyarakat Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam menjaga dan melestarikan semua yang ada di Indonesia. Contohnya seperti seni-seni tradisional.

  43. Ratna Adriani 2715083117 berkata:

    Masyarakat Indonesia memiliki potensi untuk menjadi masyarakat madani karena, sebagian besar masyarakat Indonesia sangat kreatif dan memiliki potensi dalam bidang seni,seperti dalam bidang perfilman,tarik suara,maupun bidang seni yang lain. Saat ini dunia perfilman di Indonesia sedang mengalami kebangkitan,tidak hanya didalam negeri, tapi diluar negeri pun mendapat sambutan yang baik dengan memperoleh penghargaan dari festival Internasional seperti film ‘Opera Jawa’ karya Garin Nugroho dan ‘Laskar Pelangi’ karya Riri Riza belum lama ini mendapat penghargaan dari Canes Film Festival di Perancis dan berbagai penghargaan lainnya. Di dunia tarik suara, penyanyi muda Gita Gutawa memperoleh penghargaan dari Nile’s International Singing Festival sebagai Best Female Singer. Mereka adalah contoh kecil dari berbagai anak negeri yang berprestasi dalam bidang seni. Dengan banyaknya potensi seni dalam masyarakat Indonesia diharapkan masyarakat madani benar2 terwujud,karena bukan tidak mungkin suatu bangsa dapat maju karena bidang seni.

  44. Prasetya Wieji .T. berkata:

    Kemajemukan merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia.Tidak banyak negara-negara yang seberuntung Indonesia,yang memiliki kemajemukan yang penuh dengan kekayaan sosio cultural yang tidak ternilai.Tak kan ada Indonesia,jika yang ada hanyalah ke-ika-an atau ketunggalan.Dan kemajemukan tersebut diimbangi dengan sikap saling menghormati satu sama lain(Pluralisme) dan menghindari sikap diskriminasi (Rasisme).

  45. indah kurnia nugroho 2715083126 berkata:

    ketika kita berbicara tentang masyarakat madani… yang ada di pikirkan kita mungkin sudah terbayang suatu masyarakat yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur…… suatu bayangan tentang sebuah negara yang aman,damai. tentram,nyaman…layaknya sebuah negara seperti di zaman umar bin abdul aziz….yang merupakan salah satu sahabat terbaik rasulullah…..dan mendapat gelar khalifah ke-5 karena kepimpinannya yang sangat SUBHANALLAH………..dan tak ada satu pun pemimpin di dunia yang dapat menandinginya hingga sekarang……… ketika di masanya tak ada lagi orang miskin…..tak ada lagi orang yang berhak di zakati…..ketika KEMAKMURAN telah MERATA di setiap tempat….bidang….dan tak ada KORUPSI yang MERAJALELA……. itu semua merupakan gambaran sebuah negara madani yang ideal…….

    suatu negara berasal dari suatu masyarakat……
    masyarakat berasal dari sebuah keluarga…….
    dan, sebuah keluarga terdiri dari beberapa individu……

    oleh karena itu, untuk menciptakan negara yang MAKMUR…TENTRAM…DAMAI GEMAH RIPAH LOH JINAWI
    awalnya kita bentuk dulu masyarakat madani….
    sebelum itu kita awali dari keluarga terdekat kita…kita tanamkan nilai-nilai kebaikan&kebenaran kepada mereka….
    sebelum semua iti terlebih dulu kita perbaiki DIRI KITA MASING-MASING…

    seperti nasihat seorang Da”i kondang…MULAI DARI YANG KECIL…MULAI DARI DIRI SENDIRI…MULAI SAAT INI…

    SUDAHKAH TERWUJUD MASYARAKAT MADANI di INDONESIA…????
    apabila kita coba menganalisis antara karakter masyarakat madani dengan masyarakat indonesia mungkin sebagian orang mengatakan hal ini telah terwujud…. tetapi ada sebagian orang yang apatis terhadap nasib bangsa ini mengatakan bahwa hal tersubut belum terwujud……LANTAS YANG MANA YANG BENAR….????

    menurut saya, keduanya-duanya benar!!!!!!
    indonesia dengan segala kekayaan alam yang melimpah ruah…baik kekayaan darat maupun laut telah membawa indonesia terkenal di mata dunia internasional.

  46. tubagus ufa (2715081646) berkata:

    Setiap masyarakat diberikan hak untuk memilih Capres dan Cawapres sesuai keinginan terbukti dengan adanya Pemilu,,

  47. agung rizki berkata:

    indonesi, negara yang mengakui 6 agama. Indonesia negara yang pembuatan hukumnya berdasarkan mufakat/musyawarah kekeluargaan, Indonesia negara yang pluralis, liberalis, sosialis, demokratis, tanpa merusak nilai-nilai manusiawi. walaupun Indonesia adalah negara kepulauan tetapi negara ini tetap menjalin hubungan antar etnis budaya agama dll. hanya saja sebagai negara Indonesia banyak sekali kita temukan rakyatnya yang menghancurkan pondasi-pondasi yang telah di bangun oleh nenek moyang kita dalam penciptaan rasa karya dan karsa. akankah kita menunggu ramalan Jayabaya yang mengatakan, bahwa negara ini makamur slama 700 th dan hancyr slama 700th? apakah anda setuju dengan hal itu? kalau tidak mari kita ubah negara ini melalui perubahan kita terlebih dahulu, sehingga neegara akan maju yanpa harus menunggu berakhirnya abad 21.

  48. Vina Rieza Rahmawaty 2715081643 berkata:

    Indonesia hampir menjadi masyarakat yang madani dalam segi teknologi, politik, pendidikan dan ekonomi. Kita dapat melihat bahwa pesatnya pembangunan gedung-gedung perkantoran untuk peningkatan ekonomi semakin hari semakin bertambah. Juga taraf untuk mensejahterakan masyarakat terutama dalam bidang pendidikan bahwa sekarang banyak didirikannya sekolah-sekolah geratis untuk masyarakt low economy. Dalam segi politik Indonesia sering mengirim delegasi-delegasi ke luar negeri untuk perbandingan kemajuan ekonomi dan pendidikan serta melakukan kerjasama pada pihak-pihak asing untuk mempererat tali silaturahim sehingga tercegahnya perpecahan antar bangsa.

  49. Wiharti 2715080140 berkata:

    Dengan menjaga hubungan multilateral

    karena dengan menjaga hubungan multilateral secara tidak langsung negara-negara lain mengakui dan menilai SDM, SDA, seni, budaya, pendidikan, sosial, hukum, dan agama-agama. Dengan demikian ketika negara-negara luar menilai baik terhadap semua aspek yang dijelaskan diatas Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju dengan masyarakat yang madani.

  50. Rasa tepo seliro atau kekeluargaan yang dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat indonesia yang religi, sehingga memudahkan kerjasama antar penduduknya dalam memanfaatkan sumber daya yang ada baik alam maupun manusia untuk kepentingan bangsa, negara, juga para penduduknya yang ada didalamnya.

  51. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sangat Tenggang Rasa terhadap sesamanya.

  52. Deden Airlangga *2715081628* berkata:

    menurut saya Indonesia belum tepat jika disebut sebagai masyarakat madani, tapi berhubung disini kami disuruh memaparkan kelebihan indonesia jika dinisbahkan kepada masyarakat madani, yakni :
    – Adanya mekanisme kontrol yang mengawasi kekuasaan pemerintah dalam menjalankan kekuasaanya
    – aspirasi rakyat yang kadang didengar oleh wakil rakyat, seperti : jika mayoritas rakyat menginkan kehendak atas sesuatu, misalnya ingin mengganti presiden yang telah zholim maka wakil rakyat harus mendengarkan rakyat dan mengganti presiden tersebut dengan segera seperti Soeharto contohnya.

  53. berkembangnya bank-bank baik negeri maupun swasta yang menganut pada syariat. Contohnya seperti Bank Muamalat Syari’i, BNI Syar’i dan lain-lain

  54. Fauziah Hanum (2715083120) berkata:

    Indonesia ‘dihargai’ dunia termasuk Amerika karena pangsa pasar yang besar. Sebagai contoh salah satu penyanyi Malaysia, sampai perlu menanyikan lagu ‘indonesia’ karena diharapkan penjualan di Indonesia akan lebih besar dengan penjualan di Malaysia.

    Begitu pula dengan obat-obatan pabrik dari luar negeri. Pasti mereka mempunyai tujuan memasarkan produknya ddi Indonesia.

    Jadi kalau ‘kasarnya’ bisa disebut, bahwa riset obat luar negeri, itu sebenarnya dibiayai oleh konsumennya, yaitu dari Indonesia.
    Inilah kelebihan Indonesia sehingga banyak ditaksir orang.

    Untuk itu, saya rasa semua pihak (termasuk kita) memimpikan
    Indonesia maju dan mempunyai daya beli yang tinggi.

    Selain itu, Indonesia adalah satu-satunya Negara yang disebut oleh bangsanya dengan sebutan Tanah Air (tanah dan air). Karena daratan yang ada didalamnya terpisahkan oleh perairan serta wilayah negaranya dibatasi oleh samudera. Coba anda fikirkan sejenak, tidak ada satupun Negara didunia yang disebut oleh bangsanya dengan sebutan Tanah Air.

  55. Farid Ardan (2715081626) berkata:

    Indonesia termasuk masyarakat madani, karena masyarakat Indonesia dapat bebas mengeluarkan pendapat, namun dapat dipertanggung jawabkan pendapatnya tersebut. terutama dihadapan hukum, dapat mengeluarkan pendapat secara bebas demi meraih keadilan dihadapan hukum.

  56. Farid Ardan ( 2715081626 ) berkata:

    Kelebihan Indonesia dalam menjadi masyarakat madani yaitu terbukti pada saat ini…walaupun dalam pemilu Indonesia terdapat 44 Partai yang bersaing untuk menduduki DPR, namun masing – masing simpatisan dari ke-44 partai ini tidak saling berkelahi, yang menyebabkan terjadinya kerusuhan yang akan mengakibatkan kehancuran di Indonesia. hal itu dikarenakan sikap menghormati dan menghargai yang tinggi dari rakyat Indonesia itu sendiri dalam menyikapi perbedaan.

  57. indah lagi nie...... berkata:

    sorry belum selesai…. indonesia dengan segala potensinya,yaitu kekayaan SDAnya yang melimpah ruah…hasil laut yang subhanallah, hingga ikan2 indonesia banyak yang di ekspor ke luarnegeri,contoh ikan tuna, mungkin banyak rakyat indonesia yang belum pernah makan ikan ini,tapi di luar negeri waah…..makanan mahal coy!!!!
    hasil daratnya juga jangan di tanya!!!! banyak tanaman/sayuran/buah2an yang hanya tumbuh di indonesia,ex: durian montong.he..he:) pokoknya intinya di indonesia itu subhanallah banget deh….tapi kenapa di sini masih banyak yang miskin’y? APA YANG SALAH?????

    mungkin saya belum pantas untuk mengomentari hal ini!!! tapi tulisan ini hanya sebagian kecil dari kekecewaan saya!!! terhadap IBU PERTIWI TERCINTA INI!!!! memperingati hari pendidikan nasional MOGA NEGARA KITA DAPAT LEBIH MAJU LAGI…..AMIN. KeEp HaMaSsah!!!!!

  58. indonesia negara yang demokratis, pluralis, liberalis, sosialis, agamis, berbudaya. hal itulah yang menjadikan negara ini banyak etnis budaya, agama, pemahaman.

    indonesia merupakan negara kesatuan dari ribuan pulau, ratusan bahasa, jutaan budaya, ribuan adat. maka banyaklah orang yang senang dengan indonesia di karenakan alasan yang diatas.

    negara ini di atur oleh satu kepala pemerintah. yang berdasarkan UUD 45. yang di amini oleh hampir seluruh rakyat indonesia. sehingga menjadikan negara ini berpotensi menjadi negara yang madani, tetapi memang banyak halangan yang menghadang bangsa ini. sperti yang pernah terjadi pada masa pemerintahan
    KH. Abdurahman Wahid. pada zaman beliau banyak sekali propaganda yang ingin sekali negara ini terpecah belah, namun karena pintarnya beliau ini, maka Alhamdulillah negara ini tetap utuh..

  59. Masrakat madani Indonesia Bisa Kita tinjau dalam segi agama, diantaranya :
    Indonesia Adalah negara yang sangat menghormati kebebasan dalam memeluk agama.
    Indonesia Memberikan kebebasan penuh kepada penduduknya untuk memeluk agama sesuai kepercayaaan masing-masing.
    Indonesia Juga memberi perlindungan kepada penduduknya untuk Beribadah.
    Simbol Kerukunan umat beragama di indonesia,
    Terlihat di Jakarta, dimana masjid Istiqlal letaknya berhadapan dengan gereja kathederal. persis seperti kota suci Jerusalem dimana Masjid Al Aqsa Berdekatan dengan Gereja makam Kristus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s