UAS Intercultural

Jawablah pertanyaan sebagai berikut:

1.       BEIJING, KOMPAS.com Koran, buku, dan situs internet di China dilarang untuk menggunakan kata-kata dan frase berbahasa Inggris, demikian diumumkan badan penerbitan negara itu. Larangan itu dimaksudkan untuk menjaga “kemurnian” bahasa China yang saat ini berada dalam bahaya.

Bagaimana anda menganalisa hal diatas dari sudut keilmuan komunikasi antar budaya.

2.       Presiden SBY pernah protes ketika Tari Pendet dari Bali diklaim sebagai seni budaya Malaysia dengan memasukkannya pada iklan  Visit Malaysia Year 2009 . Malaysia diminta untuk menjaga hubungan baik dan tidak memancing emosi masyarakat Indonesia.

 

Sesungguhnya klaim Malaysia terhadap produk-produk budaya Indonesia bukan baru kali ini saja. Sebelumnya Malaysia juga menganggap reog, seni tari Ponorogo, Jawa Timur, sebagai miliknya. Pada dua tahun lalu lagu  Rasa Sayange yang berasal dari Maluku juga digunakan dalam promosi pariwisata Malaysia dan diklaim sebagai miliknya. Ketika itu, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menunjukkan bukti berupa piringan hitam produksi Lokananta. Presiden Soekarno, dalam Asia Games IV di Jakarta, Agustus 1962, memberikan 100 keping piringan hitam berisi lagu  Rasa Sayange kepada para peserta olahraga se Asia itu.

 

Analisis kasus di atas dengan pemahaman anda akan komunikasi antar budaya.

 

3.       Warga asing diharamkan untuk masuk ke wilayah Baduy Dalam yang warganya selalu berpakaian putih, yakni wilayah Kampung Cibep-Cikartawana-Cikeusik. Orang asing hanya diizinkan masuk hingga ke wilayah Baduy Luar yang warganya selalu berpakaian hitam. Adat Baduy pun sangat membatasi sentuhan dengan dunia modern, terutama pada listrik, dan peralatan elektronik lainnya juga memaksa pengunjung yang akan menginap harus melengkapi peralatan yang relatif banyak, terutama membawa senter untuk memudahkan saat ke kamar kecil pada malam hari.

 

Dengan pengkondisian di atas, apa manfaat dan bahaya yang rentan dihadapi kaum Baduy dilihat dari sudut ilmu komunikasi antar budaya!

 

4.       Cara terbaik ketika anda harus pergi ke suatu tempat asing adalah anda mencari informasi terlebih dahulu tentang tempat tersebut. Bayangkan anda akan pergi ke suatu tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya, kira2 informasi apakah yang anda harus cari?

 

Jawaban dikumpulkan paling lambat hari sabtu, 8 Januari 2011 pukul 23.59 melalui email ke: nesamuni@yahoo.com Selalu ingat untuk menuliskan nama dan nomor registrasi.

Semangaaat…

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s