Inspirasi Liburan by Taufik Hidayat

Liburan enaknya kemana yaaaaa?????? Tergantung kantong nihhh

Liburan merupakan waktu yang paling di tunggu-tunggu oleh semua orang, baik orang tua maupun anak-anak dari orang kaya, menengah sampai orang miskin sekali pun. Setelah melakukan aktifitas secara rutin dengan hal-hal yang sangat membosankan dengan adanya liburan kita bisa menghilangkan kepenatan pikiran dikarenakan dengan tuntutan tugas serta kewajiban yang dilakukan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Liburan ini merupakan salah satu cara kita untuk meredakan diri terutama mengistirahatkan kinerja otak dari kesibukan sehari-hari. Ada baiknya kita bisa memanfaatkan suatu liburan dengan baik, liburan yang bisa menambah wawasan kita karena dengan liburan yang baik kita dapat mencerahkan pikiran untuk bisa lebih berfikir positif lagi.

Ada baiknya sebelum kita melakukan liburan, kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu  yang pastinya agar liburan berjalan dengan apa yang kita inginkan, menyenangkan dan pastinya bermanfaat bagi kita. Liburan bukan hanya sekedar membuang waktu atau membuang uang tetapi di isi dengan hal-hal yang baik, hal-hal yang bermanfaat bukan dengan hal-hal yang dapat mendatangkan keburukan. Dalam liburan kita juga bisa bersilaturrahmi dengan  sanak saudara serta teman-teman kita yang sudah lama tidak bertemu pastinya agar mempererat hubungan dengan mereka. Dalam islam kita juga dianjurkan untuk memelihara silaturrahmi sebagaimana dijelaskan al quran surah an nisa ayat 36 yang artinya’’dan sembahlah allah dan jangan kamu menpersekutukannya dengan sesuatu apa pun dan berbuat baik lah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim orang-orang miskin, tetangga dekat, tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki sungguh allah tidak menyukai orang yang sombong dan membangkang diri.

Dan di jelaskan dalam hadist rosulullah yang artinya ‘’ barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya, dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah dia menyambung silaturrahmi’’ dari hadist ini kita jadi tahu manfaat bersilaturrahmi yaitu diluaskan rizki serta dipanjangkan umur kita. Silaturrahmi merupakan liburan yang bermanfaat namun tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Selain silaturrahmi ada juga liburan yang bermanfaat namun tanpa mengeluarkan biaya yang mahal yaitu berziarah ke makam. Kita bisa berziarah ke makam  keluarga kita atau sanak family kita yang telah meninggal dunia. Atau kita bisa berziarah ke makam para alim ulama, orang-orang yang telah berjasa dalam islam, guru-guru atau para wali songo. Karena dalam hadist rosulullah kita dianjurkan untuk berziarah sebagaimana sabda rosulullah yang artinya ‘’dahulu saya melarang kalian berziarah kubur namun kini berziarahlah kalian’’. kedua kegiatan ini merupakan suatu liburan yang tanpa mengeluarkan biaya yang mahal namun banyak mengandung manfaat.

Nah bagi teman-teman yang mempunyai keuangan yang cukup alangkah baiknya mempergunakan liburan kali ini ke tempat-tempat wisata yang mempunyai nilai pembelajaran untuk kita serta menambah wawasan pengetahuan kita seperti museum planetarium, monumen nasional (monas) dll. Disini kita mendapat pengetahuan tentang planet, serta benda-benda langit lainnya. Dan di monas sendiri kita dapat mendengarkan rekaman detik-detik pembacaan proklamasi kemerdekaan.

Demikian lah solusi yang saya tawarkan untuk liburan kali ini, terserah teman-teman untuk memilih liburan kenana? Yang penting suatu liburan itu bisa mendatangkan wawasan serta pengetahuan baru eh yang pastinya sesuai dengan kadar keuangan teman-teman sekalian.

Tentang tafany

aku baik dan suka berteman. hehe......
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s