Ajang Curhat…

Sebagai seorang teman yang baik dan kebetulan pernah belajar ttg psikologi -walo cuma dikit2-, aku mau kok berbagi dengan teman2. Saling bantu yah!!! Itulah indikator teman yang baik!!! Tapi kalo mo lebih privacy, bisa kirim email kok ke:  shanaa2001@hotmail.com. hm.. berarti qt bisa pasang tarif donk!  Hehe….

Iklan

106 Balasan ke Ajang Curhat…

  1. Babe berkata:

    Bagus juga kamu pada ngobrol di sini.Sangat positif. Terusin ya….

  2. ABUFATHIR berkata:

    temen2 IAI berani ga ngadain seminar atw bedah buku “menggugat orisinalitas Al Qur’an”? kita bedah bukunya si Kamil Najar “Qira’ah manhajiyah lil Qur’an”. oya buat 2006 selamet ya udah sukses penampilan seni sufinya, terus dipertahanin ya

  3. Dewi berkata:

    Mengalir Seperti Air
    Oleh: Tidak Diketahui

    Seorang pria mendatangi seorang Guru. Katanya,

    “Guru, saya sudah bosan hidup. Benar-benar jenuh. Rumah tangga saya berantakan. Usaha saya kacau. Apapun yang saya lakukan selalu gagal. Saya ingin mati.”

    Sang Guru tersenyum, “Oh, kamu sakit.”

    “Tidak Guru, saya tidak sakit. Saya sehat. Hanya jenuh dengan kehidupan. Itu sebabnya saya ingin mati.” Seolah-olah tidak mendengar pembelaannya, sang Guru meneruskan, “Kamu sakit. Dan penyakitmu itu bernama, ‘Alergi Hidup’. Ya, kamu alergi terhadap kehidupan.”

    Banyak sekali di antara kita yang alergi terhadap kehidupan. Kemudian, tanpa disadari kita melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma kehidupan. Hidup ini berjalan terus. Sungai kehidupan ini mengalir terus, tetapi kita menginginkan keadaan status-quo. Kita berhenti di tempat, kita tidak ikut mengalir. Itu sebabnya kita jatuh sakit. Kita mengundang penyakit. Penolakan kita untuk ikut mengalir bersama kehidupan membuat kita sakit.

    Usaha, pasti ada pasang-surutnya. Dalam berumah-tangga, pertengkaran kecil itu memang wajar. Persahabatan pun tidak selalu langgeng. Apa sih yang abadi dalam hidup ini? Kita tidak menyadari sifat kehidupan. Kita ingin mempertahankan suatu keadaan. Kemudian kita gagal, kecewa dan menderita.

    “Penyakitmu itu bisa disembuhkan, asal kamu benar-benar bertekad ingin sembuh dan bersedia mengikuti petunjukku.” kata sang Guru.

    “Tidak Guru, tidak. Saya sudah betul-betul jenuh. Tidak, saya tidak ingin hidup.” Pria itu menolak tawaran sang Guru.

    “Jadi kamu tidak ingin sembuh. Kamu betul-betul ingin mati?” “Ya, memang saya sudah bosan hidup.”

    “Baiklah. Kalau begitu besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Malam nanti, minumlah separuh isi botol ini. Sedangkan separuh sisasnya kau minum besok sore jam enam. Maka esok jam delapan malam kau akan mati dengan tenang.”

    Kini, giliran pria itu menjadi bingung. Sebelumnya, semua Guru yang ia datangi selalu berupaya untuk memberikan semangat hidup. Namun, Guru yang satu ini aneh. Alih-alih memberi semangat hidup, malah menawarkan racun. Tetapi, karena ia memang sudah betul-betul jenuh, ia menerimanya dengan senang hati.

    Setibanya di rumah, ia langsung menghabiskan setengah botol racun yang disebut “obat” oleh sang Guru tadi. Lalu, ia merasakan ketenangan yang tidak pernah ia rasakan sebelumnya. Begitu rileks, begitu santai! Tinggal 1 malam, 1 hari, dan ia akan mati. Ia akan terbebaskan dari segala macam masalah.

    Malam itu, ia memutuskan untuk makan malam bersama keluarga di restoran Jepang. Sesuatu yang tidak pernah ia lakukan selama beberapa tahun terakhir. Ini adalah malam terakhirnya. Ia ingin meninggalkan kenangan manis. Sambil makan, ia bersenda gurau. Suasananya amat harmonis. Sebelum tidur, ia mencium bibir istrinya dan berbisik, “Sayang, aku mencintaimu.”

    Sekali lagi, karena malam itu adalah malam terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis! Esoknya, sehabis bangun tidur, ia membuka jendela kamar dan melihat ke luar. Tiupan angin pagi menyegarkan tubuhnya. Dan ia tergoda untuk melakukan jalan pagi. Setengah jam kemudian ia kembali ke rumah, ia menemukan istrinya masih tertidur. Tanpa membangunkannya, ia masuk dapur dan membuat 2 cangkir kopi. Satu untuk dirinya, satu lagi untuk istrinya. Karena pagi itu adalah pagi terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis! Sang istripun merasa aneh sekali, “Sayang, apa yang terjadi hari ini?

    Selama ini, mungkin aku salah. Maafkan aku, sayang.”

    Di kantor, ia menyapa setiap orang, bersalaman dengan setiap orang. Stafnya pun bingung, “Hari ini, Bos kita kok aneh ya?” Dan sikap mereka pun langsung berubah. Mereka pun menjadi lembut. Karena siang itu adalah siang terakhir, ia ingin meninggalkan kenangan manis!

    Tiba-tiba, segala sesuatu di sekitarnya berubah. Ia menjadi ramah dan lebih toleran, bahkan menghargai terhadap pendapat-pendapat yang berbeda. Tiba-tiba hidup menjadi indah. Ia mulai menikmatinya.

    Pulang ke rumah jam 5 sore, ia menemukan istri tercinta menungguinya di beranda depan. Kali ini justru sang istri yang memberikan ciuman kepadanya, “Sayang, sekali lagi aku minta maaf, kalau selama ini aku selalu merepotkan kamu.” Anak-anak pun tidak ingin ketinggalan, “Ayah, maafkan kami semua. Selama ini, ayah selalu tertekan karena perilaku kami.”

    Tiba-tiba, sungai kehidupannya mengalir kembali. Tiba-tiba, hidup menjadi sangat indah. Ia mengurungkan niatnya untuk bunuh diri. Tetapi bagaimana dengan setengah botol yang sudah ia minum, sore sebelumnya?

    Ia mendatangi sang Guru lagi. Melihat wajah pria itu, rupanya sang Guru langsung mengetahui apa yang telah terjadi, “Buang saja botol itu. Isinya air biasa. Kau sudah sembuh. Apabila kau hidup dalam kekinian, apabila kau hidup dengan kesadaran bahwa maut dapat menjemputmu kapan saja, maka kau akan menikmati setiap detik kehidupan. Leburkan egomu, keangkuhanmu, kesombonganmu. Jadilah lembut, selembut air. Dan mengalirlah bersama sungai kehidupan. Kau tidak akan jenuh, tidak akan bosan. Kau akan merasa hidup. Itulah rahasia kehidupan. Itulah kunci kebahagiaan. Itulah jalan menuju ketenangan.”

    Pria itu mengucapkan terima kasih dan menyalami Sang Guru, lalu pulang ke rumah, untuk mengulangi pengalaman malam sebelumnya. Konon, ia masih mengalir terus. Ia tidak pernah lupa hidup dalam kekinian. Itulah sebabnya, ia selalu bahagia, selalu tenang, selalu HIDUP!

  4. kang Ernest berkata:

    babeh… seneng kan anak-anak didiknya bisa kayak gini..? ga da lagi anak IAI yang katro walaw wong deso koyo santoso or djaRwodT poernomo…(sory cuy, becanda..) tapi beh, saya yakin anak-anak juga bakal tambah semanget kalo babeh bisa sering-sering masuk sini… salut juga buat bu sari,smoga bisa jadi orang yang b’manfaat trus..g cuma jago teori di kelas.

  5. IKA MANIZZZ.... berkata:

    Ass…P kbr bu sari qu yang caem….& mr. fu yang imut….???

    ika boleh cerita kan bu??? ika puny masalah dari dulu yang belum kelar sampe sekarang ika pengen banget bu jadi orang pintar & sukses….dari awal ika msuk IAI sempet minder karena ika ngak bisa bahasa arab apalagi nahwu and sharafnya…bu..waktru itu ika pernah belajar ma ibu kan…tapi ika….ngak ngerti ika mo banget bu bisa ikut program beasiswa ke mesir nanti ika pengen banget bisa baca dan hafal qur’an dengan cepat apalagi sepupu ika ada yang di yaman…bu ika kemaren buka website tentang beasiswa dari depag untuk ke arab saudi…pengen deh ikut tapi syaratnya bahasa arab…bu..ika pengen banget bu pintar dan bisa bahasa arab dan ikut besiswa. tolong ika…ika mau banget belajar…sekalian mr.fu bantuin ika donk biar pinter bahasa arab kayak bapak.

  6. naura berkata:

    ass…….

    hai bu,aku mw tanya? menurut ibu apasih arti dari “persahabatan” dan apa yang harus qta lakukan bila teman yang kita anggap tulus, malah mengecewakan qta,apa qta harus jaga jarak dengannya, soalnya rasa sakit hati saya sudah terlanjur melekat.bagaimana solusinya ya bu?trims

  7. tafany berkata:

    pernah liat pesan dari BNN, teman yang baik tidak akan menjerumuskan…. mungkin itu salah satu inti dari suatu pertemanan…
    teman yang baik pasti mengenal karakter temannya dengan baik. Di kala seorang teman melakukan suatu hal di luar kebiasaannya, hanya teman akrabnya yang mengetahui alasannya dan mau memaklumi serta bahkan mengingatkannya. Bila itu belumm terjadi, maka bisa dipastikan kamu belum sepenuhnya menjadi teman yang mengerti akan dirinya… apalagi kata sahabat yang memiliki nilai lebih dari cuma sekedar teman…
    Semangat!!!

  8. Siskha_ Chaem ( friend's) part III berkata:

    To : Mr. Fu & Mis Sari
    By : Mici chaem

    Mr Fu & Miss sari. Mici caem lagi bingung Nich? gmn ya jd guru yg baik Skrg Mici dpt amanah baru, tp kdg mici ngerasa tkt kalau2. anak didik yg di ajar krg mgerti atau g’phm abiz kalau d’tanya dah ngerti blm ? Eh g’ ada yg jwb. Jd gmn Qt tahu Tu anak didik ngrti apa g ? Tlg d’ jwb skrg mici dlm kedaan darurat ” binggung ” klau kt anak geo lg pgn ada gempa jd Qt hrs waspada & Siap2 Hee! Mhn Bntuan yg chantiq & ganteng.

  9. tafany berkata:

    kalo secara teori,kaya’nya gampang banget jawabnya. Hal petama yang harus dibangun, bikin mereka merasa enjoy di ajar ma kamu. Tapi untuk awal, kamu pasti tegang kali yah; yang akhirnya nular juga ke mereka. So… persiapkan mental dengan baik; anggap aja mereka kawan hingga kamu bisa nyaman bicaranya; kalo dah nular nyamannya, baru dech, kamu bentuk apa aja sih ok aja… Met mencoba..!!!

  10. Mr.Fu berkata:

    Mici Chaem
    Wajar kalo kamu grogi dan bingung. Semua orang hebat juga mengalami hal yang sama dengan kamu. Ga ada rumusnya orang langsung bisa dan lancar melakukan sesuatu. selalu diawali dengan kesulitan dan kekacauan atau grogi. So tolong disikapi dengan wajar…

    Terapil dan lancar terjadi melalui proses pengamalaman (mengalami). jadi rajin rajin lah berlatih. Terus jalan dan amati apa yang terjadi (yang baik atau buruk) lalu pikirkan langkah apa yang kira2 tepat untuk dilakukan selanjutnya. Saya yakin kamu pasti BISA. Asal kamu terus jalan dan tidak gentar.

    Soal anak2 yang selalu diam seolah tidak ada respon, itu juga hal yang biasa. Kita orang Indonesia punya budaya diam yang kelewatan. Yakin deh diantara kediaman mereka pasti banyak hal yang mereka tangkap dan pahami dari materi yang kamu berikan. Coba belajar lebih berimprovisasi lagi dalam menggali/memancing keterlibatan mereka.

    Oke Mici? Sukses untuk kamu.

  11. maya berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.wb, Ibu maaf di part pertama da kalimat yang tertinggal yang seharusnya she doesnt earned tp sy mlah nulis she earned dan msh di part pertama tambahan not so panatic. harap di maklumi.syukron

  12. yuni'05 berkata:

    hai plen….^_^ masih pada liburan neh kayanya…
    oh iya lupa, Minal Aidin wal Faizin ye…kayanya udah ga keitung dosa-dosa nie ma kalian selama kita berteman.so, buat temen2, maafin nie yach..mau kan mau donkss??he…buat dosen2 jiai, nie minta maaf juga ye…mungkin dikelas sering bikin ribut, rese, or..tanya yang ga nyambung ma pelajaran or..mungkin juga sering nyeletuk yang enggak2…^_^ ikhlas kan maafin yuni??? see u later…^_^

  13. pangeran kegelapan yg maniezzz berkata:

    cie jadi ajang curhat neeeeeh….
    bgini bu aq jg pengen tanya neeeeeh (jawab ya bu pleezzz dunk bu)…
    1.Kenapa pa fu’ad gantenk bgt ? buuu ciee…(yg tanya orang aneh 2005)
    2.Bu klo saya kul psikologi perkembangan tolong diberi waktu 30 menit coz rumah saya jauh bgt….plezzz ya bu…hikz..hikzzzz (yg tnya orang aneh 2004)
    3.BU gmana klo qt bentu klub Ijo Lumut?setuju g bu?
    jawab y…. klo g dijawab saya kasih hadiah seperangkat alat sholat ditambah foto kami yg cool bgt n voucher nginep 3 hari 3 malam d polsek terdekat looohhhhh

  14. tafany berkata:

    perasaan, gak ada hubungan kegantengan ma peci dech!!! then… kalo mo telat; wah gak masuk dalam skenario tuh… Paling bisa mah, jalan lebih awal donk!!! Kalo bisa, nginep di kampus juga bisa khan?…. So… selamat berusaha dan belajar memanage waktu….. !!!!

  15. Asw, WR. WB
    Saya numpang nyoret2 yach… Pa’Fu

    PENYAIR
    Penyair adalah orang yang tidak bahagia, kerana betapa pun tinggi jiwa mereka, mereka tetap diselubungi airmata.

    Penyair adalah adunan kegembiraan dan kepedihan dan ketakjuban, dengan sedikit kamus.

    Penyair adalah raja yang tak bertakhta, yang duduk di dalam abu istananya dan cuba membangun khayalan daripada abu itu.

    Penyair adalah burung yang membawa keajaiban. Dia lari dari kerajaan syurga lalu tiba di dunia ini untuk berkicau semerdu-merdunya dengan suara bergetar. Bila kita tidak memahaminya dengan cinta di hati, dia akan kembali mengepakkan sayapnya lalu terbang kembali ke negeri asalnya

  16. sakuraqu berkata:

    helo…..all mahasiswa JIAI…kalian hebat-hebat…terus berusaha jadi yang terbaik untuk semuanya yah…buktiin bahwa tmn-tmn di JIAI bisa menguasai bidang lain…….untuk dosen-dosennya hebat-hebat….apalagi mr.fu, bu sari, and mr.dede…he…..he…bagus….terbarkan kasih sayang untuk semua…….bye

  17. sakuraqu berkata:

    hi…..bu sari and mr.fu…ada tips nih buwat anak-anak JIAI…mau tahu cara supaya kita suksesss…..he…..he…

    1. Fokus….
    2. biarkan hati mu bahagia.
    3. terima segala kritik dan saran yang masuk dengan rendah hati dan senyuman karena tahu gak???? orang yang mengkritik kita dan memperhatikan kesalahan kita tandanya ia ingin kita lebih baik……tahu ga prinsip orang cina…..jangan bilang pada musuh mu bahwa kritikkannya membuat kita maju…maka berkatalah….yah…terus ada lagi tentang aku yang salah….dan jika dia minta kritik untuk nya karena ia bisa lebih hebat dari kita….oceh…

  18. sofieee berkata:

    aq mw nanya ne??/
    mengapa anak perempuan lbh emosinal dbnding laki2???

  19. R Blankon Anom_07 berkata:

    Karena cowok lebih bisa nahan emosinya daripada cewek,cewek susah untuk nahan emosinya, entah itu berupa ngomel2 atau cemberut,menjauh, ga mau ngomong dll. Yang penting itu bentuk emosi dari cewek yang langsung dicurahkan dan ga bisa ditunda,dan juga karena cewek itu makhluq yang lembut yang karakteristiknya ga mau disakiti. So, ketika disakiti ya siap2 aj meledak kaya gunung meletus..tapi bukannya arti disakiti itu cuma buat orang2 yang pacaran aj lo..pokoknya umum deh..tapi kalo cowok ga bisa nahan rasa sukanya terhadap seseorang kalo dia lagi suka,beda dengan cewek.kalo cowok lagi kasmaran bawaannya pengen ketemu, ngobrol, telepon, sms, pokoknya ga bisa ditunda-tunda deh…kalo cewek kan bisa nahan..aneh ya.Namanya manusia pasti punya kekurangan dan kelebihan, ya ga!O ya lupa,aq baru lo nulis disini…kenalan dulu ya…ga usah deh, ga penting.

  20. PURNOMO berkata:

    ASSLM.KUM
    gini, gimana ya rasanya, difitnah orang??
    sakit dech!!
    apa usaha kita??
    trims
    wass.kum

  21. nduk berkata:

    duch bawaan nama pondok susah bgt.kmn2 pasti di komentarin
    .”kuk gag tau seh kayak gini duank kan kamu dari pondok”

    “ohh bentuk ank pondok getu ya”
    beban juga seh takut nama pondok kita jelek.
    buat pa’ fu n bu sari
    gimana nyikapin komentar ini?

  22. iEdha cUtE berkata:

    ibu toLomG NeeeH…..keMaren KhAn Ujian Fiqih tuCh…..maklum yah buuu…….tentang ayat ayat alQur’anya dha Lupa bgt……
    yah……cuma sepotong2 Yahhh palinG g SaYa Dah uSaha seMakSimal mungkin Lohh….Ampe g tidur buuuuuuuu…..
    saya bener2 hasil kerinGet Saya Sendiri lohhh ……..tanpa book tanpa taNya….cZ saya yakin dengan kemempuan saya sendiRi…….

  23. secreTTzzzzzz aDmiReR berkata:

    ibuuuuu Saya Mohon kebijakan ibu untuk meneliti lagi anak2 yang dpT nilay bGzzzzz abzzzzz Saya kecewa banyak anak2 yang buka buku …….takutNya malah g adil bagi y7ang g nyontek………kan kasian bgt. toLooonng ibu pertegas kembali…….saya Mohon kebijakan ibu…

  24. tafany berkata:

    wat temen2 yang ngerasa melakukan semuanya sendiri tanpa bantuan, tenang aja…. hasilnya pasti kerasa beda banget kok!! walau mungkin bukan dalam bentuk nilai! Ok!!! Tetap semangat!!!!

  25. iEda_CutE abZzzzzzzz berkata:

    ibu…..y9 MakiN cUtE aZzzza…..kapan Ne3H Di taro hasil ujian kemaren?….kataNya mo Di CanTumiN Ba9i anak2 Y9 Dpt HeR FiQih……KapaN N3h Buuuuu….???????saya pen9en n9eLiat diMana yah Buuuu..????

  26. iEda_CutE abZzzzzzzz berkata:

    ibuuuuu……besok yang kena hEr ada mata kuliah yang di uas_in jam 1 siang yaitu uas bapak khudory……..jadi her fiqihnya kapan bu????sedangkan jam setengah 3 Nya anak non_reg yang ikut remedial bahasa arab A ADA uAS jU9A????JADI JAM BERAPA KEpastianYa????biar g bentrok ?????………

  27. Nye_pRinCeZzz berkata:

    ibu….Saya La9i seBUee……LLL bW9Tzzzz Ma temen saya abZzz Dy tuh merasa paling pinter aja mentang2 nilay ujianya bagus….belum tentukan itu hasil dya sendiri…….dan g selamanya j9 dy ada di atas…..toh dunia ini kan berputar saya rasa suatu saat nanti dya bakal dpT balasan yang setimpal atas perbuatanya dy yg daH ngerendahin temen2 yang lain padahal saya rasa itu bukan hasil dya sendiri dehhhh….pokoknya ngomongnya nyeletuk bgt….jd sok kepinteran gt dwehhh…padahal yg bener2 pinter aja biasa aja kaLeeeee…….Sampe2 saya sakit haty bgt…..
    bgMn cara ngatasin org yg seprti tu Buuuu…

  28. jOULEE'S berkata:

    Alahmdllh bgt… Akhrny usaha sy utk dpt nilai gak her t’cpai jg. Tp Bu yg bwt sy bngng knp y tmn2 yg pntr qo dpt her, sedang sy ya biasa-biasa ja gak, sy bersykr bgt, tp sy agak sdkt minder Bu. Sy ni kurang terlalu phm ttg Fqh, tp ju2r Bu, sy ngjainny g liat buku lho, Swerrr da, bg sy… lbh baek dpt nilai jelek tp hsl usaha sndr drpd nilai bgus, ta….pi…. ngebet.

  29. jOULEE'S berkata:

    Oya Bu, Bu kl nerangin ttg fqh pelsn2 y bu, cz sy ni kn ank ny g bgitu phm bgt, palagi sy msh butuh wktu untk penyesuain dlm study agma, cz sbenerny basic sy ni bkn di agma tp di Akuntns. Tu ja dh dr sy, nti kpn2 nymbng lg y Bu. Thnx and Jzkllh khoiron Ibu…

  30. PINKERS berkata:

    Bu katanya pengumuman nilai Jumat..tanggal 18 Januari…tapiiii saya dah dateng dari subuh…koq ngga ada apa2…so..jadi boros dech…BTW…buat temen2..jangan suka iri ama orang lain…mending kita tingkatin aja belajar kita…kita kan ngga nyari nilai tapi nyari ilmuu…so…santai aja lagiii.

  31. nye_pRiencEzzZZ berkata:

    Ya aMpYunn…PraSaan Cuma Nilay aja jaDi Pd 9 sportiv Sih….
    ya Udahlah jadiin pelajaran aja buat yang di HeR..AnD Y9 g di HeR jg JnGn besar hati deHhhh….Yaa Barang kali Aja kalian cuma Lagi beruntung aja……..semua hanya Allah yang tau……ya mungkin bagi yang Nyontek ada balasanYa….iLmunya kurang bermanfaat walupun yg laen g tau……kita jadiin pelajaran aja deHhh …
    AL’ILMU FI SUDUR LA FI SYUTUR ……yang di her juga jangan berkecil hati bukan berarti kalian g bisa di banding yg g di her…
    kalah bukan berarti kalah lohHhh GayS…BRAVOO!!!

  32. PiNkY AbiEzzzzzZ berkata:

    iBu makaSih bgt yaaaa!!!!!!! AllhamdiLillah nilay aku bagus semester kemaren!!!!!……..MakaCiEEh Yaaa!!!!!!!!!!!!!………..
    padahal kiTa RemeD Ya AlhaMduLiLLah niLayNya memuasKan……..

  33. tafany berkata:

    waw… rame banget yah yang ngomongin nilai! apapun nilainya, aku harap itu jadi jadi bentuk semangat sendiri! yang bagus, makin termotivasi untuk mendapatkan lebih baik; terlebih, semester depan, kalian ketemu aku lagi loh walo dengan kuliah yang beda. dan yang jelek, makin menyadari, itulah arti belajar! kalo dah pinter semua… ngapain kuliah!! So tetep semangat dan gak kenal lelah untuk terus belajar yah!!!

  34. Siskha Caem berkata:

    Bu… Sari saya Mau Nanya ada studi kasus neh…
    Saya pya anak Privat Dlu Ktika Kls 1 SMA, dia itu ank yg periang, berani, bershabt,Dll.Singkat aja ya !!! Tp Ktika masuk Kls 2 SMA Tba2 dia ngerasa tkut dengan keramaian, dia jd tkut sma org yg bru dia liat, ataw ktmu dg org yg dah dkenal tp jrg dia temui setiap hari lgsg tkt.. Pzti dia lgsg nangis Dch Bu,,, bhkn ktka msuk klz dia hrz dtemenin dan merenung sndiri gtu, kta orang tua’a&dia jga prnah curhat sma aku Dlu dia pas msk 2 sma hrs dtemenin sma org rumah,,, msuk Klz, ghtu dch, wktu pertama kali ktmu Szka aja dia nagis, tp bsk2nya g knp2, dia dah ke psikiater, psikolog, dan jga dah mnta bntuan P ustadz atw p haji bwt nyembuhin, kra2 di psikologi ada pnyakit itu G, Ktakutan bgd, tlg djwb & brikan solusinya yah

  35. tafany berkata:

    segala sesuatu ada sebab dan penyebabnya kan? kalo emang kamu deket ma dia, coba aja jadi temen yang baik dulu. Jangan tanya penyebabnya sampe dia ngerasa nyaman ma kamu. Biasanya, kalo dia dah merasa kamu bisa dipercaya, lambat laun bakal cerita kok! Tapi kamu bisa sabar sampe waktu itu datang kan? Selamat menjadi teman yang baik! Semangat!!

  36. mbah dharmo berkata:

    halo bu sari, gimana yah. saat itu waktu sholat asyar, tapi saya lupa waktu banget. jadi saya niat dan melakukan sholat dzuhur. padahal waktu itu saya melakukan sholat berjamaah. haruskah saya mengulang sholat saya?

  37. nieza berkata:

    wat Tmn2 2005 Met beljr kembli…….btw Qta mo KKL dmn nieh………….? 4 Bu Sari yg Maniezzzzzzzz, Saya mo tnya nich mengenai kuliah Angkt 2005 kbanyakan sore gmn nichhh buuuuuuuu?ap kah kuliahNy bisa di majuin, Cz bnyak yg privat, dll. mengenai tempat ruamg kuliah selalu berubutn dengan jurusan yang lain, klo bisa angkt 2005 ruang kul d 311C. Bsa khan Buuuuuuuuuuu? plizzzzzzzzzzz

  38. nurhadi berkata:

    bolehkan nggabung dengan mu tafanu yang lagi senyum… gemana sih menjadi mahasiswa yang baik….?

  39. Suzuka berkata:

    Bu,bgmn mnimbulkn kpd’an dlm brtny or brargument or smcemna ddpn umum.dblg pmalu sy bkan trmsuk,tp ktika sy msuk dlm satu forum prtmuan or dklz,knp sy jd diem bgytu aj?sbnrna sy ingin mngeluarkan kt2 itu lwt mulut sy,krn sy ckup mengrti dgn materi itu tp lngsung tmbul rs tkut yg bsr sketika.pdhl sy ingin s’x ikut aktiv jd bgian dlm dskusi itu.ap fktor2 pnybbna n ap solusina??thnx y bu yg caem.

  40. Kaliena berkata:

    SoRe Bu !!!

    Salam kenal buat semuanya ya!!!
    Bunda aku bisa cerita kan disini ungkapin semua perasaan aku yang lagi bingung bgt, Bunda belum lama aku jadian sama cowo yang baru aku kenal kurang lebih 3Bulan, dia jauh dari aku tapi dah kurang lebih 5 hari kebelakang dia gak kabarin aku!! kadang aku berfikir negatif tentang dia, aku juga berfikir apa aku yang terlalu cepat mengambil suatu keputusan untuk bisa terima dia gtu aja…tanpa tau sebenernya dia mencintai aku tulus apa tidak…
    banyak cara menurut aku yang bisa dia ambil untuk bisa kabarin aku, aku bingung harus gimana bunda!?????

  41. kaliena berkata:

    Malem bunda!!!!

    Bunda kemarin aku ketemu sama dia lagi, kita jalan tapi tetep aja dia kelihatan dingin….
    sekarang dia dah pulang lagi ke asrama dimana dia masih lanjutin kuliahnya…..
    katanya siiich minggu depan mau balik kesini…kemarin aku masih kangen sebenernya, masih mau ketemu!
    tapi bunda kemarrin aku ketemu sama dia tetep aja aku gak merasa ketemu karena sikap dia yang dingin apa mungkin itu mang bawaan dia dari orok?????
    tapi bikin penasaran juga siich bunda,,,,
    jadi pengen cepet2 minggu depan liburan n ketemu dia lagi…
    tapi itu juga minggu terahhir aku ketemu di untuk bisa ketemu 6 bulan kedepan…..bisa setia gak yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!

  42. arul berkata:

    senang bisa gabung di sini.
    entah kenapa saat ini sulit untuk mencari orang yang benra2 bisa nyimpan rapat setiap persoalan yang kita ceritakan.
    tapi bila tidak berbagi, dada rasanya mau pecah.
    aku seorang pria. sempat beberapa kali menjalin komitmen dengan tapi selalu gagal. semuanya berakhir dengan pola yang hampir sama. sama2 karena pernikahan.
    yang tidak habis aku pikir, kenapa aku selalu menjadi bulan2n pasangan ku. padahal aku memperlakukan mereka bak dewi. aku ngga pernah perlakukan mereka seperti barang yang harus di cicipi kiri kanan. tapi justru kenapa aku yang ditinggalkan. bahkan salah satu mantan aku pernah bilang, “kenapa aku ngga pernah menyentuh dia, padahal dia bisa berbuat lebih dari itu”.
    aku sontak kaget dan aku jawab, justru karena aku berniat baik dan ngga pingin merusak kamu, makanya aku ngga pernah nyentuh kamu.
    jujur aku bingung.
    bahkan sampai sekarang, aku masih merasa was-was.
    bukannay terlalu mendramatisir masalah yang aku hadapi, tetapi hampir semua komitmen yang aku bangun selalu berakhir dengan tragis. baru pacaran 2 hari, ternyata aku tahu kalau dia sudah punya tunangan. belum lagi setelah itu, hubunganku berakhir karena tiba2 aku tahu kalau dia sudah berbadan 2. dan yang terakhir, pasanganku pingin dijodohkan dengan keluarganya.
    bingung…bercampur marah. kenapa semuanya harus seperti itu.
    aku harus bagaimana????

  43. solusioner berkata:

    ikutan kontak jodoh ajach…siapa tao ajach cucok..benar ndak bu??hehe

  44. Aliefa berkata:

    Aku terkesan dengan tulisan dewi tentang Mengalir Seperti Air
    Oleh: Tidak Diketahui
    Seep dech. TFS yah

  45. Arie berkata:

    assalamualaikum,wr.wb
    WAJIB DI BACA..!!!!!!!!
    salam jenius bagi kita semua,A cm mw ngingetin nech,,A tu pgn nGasih masukan ma temen2 seXan di tafany.wordpress ini,,skarang bnyak umat muslim sibuk dgn,ngurusin hal2 yang hanya akan mnmblkan perpecahan..seperti kmarin selama Ramadhan ngbahas slat tarawih da yang 11 da 23,trus da yang pake Qunud da yang nggak,,truz ngbahas tntang perbedaan pndapat yang lainnya…sharusnya Iman tu diimbangi dgn Iptek,,orang2 Luar dah bisa ke_bulan kita masih ja duduk ngbahas cp yang slah n cp yang bner..Ayolah,orang barat akan trtawa ngliat kita sibuk membahas tntang hal2 itu,n kita tanpa sdar sudah di bohongi sama mereka,saatnya bergabung ISLAM ini dan menampakkan Wajahnya Didunia,,dengan Akal yang diberikan Oleh ALLAH SWT…ALLAHU AKBAR

  46. Dhien_Violet "o5 berkata:

    Aslm wr wb….
    disini aku mau ucapin TERIMA KASIH yang tak terhingga kepada Dosen2 ( Pak Andi, Pak dede, Pak fuad n pak Dian Saputra ) yang dah setia n sabar menjadi pembimbing tuk Microteaching angkatan ’05….

    Terima kasih dah memberikan banyak pengetahuan n masukan yang sangat membangun tuk kemajuan kita.
    mungkin saat ini blm ada yg bs kmi berikan untuk membuat kalian bangga, namun kita n saya pribadi akn mencoba untuk menjalankan asegala sesuatu yang telah didapat dalam microteaching dengan sebaik-baiknya…..

    Selalu Doakan Kami yaaaaaaaaa ^_^ Wslm.

  47. zahraassita berkata:

    ibu…saya ingin bertanya boleh ga dalam suatu penelitian itu sama objek yang diteliti atau tempat observasinya sama? segera jawab yah ibu

  48. bambang berkata:

    mba… terimakasih sebelumnya
    saya laki2 mencintai seorang wanita dan kami saling mencintai,
    tp ada kendala, hubungan kami tidak direstui dr keluarga kedua belah pihak dan kami tetap ingin hubungan ini terus berjalan dan saat ini kami sangat ingin menikah utk menghindari dosa.
    apakah kami bs menikah tanpa wali dr keluarga??
    tolong dijawab segera ya mba

  49. jatibeningmetalcorpse berkata:

    thanx uda mw berkunjung dan kasih koment ke blog saya

    salam dari jatibening
    best regard

    togi sugiharto butar-butar

  50. agenes berkata:

    bu,itu tulisan yang masa remaja yg ttng masa remaja free sex,narkoba dan premanisme itu bisa kan dijadikan bahan jawaban UAS yang pentingkan dari sumber dari mana aja kan bu..thanks ya bu hihihihihihi.

  51. elvan berkata:

    segala hal yang terjadi dibumi ini adalah tugas kita sebagai khalifah fil al-ardh dan dimana pun kita berada kita bertanggung jawab akan agama kita dan juga akan maslahah ummat maslahah ummat harus kita dahulukan

    في أي أرض تطأ و أنت مسؤول عن إسلامها
    مصلحة الآمة فوق كل مصالح

    كيف رأيكم عن هذه الكلمات يا أختي……………………
    علي كل أستأفيكم و سكرا

  52. jingga berkata:

    ibu.. saya sedang punya masalah dalam keluarga saya..saya bingung bagaimana memecahkan masalah ini..ayah saya berumur 43 tahun, tapi kini mulai banyak perbedaan dalam dirinya..dia sering pulang malam dan saya pernah liat smsan aneh dihpnya..udah gitu dia mulai jauh dari agama jadi jarng sholat..saya sangat curiga atas sikap ayah saya..dan saya bingung bagaimana caranya mengembalikan sikap ayah seperti dulu…apa salah saya untuk curiga bu????tolong bantu saya bu..makasih..

  53. super black hole berkata:

    bu bisa gak ya saya dari lulusan sma baca kitab kuning? nahwu sorof saya lemah bu…….!makasih ya bu psikoper saya dapat A…. oh iye bu masail itu susah gag sih bu?

  54. Rhara87 berkata:

    Aslmkm bu sari, saya mo tanya neh sma ibu ttg KRS saya yg b’mslh krna smpe skrg KRS saya blm bsa dibuka jdi saya blm bsa krm data kpuskom. kira2 klo bsok saya k kmpus msh bsa ap ga ya bu buat ngurus KRS saya yg b’mslh sdgkan hri ni t’akhir nyerahin nilai.

  55. 1. Akhlak terhadap diri sendiri
    “pojok kisah”
    Mush’ab adalah seorang pemuda tampan. Orang tuanya kaya raya tetapi sayangnya masih berada dalam kekafiran, yang memusuhi umat islam dan kaum muslimin. Berkat hidayah Allah,Mush’ab pun masuk islam dan keislamannya diketahui oleh orang tuanya. mengetahui mush’ab masuk islam, orang tuanya sangat marah. mereka membujuk anaknya agar keluar dari islam dan kembali beragama wasany (penyembah berhala). Tetapi setelah mush’ab tidak mau mengikuti bujukanya, orang tuanya berubah sikap. Yang semula memanjakannya mereka berubah menjadi membencinya. Yang semula mereka bersikap ramah berubah menjadi kasar dan kejam. Mush’ab sering mengalami siksaan dari kedua orang tuanya sampai akhirnya ia diusir agar meninggalkan rumah orang tuanya.
    Mush’ab kemudian bergabung dengan Rasulullah SAW dan ia menjadi salah seorang sahabatnya yang setia. Demi mempertahankan keislamannya, dan berjuang meninggikan islam mush’ab rela mengorbankan apa saja yang dimilikinya. Dia rela berpisah dengan orang tua dan keluarganya yang masih berada dalam kekafiran, dan dia pun rela meninggalkan kesenangan serta kemewahan yang bersifat materi.
    Mush’ab tidak pernah merasa kecewa dan sedih setelah dia memeluk agama islam dan berada dalam kemiskinan dari harta benda, bahkan dia memperoleh kesenangan dan kegembiraan serta kesejahteraan batiniah. Karena ia merasa AllahSWT telah meridhainya dan melimpahkan rahmat kepadanya.

    dari kisah Mush’ab diatas dapat dipahami, bahwa dalam mempertahankan dan berusaha mewujudkan cita-cita hidup membutuhkan perjuangan dan setiap perjuangan memerlukan pengorbana baik waktu, tenaga, pikiran, harta benda, dan jiwa raga.
    Allah SWT berfirman;
    ‘Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan yang ada pada suatu kaum (kecuali), bila mereka sendiri mengubah keadaan yang ada pada diri mereka”.(Q.S. Ar-Ra’ad, 13:11)
    Jadi, perjuangan dan pengorbana yang dilandasi dengan niat ikhlas untuk memperoleh ridha dan rahmatnya tentu akan dapat mengubah nasib kearah yang lebih baik dan maju.

    2. Akhlak Terhadap Lingkungan
    Terhada Tumbuh-Tumbuhan:
    Mengingat manfaat-manfaat berbagai jenis tumbuhan seperti yang kita ketahui, sudah selayaknya sebagai umat manusia menyayangi, merawat, dan melestarikannya terlebih terhadap tumbuhan yang sengaja ditanam oleh kita sendiri tentu harus dirawat denga baik, misalnya harus disiram dan diberi pupuk. Karena segala jenis tumbuhan yang ada dimuka bumi ini sengaja diciptakan Allah SWT untuk kepentingan makhluknya terutama umat manusia. Sungguh sangat beruntung jika umat islam mau bercocok tanam, karena selain tanamannya itu bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga mereka akan mendapatkan pahala.
    Allah SWT berfirman:
    “Dia-lah Allah yang menciptakan kamu dan ditempatkannya kamu mendiami bumi ini dengan tugas agar kamu dapat mengolah dan memakmurkannya”.(Q.S. Huud 11:61)

  56. nie berkata:

    bu sari……………
    web jiai sekarang apa ciiiiii????

  57. riza yuliana berkata:

    mikum bukk…..
    qu mo cerita ne…
    aq 21 tahun…selalu gagal dlm mnjalin cinta
    entah knapa…kehidupan keluarga qu pun juga berantakkan
    tak heran jadi nya law qu lari kedunia gelap dalam mnghadapi
    semua ini.aqu jd mngenal rokok,and drunk
    tolong bantu aqu y bu’ tuk lepas dari semua nya ne

  58. ecy berkata:

    ass.mw iktan curhat ni gmn cra’y ngjauhin diri dari penyakit hti?soal’y tanpa sd sadari penykt hati selalu ada

  59. chindy berkata:

    askum bu’ ikut gbung curhat ya..
    buk sy mw crita,khdpn sy sngt berantakan,ortuku bercerai dn skrg sy tinggal drmh ne2k..sy pny seorg pcar yg sngat baek kpda sy maupn kluarga qt sdh pcran 2th lbih,tpi cowok aq blum siap untk nikah?umurku 19th dia 23th,alasan nya dia bilang menikah itu gampang,tpi nikah itu gk cm 1 atau 2hr tpi selamanya,dia ingin nbung sebnyak mgkin soalny nanti kelak jg akan ada ank2 juga?sy gk pernh nuntut dia mbk?sy cm ingin lepas dri kehidupan sy yg seperti ini?tlong ksih solusinya ya mbk?makasih..

  60. akhwat gie berkata:

    eh……………………buat adik2 dari angkatan 20————————-2008 jangan belagu ngurus w kapan lulusnya kaya loh yg benaran aja klh nya?????????????/ jangan bikin gosip yg nggak yaaa?????????????ntar timbulnya fitnah

  61. faizah berkata:

    aslmkum bu sy mau nanya boleh kan, gini masalah surat al-baqoroh yang Allah meyuruh para malaikat kpd nabi Adam, seluruhnya bersujud kecuali iblis, gmn klo ada yang mempertanyakan, kan yang disuruh malaikat bukan iblis, lalu kenapa iblis diusir dari surga, kan dia g disuruh sujud, walaupun ad kterangannya di catatan, tapi sy kurang puas, mungkin aj orang awam bisa terima, tapi klo yang nanya itu JIL&misionaris, trus knp sich selama ini orang Islam itu yang diomongin just yang buruk”nya aj, gmana orng NONI maw tertarik sama Islam klo orang Islamnya sendiri g bangga,gimana bu? trus satu lagi kenapa sich dalam ilmu filsafat agama di nomor terakhirkan, bahkan kalimat Insya Allah terbilang sesat dll,maf y bu klo kebanyakan nanya!

  62. one berkata:

    Iblis emang kepedean kali yaaa
    kalo kurang puas “makannya” mambah asal bayar yaaa jangan udah kenyang ditinggal gitu aja
    kalo yang nanya JIL/Misionaris bilang aja”sayakan bukan kamu”
    orang islam diomongin buruk2nya doang?bagus itu,jadi motivasi kita u/ berbuat baik
    isya allah klo diartikan jika allah menghendaki berati ngapain kita usaha cape2 kalo semuanya allah yang ngehendaki,orang jadi bae/jahat tu brarti khendak allah dong!!!

  63. perjaka berkata:

    bu… sari…
    mohon maaf ye b sblumna’ klo aku kritik ibu..
    ini demi kebaikan bu loch….he…he…
    aku suka belajar sama ibu n ibu nampak menguasai bgt…., tapi yang aku gak suka ibu itu orangnya berantakan banget, alias gak rapi… jadi aku bt kalo ngajar liat ibu… he..he…, ibu kalo ngajar kaya belum mandi…he..he…, bukannya seorang guru atau dosen harus rapih bu. biar enak diliat sm kite2 mhs ibu… he…he… perbaiki ya… bu…

  64. miftahhhhhhh berkata:

    aajang curhatttttttt seru euuuuuuyyyy

  65. imam berkata:

    bethuuul… Ibu kalo ngajar yang rapian dikit dong bu, biar kita belajarna semangat…bukankah orang pandai mampu menempatkan diri sesuai pd tempatnya? termasuk penampilan n sikap ibu…he… yg kadang sy buete…liatna.

  66. mas rois berkata:

    salam kenal ja…

  67. M. AL ARAAF berkata:

    Sy bingung,,, sy mau gila…. kira” obatnya pa y? ^_^v

  68. Farin berkata:

    hummmmm, kira” bgmna carax biar bs jd orang yg fokus pd satu tujuan n keinginan? makasih ^^

  69. dya berkata:

    bagaimana caranya menjadi orang yang sabar???

    dan bisa nrimo keadaan……

    suwun

  70. candra berkata:

    Assalamu’alaikum…
    maaf sblmnya sy ingn brtnya :
    seperti yang kita ketahui d zaman skarang bgtu sulit menjaga akhlak dan kelakuan terutama di kalangan remaja ,nach yg ingn sy tnykn adlah
    mnrt ibu kiat ” apa yang bisa kita lakukan untk mnjaga akhlak sbgai seorang muslimah?
    skian terima kasih… ( o_@)
    wassalamu’alaikum…

  71. ajoi berkata:

    Aslkum, mau tanya nih…!
    saya bener2 bingung nih, sy mencintai seorang wanita, dia juga cinta sama saya, tapi dia punya pcar lain yg tdk mau dia putusin, sementara saya ingin sekali menikahi gadis itu. mksih

  72. Dini arvia ningrum berkata:

    Assalamu’alaikum
    say mau meminta bantuan nasihat kepada ibu. Saya punya teman sejak SMA, dia teman baik saya. Waktu kelas 2 sahabat baik saya yang seorang wanita ini memiliki pacar yang juga wanita(tapi wanita yang jadi pacarnya ini memiliki sikap seperti cowok, dari fisik kita tidak tahu bahwa dia cewek karna penampilan dia yang begitu meyakinkan sebagai cowok).
    Sekarang saya sudah kelas 3SMA. Sudah lama saya menasihati dia , dan sering kali di musuhi , serta di cap sebagai orang yang suka ikut campur, tapi saya tidak mau menyerah karena dia kawan baik saya , dan saya dekat dengan ibunya.
    Bu, Apa yang harus saya lakukan sebagai temannya? Haruskah saya menyerah?
    Apakah saya harus merukiah dia atau mmbawa ke psikiater? Atau saya laporkan dia kepada keluarganya ?

  73. Dini arvia ningrum berkata:

    Assalamu’alaikum
    saya mau meminta bantuan nasihat kepada ibu. Saya punya teman sejak SMA, dia teman baik saya. Waktu kelas 2 sahabat baik saya yang seorang wanita ini memiliki pacar yang juga wanita(tapi wanita yang jadi pacarnya ini memiliki sikap seperti cowok, dari fisik kita tidak tahu bahwa dia cewek karna penampilan dia yang begitu meyakinkan sebagai cowok).
    Sekarang saya sudah kelas 3SMA. Sudah lama saya menasihati dia , dan sering kali di musuhi , serta di cap sebagai orang yang suka ikut campur, tapi saya tidak mau menyerah karena dia kawan baik saya , dan saya dekat dengan ibunya.
    Bu, Apa yang harus saya lakukan sebagai temannya? Haruskah saya menyerah?
    Apakah saya harus merukiah dia atau mmbawa ke psikiater? Atau saya laporkan dia kepada keluarganya ?

  74. elvi susanti berkata:

    mo curhat ni….,dlu ku knalan ma seseorang…semakin lama hubungan kami semakin dekat…lamalama aku menyimpan rasa…,namun sekarang dia baru jadian…htiku lumyan remuk…mm ku harus gmana ne??

  75. naifu berkata:

    eeemmm ….
    cuma skedar baca curhatan orng laen ja dh bisa dpt ilmu bnyk nih … 🙂

  76. Duelah berkata:

    Bu… mau nanya…
    Sama ga bu antara :
    – Hadits Tahlili dengan Hadits Akham ???
    – Hadits Maudui dengan Hadits Pendidikan???
    Soal’a saya denger info Itu MK yang sama, cuma beda Nama’a aja… Mohon Pencerahannya… 🙂

  77. fatima berkata:

    assalammu’alaikum wr.wb
    bu…. ku mau tanya.,
    gimana sich cara kita agar jadi wanita sholehah..?
    lebih baik berjilbab dulu baru mencari syariat berjilbab ataukah sebaliknya?

  78. Egha berkata:

    Aku gak bisa lupain Dya mpe skrang………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  79. Rifai berkata:

    baru pertama membaca blog ini,, jadi pengengabung terus,

  80. Amrindays berkata:

    I also felt confused why I am very fond of him, even dare to say the pledge to give all the best for him .. want to see him succeed and succeed, perhaps a moment I became a parent, brother, or whatever it .. important I was the one who wanted to see him happy .. agitated when he saw her sad .. dare to make sacrifices for him, but on the other hand he’s aware I would thing that I should not do, until now I feel scared if far from it … for my brother ..

  81. irfan maulana berkata:

    ass, saya mohon bantuan nya sangat…saat akad nikah, saya menyebutkan mas kawin 10gr krn memang sebelumnya senilai itu yang akan diberikan meskipun tidak ada tuntutan nilai mas kawin dari calon istri saya. tapi ternyata nilai yang sebenarnya 5 gr. mohon penjelasan nya, sah atau tidak kah hukum pernikahan saya. mohon pemberitahuan ke 085 221 496 949 agar saya secepatnya mengetahui. terima kasih saudaraku semua.

  82. : Tugas untuk Elka 2010 mana yah bu >>?

  83. purnomo berkata:

    ass wr wb.
    maaf saya adalah adik dari seorang kk yang di nikahi dengan pria yang berstatus perjaka padahal sudah punya 3 anak. apakah ijab qobulnya sah. dan apakah pernikahannya sah. sementara si pria mengaku perjaka. wali tertipu. dan penghulu tertipu apa lagi saksi .

  84. Lya berkata:

    apa hubungan ilmu komputer dengan keimanan?

  85. Tzuu berkata:

    Apa hub. basmala dengan globar Warmingg..!!

  86. tama berkata:

    SAYA MAU NIKAH TAPI SAYA INI MASIH RAGU APAKAH SAYA SIAP BUAT ITU N SAYA TAKUT TIDAK BISA BAHAGIAKAN ISTRI SAYA TOLONG BANTUANYA

  87. wanitamalang berkata:

    Assalamu’alaikum ..
    setelah saya baca blog inii,saya juga jadii pengen gabung ..
    saya pengen berbagi walaupun inii sangat privacy .. tapii saya butuh ketenangan .. saya sekarang masih dalam keadaan bingung ..
    tidak jauh dari masalah hubungan komitmen dengan seseorang ..
    saya punya pacar,tapii pacar saya sekolah satu tahun dibawah saya karena tinggal kelas waktu disekolah lamanya diluar kota .. dan sekarang dia pindah sekolah di daerah asalnya .. kalo tentang masalalu dia cukup buruk .. dia pernah pake ganja,sabu dan barang haram lainnya waktu disekolah lamanya .. tapii sekarang katanya dia udah gak make lagii .. tapii orang tua saya tetap aja gak setuju saya berhubungan dengan dia .. akhirnya saya backstreet ..dan gak sengaja kebablasan .. awalnya saya gak mau gugurin kandungan saya yang udah berusia 3 bulan .. tapii akhirnya saya gugurin calon bayi kembar saya karena dia beralasan dia masih sekolah dan belum bisa buat tanggung jawab kasi nafkah dalam ikatan pernikahan .. tapii dia janji dia bakalan tanggung jawab setelah selesai sekolah dan kuliah 4 tahun lagii ..dengan lugunya saya percaya semua janjinya dengan harapan dia bakalan nepatin janjinya ..
    Tapi setelah saya lulus dan kuliah disebuah universitas di luar kota,saya dengar dari temannya dia menjalin hubungan dengan adik kelasnya di belakang saya .. saya hubungi dia untuk meminta kepastian .. ternyata dia lebih memilih untuk melepaskan dan meninggalkan saya dan memilih bersama pacar barunya ..
    apa yang harus saya lakukan ????
    saya sudah memberikan segalanya untuk dia ..
    apa saya harus mengemis didepannya untuk tetap bertanggung jawab atas keperawanan saya ??

  88. amir rahman berkata:

    assalamu”alaikum.wr.wb
    calon2 penghi syurga………!!!1
    slam knal ya akhii ya ukhtti
    aya mnta pndp anda smua… klo mnrt antum bagus tidak kawin di usia muda???/

  89. sonia berkata:

    aq mau tanya…apakah nikah beda agama itu sah…
    saya beragama islam sedangkan calon suami saya katolik….
    apakah hukumnya jika saya nikah beda…
    saya bingung..
    nikah da catatan sipil apkah sah????

  90. Kenpa sihh wanita sulit di pahami sifate
    kadang kita baik ma dia tpi diane malh nyakitin kita HahahahahahHha

  91. tafany berkata:

    bukannya sulit dipahami, mungkin memang belum memahami aja…. tetap optimis yah….

  92. imamCyntia berkata:

    assalamualaikum .

  93. M.Achenk syantury berkata:

    “Dosa terbesar itu adalah ketakutan”

    “Rekreasi terbaik adalah kerja”

    “Musuh terbesar adalah ketakutan”

    “Keberanian terbesar adalah kesabaran”

    “Guru terbaik adalah pengalaman”

    “Ujian terbesar adalah kematian”

    “Kehormatan terbesar adalah anak yang shaleh”

    “Sumbangan terbesar adalah Partisipasi”

    “Modal terbesar adalah kemandirian”

  94. habibi qurrota berkata:

    ass
    ane mau tanya ni gan apa makna dri kta di baawah ini

    banyak manusia yang lebih men-tuhan-kan agama mereka , dan lupa untuk men-tuhan-kan Allah SWT.

    tq
    was..

  95. lia berkata:

    Assalamu’alaikum

    apakah ada larangan untuk menikah dibulan puasa???

  96. vrmandhoomz berkata:

    Assalamu’alaikum WR.WB..
    2hari lagi saya akan melangsungkan pernikahan,tp saat ini saya sedang bingung,karena pada waktu ini,pihak wanita menanyakan perihal simbolis(biaya untuk tambahan resepsi pernikahan,)padahal sblumnya saya sudah terbuka bahwa saya belum bisa membantu untuk biaya tersebut,,,apa yg harus saya lakukan dengan masalah ini??apakah saya salah kalau tidak membantu karena ketidak mampuan??sah kah jika pada hari pernikahan nanti kalau saya tidak memberikan dana tersebut??mohon jawaban nya…
    Wassalam…

  97. BOYFIT berkata:

    Maaf, curhat lg. menurut saya hdup ini kejam. saya dlm hal apa saja tdk prnh beres. selalu bermasalah. saya saat msh kecil sering sakit sakitan shg fisik jd lemah, shg saya kalau sekolah, krja, nyari jodoh, olahraga, bergaul sering diremehkan teman2. mrk anggap saya aneh. selain itu saya dikampung halaman sering difitnah dan dijelekin tetangga. saya sering dibenci dan dimusuhi teman, mungkin krn mrk dengki dg saya. saya sering dibodohi dan dimanfaatkan teman, mungkin krn saya lugu dan pleya pleye. saya diperantauan kalau krja sering dimutasi dan dipecat krn dianggap tdk becus krja. saya sering dihina, ditipu, dipukul, difitnah org dll. org ada yg anggap saya bodoh dan lemah, ada yg anggap saya manusia aneh atau langka, ada yg anggap saya manusia setengah jadi, ada yg anggap saya tdk berguna dll. saya kalau lg bicara atau berjalan saya jd bhn ejekan org krn dianggap ada kekurangan pd diri saya. saya nyari jodoh sering ditolak, diremehkan, dipermainkan, dimanfaatkan cewek, bahkan saya prnh diusir cewek saat saya main ke rumah cewek, saya prnh ngejar seorg cewek nyampai 2 thn tp dia menolak saya berkali kali, saya prnh melamar cewek saya ditolak, saya juga dibodohi dan difitnah teman yg akan bantu saya nyari jodoh. saya diancam dan dihajar org yg jd saingan saya dlm nyari jodoh dll. saya pulang ke kampung halaman malahan nganggur dan jomblo bertahun tahun. saya nyoba wirausaha tp gagal, krn kurang modal dan krn teman2 pada gk beres, mrk pngn menang sendiri dll. pokok nya hdup bagaikan medan perang. PUSINK!

  98. curhat donk
    sya punya hubungan am cwo ak tpi dy bda agama am sya,.
    ortu ku nglarang aku berhubungan dengan cwo bda agama, tapi aku sma dya ud saling cinta, sudah lma sya berhubungan sama dya, masak ya tega sya mengakhiri hubungan sya,.
    ,.bgi sya smua agama itu sma, sya pling gg suka membeda22kan, n gi sya itu musrikkkkkk buanget,.
    ,.tuhan aj gg membeda22kan tapi kenapa manusia iya,..????
    apa yg hrus sya lakukan di posisi sya sekarang ????

  99. the answer berkata:

    hidup itu indah
    bagi yang mengerti arti ssesungguhnya kehidupan, kita tak pernah meminta utk hidup kita ,namun kita diperintahkan untuk hidup bagi yang memberi hidup. sapa tuhan mu??? hiduplah untuknya,,yang maha mengatur segalanya

    cinta itu buta
    dalam keadaan cinta orang bisa lebih bodoh dalam bertindak,
    apakah anda sedang jatuh cinta?
    menurut saya tuhan didunia ini bukan satu tapi esa yang berarti tidak ada tuhan selain Allah SWT, jadi kalo bilang semua agama itu sama ,saya ga sependapat
    yang harus dilakkukan adalah berfikir, bukan berperasaan saja

  100. DEN BAGUS VENDRA berkata:

    knp gw sdh kepala 3 umurnya tp blm pernah pacaran. selalu ditolak cewek. pdhl tampang gw lumayan, dan gw juga org nya lugu dan jujur, gk pernah jahat sama cewek tp hal itu malahan bkin gw diremehkan cewek.

  101. Ogre007 berkata:

    For Den Bagus Vendra:

    Coba intropeksi..
    Adakah perilaku situ yang nyebelin??
    Lugu dan jujur kan menurut kamu,, tapi menurt orang lain bisa saja kamu orangnya sok polos..
    Tampang lumayan belum tentu bau badan juga lumayan..
    Coba sering2 mandi dan sabunan yang wangi.. Jangan lupa gosok gigi dengan pasta gigi dan berkumur dengan mouthwash agar mulut wangi..

    Ini saran serius sekaligus bercanda :v

  102. ja'far shodiq berkata:

    assalammualaikum…..saya mau tanya,,,,,,apa hukumnya bila menikahi perempuan yang sudah di talak secara agama tapi belum di talak secara sipil

  103. Rosita berkata:

    Nama: Rosita
    No. Reg: 5545123045
    PKK Reg 2012

    Sebelum kita membahas yang selanjutnya lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari kerukunan agama.
    Kerukunan umat bragama yaitu hubungan sesame umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. Umat beragama dan pemerintah harus melakukan upaya bersama dalam memelihara kerukunan umat beragama, di bidang pelayanan, pengaturan dan pemberdayaan.

    Hal-hal yang dapat dilakukan agar hal tersebut terjadi
    1. Memperkuat dasar-dasar kerukunan beragama
    2. Membangun harmoni sosial dan persatuan nasional dalam bentuk upaya mendorong dan mengarahkan seluruh umat beragama untuk hidup rukun.
    3. Menciptakan suasana kehidupan beragama yang kondusif
    4. Menempatkan cinta dan kasih dalam kehidupan umat beragama dengan cara menghilangkan rasa saling curiga
    5. Menyadari bahwa perbedaan adalah suatu realita dalam kehidupan bermasyarakat, oleh sebab itu hendaknya hal ini dijadikan mozaik yang dapat memperindah fenomena kehidupan beragama.

    Contoh-contoh kerukunan dalan beragama

    1. Saya berteman dengan orang Kristen, kebetulan ketika saya bermain dengan dia, saya sedang puasa. Dia menghargai saya dengan tidak makan dan minum depan saya.
    2. Saya dan teman saya akan membeli buku. Kami berbeda agama. Di tengah perjalanan adzan berkumandang lalu teman saya itu menyuruh saya untuk salat.
    3. Saya pergi ke daerah yang menjadi objek observasi. Teman saya Kristen dan dia member pengemis yang menggunakan kerudung.

  104. Arini Nurmayatin berkata:

    assalamualaikum,,, aku mau tanya ne,, kenapa sich ngilangin rasa males buat belajar itu sulit bagt,, untuk memahami suatu bacaan juga sulit,,, gmna ya caranya untuk membiasakan diri itu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s