Indonesiaku….

Malukah anda mengaku sebagai warganegara Indonesia?

Bila pertanyaan itu di arahkan kepada saya; maka ada multijawaban.

ketika saya masih kuliah di Cairo, mungkin saya akan sangat bangga mengaku menjadi anak Indonesia; karena orang Mesir sangat menghargai orang Indonesia. Namun ketika saya mendapat tugas di saudi, tampaknya mengaku menjadi orang Indonesia seolah mengaku menjadi TKW. serba salah khan…?

23 Balasan ke Indonesiaku….

  1. rihlah berkata:

    bangga banget. gak ada duanya jadi orang Indonesia. Coz, aku emang gak pernah keluar sih. Hehehe…..

  2. sulas3 along berkata:

    hmmm..about this matter,there have a bit confuse to answer that question.tiap negara kan ada baik & buruknya reputasi.actually I salute dgn Indonesian.everywhere they are,they always give ‘show’ & proud,not feel shy to talk Indonesian language in public.malah media melayu disini memuji dgn org2 indonesia yg ada di Singapore sini tentang penuturan bhs ibundanya.I betul2 angkat topi.even indonesian chinese sekalipun,mereka lebih suka bertutur dlm bhs indonesia than speaking in chinese/english.itu menunjukkan kalo mereka bangga jadi Indonesian.not like Singaporean.jelas2 mereka org melayu but they are rather to talk in english everytime,everywhere.malah kadang2 kosa kasa bhs melayunya tak lancar.jadi,apa yg nak I comment di sini,jgn malu jadi org indonesia.bahasa menunjukkan bangsa!

  3. dee-je berkata:

    bu’ kenapa harus bangga jadi orang indonesia???????
    toh mereka yang berprestasi aja ngga’ dihargai. kya’ pak habiebie, trus yang menang fisika.mungkin aja mereka keluar dari negara ini dan jadi warga negara lain karena ngga dihargai oleh negaranya sendiri. jadi kenapa harus bangga?????

  4. tafany berkata:

    kalo semua gak ada yang bangga, kira2 yang bangga siapa yah? kok justru orang luar yang bangga dengan Indonesia yah!!!!

  5. dee-je berkata:

    emang iya apa bu’ orang luar bangga karena indonesia rajanya kkn, trus banyak yg bodoh gitu, trus yang mw dibanggain apa bu’ hutang pada ditebangin, makanan ngga’ ada yag sehat pada dipakein bahan kimia yang ngerusak badan, trus rakyat miskin tambah miskin. mereka blom tau aja apa yang terjadi sama indonesia

  6. Indo berkata:

    Indonesia masih ada???? yang mana??? Yang ada kayak lagunya almarhum Harry Rusli…. “Indonesia sejak dulu KALAH, tetapi pura2 BANGGA”.
    Indonesia kadang2 ga mau ngaku kalo dia Indonesia, apa lagi kalo ada BULE (Majikannya)….
    Indonesia malu pake bahasanya sendiri…..
    Indonesia malu pake budanyanya sendiri …. (kecuali sesuatu yang bisa ditonton dan dijual (seni))
    Indonesia malu kalo ga sewa BULE di kantornya, di club sepak bolanya, di kampusnya, di rumahnya (suaminya)….
    Sekali lagi “Indonesia sejak dulu KALAH, tetapi pura2 BANGGA”

  7. tafany berkata:

    kamu baca comment dari along di atas? dia orang singapore loh! masih banyak temen2 lain non-indonesia yang bangga dgn indo. semua negara pasti punya masalah. tapi bisa ngatasinnya gak…? so, qt gimana?

  8. sadra berkata:

    yang ga bangga sama Indonesia, buruan rapi’in barang2 kalian trus tinggalin Indonesia… ke Negara yang kalian bangga’in. ya… klw bukan kita yang bangga, siapa lagi??? sadar ga, kita2 juga yang berpartisipasi bwt Indonesia jadi begini?? so, kita2 jg harus bisa berpartisipasi untuk menjadikan Indonesia negara yang dibanggakan. ga ada yang salah sama Indonesia.. yang salah ya orang-orangnya… learn and change.. indonesia is our sweet home.. really?

  9. sadra berkata:

    indo.. punya solusi ga? biar Indo dan kita sebagai warga yang sama2 Indonesia asli bisa mempertahankan harga diri dan menumbuhkan kepercayaan diri yang pada intinya Indonesia ngga lagi dipandang sebelah mata…

  10. Indo berkata:

    Aku punya usul
    Gmn kalo kita bikin proposal kita ajukan ke Negara Jepang,agar jepang menjajah Indonesia lagi. Biar Indonesia bisa maju gitu. Soalnya ga ada (blum ada sampai sekarang) orang Indonesia yang bisa mimpin bangsa ini jadi maju. Yang ada malah ancur…..
    gmn, stuju ga?

  11. Indo berkata:

    Baru kali ini, aku sedikit bangga kepada Indonesia. Piala Asia, ternyata bisa membangkitkan rasa kebangsaan kita. Lama sekali rasanya hal ini tidak pernah muncul. Selama ini kita hanya tiduuuur. Dan baru terbangun beberapa hari kemarin, melalui pertandingan bola.

    Tapi, kebiasaan lama Indonesia tidak juga hilang. Kita cepat puas akan hasil gemilang yang baru saja diraih, kemudian pujian-pujian mengalir deras…. dan tahu sendiri apa akibatnya…. Indonesia tidak kuasa menanggung beban pujian yang begitu berat….sampai2 berjalanpun tak kuat lagi…

    Sepertinya lagu lama perlu dinyanyikan lagi,”Itulah Indonesia…..”

    Aku nggak tau kapan bangsa ini tampil, sejajar dengan bangsa2 besar. Rasanya sulit… Lihat semua komponen bangsa ini! Semua asyik ngurusin diri sendiri.. Presiden baru kebakaran jenggot kalo masalah2 pribadinya terusik, begitu juga mentri, dan anggota DPR. Nggak ada yang marah, kalo rakyat banyak yang busung lapar, anak2 tidak bisa sekolah, gelandangan mengais2 sampah. Malah mereka dianggap tidak punya rasa kebangsaan. Hanya buat malu bangsa ini, karena dianggap ngotori kota2 yang harus terlihat indah. Agar turis2 senang.

    Indonesia sejak dulu kalah, tetapi pura2 bangga!!!!

  12. "nie" berkata:

    Bangga seh jadi orang Indonesia…tapi,rasanya masih banyak yang perlu di benahi…
    tau ga seh??? kebanggaan itu muncul ketika apa ????
    nie merasa bangga ketika menyambut ” THE INDONESIAN INDEPENDENCE DAY ”
    Kapan yach qt bisa merasakan “kemerdekaan” yang sesungguhnya???

  13. tyramisyu berkata:

    kenapa harus tidak bangga menjadi orang Indonesia? he.. di balik aj deh pertanyaannya biar lebih mudah,tapi iy juga yah pertanyaan seperti ini jarang sekali terlintas dalam benak masyarakat muda? banggakah kita menjadi warga negara Indonesia? kalo saya sih… bangga jadi warga negara Indonesia. tapi masalahnya Indonesia bangga tidak yah punya warga seperti kita-kita ni?? ha3..

  14. Amy berkata:

    Ya..bg org2 yg tdk bngga dg indo,tngglin aj deh.qt shrzna tdk sling mnuduh,syp yg mmbuat citra indo jd jelek?tp bgmn qt mulai dr diri qt msing2…u/ mencptkn ssuatu yg mmbuat negara asing”wow..indonesia” n brilah sumbngsi appun dr dri msing2 u/ mngubah ctra indo.kl sling tduh mnuduh,tdk ad yg tmpl mk indo y ttp bgni ad’na.

  15. indo berkata:

    tuh kan si Amy, gimana saya mau bangga menjadi orang indonesia kalo dikit2 kita main usir, main kekerasan, main bantai siapapun yang tidak sama dengan kita. Katanya Indonesia terbentuk dari kebhinekaan, tapi kenapa kita sering ga bisa nerima perbedaan??? Apa ga aneh????
    Kalo kita masih tidak bisa menghargai kebhinekaan kita, saya tidak akan bangga menjadi orang indonesia….. Gmn setuju ga??? kalo ga setuju ya ga papa juga, tapi jangan main usir yaaa?!

  16. Dhien_Violet "o5 berkata:

    Sekali Merdeka tetap Merdeka
    Sekali Indonesia tetap Indonesia…..
    n Sekali Bangga akan selamanya Bangga…..

  17. Andra berkata:

    AKU BANGGA LAHIR DI INDONESIA !!!

    AKU BANGGA JADI ANAK IBU PERTIWI !!!

    AKU BANGGA JADI ORANG INDONESIA !!!

    AKU BANGGA HIDUP DAN MATIKU DI TANAH INI !!!!

  18. manis berkata:

    wah…jelassss bangga bangetz jadi Orang Indonesia!!!!banyak koq orang-orang pintar disiniiiiiii….contohnya pahlawan-pahlawan kiteee….yang Udah bikin negara kite MERDEKA!!!!!!!! YA TINGGAL MANUSIANYA AJA MAU BERUSAHA AND BERSYUKUR ATAU TIDAKZZ….KALO GAK GITU GIMANA MU MAJU NEGARA KITE WONG RAKYATNYA SENDIRI GAK BANGGA SAMA NEGARANYA SENDIRI….!!!SEMANGAT!!!!CAYOO IndonesiaQu

  19. jelas saya bangga banget jadi orang indonesia!!!!!!!
    apalagi denger ada orang indonesia jadi presiden di negara adi kuasa……
    jadi bangga banget!!!!
    bravo orang indonesia…..
    soal TKW mah…..
    justru keren…..
    jarangkan ada negara yang bisa ekspor tenaga kerja????
    hahahahhhaahaaa…….

    waktu itu saya pernah baca salah satu novel……
    si penulis yang belajar di australi pernah sempet malu jadi orang indonesia gara-gara temen sekelasnya pada tau kalo orang indonesia itu (maap) cebok pake tanggan kiri….
    pada hal itu kan malah lebih bersih dari pada pake tisu?????

    yang paling penting…….
    harus cinta segala baik/buruknya indonesia…..
    I LOVE INDONESIA!!!!!!!!!!!!!

  20. jenny 07 berkata:

    jElazz..bangga bangetttttttttttzz dunk jadi WONg INDONESIA…COZ WHY???INdonesia itu bagi gw satu-satunya neGara yang punyE Pulau Yang Amat BanYak, PunyE LAuTan YaNg Luas, PunYe SuKu n AdaT isTiadaT yang bERmaCam-Macam n Juga AgaMa yanG bERAnekA rAgam..TaPi BisA bERSATU walaU bnayK pERbeDaan..JaranG-JaraNg tucH ADA negaRA YANG kaYA kite..pAde AKur..g Ky nYng LAin Beda AGama ATAu beda suku paDA kGA AKUr uJung-uJungnyA PERang n Perang solusiNya..n aYE berSyuKUR GA Hidup/tinGgal di NegaRa yang SENENG nya PeraNG muLU..hUUU..SUKSES BWT INDONESIA!!!PEREERAT TERUS SILATURAHMI KITA WAHAI BANGSAKU..SINGKIRKAN KEEGOISAN KITA UTK MAJU BERSAMA…BANGKIT n MAJU!!!TUNAS-TUNAS INDONESIA…

  21. fahdamjad berkata:

    Trusss,.. ente semua Orang Indonesia atau orang Islam?

  22. Aristatolis berkata:

    aku bangga menjadi orang Islam…

  23. Deny Reeves berkata:

    Saya sangat Bangga Lahir sebagai Bangsa Indonesia hanya sungguh sangat di sayangkan , kenapa bangsa indonesia sm sekali banyak yg tdk menghargai negaranya sendiri….. hanya bisanya merusak,mempermalukan negaranya sendiri, tdk pada taat akan aturan, sllu bersikap arogan dan tidak mau di atur, tdk punya jiwa disiplin pribadi… selalu merasa dirinya jago… hingga di setiap unsur terjadi gejolak…. sungguh sangat di sayangkan…..
    bagi saya Indonesia adalah tanah airku dan tumpah darahku…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s